jammadrasah
PENGUATAN LITERAS DIGITAL BAGI GURU MADRASAH/ SEKOLAH
Zainal Mustamin,S.Ag.,M.A.
Ka.Kanwil Kemenag Prov. Sultra
Disajikan pada Bimtek Penguatan Literasi Digital bagi Guru Madrasah/ Sekolah lingkup Kanwil Kemenag Prov. Sultra
Kendari, 4 Februari 2022
Kunci keberhasilan masa depan Indonesia yang lebih makmur adalah mengembangkan human capital melalui sistem pendidikan dan pelatihan yang baik.
Rilis Bank Dunia, 2017. Human Capital Indonesia berada di peringkat 87 dari 150 negara
Capaian PISA 2018 menunjukkan, Indonesia menduduki posisi 10 terbawah dari 79 negara yang berpartisipasi.
Data PISA 2018 di negara ASEAN
Negara
Kemampuan Membaca
Kemampuan Matematika
Kemampuan Sains
Filipina
339
352
357
Thailand
392
418
425
Indonesia
371
379
396
Malaysia
415
440
438
ASEAN
413
431
433
Literasi adalah kecakapan fundamental yang membekali peserta didik dengan kemampuan memilih, menganalisis informasi dengan kritis serta menggunakannya untuk mengambil keputusan dalam kehidupan.
Literasi digital merupakan respons terhadap perkembangan teknologi dalam menggunakan media untuk mendukung masyarakat memiliki kemampuan membaca serta meningkatkan keinginan masyarakat untuk membaca
Menurut hasil riset Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) bersama dengan Pusat Kajian Komunikasi (Puskakom) Universitas Indonesia
Pengguna Internet di Indonesia per awal 2015; 88,1 juta orang.
Riset yang dilansir oleh wearesocial.sg pada 2017, tercatat 132 juta pengguna internet di Indonesia, atau tumbuh 51% dalam kurun waktu satu tahun.
Dua sisi Perkembangan dunia digital
Peluang
Pengembangan kemampuan literasi Meningkatnya peluang bisnis e-commerce Lahirnya lapangan kerja baru berbasis digital
Tantangan
Generasi muda (70 juta orang) menghabiskan sedikitnya 5 jam sehari untuk berinternet Akses internet yang tidak sehat, pornografi, penyebaran berita hoax
Mitchell Kapoor (2012) menunjukkan bahwa generasi muda yang memiliki keahlian untuk mengakses media digital, saat ini belum mengimbangi kemampuannya menggunakan media digital untuk kepentingan memperoleh informasi pengembangan diri.
Strategi Penguatan Literasi di Madrasah/Sekolah
Literasi digital harus dikembangkan sebagai mekanisme pembelajaran terintegrasi dalam kurikulum Peningkatan pengetahuan dan keterampilan siswa
Peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru dalam proses pembelajaran berbasis digital, Kepala sekolah memfasilitasi guru atau tenaga kependidikan dalam mengembangkan budaya literasi digital di madrasah/sekolah
Penyediaan Komputer dan Akses Internet di Madrasah/ Sekolah
Peningkatan jumlah dan ragam sumber belajar bermutu berbasis digital
Penyediaan Situs-Situs Edukatif sebagai Sumber Belajar Warga Madrasah/ Sekolah
Penyediaan Informasi Melalui Media Digital
SEKIAN DAN TERIMA KASIH
MADRASAH MANDIRI BERPRESTASI
Pendidik bertugas Mendidik, maka Didiklah Diri Dengan Prilaku yang mendidik
EmoticonEmoticon