Friday 11 February 2022

PENGUATAN LITERAS DIGITAL BAGI GURU MADRASAH/ SEKOLAH - MADRASAH MANDIRI BERPRESTASI

jammadrasah
PENGUATAN LITERAS DIGITAL BAGI GURU MADRASAH/ SEKOLAH


Zainal Mustamin,S.Ag.,M.A.
Ka.Kanwil Kemenag Prov. Sultra

Disajikan pada Bimtek Penguatan Literasi Digital bagi Guru Madrasah/ Sekolah lingkup Kanwil Kemenag Prov. Sultra
Kendari, 4 Februari 2022

Kunci keberhasilan masa depan Indonesia yang lebih  makmur  adalah  mengembangkan  human capital melalui sistem pendidikan dan pelatihan yang baik.

Rilis Bank Dunia, 2017. Human Capital Indonesia berada di peringkat 87 dari 150 negara
Capaian PISA 2018 menunjukkan, Indonesia menduduki posisi 10 terbawah dari 79 negara yang berpartisipasi.

Data PISA 2018 di negara ASEAN
 Negara
Kemampuan Membaca
Kemampuan Matematika
Kemampuan Sains
Filipina
339
352
357
Thailand
392
418
425
Indonesia
371
379
396
Malaysia
415
440
438
ASEAN
413
431
433

Literasi adalah kecakapan fundamental yang membekali peserta didik dengan kemampuan memilih, menganalisis informasi dengan kritis serta menggunakannya untuk mengambil keputusan dalam kehidupan. 
Literasi digital merupakan respons terhadap perkembangan teknologi dalam menggunakan media untuk mendukung masyarakat memiliki kemampuan membaca serta meningkatkan keinginan masyarakat untuk membaca

Menurut hasil riset Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) bersama dengan Pusat Kajian Komunikasi (Puskakom) Universitas Indonesia

Pengguna Internet di Indonesia per awal 2015;  88,1 juta orang. 

Riset  yang  dilansir oleh wearesocial.sg pada 2017, tercatat 132 juta pengguna internet di Indonesia, atau tumbuh 51% dalam kurun waktu satu tahun.
Dua sisi Perkembangan dunia digital

Peluang

Pengembangan kemampuan literasi Meningkatnya  peluang  bisnis  e-commerce Lahirnya lapangan kerja baru berbasis digital


Tantangan

Generasi muda (70 juta orang) menghabiskan sedikitnya 5 jam sehari untuk berinternet Akses internet yang tidak sehat, pornografi, penyebaran berita hoax

Mitchell Kapoor (2012) menunjukkan bahwa generasi muda yang memiliki keahlian untuk mengakses media digital, saat ini belum mengimbangi kemampuannya menggunakan media digital untuk kepentingan memperoleh informasi pengembangan diri.

Strategi Penguatan Literasi di Madrasah/Sekolah

Literasi digital harus dikembangkan sebagai mekanisme pembelajaran terintegrasi dalam kurikulum  Peningkatan pengetahuan dan keterampilan siswa 

Peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru dalam proses pembelajaran berbasis digital,  Kepala sekolah memfasilitasi guru atau tenaga kependidikan dalam mengembangkan budaya literasi digital di madrasah/sekolah

Penyediaan Komputer dan Akses Internet di Madrasah/ Sekolah
Peningkatan   jumlah   dan   ragam   sumber   belajar   bermutu berbasis digital 
Penyediaan Situs-Situs Edukatif sebagai Sumber Belajar Warga Madrasah/ Sekolah
Penyediaan Informasi Melalui Media Digital

SEKIAN DAN TERIMA KASIH

MADRASAH MANDIRI BERPRESTASI



Selamat Datang di Jammadrasah

Pendidik bertugas Mendidik, maka Didiklah Diri Dengan Prilaku yang mendidik
EmoticonEmoticon