A.1. Apakah semua siswa menunjukkan perilaku religius dalam aktifitas sehari-hari di madrasah? |
||||
Indikator Pencapaian |
||||
Tingkat 4 |
Tingkat 3 |
Tingkat 2 |
Tingkat 1 |
|
➢Selama 2 semester terakhir, 90%-100% siswa mengikuti kegiatan sholat berjamaah,
tadarus bersama, infaq pekanan, dan ibadah rutin lainnya.
➢Ada keterangan alasan ketidakikutsertaan |
➢ Selama 2 semester terakhir, 90%-100% siswa mengikuti kegiatan sholat berjamaah, tadarus
bersama, infaq pekanan, dan ibadah rutin lainnya.
➢Tidak ada keterangan
alasan ketidakikutsertaan |
➢Selama 2 semester terakhir, 70%-<90% siswa mengikuti kegiatan sholat berjamaah, tadarus
bersama, infaq pekanan, dan ibadah rutin lainnya. |
➢Selama 2 semester
terakhir, kurang dari 70% siswa mengikuti kegiatan sholat berjamaah, tadarus bersama, infaq pekanan, dan ibadah rutin lainnya. |
|
Bukti-bukti fisik |
Ringkasan deskripsi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Level kinerja yang dicapai (1,2,3 atau 4) |
||
1.
Daftar kehadiran siswa dalam aktifitas sholat berjamaah/tadarus Bersama/infaq pekanan/ibadah rutin lainnya
2.
Jurnal guru
pendidikan
agama/ PPkN/BK
3.
Daftar pelanggaran tatatertib |
CONTOH:
Selama TA 2020/2021 rata-rata 95% siswa di madrasah
kami mengikuti
kegiatan sholat berjamaah dan tadarus pagi yang dibuktikan dengan jurnal guru serta daftar hadir kegiatan |
4 |
||
|
||||
A.2. Apakah semua guru hadir di madrasah melakukan fungsi pembelajaran, pembimbingan, dan pelatihan sesuai jadwal dan waktu yang ditetapkan oleh madrasah? |
|||
Indikator Pencapaian |
|||
Tingkat 4 |
Tingkat 3 |
Tingkat 2 |
Tingkat 1 |
➢ Selama 2 semester terakhir, 95%-100% guru hadir di madrasah sesuai kalender akademik untuk melakukan fungsi pembelajaran, pembimbingan, dan pelatihan sesuai jadwal dan waktu yang ditetapkan oleh madrasah ➢ Jika terdapat guru yang tidak dapat hadir di madrasah dikarenakan alasan yang sangat jelas dengan bukti yang akurat,
misalnya karena sakit dibuktikan dengan surat dari dokter, cuti melahirkan, haji, dan sejenisnya ➢ Ketidakhadiran guru di kelas tidak mengganggu proses pembelajaran karena dapat diganti
dengan guru
lainnya |
➢ Selama 2 semester terakhir, 95-100% guru hadir di madrasah sesuai kalender akademik untuk melakukan fungsi pembelajaran, pembimbingan, dan pelatihan sesuai jadwal dan waktu yang ditetapkan oleh madrasah ➢ Guru yang tidak hadir tidak digantikan oleh guru lain sehingga mengganggu proses pembelajaran |
➢ Selama 2 semester terakhir, 80%-<95% guru hadir di sekolah
untuk melakukan fungsi pembelajaran, pembimbingan, dan pelatihan sesuai jadwal dan waktu yang ditetapkan madrasah |
➢ Selama 2 semester terakhir, kurang dari 80% guru hadir di sekolah untuk melakukan fungsi pembelajaran, pembimbingan, dan pelatihan sesuai jadwal dan waktu yang ditetapkan madrasah |
Lanjutan A-2 Bukti Fisik…
Bukti-bukti fisik |
Ringkasan deskripsi
madrasah
menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Level kinerja yang dicapai (1,2,3 atau 4) |
1.
Rekapitulasi daftar kehadiran guru untuk kegiatan pembelajaran, pembimbingan, dan pelatihan sesuai jadwal dan waktu yang ditetapkan oleh madrasah.
2.
Untuk Kegiatan pembelajaran dilengkapi dengan penjelasan pokok materi yang diberikan. Bisa dilengkapi dengan jurnal kelas yang ditandatangani guru dan ketua kelas (Daftar guru dapat diambil dari data EMIS sedangkan persentase guru mengajar dientri oleh TPM) |
CONTOH: Selama 2 semester TA 2020/2021 rata-rata kehadiran guru kami adalah 95 % namun terkadang tidak ada guru pengganti sehingga PBM terganggu |
3 |
|
A.3. Apakah kepala madrasah atau guru senior yang ditugasi dengan Surat Keputusan (SK) melakukan supervisi secara rutin proses pembelajaran terhadap seluruh guru? |
|||||
Indikator Pencapaian |
|||||
Tingkat 4 |
Tingkat 3 |
Tingkat 2 |
Tingkat 1 |
||
➢ Selama 2 semester terakhir, kepala madrasah atau guru senior yang ditugasi melaksanakan supervisi dan menindaklanjuti hasil supervisi kepada semua guru |
➢ Selama 2 semester terakhir, kepala madrasah atau guru senior yang ditugasi melaksanakan supervisi dan menindaklanjuti hasil supervisi terhadap 90%-<100% guru |
➢ Selama 2 semester terakhir, kepala madrasah atau guru senior yang ditugasi melaksanakan supervisi dan menindaklanjuti hasil supervisi terhadap 80%-<90% guru |
➢ Selama 2 semester terakhir, kepala madrasah atau guru senior yang ditugasi melaksanakan supervisi dan menindaklanjuti hasil supervisi terhadap
kurang dari
80% guru |
||
Bukti-bukti fisik |
Ringkasan deskripsi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Level kinerja yang dicapai (1,2,3 atau 4) |
|||
1.
Laporan hasil
supervisi kepala madrasah
(guru senior yg ditugasi) terhadap guru sesuai format yang berlaku, resume rapat penyampaian hasil supervisi dan hasil tindak lanjut
2. SK Tim Supervisi
3. Wawancara TPM dengan para guru
Catatan: contoh hasil supervisi kepala madrasah dan resume hasil rapat wajib diupload |
|
|
|||
A.4. Apakah semua siswa hadir di madrasah mengikuti pelajaran baik daring ataupun luring sesuai jadwal yang ditetapkan? |
|||||
Indikator Pencapaian |
|||||
ingkat 4 |
Tingkat 3 |
Tingkat 2 |
Tingkat 1 |
||
➢ Selama 2 semester terakhir, 95%-100% siswa hadir di madrasah sesuai kalender pendidikan di madrasah
➢ Jika terdapat siswa yang tidak hadir dikarenakan alasan yang sangat jelas dengan bukti yang akurat,
misalnya karena sakit dibuktikan dengan surat dari dokter |
➢ Selama 2 semester terakhir, 95%-100% siswa hadir di madrasah
sesuai kalender madrasah
➢ Siswa yang tidak hadir tidak terdapat alasan yang jelas ke madrasah |
➢ Selama 2 semester terakhir, siswa yang hadir antara 90%-<95% |
➢ Selama 2 semester terakhir, siswa yang hadir kurang dari 90% |
||
Bukti-bukti fisik |
Ringkasan deskripsi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Level kinerja yang dicapai (1,2,3 atau 4) |
|||
1. Buku absensi/kehadiran
siswa. 2. Jurnal harian guru piket 3. Surat keterangan ijin siswa yang tidak hadir ke madrasah atau di kelas 4. Rekapitulasi daftar absensi siswa
Catatan: Rekapitulasi daftar absensi
siswa diupload |
|
|
|||
A.5. Apakah siswa aktif membaca/meminjam buku yang tersedia di perpustakaan (termasuk perpustakaan digital)? |
|
|||||
Indikator Pencapaian |
|
|||||
Tingkat 4 |
Tingkat 3 |
Tingkat 2 |
Tingkat 1 |
|
||
➢ Dalam 2 semester terakhir, 90%-100% siswa membaca/meminjam buku yang tersedia di perpustakaan
(termasuk perpustakaan digital) |
➢ Dalam 2 semester terakhir, 80%-<90% siswa membaca/ meminjam buku yang tersedia di perpustakaan (termasuk perpustakaan digital) |
➢ Dalam 2 semester terakhir, 70%-<80% siswa membaca/ meminjam buku yang tersedia di perpustakaan (termasuk perpustakaan digital) |
➢ Dalam 2 semester terakhir kurang dari 70% siswa membaca/ meminjam buku yang tersedia di perpustakaan (termasuk perpustakaan
digital) atau madrasah tidak memiliki perpustakaan |
|
||
Bukti-bukti fisik |
Ringkasan deskripsi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Level kinerja yang dicapai (1,2,3 atau 4) |
|
|||
1. Daftar kunjungan perpustakaan
2. Daftar peminjaman buku perpustakaan |
|
|
|
|||
|
|
|||||
A.6. Apakah
Madrasah terbiasa
melaksanakan evaluasi
terhadap kinerja
pendidik dan tenaga kependidikan? |
|||
Indikator Pencapaian |
|||
Tingkat 4 |
Tingkat 3 |
Tingkat 2 |
Tingkat 1 |
➢ Madrasah terbiasa melaksanakan evaluasi terhadap kinerja pendidik dan tenaga kependidikan, meliputi 5 aspek sebagai berikut:
1) kesesuaian penugasan dengan keahlian,
2) keseimbangan beban kerja,
3) keaktifan
4) pencapaian prestasi,
5) keikutsertaan dalam berbagai lomba |
➢ Madrasah terbiasa melaksanakan evaluasi terhadap kinerja pendidik dan tenaga kependidikan, 4 dari 5 aspek sebagai berikut:
1) kesesuaian penugasan dengan keahlian,
2) keseimbangan beban kerja,
3) keaktifan
4) pencapaian prestasi,
5) keikutsertaan dalam berbagai lomba |
➢ Madrasah terbiasa melaksanakan evaluasi terhadap kinerja pendidik dan tenaga kependidikan, 3 dari 5 aspek sebagai berikut:
1) kesesuaian penugasan dengan keahlian,
2) keseimbangan beban kerja,
3) keaktifan
4) pencapaian prestasi,
5) keikutsertaan dalam berbagai lomba |
➢ Madrasah terbiasa melaksanakan evaluasi terhadap kinerja pendidik dan tenaga kependidikan kurang
dari 3 aspek sebagai berikut:
1) kesesuaian penugasan dengan keahlian,
2) keseimbangan beban kerja,
3) keaktifan
4) pencapaian prestasi,
5) keikutsertaan dalam berbagai lomba |
|
Lanjutan A-6 Bukti Fisik…
Bukti-bukti fisik |
Ringkasan deskripsi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Level kinerja yang dicapai (1,2,3 atau 4) |
1. Daftar penugasan guru dan tenaga kependidikan dan latar belakang
pendidikannya
2. Daftar beban kerja guru dan tenaga kependidikan
3. Daftar keaktifan guru dan tendik dalam berbagai forum (misalnya KKG/MGMP, Seminar/Webinar dll)
4. Daftar pencapaian prestasi guru
Catatan: daftar penugasan guru wajib diupload |
|
|
|
A.7. Apakah Madrasah secara rutin melakukan pertemuan dengan guru dan tenaga kependidikan, dan komite
madrasah/perwakilan ortu
untuk melakukan
evaluasi diri
terhadap kinerja
madrasah dalam rangka pemenuhan 8 Standar Nasional Pendidikan? |
|||||
Indikator Pencapaian |
|||||
Tingkat 4 |
Tingkat 3 |
Tingkat 2 |
Tingkat 1 |
||
➢ Dalam 2 semester terakhir, madrasah melakukan pertemuan rutin dengan guru, tenaga kependidikan, dan komite madrasah/perwakilan ortu 3x atau lebih per tahun |
➢ Dalam 2 semester terakhir, madrasah melakukan pertemuan rutin dengan guru , tenaga kependidikan, dan komite madrasah/ perwakilan ortu 2x per tahun |
➢ Dalam 2 semester terakhir, madrasah melakukan pertemuan rutin dengan , tenaga kependidikan, dan komite madrasah/ perwakilan ortu 1x per tahun |
➢ Dalam 2 semester terakhir, madrasah tidak pernah melakukan pertemuan rutin dengan , tenaga kependidikan,
dan komite madrasah/
perwakilan ortu |
||
Bukti-bukti fisik |
Ringkasan deskripsi
madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Level kinerja yang dicapai (1,2,3 atau 4) |
|||
1. Daftar hadir rapat guru, tenaga kependidikan, dan komite madrasah 2. Notulensi rapat pertemuan dengan guru, tenaga kependidikan, dan komite madrasah/perwakilan ortu
Catatan: contoh resume hasil pertemuan rapat diupload |
|
|
|||
|
|||||
B.1. Apakah
Kepala Madrasah
aktif mengikuti
pelatihan dan/atau
kegiatan pengembangan diri? |
|||||
Indikator Pencapaian |
|||||
Tingkat 4 |
Tingkat 3 |
Tingkat 2 |
Tingkat 1 |
||
➢ Dalam 2 semester terakhir,
kepala madrasah mengikuti kegiatan sejenis pelatihan/ workshop/pertemuan (termasuk pada kelompok kerja madrasah) dalam rangka peningkatan kompetensi kepala madrasah minimal 3x per tahun |
➢ Dalam 2 semester terakhir, kepala madrasah mengikuti kegiatan sejenis pelatihan/
workshop/pertemuan (termasuk pada kelompok kerja madrasah) dalam rangka peningkatan kompetensi kepala madrasah 2x per tahun |
➢ Dalam 2 semester terakhir, kepala madrasah mengikuti kegiatan sejenis pelatihan/
workshop/pertemuan (termasuk pada kelompok kerja madrasah) dalam rangka peningkatan kompetensi kepala madrasah 1x per tahun |
➢ Dalam 2 semester terakhir, kepala madrasah tidak pernah mengikuti kegiatan sejenis
pelatihan/workshop/ pertemuan (termasuk pada kelompok kerja madrasah) dalam rangka peningkatan kompetensi kepala madrasah |
||
Bukti-bukti fisik |
Ringkasan deskripsi
madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Level kinerja yang dicapai (1,2,3 atau 4) |
|||
1. Daftar undangan pelatihan/workshop/ pertemuan
2. Sertifikat keikutsertaan
3. Perjanjian Kerjasama/MoU
4. …...
Catatan:
beberapa contoh sertifikat pelatihan diupload |
|
|
|||
B.2. Apakah guru aktif mengikuti KKG/MGMP atau kegiatan sejenis pelatihan/seminar/workshop dalam rangka peningkatan kompetensi? |
|||||
Indikator Pencapaian |
|||||
Tingkat 4 |
Tingkat 3 |
Tingkat 2 |
Tingkat 1 |
||
➢ Dalam 2 semester terakhir, 90%- 100% guru secara aktif mengikuti kegiatan KKG/MGMP atau kegiatan sejenis pelatihan/seminar/worksho p dalam rangka peningkatan kompetensi, baik secara daring maupun luring |
➢ Dalam 2 semester terakhir, 80%-<90% guru secara aktif mengikuti kegiatan KKG/MGMP atau kegiatan sejenis pelatihan/seminar/works hop dalam rangka peningkatan kompetensi, baik secara daring maupun luring |
➢ Dalam 2 semester terakhir, 70%-<80% guru secara aktif mengikuti kegiatan KKG/MGMP atau kegiatan sejenis pelatihan/seminar/works hop
dalam rangka peningkatan kompetensi, baik secara daring maupun luring |
➢ Dalam 2 semester terakhir, kurang dari 70% guru secara aktif mengikuti kegiatan KKG/MGMP atau kegiatan sejenis pelatihan/seminar/works
hop
dalam rangka peningkatan kompetensi, baik secara daring maupun luring |
||
Bukti-bukti fisik |
Ringkasan deskripsi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Level kinerja yang dicapai (1,2,3 atau 4) |
|||
1. Daftar absensi kehadiran guru di KKG/ MGMP/Seminar/Workshop
2. Bukti keaktifan guru mengikuti kegiatan pengembangan diri secara online
3. Sertifikat pelatihan/seminar/workshop dan sejenisnya |
|
|
|||
|
|||||
B.3. Apakah Kepala Madrasah membuat perencanaan program peningkatan mutu pembelajaran bagi guru? |
|
|||||
Indikator Pencapaian |
|
|||||
Tingkat 4 |
Tingkat 3 |
Tingkat 2 |
Tingkat 1 |
|
||
➢ Dalam satu tahun anggaran, 80-100% guru direncanakan mengikuti program peningkatan mutu |
➢ Dalam satu tahun anggaran, 65 s.d. < 80% guru direncanakan mengikuti program peningkatan mutu |
➢ Dalam satu tahun anggaran, 50 s.d. < 65% guru direncanakan mengikuti program peningkatan mutu |
➢ Dalam satu tahun anggaran, < 50% guru direncanakan mengikuti program peningkatan mutu |
|
||
Bukti-bukti fisik |
Ringkasan deskripsi
madrasah
menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Level kinerja yang dicapai (1,2,3 atau 4) |
|
|||
1. Dokumen perencanaan madrasah(RKA K/L atau RKAM)
2. Rekapitulasi daftar guru yang mengikuti program peningkatan mutu pembelajaran |
|
|
|
|||
|
|
|||||
B.4. Apakah tenaga kependidikan di madrasah aktif mengikuti kegiatan sejenis pelatihan/workshop/ bimtek dalam rangka peningkatan kompetensi dan keterampilan? |
|||||
Indikator Pencapaian |
|||||
Tingkat 4 |
Tingkat 3 |
Tingkat 2 |
Tingkat 1 |
||
➢ Dalam 2 semester terakhir, 80% s.d. 100% tenaga kependidikan mengikuti kegiatan pelatihan/ workshop/bimtek dalam rangka peningkatan kompetensi dan keterampilan teknis |
➢ Dalam 2 semester terakhir, 65 % s.d. < 80% tenaga kependidikan mengikuti kegiatan pelatihan/ workshop/bimtek dalam rangka peningkatan kompetensi dan keterampilan teknis |
➢ Dalam 2 semester terakhir, 55 % s.d. < 65% tenaga kependidikan mengikuti kegiatan pelatihan/ workshop/bimtek dalam rangka peningkatan kompetensi dan keterampilan teknis |
➢ Dalam 2 semester terakhir, < 55% tenaga kependidikan mengikuti kegiatan pelatihan/ workshop/bimtek dalam rangka peningkatan kompetensi dan keterampilan teknis |
||
Bukti-bukti fisik |
Ringkasan deskripsi madrasah menurut indikator
dan berdasarkan bukti |
Level kinerja yang dicapai (1,2,3 atau 4) |
|||
1. Daftar undangan atau surat dari penyelenggara kegiatan
2. Bukti keikutsertaan pelatihan dan workshop dalam bentuk sertifikat
Catatan: contoh sertifikat keikut sertaan pelatihan/workshop diupload |
|
|
|||
|
|||||
C1. Apakah semua guru mengembangkan RPP sesuai mata pelajaran yang diampunya? |
|||||
Indikator Pencapaian |
|||||
Tingkat 4 |
Tingkat 3 |
Tingkat 2 |
Tingkat 1 |
||
➢ 90%-100% guru telah menyusun RPP matapelajaran yang diampunya sesuai ketentuan |
➢ 80%-<90% guru telah menyusun RPP matapelajaran yang diampunya sesuai ketentuan |
➢ 70%-<80% guru telah menyusun RPP matapelajaran yang diampunya sesuai ketentuan |
➢ Kurang dari 70% guru telah menyusun RPP matapelajaran yang diampunya sesuai ketentuan |
||
Bukti-bukti fisik |
Ringkasan deskripsi
madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Level kinerja yang dicapai (1,2,3 atau 4) |
|||
1. RPP dari setiap guru
2. Hasil wawancara
3. Daftar guru yang menyusun RPP
Catatan: Daftar guru yang menyusun RPP dan contoh 1 RPP wajib diupload |
|
|
|||
|
|||||
C.2. Apakah guru menggunakan metode pembelajaran yang sesuai karakteristik siswa dan mata pelajaran? |
|||||
Indikator Pencapaian |
|||||
Tingkat 4 |
Tingkat 3 |
Tingkat 2 |
Tingkat 1 |
||
➢ Lebih dari 90% guru telah menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi sesuai karakteristik siswa dan materi pembelajaran melalui ceramah, demonstrasi, diskusi, belajar mandiri, simulasi, curah pendapat, studi kasus, seminar, tutorial, deduktif, dan induktif |
➢ 80%-90% guru telah menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi sesuai karakteristik siswa dan materi pembelajaran melalui ceramah, demonstrasi, diskusi, belajar mandiri, simulasi, curah pendapat, studi kasus, seminar, tutorial, deduktif, dan induktif |
➢ 70%-<80% guru telah menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi sesuai karakteristik siswa dan materi pembelajaran melalui ceramah, demonstrasi, diskusi, belajar mandiri, simulasi, curah pendapat, studi kasus, seminar, tutorial, deduktif, dan induktif |
➢ Kurang dari 70% guru telah menggunakan metode pembelajaran sesuai karakteristik siswa dan materi pembelajaran melalui ceramah, demonstrasi, diskusi, belajar mandiri, simulasi, curah pendapat, studi kasus, seminar, tutorial, deduktif, dan induktif |
||
Bukti-bukti fisik |
Ringkasan deskripsi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Level kinerja yang dicapai (1,2,3 atau 4) |
|||
1. Hasil wawancara dan penilaian kepala madrasah 2. Hasil wawancara dengan peserta didik 3.
Rekapitulasi daftar
guru yang menggunakan ragam metode pembelajaran yang sesuai karakteristik
siswa dan materi pembelajaran
Catatan: Daftar guru yang menggunakan metode pembelajaran
wajib diupload |
|
|
|||
C.3. Apakah Guru menggunakan media pembelajaran yang sesuai karakter siswa dan mata pelajaran yang diampunya? |
|||||
Indikator Pencapaian |
|||||
Tingkat 4 |
Tingkat 3 |
Tingkat 2 |
Tingkat 1 |
||
➢ 90%-100% guru menggunakan media pembelajaran yang sesuai karakter siswa |
➢ 80%-<90% guru menggunakan media pembelajaran yang sesuai
karakter siswa |
➢ 70%-<80% guru menggunakan media pembelajaran yang sesuai
karakter siswa |
➢ Kurang dari
70% guru menggunakan media pembelajaran yang sesuai karakter siswa |
||
Bukti-bukti fisik |
Ringkasan deskripsi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Level kinerja yang dicapai (1,2,3 atau 4) |
|||
1.
Hasil wawancara dan penilaian kepala madrasah
2. Hasil wawancara dengan guru
3. Rekapitulasi daftar guru yang menggunakan media pembelajaran yang sesuai
Catatan: Daftar guru yang menggunakan media pembelajaran yang sesuai wajib diupload |
|
|
|||
|
|||||
C.4. Apakah Guru menggunakan penilaian otentik dalam penilaian proses pembelajaran? |
|||
Indikator Pencapaian |
|||
Tingkat 4 |
Tingkat 3 |
Tingkat 2 |
Tingkat 1 |
➢ 90%-100% guru melakukan penilaian otentik, yaitu menilai kesiapan siswa, proses, dan hasil belajar secara utuh sehingga akan menggambarkan kapasitas,
gaya, dan perolehan belajar siswa yang mampu menghasilkan
dampak instruksional pada aspek pengetahuan dan dampak pengiring pada aspek sikap |
➢ 80%-<90% guru melakukan penilaian otentik, yaitu menilai kesiapan siswa, proses, dan hasil belajar secara utuh sehingga akan menggambarkan kapasitas, gaya, dan perolehan belajar siswa yang mampu menghasilkan dampak instruksional pada aspek pengetahuan dan dampak pengiring pada aspek sikap |
➢ 70%-<80% guru melakukan penilaian otentik, yaitu menilai kesiapan siswa, proses, dan hasil belajar secara utuh sehingga akan menggambarkan kapasitas, gaya, dan perolehan belajar siswa yang mampu menghasilkan dampak
instruksional pada aspek pengetahuan
dan dampak pengiring pada aspek sikap |
➢ Kurang dari 70% guru melakukan penilaian otentik, yaitu menilai kesiapan siswa, proses, dan hasil belajar secara utuh sehingga akan menggambarkan kapasitas, gaya, dan perolehan belajar siswa yang mampu menghasilkan dampak
instruksional pada aspek pengetahuan dan dampak pengiring pada aspek sikap |
|
Lanjutan C-4 Bukti Fisik…
Bukti-bukti fisik |
Ringkasan deskripsi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Level kinerja yang dicapai (1,2,3 atau 4) |
1. Bukti pelaksanaan penilaian yang dilakukan setiap guru
2. Hasil wawancara dengan guru
3. Daftar guru yang menggunakan penilian otentik dalam proses pembelajaran
Catatan: Daftar guru yang menggunakan penilian otentik dalam proses pembelajaran wajib diupload |
|
|
|
C.5. Apakah guru melakukan evaluasi dan penilaian setiap siswa? |
|||||
Indikator Pencapaian |
|||||
Tingkat 4 |
Tingkat 3 |
Tingkat 2 |
Tingkat 1 |
||
➢ 90%-100% guru melaksanakan penilaian hasil belajar dalam bentuk: (1) ulangan, (2) pengamatan, dan (3) penugasan kepada seluruh siswa |
➢ 80%-<90% guru melaksanakan penilaian hasil belajar dalam bentuk: (1) ulangan, (2) pengamatan, dan (3) penugasan kepada seluruh siswa |
➢ 70%-<80% guru melaksanakan penilaian hasil belajar dalam bentuk: (1) ulangan, (2) pengamatan, dan (3) penugasan kepada seluruh siswa |
➢ Kurang dari 70% guru melaksanakan penilaian hasil belajar dalam bentuk: (1) ulangan, (2) pengamatan, dan (3) penugasan kepada seluruh siswa |
||
Bukti-bukti fisik |
Ringkasan deskripsi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Level kinerja yang dicapai (1,2,3 atau 4) |
|||
1. Daftar nilai ulangan harian 2. Daftar nilai ulangan mingguan dan semesteran 3. Daftar catatan guru atas penilaian individu siswa 4.
Daftar guru
yang melakukan penilaian
dalam bentuk
ulangan, pengamatan dan penugasan ke siswa wajib diupload
Catatan: rekapitulasi daftar
guru yang melakukan penilaian dalam bentuk ulangan, pengamatan dan penugasan ke siswa wajib diupload |
|
|
|||
|
|||||
C.6. Apakah guru memanfaatkan hasil penilaian untuk perencanaan program remedial, pengayaan dan perbaikan proses pembelajaran? |
|||
Indikator Pencapaian |
|||
Tingkat 4 |
Tingkat 3 |
Tingkat 2 |
Tingkat 1 |
➢ 90%-100% guru memanfaatkan hasil penilaian untuk merencanakan program remedial, pengayaan, dan pelayanan
konseling. Selain itu, hasil penilaian dimanfaatkan sebagai bahan untuk memperbaiki proses pembelajaran sesuai Standar Penilaian Pendidikan |
➢ 80%-<90% guru memanfaatkan hasil penilaian untuk merencanakan program remedial, pengayaan, dan pelayanan konseling. Selain itu, hasil penilaian dimanfaatkan sebagai bahan untuk memperbaiki proses pembelajaran sesuai Standar Penilaian Pendidikan |
➢ 70%-<80% guru memanfaatkan hasil penilaian
untuk merencanakan program remedial,
pengayaan, dan pelayanan konseling. Selain itu, hasil penilaian dimanfaatkan sebagai bahan untuk memperbaiki proses pembelajaran sesuai Standar Penilaian Pendidikan |
➢ Kurang dari 70% guru memanfaatkan hasil penilaian
untuk merencanakan program remedial, pengayaan,
dan pelayanan konseling. Selain itu, hasil penilaian dimanfaatkan sebagai bahan untuk memperbaiki proses pembelajaran sesuai Standar Penilaian Pendidikan |
Bukti-bukti fisik |
Ringkasan deskripsi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Level kinerja yang dicapai (1,2,3 atau 4) |
1. Dokumen perencanaan program remedial, pengayaan, pelayanan konseling dan perbaikan proses pembelajar dari setiap guru
2. Hasil wawancara guru
Catatan: Daftar guru yang membuat perencanaan program remedial,
pengayaan dan konseling wajib diupload |
|
|
|
C.7. Apakah Madrasah menyelenggarakan kegiatan
remedial dan/atau
pengayaan secara rutin? |
|||||
Indikator Pencapaian |
|||||
Tingkat 4 |
Tingkat 3 |
Tingkat 2 |
Tingkat 1 |
||
➢ Madrasah menyelenggarakan kegiatan remedial dan/atau pengayaan secara rutin sesuai jadwal yang ditetapkan
➢ 95%-100% siswa mengikuti remedial dan/atau pengayaan sesuai jadwal |
➢ Madrasah menyelenggarakan kegiatan remedial dan/atau pengayaan secara rutin sesuai jadwal yang ditetapkan
➢ 80%-<90% siswa mengikuti remedial dan/atau pengayaan sesuai jadwal |
➢ Madrasah menyelenggarakan kegiatan remedial dan/atau pengayaan secara rutin sesuai jadwal yang ditetapkan
➢ Kurang dari 80% siswa mengikuti remedial dan/atau pengayaan sesuai jadwal |
➢ Madrasah tidak menyelenggarakan kegiatan remedial dan/atau pengayaan sesuai jadwal |
||
Bukti-bukti fisik |
Ringkasan deskripsi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Level kinerja yang dicapai (1,2,3 atau 4) |
|||
1.
Jadwal kegiatan remedial dan/atau pengayaan
2. Daftar peserta remedial dan kehadirannya
3. Daftar peserta pengayaan dan kehadirannya
Catatan: Contoh jadwal remedial/ pengayaan dan daftar siswa yang mengikuti wajib diupload |
|
|
|||
D.1. Apakah buku teks dan bacaan, baik tercetak maupun digital, tersedia lengkap di madrasah? |
|||||
Indikator Pencapaian |
|||||
Tingkat 4 |
Tingkat 3 |
Tingkat 2 |
Tingkat 1 |
||
➢ Semua buku teks dan bacaan mata pelajaran dalam bentuk cetakan dan digital tersedia di perpusatakaan madrasah |
➢ 90%-<100% buku teks dan bacaan mata pelajaran dalam bentuk cetakan dan digital tersedia di perpusatakaan madrasah |
➢ 80%-<90% buku teks dan bacaan mata pelajaran dalam bentuk cetakan dan digital tersedia di perpusatakaan madrasah |
➢ Kurang dari 80% buku teks dan bacaan mata pelajaran
dalam bentuk cetakan dan digital
tersedia di perpusatakaan madrasah |
||
Bukti-bukti fisik |
Ringkasan deskripsi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Level kinerja yang dicapai (1,2,3 atau 4) |
|||
1. Daftar buku teks dalam bentuk cetakan dan digital di perpustakaan
2. Daftar buku bacaan dalam bentuk cetakan dan digital di perpustakaan
Catatan: Daftar buku teks dan cetakan wajib diupload |
|
|
|||
|
|||||
D.2. Apakah media/alat peraga/alat bantu proses pembelajaran dimanfaatkan guru secara optimal? |
|||||
Indikator Pencapaian |
|||||
Tingkat 4 |
Tingkat 3 |
Tingkat 2 |
Tingkat 1 |
||
➢ 90%-100% media/alat peraga/alat bantu proses pembelajaran dimanfaatkan guru secara optimal |
➢ 80%-<90% media/alat peraga/alat bantu proses pembelajaran dimanfaatkan guru secara optimal |
➢ 70%-<80% media/alat peraga/alat bantu proses pembelajaran dimanfaatkan guru secara optimal |
➢ Kurang dari 70% media/alat peraga/alat bantu proses pembelajaran dimanfaatkan guru secara optimal |
||
Bukti-bukti fisik |
Ringkasan deskripsi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Level kinerja yang dicapai (1,2,3 atau 4) |
|||
1. Hasil wawancara dengan guru
2. Daftar alat bantu yang tersedia di madrasah
Catatan: Daftar guru yang menggunakan alat bantu proses pembelajaran yang sesuai wajib diupload |
|
|
|||
|
|||||
D.3. Apakah alat peraga (MI) atau peralatan pendukung praktek di laboratorium (MTs dan MA) tersedia di madrasah? |
|||||
Indikator Pencapaian |
|||||
Tingkat 4 |
Tingkat 3 |
Tingkat 2 |
Tingkat 1 |
||
Untuk MI: ➢ Lebih dari 90%
jenis alat peraga tersedia
Untuk MTs dan MA: ➢ Lebih dari 90%
jenis peralatan yang dibutuhkan laboratorium tersedia |
Untuk MI: ➢ 80%- <90% jenis alat peraga tersedia
Untuk MTs dan MA: ➢ 80%- <90% jenis peralatan yang dibutuhkan laboratorium tersedia |
Untuk MI: ➢ 70%- <80% jenis alat peraga tersedia
Untuk MTs dan MA: ➢ 70%- <80% jenis peralatan yang
dibutuhkan laboratorium tersedia |
Untuk MI: ➢ < 70% jenis alat peraga tersedia
Untuk MTs dan MA: ➢ < 70% jenis peralatan yang dibutuhkan laboratorium tersedia |
||
Bukti-bukti fisik |
Ringkasan deskripsi madrasah
menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Level kinerja yang dicapai (1,2,3 atau 4) |
|||
1.
Hasil wawancara dengan guru 2. Daftar alat peraga (MI) atau peralatan pendukung praktek di laboratorium (MTs dan MA) yang tersedia di madrasah
Catatan: Daftar alat peraga (MI) atau peralatan pendukung praktek di laboratorium (MTs dan MA) yang tersedia di madrasah wajib diupload |
|
|
|||
|
|||||
D.4. Apakah semua guru menggunakan buku teks dalam bentuk cetakan dan/atau digital dalam proses pembelajaran? |
|||||
Indikator Pencapaian |
|||||
Tingkat 4 |
Tingkat 3 |
Tingkat 2 |
Tingkat 1 |
||
➢ 100% guru menggunakan
buku teks
atau buku digital
dalam proses pembelajaran |
➢ 95%-<100% guru menggunakan buku teks atau buku
digital dalam
proses pembelajaran |
➢ 90%-<95% guru menggunakan buku teks atau buku
digital dalam
proses pembelajaran |
➢ Kurang dari 90% guru menggunakan buku teks atau buku digital dalam proses pembelajaran |
||
Bukti-bukti fisik |
Ringkasan deskripsi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Level kinerja yang dicapai (1,2,3 atau 4) |
|||
1.
Daftar buku teks/digital yang digunakan guru
2.
Wawancara kepada semua guru
3. Rekapitulasi daftar guru yang menggunakan buku teks atau buku digital dalam
proses pembelajaran
Catatan: Rekapitulasi daftar guru yang menggunakan buku teks atau buku digital dalam proses pembelajaran wajib diupload |
|
|
|||
|
|||||
D.5. Apakah semua siswa menggunakan buku teks dalam bentuk cetakan dan/atau digital dalam proses pembelajaran? |
|||||
Indikator Pencapaian |
|||||
Tingkat 4 |
Tingkat 3 |
Tingkat 2 |
Tingkat 1 |
||
➢ 100% siswa menggunakan buku teks atau buku digital dalam proses pembelajaran |
➢ 90%-<100% siswa menggunakan buku teks atau buku
digital dalam proses pembelajaran |
➢ 80%-<90% siswa menggunakan buku teks atau buku
digital dalam proses pembelajaran |
➢ Kurang dari 80% siswa menggunakan buku
teks atau buku digital dalam proses pembelajaran |
||
Bukti-bukti fisik |
Ringkasan deskripsi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Level kinerja yang dicapai (1,2,3 atau 4) |
|||
1. Daftar buku teks yang dimiliki siswa
2.
Hasil wawancara guru
3. Hasil wawancara siswa |
|
|
|||
|
|||||
E.1. Apakah madrasah telah menyusun rencana kerja dan anggaran madrasah dalam e-RKAM? |
|||||
Indikator Pencapaian |
|||||
Tingkat 4 |
Tingkat 3 |
Tingkat 2 |
Tingkat 1 |
||
➢ e-RKAM telah disusun dan disahkan oleh kepala madrasah dan ditandatangani oleh Pengawas Madrasah/ Kantor Kemenag Kab/Kota
➢ Dalam penyusunan e- RKAM, madrasah melibatkan guru, tenaga kependidikan dan komite madrasah |
➢ e-RKAM telah disusun dan disahkan oleh kepala madrasah dan Pengawas Madrasah/Kantor Kemenag Kab/Kota
➢ Dalam penyusunan e- RKAM, madrasah melibatkan guru dan tenaga kependidikan
tetapitidakmelibatkan komite madrasah |
➢ e-RKAM telah disusun dan disahkan oleh kepala madrasah dan Pengawas Madrasah/Kantor Kemenag Kab/Kota
➢ Dalam penyusunan e- RKAM, madrasah tidak melibatkan guru, tenaga kependidikan dan komite madrasah |
➢ e-RKAM belum disusun atau telah disusun dan disahkan oleh kepala
madrasah, tetapi tidak disahkan oleh pengawas madarasah maupun Kantor Kemenag Kab/Kota |
||
Bukti-bukti fisik |
Ringkasan deskripsi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Level kinerja yang dicapai
(1,2,3 atau 4) |
|||
1. RKAM dan hasil pengisian e-RKAM
2. Daftar hadir pertemuan dalam rangka penyusunan RKAM dan pengisian e-RKAM
3. Wawancara dengan guru
4. Wawancara dengan komite madrasah |
|
|
|||
|
|||||
E.2. Apakah Madrasah menyediakan bantuan biaya bagi guru dan tenaga kependidikan yang mengikuti pelatihan yang
dilakukan di
luar madrasah? |
|||||
Indikator Pencapaian |
|||||
Tingkat 4 |
Tingkat 3 |
Tingkat 2 |
Tingkat 1 |
||
➢ Madrasah menyediakan bantuan biaya bagi 90%- 100% guru dan tenaga kependidikan yang mengikuti pelatihan dalam rangka peningkatan mutu |
➢ Madrasah menyediakan bantuan biaya kepada
80%-<90% guru dan tenaga kependidikan yang mengikuti pelatihan dalam rangka peningkatan mutu |
➢ Madrasah menyediakan bantuan biaya kepada
70%-<80% guru dan tenaga kependidikan yang mengikuti pelatihan dalam rangka peningkatan mutu |
➢ Madrasah menyediakan bantuan biaya kepada kurang dari 70% guru dan tenaga kependidikan yang mengikuti pelatihan
dalam rangka peningkatan mutu |
||
Bukti-bukti fisik |
Ringkasan deskripsi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Level kinerja yang dicapai (1,2,3 atau 4) |
|||
1. Laporan penggunaan dana madrasah
2. Wawancara dengan guru dan tenaga kependidikan
3. Rekapitulasi daftar guru dan tenaga kependidikan yang memperoleh bantuan dana transport untuk pelatihan
Catatan: Daftar guru dan tenaga kependidikan yang memperoleh
bantuan dana transport untuk pelatihan wajib diupload |
|
|
|||
|
|||||
E.3. Apakah Madrasah telah membuat laporan keuangan dan dilaporkan kepada orang tua siswa/ masyarakat? |
|||||
Indikator Pencapaian |
|||||
Tingkat 4 |
Tingkat 3 |
Tingkat 2 |
Tingkat 1 |
||
➢ Selama 1 tahun terakhir, madrasah telah membuat laporan keuangan
➢ Madrasah menyampaikan laporan keuangan kepada orang tua siswa melalui komite madrasah dan masyarakat |
➢ Selama 1 tahun terakhir madrasah telah membuat laporan keuangan
➢ Madrasah menyampaikan laporan keuangan kepada orang tua siswa
melalui komite madrasah |
➢ Madrasah tidak menyampaikan laporan keuangan kepada orang tua siswa
melalui komite madrasah |
➢ Selama 1 tahun terakhir madrasah belum membuat laporan
keuangan |
||
Bukti-bukti fisik |
Ringkasan deskripsi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti |
Level kinerja yang dicapai (1,2,3 atau 4) |
|||
Bukti penyampaian laporan keuangan baik dalam bentuk elektronik maupun dokumen fisik |
|
|
|||
|
|||||
Pendidik bertugas Mendidik, maka Didiklah Diri Dengan Prilaku yang mendidik
EmoticonEmoticon