Wednesday 23 June 2021

SOAL PAT AKIDAH AKHLAK KELAS 11 PENILAIAN AKHIR TAHUN

 


1. Anik adalah remaja putri yang selalu berusaha meningkatkan kualitas akhlaknya. Diantaranya adalah selalu menghormati orang yang lebih tua dan menyayangi yanglebih muda. Ketika ada waktu yang luang digunakan untuk kegiatan positif, misalnya belajar tentang kewirausahaan dll. Apabila ada temannya yang berakhlak kurang baik, diapun tidak mau berdiam diri sehingga dia... .

A. Bersikap santun dan tidak sombong.

B. Menasihati dan mengajak untuk berbuat baik.

C. Menghormatinya.

D. Melaporkan ke polisi.

E. Menceriterakan ke guru-guru.

3. Raihan adalah salah satu siswa yang sedang menginjak remaja. Dia sering membacabuku-buku untuk menambah wawasan keilmuannya. Di antara buku kegemarannyaadalah yang berkaitan dengan problematika remaja, sehingga dia mempunyai referensi yang cukup untuk mengatasi gejolak yang dihadapi anak ketika berusia remaja. Dengan kegemarannya ini, dia menjadi remaja yang berwawasan luas dan berprestasi, sehingga menjadi inspirasi teman-teamanya untuk lebih berhasil. Hal tersebutmerupakan hasil dari kebiasaan Raihan dalam menjaga akhlak pergaulan remaja, yaitu... .

A. Mengajak untuk berbuat kebaikan.

B. Mengisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat.

C. Menghormati orang yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda.

D. Bersikap santun dan tidak sombong.

E. Mematuhi nasihat orang tua.

4. Nabila adalah contoh remaja putri yang patut ditiru. Dia berparas cantik dan berkepribadian baik. Dengan kepribadian yang demikian maka banyak remaja putra yang menaruh hati kepadanya. Hingga pada suatu saat, dia dijebak temannya dengan cara diajak jalan-jalan oleh teman-temannya ke suatu tempat yang belum pernah dikunjunginya. Melihat ada yang ganjil maka Nabila memutar akal untuk bisa meninggalkan tempat tersebut. Perilaku Nabila tersebut mencerminkan perilaku remaja yang... .

A. Menjaga aurat.

B. Mengajak untuk berbuat kebaikan.

C. Bersikap santun dan tidak sombong.

D. Mengisi waktu luang dengan kegiatan positif.

E. Menghindari pergaulan seks bebas (free sex).

5. Islam melarang dengan tegas setiap remaja muslim berduaan dengan lawan jenis yang bukan muhrim, tujuan dari pelarangan ini adalah... .

A. Tindakan peringatan supaya tidak terjatuh ke lembah dosa.

B. Tindakan penyadaran supaya tidak terjatuh ke lembah dosa.


Akidah Akhlak Kelas XI 227


C. Tindakan penegasan supaya tidak terjatuh ke lembah dosa.

D. Tindakan pencegahan supaya tidak terjatuh ke lembah dosa.

E. Tindakan pembinaan supaya tidak terjatuh ke lembah dosa.

6. Azka adalah remaja yang mempunyai banyak teman. Namun dia mempunyai skala\prioritas orang yang akan dijadikannya sebagai teman bergaul. Hal ini dilakukan bukan untuk membeda-bedakan teman atau memilih-milih teman, tetapi untuk menghindarkan diri dari pengaruh negatif dalam pergaulan remaja. Profile teman Azka yang paling utama adalah... .

A. Shaleh. D. Mudah beradaptasi.

B. Mempunyai pergaulan luas. E. Suka menghargai orang.

C. Yang enak diajak bicara.

7. Manusia adalah makhluk sosial. Manusia akan hidup dengan baik apabila lingkungan masyarakatnya tidak terkontaminasi perilaku-perilaku yang tercela. Lingkungan masyarakat yang rukun dan damai akan membuat orang menjadi tenang dan betah hidup di tempat tersebut. Lingkungan yang damai dan rukun akan terwujud apabila anggota masyarakatnya membangun persaudaraan (ukhuwah). Rasa persaudaraan yang dilandasi dengan semangat kebangsaan dinamakan... .

A. Ukhuwah insaniyah. D. Ukhuwah basyariyah.

B. Ukhuwah islamiyah. E. Ukhuwah wathaniyah.

C. Ukhuwah diniyah.

8. Sikap yang tepat untuk dilakukan orang tua dalam membimbing anak yang sudah memasuki usia remaja adalah... .

A. Membimbing dengan penuh kasih sayang dan niat yang benar.

B. Memenuhi semua keinginannya dengan maksud untuk membahagiakannya.

C. Menjaga kerukunan rumah tangga dengan cara tidak mengontrol kegiatan anaknya

D. Menjaga kenyamanan rumah tangga dengan cara membiarkan apapun yang menjadi

pilihan anaknya.

E. Bersikap tegas tanpa kompromi.

9. Islam mengajarkan kepada sesama muslim untuk saling bertukar salam apabila bertemu atau bertamu, di antara tujuan dari salam adalah... .

A. Agar rasa kebersamaan sesama dapat selalu terjaga dengan baik.

B. Agar rasa kasih sayang sesama dapat selalu terpupuk dengan baik.

C. Agar rasa kekompakan sesama dapat selalu terbina dengan baik.

D. Agar rasa kepemilikan sesama dapat selalu terkontrol dengan baik.

E. Agar rasa persaudaraan sesama dapat selalu terpelihara dengan baik.

10. Berdua-duaan antara laki-laki dan perempuan yang bukan muhrimnya di tempat yang sepi adalah dilarang agama sebab yang ketiga adalah ... .

A. Setan. D. Malaikat.

B. Hasrat seks. E. Ingin berbuat keji.

C. Bisikan jahat.


228 Akidah Akhlak Kelas XI

11.Potongan QS. al-Isra’ (17): 27 berikut menjelaskan tentang... .



A. Boros itu pekerjaan setan. D. Fitnah bagi orang boros.

B. Hati-hati jangan boros. E. Orang boros teman setan.

C. Orang boros diuji setan.

12. Perhatikan QS. Al-Isra’ (17): 26 berikut... .


Ayat tersebut merupakan dasar larangan berbuat... .

A. Ghibah. D. Isrāf.

B. Takabur. E. Namimah.

C. Tabẓīr.

13. Orang-orang yang mempunyai perilaku tabżīr akan mendapatkan akibat dari perbuatannya tersebut, yaitu... .

A. Mengalami kesusahan di dunia dan mendapat pahala Allah di akhirat.

B. Mengalami kesenangan di dunia dan mendapat siksa Allah di akhirat.

C. Mengalami kegoncangan di dunia dan kesengsaraan dahsyat di akhirat.

D. Mengalami kesuksesan di dunia dan mendapat pahala allah di akhirat.

E. Mengalami kesusahan di dunia dan mendapat murka Allah di akhirat.

14. Indonesia adalah negara kepulauan, mempunyai banyak gunung berapi, dan mempunyai potensi bencana alam yang tinggi. Umat Islam adalah komponen penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Untuk itu, kepedulian sosial adalah suatu keharusan yang harus dimiliki oleh setiap warga negara. Adapun caranya adalah... .

A. Memberi bantuan kepada orang yang sangat memerlukan bantuan.

B. Memberi perhatian kepada orang yang sangat memerlukan bantuan.

C. Memberi pembinaan kepada orang yang sangat memerlukan bantuan.

D. Memberi bimbingan kepara orang yang sangat memerlukan bantuan.

E. Memberi nasihat kepada orang yang sangat memerlukan bantuan.

15. Setan memiliki tabiat selalu ingkar kepada Tuhan, bahkan telah bertekat akan menyesatkan umat manusia, yaitu dengan cara... .

A. Mengawal manusia untuk melakukan perbuatan yang keji dan mungkar.

B. Menggoda manusia untuk melakukan perbuatan yang keji dan mungkar.

C. Mengancam manusia untuk tidak melakukan perbuatan keji dan mungkar.

D. Mengincar manusia untuk melakukan perbuatan keji dan mungkar.

E. Mengekang manusia untuk melakukan perbuatan keji dan mungkar.

16. Dalam lingkungan kehidupan sekitar kita, sering dijumpai orang yang berperilaku tidak menghargai kesempatan yang diberikan oleh Allah Swt. Sebagian dari mereka, ada pelajar yang mempunyai kebiasaan kumpul-kumpul sampai larut malam, sehingga waktu yang semestinya digunakan untuk belajar dan istirahat tidak digunakan sebagaimana mestinya. Hal tersebut menggambarkan perilaku... .

A. Ghibah. D. Isrāf.


Akidah Akhlak Kelas XI 229


B. Takabur. E. Bakhil.

C. Tabẓīr.

17. Tidak mematikan lampu atau kipas angin setelah selesai dipakai adalah salah satu bentuk perilaku akhlak tercela. Namun demikian, dalam kehidupan sehari-hari dianggap sebagai masalah sepele/kecil. Perilaku tersebut merupakan perwujudan dari... .

A. Ghibah D. Isrāf.

B. Takabur. E. Bakhil.

C. Tabẓīr.

18. Ada beberapa anak yang mempunyai kebiasaan bermain game dengan tidak memperhatikan waktu. Bahkan ketika diingatkan orang tua untuk belajar dan menyelesaikan tugas-tugas yang harus diselesaikan, mereka tidak memperhatikannya. Perilaku yang demikian itu termasuk... .

A. Ghibah. D. Isrāf.

B. Takabur. E. Bakhil.

C. Tabẓīr.

19. Tidak semua orang yang mempunyai kecukupan rezeki memiliki sikap peduli terhadap lingkungan. Bahkan ada yang merasa keberatan ketika diminta iuran untuk kegiatan di lingkungan tempat tinggalnya. Dia merasa harta yang dimiliknya adalah hasil jerih payahnya sendiri. Kesuksesan hidupnya merupakan hasil dari ketekunannya dan orang di sekitarnya tidak mempunyai kontribusi dalam hidupnya. Sikap tersebut merupakan cermin dari perilaku... .

A. Ghibah. D. Isrāf.

B. ‘Ujub. E. Bakhil.

C. Tabẓīr.

20. Bagi orang beriman dan beramal saleh, kematian bukanlah sesuatu yang menakutkan, karena sesungguhnya kematian itu hanyalah sebuah tahapan yang akan dialami oleh setiap orang. Bahkan menjelang kematian, Allah Swt. mengutus malaikat untuk memberikan kabar gembira yang akan didapatkannya. Hal tersebut sesuai dengan firman Allah... .

21. Islam menempatkan wanita pada posisi yang mulia. Sesuai dengan kodratnya, wanitalah yang melahirkan umat manusia. Pengorbanan wanita dalam melahirkan

230 Akidah Akhlak Kelas XI

bukanlah dianggap sebagai sesuatu hal yang biasa, melainkan sangat mulia. Dalam hal ini, apabila ada wanita yang meninggal pada saat melahirkan maka dipandang sebagai suatu isyarat bahwa dia meninggal dalam keadaan husnul khatimah, dasarnya adalah sabda Nabi Muhammad berikut... .

22. Alam barzakh adalah terminal awal manusia untuk menuju alam akhirat. Keadaan ruh

di alam ini adalah... .

A. Mendapatkan nikmat kubur atau siksa kubur sampai datangnya hari kebangkitan.

B. Mendapatkan siksa kubur kemudian hancur.

C. Mendapatkan nikmat kubur kemudian hancur.

D. Tidak mendapatkan nikmat kubur atau siksa kubur karena sudah hancur.

E. Langsung ke surga atau neraka.

23. Perhatikan QS. Al-Waqi’ah (56): 58-60 berikut!


Terjemahan potongan ayat yang bergaris bawah adalah... .

A. Maka Terangkanlah kepadaku tentang nutfah yang kamu pancarkan.

B. Kamukah yang menciptakannya, atau kamikah yang menciptakannya?

C. Kami telah menentukan kematian di antara kamu .

D. Dan Kami sekali-sekali tidak akan dapat dikalahkan.

E. Maka kematian itu pasti akan mendatangimu.

24. Kematian adalah sesuatu yang pasti terjadi. Allah Swt. memberikan isyarat bahwa kematian itu sudah diprogram oleh Allah Swt. bersamaan dengan sel pertama yang menjadi bahan dasar manusia. Program ini mendampingi manusia hingga ia menemui ajalnya. Hal tersebut merujuk kepada bunyi ayat berikut... .


Akidah Akhlak Kelas XI 231



إ

25. Perhatikan QS. Al-An’am (6): 93 berikut:



Ayat tersebut menginformasikan keadaan orang yang menghadapi kematian, yaitu... .

A. Kematian orang kafir yang didatangi malaikat dengan dibentak-bentak dan

dipukul.

B. Kematian orang mukmin yang di datangi malaikat tetapi dibentak-bentak dan

dipukul.

C. Kematian orang ẓalim yang didatangi malaikat seraya dipukul dengan tangannya.

D. Kematian orang ẓalim yang diampuni dosanya dan akan masuk surga.

E. Kematian orang mukmin yang didatangi malaikat dan dihibur dengan kabar

gembira tentang surga yang dijanjikan.

26. Ajaran yang dibawa oleh Nabi Muhammad Saw. mengandung tiga dimensi, yaitu:

iman, islam, dan ihsan. Dimensi ihsan kemudian melahirkan ilmu... .

A. Fikih. D. Ushuluddin.

B. Ilmu Kalam. E. Tauhid.

C. Tasawuf.

27. Amir adalah salah satu contoh orang yang rajin melaksanakan ibadah. Namun demikian, ibadah yang dilakukannya belum mempunyai dampak kepada peningkatan sikap spiritualnya sehingga dia masih gampang galau/cemas apabila menghadapi suatu permasalahan. Dalam dunia tasawuf, ibadah yang dilakukan oleh Amir tersebut masih berada pada wilayah eksoteris, yaitu pada tataran... .

A. Syari’at. D. Ma’rifat.

B. Tarekat. E. Tauhid.

C. Hakikat.

28. Ibnu Khaldun menjelaskan bahwa manusia itu mempunyai tiga potensi yaitu panca indera (anggota tubuh), akal pikiran, dan hati sanubari. Potensi hati sanubari akan berkembang dengan pendekatan ilmu... .

A. Fikih. D. Ushuluddin.

B. Ilmu Kalam. E. Tasawuf.

C. Filsafat.

29. Pondasi ilmu tasawuf yang harus dibangun dengan kokoh oleh seorang sufí adalah... .

A. Syari’at. D. Ma’rifat.

B. Tarekat. E. Tauhid.

C. Hakikat.

30. Dalam perjalanan tasawuf, seorang sufi memerlukan bimbingan seorang guru/mursyid yaitu untuk membimbing agar tidak tersesat dalam perjalanan spiritual yang tidak ada rambu jalan keluarnya. Hal tersebut mengacu kepada pengertian... .

A. Syari’at. D. Ma’rifat.

232 Akidah Akhlak Kelas XI

B. Tarekat. E. Tauhid.

C. Hakikat.

31. Pada awalnya, tarekat adalah cara/jalan yang ditempuh oleh seorang sufi secara individual untuk mendapatkan pengetahuan yang hakiki/ma’rifat hakiki. Namun dalam perkembangan selanjutnya, tarekat juga bermakna organisasi para sufi yang didirikan oleh Syaikh/guru sufi untuk membimbing para salik. Perkembangan yang demikian itu terjadi sejak... .

A. Abad ke-6 H. D. Abad ke-9 H.

B. Abad ke-7 H. E. Abad ke-10 H.

C. Abad ke-8 H.

32. Metode yang digunakan para sufí untuk mendekatkan diri kepada Allah berbeda-beda, misalnya melalui cara mulāzamah al-dzikr, riyādah, mujāhadah, murāqabah, dan muhāsabah. Umar selalu berusaha untuk mendekatkan diri dengan cara mulāzamahal-dzikr, maksudnya adalah... .

A. Selalu dalam keadaan ẓikir kepada Allah.

B. Selalu melatih diri.

C. Selalu bersungguh-sungguh untuk membersihkan hati.

D. Mengawasi diri.

E. Introspeksi diri.

33. Metode yang digunakan para sufí untuk mendekatkan diri kepada Allah berbeda-beda,

misalnya melalui cara mulāzamah al-dzikr, riyādah, mujāhadah, murāqabah, dan

muhāsabah. Elsa berusaha mendekatkan diri kepada Allah dengan jalan mujāhadah,

maksudnya adalah... .

A. Selalu dalam keadaan ẓikir kepada Allah.

B. Selalu melatih diri untuk selalu dalam keadaan suci.

C. Selalu bersungguh-sungguh untuk membersihkan hati dan sifat-sifat tercela dan

hara nafsu.

D. Mengawasi diri agar tidak berbuat kemungkaran.

E. Introspeksi diri atas kesalahan yang telah diperbuat.

34. Pada tahap tertentu, seorang sufí akan mendapatkan pengetahuan yang berupa makna

terdalam dari praktik dan petunjuk yang ada pada syari’at dan tarekat yang

dinamakan... .

A. Ma’rifat. D. Mukasyafah.

B. Hakikat. E. Riyādah.

C. Murāqabah.

35. Pada tahap tertentu, seorang sufi akan sampai pada pengetahuan hakiki yang datang

melalui “penyingkapan” (kasyf), “penyaksian” (musyahadah), dan “cita rasa” (dzauq),

yaitu pada tahap... .

A. Ma’rifat. D. Mukasyafah.

B. Hakikat. E. Riyādah.,

C. Murāqabah.

36. Perhatikan QS. An-Nur [24]: 35 berikut... .


Akidah Akhlak Kelas XI 233


Ayat tersebut mengisyaratkan, bahwa manusia mempunyai kemungkinan untuk

mencapai... .

A. Ma’rifat. D. Mukasyafah.

B. Hakikat. E. Riyādah.,

C. Murāqabah.

37. Corak tasawuf itu beraneka ragam, ada yang bercorak akhlaki, falsafi, dan amali.

Rabi’ah al-Adawiyah mempunyai corak yang unik, berbeda dengan yang dilakukan

oleh sufi sebelumnya, yaitu... .

A. Zuhud. D. Ma’rifat.

B. Al-Hulul. E. Mahabbah.

C. Wahdatul Wujud

38. Kalau ada orang yang mengekspresikan rasa syukur dengan jalan tidak berbuat

maksiat dengan nikmat yang telah diberikan oleh Allah Swt. maka sesungguhnya

orang tersebut mempunyai sikap yang sama dengan... .

A. Al-Junail al-Baghdadi. D. Syaikh Abdul Qadir al-Jailani.

B. Rabi’ah al-Adawiyah. E. Al-Busthami.

C. Imam al-Ghazali.

39. Apabila saya mengetahui ada ilmu yang ternyata lebih besar dari pada tasawuf,

tentulah saya telah pergi untuk mencarinya, sekalipun harus dengan merangkak. Hal

tersebut merupakan pendapat... .

A. Al-Junail al-Baghdadi. D. Syaikh Abdul Qadir al-Jailani.

B. Rabi’ah al-Adawiyah. E. Al-Busthami.

C. Imam al-Ghazali.

40. Corak tasawuf itu beraneka ragam, ada menekankan kepada penanaman rasa takut

kepada Allah, tetapi juga sikap penuh pengharapan atas pertolongan Allah. Corak

ajaran tasawuf yang demikian itu sesuai dengan yang dikembangkan oleh... .

A. Al-Junaid al-Baghdadi. D. Syaikh Abdul Qadir al-Jailani.

B. Rabi’ah al-Adawiyah. E. Al-Busthami.

C. Imam al-Ghazali.

41. Al-Ghazali berpendapat bahwa kemampuan ma’rifat kepada Allah bersifat fitrah,

dengan pengertian setiap manusia mempunyai potensi bawaan yaitu terletak pada hati.

Setiap hati secara fitrah memiliki potensi mengetahui hakikat-hakikat dari segala yang

ada karena hati memiliki... .

A. Ruh. D. Substansi ilahi rabby.

B. Sirr. E. Substansi rabbani yang mulia.

C. Substansi ma’rifat.

42. Apabila ada orang yang mengatakan, bahwa untuk menjadi ‘arif itu harus siap

menjadi seperti bumi yang siap diinjak oleh siapapun, harus bisa menjadi awan yang

mengayomi seluruh umat manusia, dan harus bisa menjadi air hujan yang menyirami


234 Akidah Akhlak Kelas XI

tetumbuhan tanpa pilih kasih, maka sesungguhnya orang tersebut mengamalkan

ajaran... .

A. Al-Junaid al-Baghdadi. D. Syaikh Abdul Qadir al-Jailani.

B. Rabi’ah al-Adawiyah. E. Al-Busthami.

C. Imam al-Ghazali.

43. Syaikh/guru tarekat tidak menyampaikan ilmu tasawufnya kepada sembarang orang

karena dihawatirkan akan terjadi kesalahpahaman, terutama ilmu... .

A. Mukasyafah. D. Syari’at.

B. Kalam. E. Ushuluddin.

C. Mu’amalah.

44. Tingkatan tauhid tertinggi adalah: “Bahwa dia tidak melihat dalam yang wujud

kecuali Yang Esa, yaitu syuhud (kesaksian batin), orang-orang siddiq, para sufí

menamakannya dengan fana’ dalam tauhid karena dia tidak melihat kecuali Yang

Esa, dia juga tidak melihat dirinya, adalah ajaran tasawuf yang disampaikan oleh... .

A. Al-Junaid al-Baghdadi. D. Syaikh Abdul Qadir al-Jailani.

B. Rabi’ah al-Adawiyah. E. Al-Busthami

C. Imam al-Ghazali.

45. Rasa lapar yang dialami oleh sufí dapat mengantarkannya kepada pencerahan kalbu,

adalah salah satu ajaran tasawuf yang disampaikan oleh... .

A. Al-Junail al-Baghdadi. D. Syaikh Abdul Qadir al-Jailani.

B. Rabi’ah al-Adawiyah. E. Al-Busthami.

C. Imam al-Ghazali.

46. Apabila ada orang yang menjaga kesucian batin dengan cara menghindari karakter

buruk seperti: tingkah laku yang rendah, tindakan-tindakan tidak sah (haram), dan

sikap-sikap seperti kebanggaan diri, keangkuhan, berdusta, bergunjing, fitnah, iri hati,

amarah, mengkonsumsi makanan haram, maka sesungguhnya dia telah mengamalkan

salah satu ajaran tasawuf yang diajarkan oleh... .

A. Al-Junaid al-Baghdadi. D. Syaikh Abdul Qadir al-Jailani.

B. Rabi’ah al-Adawiyah. E. Al-Busthami.

C. Imam al-Ghazali.

47. Keadaan hati manusia itu dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu keadaan hati yang

terpuji dan keadaan hati yang tercela. Untuk mengetahui keadaan hati tersebut, oleh

Imam al-Ghazli dibahas dalam... .

A. Ilmu Mu’amalah. D. Ilmu Mujahadah.

B. Ilmu Mukasyafah. E. IlmuMusyahadah.

C. Ilmu Fikih.

48. Ajaran agama yang hanya diamalkan dengan mengutamakan aspek fikih dan bersifat

formal maka tidak akan menyentuh aras dasar ajaran Islam yang sesungguhnya,

sehingga dibutuhkan pengamalan agama secara mendalam/substantif yaitu dengan

pengamalan tasawuf, adalah pendapat... .


Akidah Akhlak Kelas XI 235


A. Al-Junaid al-Baghdadi. D. Syaikh Abdul Qadir al-Jailani.

B. Rabi’ah al-Adawiyah. E. Al-Busthami.

C. Imam al-Ghazali.

49. Perhatikan table maqamat berikut!

No Maqamat

1 Taubat

2 Mahabbah

3 Ma’rifat

4 Sabar

5 Ridha

6 Fakir

7 Zuhud

8 Tawakal

Urutan maqamat menurut al-Ghazali adalah... .

A. 1- 2- 3- 4- 5- 6-7- 8 D. 1- 4- 6- 7- 8- 2- 3-5

B. 2- 3- 4- 5- 6- 7-8- 1 E. 4- 6- 7- 8- 2- 3-5- 1

C. 3- 4- 5- 6- 7- 8-1- 2

50. Hidup sebagai orang yang mempunyai latar belakang sebagai perampok, tidaklah

membuat putus asa untuk menebusnya dengan kebaikan. Bahkan sahabat ini,

menjadikan keberaniannya di masa lalu itu tetap berjuang di jalan Allah. Sifat

pemberaninya telah mendarah daging, sehingga dia mempunyai karakter yang tangguh

dan pantang menyerah. Salah satu bukti keteguhannya dalam menegakkan kebenaran

adalah keberaniannya untuk menjadi... .

A. Khalifah pertama dalam Khulafa ar-Rasyidin.

B. Khalifah kedua dalam Khulafa ar-Rasyidin.

C. Khalifah ketiga dalam Khulafa ar-Rasyidin.

D. Penggugat Khalifah Ali atas kasus pembunuhan Utsman bin Affan.

E. Pembela dan kaum dhuafa.


SOAL PAT AKIDAH AKHLAK KELAS 11 OENILAIAN AKHIR TAHUN

Selamat Datang di Jammadrasah

Pendidik bertugas Mendidik, maka Didiklah Diri Dengan Prilaku yang mendidik
EmoticonEmoticon