Thursday 14 October 2021

INSTRUMEN EVALUASI DIRI MADRASAH (EDM), Aspek Kedisiplinan Warga Madrasah, Pengembangan Diri Guru dan Tenaga Kependidikan , Aspek Persiapan, Pelaksanaan dan Penilaian Proses Pembelajaran, Aspek Penggunaan Materi Pembelajaran, Aspek Perencanaan Pembiayaan,

INSTRUMEN EVALUASI DIRI MADRASAH (EDM), Aspek Kedisiplinan Warga Madrasah, Pengembangan Diri Guru dan Tenaga Kependidikan , Aspek Persiapan, Pelaksanaan dan Penilaian Proses Pembelajaran, Aspek Penggunaan Materi Pembelajaran, Aspek Perencanaan Pembiayaan


 


A.1. Apakah semua siswa menunjukkan perilaku religius dalam aktifitas sehari-hari di madrasah?

Indikator Pencapaian

Tingkat 4

Tingkat 3

Tingkat 2

Tingkat 1

 

Selama 2 semester terakhir, 90%-100% siswa mengikuti kegiatan sholat berjamaah, tadarus bersama, infaq pekanan, dan ibadah rutin lainnya.

 

Ada keterangan alasan

ketidakikutsertaan

 

Selama 2 semester

terakhir, 90%-100%

siswa mengikuti kegiatan sholat berjamaah, tadarus bersama, infaq pekanan, dan ibadah rutin lainnya.

 

Tidak ada keterangan alasan ketidakikutsertaan

 

Selama 2 semester

terakhir, 70%-<90%

siswa mengikuti kegiatan sholat berjamaah, tadarus bersama, infaq pekanan, dan ibadah rutin lainnya.

 

Selama 2 semester terakhir, kurang dari 70% siswa mengikuti kegiatan sholat berjamaah, tadarus bersama, infaq pekanan, dan ibadah rutin lainnya.

Bukti-bukti fisik

Ringkasan deskripsi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Level kinerja yang dicapai (1,2,3 atau 4)

 

1.  Daftar kehadiran siswa dalam aktifitas sholat berjamaah/tadarus Bersama/infaq pekanan/ibadah rutin lainnya

 

2.  Jurnal guru pendidikan agama/

PPkN/BK

 

3.  Daftar pelanggaran tatatertib

 

CONTOH:

 

Selama TA 2020/2021  rata-rata  95% siswa di madrasah kami mengikuti kegiatan sholat berjamaah dan tadarus pagi yang dibuktikan dengan jurnal guru serta daftar hadir kegiatan

 

 

4

 




A.2. Apakah semua guru hadir di madrasah melakukan fungsi pembelajaran, pembimbingan, dan

pelatihan sesuai jadwal dan waktu yang ditetapkan oleh madrasah?

Indikator Pencapaian

Tingkat 4

Tingkat 3

Tingkat 2

Tingkat 1

Selama 2 semester terakhir, 95%-100% guru hadir di madrasah sesuai kalender akademik untuk melakukan fungsi pembelajaran, pembimbingan, dan pelatihan sesuai jadwal

dan waktu yang ditetapkan oleh madrasah

Jika terdapat guru yang tidak dapat hadir di madrasah dikarenakan alasan yang sangat jelas dengan bukti yang akurat, misalnya karena sakit dibuktikan dengan surat dari dokter, cuti melahirkan, haji, dan sejenisnya

Ketidakhadiran guru di kelas tidak mengganggu proses pembelajaran karena dapat diganti dengan guru lainnya

Selama 2 semester terakhir, 95-100% guru hadir di madrasah sesuai kalender akademik untuk melakukan fungsi pembelajaran, pembimbingan, dan pelatihan sesuai jadwal dan waktu yang ditetapkan oleh madrasah

Guru yang tidak hadir tidak digantikan oleh guru lain sehingga mengganggu proses pembelajaran

Selama 2 semester terakhir, 80%-<95%

guru hadir di sekolah untuk melakukan fungsi pembelajaran, pembimbingan, dan pelatihan sesuai jadwal dan waktu yang ditetapkan madrasah

Selama 2 semester terakhir, kurang dari 80% guru hadir di

sekolah untuk melakukan fungsi pembelajaran, pembimbingan, dan pelatihan sesuai jadwal dan waktu yang ditetapkan madrasah



Lanjutan A-2 Bukti Fisik…



Bukti-bukti fisik

Ringkasan deskripsi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Level kinerja yang dicapai (1,2,3 atau 4)

 

1.  Rekapitulasi daftar kehadiran guru untuk kegiatan pembelajaran, pembimbingan, dan pelatihan sesuai jadwal dan waktu yang ditetapkan oleh madrasah.

 

2.   Untuk Kegiatan pembelajaran dilengkapi dengan penjelasan pokok materi yang diberikan. Bisa dilengkapi dengan jurnal kelas yang ditandatangani guru dan ketua kelas (Daftar guru dapat diambil dari data EMIS sedangkan persentase guru mengajar dientri oleh TPM)

CONTOH:

Selama 2 semester TA 2020/2021 rata-rata kehadiran guru kami adalah 95 % namun terkadang tidak ada guru pengganti sehingga PBM terganggu

 

 

 

 

 

 

 

3

 


 


A.3. Apakah kepala madrasah atau guru senior yang ditugasi dengan Surat Keputusan (SK) melakukan

supervisi secara rutin proses pembelajaran terhadap seluruh guru?

Indikator Pencapaian

Tingkat 4

Tingkat 3

Tingkat 2

Tingkat 1

 

Selama 2 semester terakhir, kepala madrasah atau guru senior yang ditugasi melaksanakan supervisi dan menindaklanjuti hasil supervisi kepada semua guru

 

Selama 2 semester terakhir, kepala madrasah atau guru senior yang ditugasi melaksanakan supervisi dan menindaklanjuti hasil supervisi terhadap 90%-<100% guru

 

Selama 2 semester terakhir, kepala madrasah atau guru senior yang ditugasi melaksanakan supervisi dan menindaklanjuti hasil supervisi terhadap 80%-<90% guru

 

Selama 2 semester terakhir, kepala madrasah atau guru senior yang ditugasi melaksanakan supervisi dan menindaklanjuti hasil supervisi terhadap kurang dari 80% guru

Bukti-bukti fisik

Ringkasan deskripsi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Level kinerja yang dicapai (1,2,3 atau 4)

 

1.  Laporan hasil supervisi kepala madrasah (guru senior yg ditugasi) terhadap guru sesuai format yang berlaku, resume rapat penyampaian hasil supervisi dan hasil tindak lanjut

 

2.  SK Tim Supervisi

 

3.  Wawancara TPM dengan para guru

 

Catatan: contoh hasil supervisi kepala madrasah dan resume hasil rapat wajib diupload

 

 




A.4. Apakah semua siswa hadir di madrasah mengikuti pelajaran baik daring ataupun luring  sesuai

jadwal yang ditetapkan?

Indikator Pencapaian

ingkat 4

Tingkat 3

Tingkat 2

Tingkat 1

 

Selama 2 semester terakhir, 95%-100% siswa hadir di madrasah sesuai kalender pendidikan di madrasah

 

Jika terdapat siswa yang tidak hadir dikarenakan alasan yang sangat jelas dengan bukti yang akurat, misalnya karena sakit dibuktikan dengan surat dari dokter

 

Selama 2 semester terakhir, 95%-100%

siswa hadir di madrasah sesuai kalender madrasah

 

Siswa yang tidak hadir tidak terdapat alasan yang jelas ke madrasah

 

Selama 2 semester terakhir, siswa yang hadir antara 90%-<95%

 

Selama 2 semester terakhir, siswa yang hadir kurang dari 90%

Bukti-bukti fisik

Ringkasan deskripsi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Level kinerja yang dicapai (1,2,3 atau 4)

1.  Buku absensi/kehadiran siswa.

2.  Jurnal harian guru piket

3.  Surat keterangan ijin siswa yang tidak

hadir ke madrasah atau di kelas

4.  Rekapitulasi daftar absensi siswa

 

Catatan: Rekapitulasi daftar absensi siswa diupload

 

 




A.5. Apakah siswa aktif membaca/meminjam buku yang tersedia di perpustakaan (termasuk

perpustakaan digital)?

 

Indikator Pencapaian

 

Tingkat 4

Tingkat 3

Tingkat 2

Tingkat 1

 

 

Dalam 2 semester terakhir, 90%-100% siswa membaca/meminjam buku yang tersedia di perpustakaan (termasuk perpustakaan digital)

 

Dalam 2 semester terakhir, 80%-<90%

siswa membaca/ meminjam buku yang tersedia di perpustakaan (termasuk perpustakaan digital)

 

Dalam 2 semester terakhir, 70%-<80%

siswa membaca/ meminjam buku yang tersedia di perpustakaan (termasuk perpustakaan digital)

 

Dalam 2 semester terakhir kurang dari 70%

siswa membaca/ meminjam buku yang tersedia di perpustakaan (termasuk perpustakaan digital) atau madrasah tidak memiliki perpustakaan

 

Bukti-bukti fisik

Ringkasan deskripsi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Level kinerja yang dicapai (1,2,3 atau 4)

 

 

1.  Daftar kunjungan perpustakaan

 

2.  Daftar peminjaman buku perpustakaan

 

 

 

 

 


 

A.6. Apakah Madrasah terbiasa melaksanakan evaluasi terhadap kinerja pendidik dan tenaga

kependidikan?

Indikator Pencapaian

Tingkat 4

Tingkat 3

Tingkat 2

Tingkat 1

 

Madrasah terbiasa melaksanakan evaluasi terhadap kinerja pendidik dan tenaga kependidikan, meliputi 5 aspek sebagai berikut:

 

1) kesesuaian penugasan

dengan keahlian,

 

2) keseimbangan beban

kerja,

 

3)  keaktifan

 

4) pencapaian prestasi,

 

5)  keikutsertaan dalam

berbagai lomba

 

Madrasah terbiasa melaksanakan evaluasi terhadap kinerja pendidik dan tenaga kependidikan,  4 dari 5 aspek sebagai berikut:

 

1) kesesuaian penugasan dengan keahlian,

 

2) keseimbangan beban

kerja,

 

3)  keaktifan

 

4) pencapaian prestasi,

 

5)  keikutsertaan dalam

berbagai lomba

 

Madrasah terbiasa melaksanakan evaluasi terhadap kinerja pendidik dan tenaga kependidikan, 3 dari 5 aspek sebagai berikut:

 

1)  kesesuaian penugasan dengan keahlian,

 

2)  keseimbangan beban

kerja,

 

3)  keaktifan

 

4) pencapaian prestasi,

 

5)  keikutsertaan dalam

berbagai lomba

 

Madrasah terbiasa melaksanakan evaluasi terhadap kinerja pendidik dan tenaga kependidikan kurang dari 3 aspek sebagai berikut:

 

1) kesesuaian penugasan dengan keahlian,

 

2) keseimbangan beban

kerja,

 

3)  keaktifan

 

4) pencapaian prestasi,

 

5)  keikutsertaan dalam

berbagai lomba

 


 Lanjutan A-6 Bukti Fisik…


Bukti-bukti fisik

Ringkasan deskripsi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Level kinerja yang dicapai (1,2,3 atau 4)

 

1. Daftar penugasan guru dan tenaga kependidikan dan latar belakang pendidikannya

 

2. Daftar beban kerja guru dan tenaga

kependidikan

 

3. Daftar keaktifan guru dan tendik dalam berbagai forum (misalnya KKG/MGMP, Seminar/Webinar dll)

 

4. Daftar pencapaian prestasi guru

 

 

Catatan: daftar penugasan guru wajib diupload

 

 

 



A.7. Apakah Madrasah secara rutin melakukan pertemuan dengan guru dan tenaga kependidikan, dan komite madrasah/perwakilan ortu untuk melakukan evaluasi diri terhadap kinerja madrasah dalam rangka pemenuhan 8 Standar Nasional Pendidikan?

Indikator Pencapaian

Tingkat 4

Tingkat 3

Tingkat 2

Tingkat 1

 

Dalam 2 semester terakhir, madrasah melakukan pertemuan rutin dengan guru, tenaga

kependidikan, dan komite madrasah/perwakilan ortu 3x atau lebih per tahun

 

Dalam 2 semester terakhir, madrasah melakukan pertemuan rutin dengan guru , tenaga kependidikan, dan komite madrasah/ perwakilan ortu 2x per tahun

 

Dalam 2 semester terakhir, madrasah melakukan pertemuan rutin dengan , tenaga kependidikan, dan komite madrasah/ perwakilan ortu 1x per tahun

 

Dalam 2 semester terakhir, madrasah tidak pernah melakukan pertemuan rutin dengan , tenaga kependidikan, dan komite madrasah/ perwakilan ortu

Bukti-bukti fisik

Ringkasan deskripsi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Level kinerja yang dicapai (1,2,3 atau 4)

1.  Daftar hadir rapat guru, tenaga

kependidikan, dan komite madrasah

2.  Notulensi rapat pertemuan dengan guru, tenaga kependidikan, dan komite madrasah/perwakilan ortu

 

Catatan: contoh resume hasil pertemuan rapat diupload

 

 

 


  

B.1. Apakah Kepala Madrasah aktif mengikuti pelatihan dan/atau kegiatan pengembangan diri?

Indikator Pencapaian

Tingkat 4

Tingkat 3

Tingkat 2

Tingkat 1

 

Dalam 2 semester terakhir, kepala madrasah

mengikuti kegiatan sejenis pelatihan/ workshop/pertemuan (termasuk pada kelompok kerja madrasah) dalam rangka peningkatan kompetensi kepala madrasah minimal 3x per tahun

Dalam 2 semester terakhir, kepala madrasah mengikuti kegiatan sejenis pelatihan/ workshop/pertemuan (termasuk pada kelompok kerja madrasah) dalam rangka peningkatan kompetensi kepala  madrasah 2x per tahun

Dalam 2 semester terakhir, kepala madrasah mengikuti kegiatan sejenis pelatihan/ workshop/pertemuan (termasuk pada kelompok kerja madrasah) dalam rangka peningkatan kompetensi kepala madrasah 1x per tahun

Dalam 2 semester terakhir, kepala madrasah tidak pernah mengikuti kegiatan sejenis pelatihan/workshop/ pertemuan (termasuk pada kelompok kerja madrasah)  dalam rangka peningkatan kompetensi kepala madrasah

Bukti-bukti fisik

Ringkasan deskripsi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Level kinerja yang dicapai (1,2,3 atau 4)

 

1.  Daftar undangan pelatihan/workshop/

pertemuan

 

2.  Sertifikat keikutsertaan

 

3.  Perjanjian Kerjasama/MoU

 

4.  …...

 

Catatan: beberapa contoh sertifikat pelatihan diupload

 

 


 



B.2. Apakah guru aktif mengikuti KKG/MGMP atau kegiatan sejenis pelatihan/seminar/workshop dalam

rangka peningkatan kompetensi?

Indikator Pencapaian

Tingkat 4

Tingkat 3

Tingkat 2

Tingkat 1

 

Dalam 2 semester terakhir, 90%- 100% guru secara aktif mengikuti kegiatan KKG/MGMP atau kegiatan sejenis pelatihan/seminar/worksho p  dalam rangka peningkatan kompetensi, baik secara daring maupun luring

 

Dalam 2 semester terakhir, 80%-<90%

guru secara aktif mengikuti kegiatan KKG/MGMP atau kegiatan sejenis pelatihan/seminar/works hop dalam rangka peningkatan kompetensi, baik secara daring maupun luring

 

Dalam 2 semester terakhir, 70%-<80%

guru secara aktif mengikuti kegiatan KKG/MGMP atau kegiatan sejenis pelatihan/seminar/works hop dalam rangka peningkatan kompetensi, baik secara daring maupun luring

 

Dalam 2 semester terakhir, kurang dari 70%  guru secara aktif mengikuti kegiatan KKG/MGMP atau kegiatan sejenis pelatihan/seminar/works hop  dalam rangka peningkatan kompetensi, baik secara daring maupun luring

Bukti-bukti fisik

Ringkasan deskripsi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Level kinerja yang dicapai (1,2,3 atau 4)

 

1.  Daftar absensi kehadiran guru di KKG/

MGMP/Seminar/Workshop

 

2.  Bukti keaktifan guru mengikuti kegiatan

pengembangan diri secara online

 

3.  Sertifikat pelatihan/seminar/workshop dan

sejenisnya

 

 

 




B.3. Apakah Kepala Madrasah membuat perencanaan program peningkatan mutu pembelajaran bagi

guru?

 

Indikator Pencapaian

 

Tingkat 4

Tingkat 3

Tingkat 2

Tingkat 1

 

 

Dalam satu tahun anggaran, 80-100% guru direncanakan mengikuti program peningkatan mutu

 

Dalam satu tahun anggaran, 65 s.d. < 80%

guru direncanakan mengikuti program peningkatan mutu

 

Dalam satu tahun anggaran, 50 s.d. < 65%

guru direncanakan mengikuti program peningkatan mutu

 

Dalam satu tahun anggaran, < 50% guru direncanakan mengikuti program peningkatan mutu

 

Bukti-bukti fisik

Ringkasan deskripsi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Level kinerja yang dicapai (1,2,3 atau 4)

 

 

1.  Dokumen perencanaan madrasah(RKA K/L

atau RKAM)

 

2.  Rekapitulasi daftar guru yang mengikuti

program peningkatan mutu pembelajaran

 

 

 

 

 


B.4. Apakah tenaga kependidikan di madrasah aktif mengikuti kegiatan sejenis pelatihan/workshop/

bimtek dalam rangka peningkatan kompetensi dan keterampilan?

Indikator Pencapaian

Tingkat 4

Tingkat 3

Tingkat 2

Tingkat 1

 

Dalam 2 semester terakhir, 80% s.d. 100% tenaga kependidikan mengikuti kegiatan pelatihan/ workshop/bimtek dalam rangka peningkatan kompetensi dan keterampilan teknis

 

Dalam 2 semester terakhir,  65 % s.d. < 80% tenaga kependidikan mengikuti kegiatan pelatihan/ workshop/bimtek dalam rangka peningkatan kompetensi dan keterampilan teknis

 

Dalam 2 semester terakhir,  55 % s.d. < 65% tenaga kependidikan mengikuti kegiatan pelatihan/ workshop/bimtek dalam rangka peningkatan kompetensi dan keterampilan teknis

 

Dalam 2 semester terakhir, < 55% tenaga kependidikan mengikuti kegiatan pelatihan/ workshop/bimtek dalam rangka peningkatan kompetensi dan keterampilan teknis

Bukti-bukti fisik

Ringkasan deskripsi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Level kinerja yang dicapai (1,2,3 atau 4)

 

1.  Daftar undangan atau surat dari

penyelenggara kegiatan

 

2.  Bukti keikutsertaan pelatihan dan

workshop dalam bentuk sertifikat

 

Catatan: contoh sertifikat keikut sertaan pelatihan/workshop diupload

 

 

 


 


C1. Apakah semua guru mengembangkan RPP sesuai mata pelajaran yang diampunya?

Indikator Pencapaian

Tingkat 4

Tingkat 3

Tingkat 2

Tingkat 1

 

90%-100% guru telah menyusun RPP matapelajaran yang diampunya sesuai ketentuan

 

80%-<90% guru telah menyusun RPP matapelajaran yang diampunya sesuai ketentuan

 

70%-<80% guru telah menyusun RPP matapelajaran yang diampunya sesuai ketentuan

 

Kurang dari 70% guru telah menyusun RPP matapelajaran yang diampunya sesuai ketentuan

Bukti-bukti fisik

Ringkasan deskripsi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Level kinerja yang dicapai (1,2,3 atau 4)

 

1.  RPP dari setiap guru

 

2.  Hasil wawancara

 

3.  Daftar guru yang menyusun RPP

 

Catatan: Daftar guru yang menyusun RPP dan contoh 1 RPP wajib diupload

 

 

 


 


C.2. Apakah guru menggunakan metode pembelajaran yang sesuai karakteristik siswa dan mata

pelajaran?

Indikator Pencapaian

Tingkat 4

Tingkat 3

Tingkat 2

Tingkat 1

Lebih dari 90% guru telah menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi sesuai karakteristik siswa dan materi pembelajaran melalui ceramah, demonstrasi, diskusi, belajar mandiri, simulasi, curah pendapat, studi kasus, seminar, tutorial, deduktif, dan induktif

80%-90% guru telah menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi sesuai karakteristik siswa dan materi pembelajaran melalui ceramah, demonstrasi, diskusi, belajar mandiri, simulasi, curah pendapat, studi kasus, seminar, tutorial, deduktif, dan induktif

70%-<80% guru telah menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi sesuai karakteristik siswa dan materi pembelajaran melalui ceramah, demonstrasi, diskusi, belajar mandiri, simulasi, curah pendapat, studi kasus, seminar, tutorial, deduktif, dan induktif

Kurang dari 70% guru telah menggunakan metode pembelajaran sesuai karakteristik siswa dan materi pembelajaran melalui ceramah, demonstrasi, diskusi, belajar mandiri, simulasi, curah pendapat, studi kasus, seminar, tutorial, deduktif, dan induktif

Bukti-bukti fisik

Ringkasan deskripsi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Level kinerja yang dicapai (1,2,3 atau 4)

1.  Hasil wawancara dan penilaian kepala

madrasah

2.  Hasil wawancara dengan peserta didik

3.  Rekapitulasi daftar guru yang menggunakan ragam metode pembelajaran yang sesuai karakteristik siswa dan materi pembelajaran

 

Catatan: Daftar guru yang menggunakan metode pembelajaran wajib diupload

 

 


 

C.3. Apakah Guru menggunakan media pembelajaran yang sesuai karakter siswa dan mata pelajaran

yang diampunya?

Indikator Pencapaian

Tingkat 4

Tingkat 3

Tingkat 2

Tingkat 1

 

90%-100% guru menggunakan media pembelajaran yang sesuai karakter siswa

 

80%-<90% guru menggunakan media pembelajaran yang sesuai karakter siswa

 

70%-<80% guru menggunakan media pembelajaran yang sesuai karakter siswa

 

Kurang dari 70% guru menggunakan media pembelajaran yang sesuai karakter siswa

Bukti-bukti fisik

Ringkasan deskripsi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Level kinerja yang dicapai (1,2,3 atau 4)

 

1.  Hasil wawancara dan penilaian kepala

madrasah

 

2.  Hasil wawancara dengan guru

 

3.  Rekapitulasi daftar guru yang menggunakan media pembelajaran yang sesuai

 

Catatan: Daftar guru yang menggunakan media pembelajaran yang sesuai wajib diupload

 

 

 


 

C.4. Apakah Guru menggunakan penilaian otentik dalam penilaian proses pembelajaran?

Indikator Pencapaian

Tingkat 4

Tingkat 3

Tingkat 2

Tingkat 1

 

90%-100% guru melakukan penilaian otentik, yaitu menilai kesiapan siswa, proses, dan hasil belajar secara utuh sehingga akan menggambarkan kapasitas, gaya, dan perolehan

belajar siswa yang mampu menghasilkan dampak instruksional pada aspek pengetahuan dan dampak pengiring pada aspek sikap

 

80%-<90% guru melakukan penilaian otentik, yaitu menilai kesiapan siswa, proses, dan hasil belajar secara utuh sehingga akan menggambarkan kapasitas, gaya, dan perolehan belajar siswa yang mampu menghasilkan dampak instruksional pada aspek pengetahuan dan dampak pengiring pada aspek sikap

 

70%-<80% guru melakukan penilaian otentik, yaitu menilai kesiapan siswa, proses, dan hasil belajar secara utuh sehingga akan menggambarkan kapasitas, gaya, dan perolehan belajar siswa yang mampu menghasilkan dampak instruksional pada aspek pengetahuan dan dampak pengiring pada aspek sikap

 

Kurang dari 70% guru melakukan penilaian otentik, yaitu menilai kesiapan siswa, proses, dan hasil belajar secara utuh sehingga akan menggambarkan kapasitas, gaya, dan perolehan belajar siswa yang mampu menghasilkan dampak instruksional pada aspek pengetahuan dan dampak pengiring pada aspek sikap

 


 Lanjutan C-4 Bukti Fisik…


Bukti-bukti fisik

Ringkasan deskripsi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Level kinerja yang dicapai (1,2,3 atau 4)

 

1.  Bukti pelaksanaan penilaian yang dilakukan

setiap guru

 

2.  Hasil wawancara dengan guru

 

3.  Daftar guru yang menggunakan penilian

otentik dalam proses pembelajaran

 

Catatan: Daftar guru yang menggunakan penilian otentik dalam proses pembelajaran wajib diupload

 

 

 


 


C.5. Apakah guru melakukan evaluasi dan penilaian setiap siswa?

Indikator Pencapaian

Tingkat 4

Tingkat 3

Tingkat 2

Tingkat 1

 

90%-100% guru melaksanakan penilaian hasil belajar dalam bentuk:

(1) ulangan, (2) pengamatan, dan (3) penugasan kepada seluruh siswa

 

80%-<90% guru melaksanakan penilaian hasil belajar dalam bentuk: (1) ulangan, (2) pengamatan, dan (3) penugasan kepada seluruh siswa

 

70%-<80% guru melaksanakan penilaian hasil belajar dalam bentuk: (1) ulangan, (2) pengamatan, dan (3) penugasan kepada seluruh siswa

 

Kurang dari 70% guru melaksanakan penilaian hasil belajar dalam bentuk: (1) ulangan, (2) pengamatan, dan (3) penugasan kepada seluruh siswa

Bukti-bukti fisik

Ringkasan deskripsi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Level kinerja yang dicapai (1,2,3 atau 4)

1.  Daftar nilai ulangan harian

2.  Daftar nilai ulangan mingguan dan

semesteran

3.  Daftar catatan guru atas penilaian individu

siswa

4.  Daftar guru yang melakukan penilaian dalam bentuk ulangan, pengamatan dan penugasan ke siswa wajib diupload

 

Catatan: rekapitulasi daftar guru yang melakukan penilaian dalam bentuk ulangan, pengamatan dan penugasan ke siswa wajib diupload

 

 

 


 

C.6. Apakah guru memanfaatkan hasil penilaian untuk perencanaan program remedial, pengayaan dan

perbaikan proses pembelajaran?

Indikator Pencapaian

Tingkat 4

Tingkat 3

Tingkat 2

Tingkat 1

 

90%-100% guru memanfaatkan hasil penilaian untuk merencanakan program remedial, pengayaan,  dan pelayanan konseling. Selain itu, hasil penilaian dimanfaatkan sebagai bahan untuk memperbaiki proses pembelajaran sesuai Standar Penilaian Pendidikan

 

80%-<90% guru memanfaatkan hasil penilaian untuk merencanakan program remedial, pengayaan, dan pelayanan konseling. Selain itu, hasil penilaian dimanfaatkan sebagai bahan untuk memperbaiki proses pembelajaran sesuai Standar Penilaian Pendidikan

 

70%-<80% guru memanfaatkan hasil penilaian untuk merencanakan program remedial, pengayaan, dan pelayanan konseling. Selain itu, hasil penilaian dimanfaatkan sebagai bahan untuk memperbaiki proses pembelajaran sesuai Standar Penilaian Pendidikan

 

Kurang dari  70% guru memanfaatkan hasil penilaian untuk merencanakan program remedial, pengayaan, dan pelayanan konseling. Selain itu, hasil penilaian dimanfaatkan sebagai bahan untuk memperbaiki proses pembelajaran sesuai Standar Penilaian Pendidikan


 

Bukti-bukti fisik

Ringkasan deskripsi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Level kinerja yang dicapai (1,2,3 atau 4)

 

1.  Dokumen perencanaan program remedial, pengayaan, pelayanan konseling dan perbaikan proses pembelajar dari setiap guru

 

2.  Hasil wawancara guru

 

Catatan: Daftar guru yang membuat perencanaan program remedial, pengayaan dan konseling wajib diupload

 

 

 


 

C.7. Apakah Madrasah menyelenggarakan kegiatan remedial dan/atau pengayaan secara rutin?

Indikator Pencapaian

Tingkat 4

Tingkat 3

Tingkat 2

Tingkat 1

 

Madrasah menyelenggarakan kegiatan remedial dan/atau pengayaan secara rutin sesuai jadwal yang ditetapkan

 

95%-100% siswa mengikuti remedial dan/atau pengayaan sesuai jadwal

 

Madrasah menyelenggarakan kegiatan remedial dan/atau pengayaan secara rutin sesuai jadwal yang ditetapkan

 

80%-<90% siswa mengikuti remedial dan/atau pengayaan sesuai jadwal

 

Madrasah menyelenggarakan kegiatan remedial dan/atau pengayaan secara rutin sesuai jadwal yang ditetapkan

 

Kurang dari 80% siswa mengikuti remedial dan/atau pengayaan sesuai jadwal

 

Madrasah tidak menyelenggarakan kegiatan remedial dan/atau pengayaan sesuai jadwal

Bukti-bukti fisik

Ringkasan deskripsi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Level kinerja yang dicapai (1,2,3 atau 4)

 

1.  Jadwal kegiatan remedial dan/atau

pengayaan

 

2.  Daftar peserta remedial dan kehadirannya

 

3.  Daftar peserta pengayaan dan

kehadirannya

 

Catatan: Contoh jadwal remedial/ pengayaan dan daftar siswa yang mengikuti wajib diupload

 

 




D.1. Apakah buku teks dan bacaan, baik tercetak maupun digital, tersedia lengkap di madrasah?

Indikator Pencapaian

Tingkat 4

Tingkat 3

Tingkat 2

Tingkat 1

 

Semua buku teks dan bacaan mata pelajaran dalam bentuk cetakan dan digital tersedia di perpusatakaan madrasah

 

90%-<100% buku teks dan bacaan mata pelajaran dalam bentuk cetakan dan digital tersedia di perpusatakaan madrasah

 

80%-<90% buku teks dan bacaan mata pelajaran dalam bentuk cetakan dan digital tersedia di perpusatakaan madrasah

 

Kurang dari 80% buku teks dan bacaan mata pelajaran dalam bentuk cetakan dan digital tersedia di perpusatakaan madrasah

Bukti-bukti fisik

Ringkasan deskripsi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Level kinerja yang dicapai (1,2,3 atau 4)

 

1.  Daftar buku teks dalam bentuk cetakan

dan digital di perpustakaan

 

2.  Daftar buku bacaan dalam bentuk cetakan

dan digital di perpustakaan

 

Catatan: Daftar buku teks dan cetakan wajib diupload

 

 

 


D.2. Apakah media/alat peraga/alat bantu proses pembelajaran dimanfaatkan guru secara optimal?

Indikator Pencapaian

Tingkat 4

Tingkat 3

Tingkat 2

Tingkat 1

 

90%-100%  media/alat peraga/alat bantu proses pembelajaran dimanfaatkan guru secara optimal

 

80%-<90% media/alat peraga/alat bantu proses pembelajaran dimanfaatkan guru secara optimal

 

70%-<80% media/alat peraga/alat bantu proses pembelajaran dimanfaatkan guru secara optimal

 

Kurang dari 70%

media/alat peraga/alat bantu proses pembelajaran dimanfaatkan guru secara optimal

Bukti-bukti fisik

Ringkasan deskripsi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Level kinerja yang dicapai (1,2,3 atau 4)

 

1.  Hasil wawancara dengan guru

 

2.  Daftar alat bantu yang tersedia di

madrasah

 

Catatan: Daftar guru yang menggunakan alat bantu proses pembelajaran yang sesuai wajib diupload

 

 

 




D.3. Apakah alat peraga (MI) atau peralatan pendukung praktek di laboratorium (MTs dan MA) tersedia di

madrasah?

Indikator Pencapaian

Tingkat 4

Tingkat 3

Tingkat 2

Tingkat 1

 

Untuk MI:

Lebih dari 90%  jenis alat peraga tersedia

 

Untuk MTs dan MA:

Lebih dari 90%  jenis peralatan yang dibutuhkan laboratorium tersedia

 

Untuk MI:

80%- <90%  jenis alat peraga tersedia

 

Untuk MTs dan MA:

80%-  <90% jenis peralatan yang dibutuhkan laboratorium tersedia

 

Untuk MI:

70%- <80%  jenis alat peraga tersedia

 

Untuk MTs dan MA:

70%- <80% jenis peralatan yang dibutuhkan laboratorium tersedia

 

Untuk MI:

< 70% jenis alat peraga tersedia

 

Untuk MTs dan MA:

< 70% jenis peralatan yang dibutuhkan laboratorium tersedia

Bukti-bukti fisik

Ringkasan deskripsi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Level kinerja yang dicapai (1,2,3 atau 4)

 

1.  Hasil wawancara dengan guru

2.  Daftar alat peraga (MI) atau peralatan pendukung praktek di laboratorium (MTs dan MA) yang tersedia di madrasah

 

Catatan: Daftar alat peraga (MI) atau peralatan pendukung praktek di laboratorium (MTs dan MA) yang tersedia di madrasah wajib diupload

 

 

 


 

D.4. Apakah semua guru menggunakan buku teks dalam bentuk cetakan dan/atau digital dalam proses

pembelajaran?

Indikator Pencapaian

Tingkat 4

Tingkat 3

Tingkat 2

Tingkat 1

 

100% guru menggunakan buku teks atau buku digital dalam proses pembelajaran

 

95%-<100% guru menggunakan buku teks atau buku digital dalam proses pembelajaran

 

90%-<95% guru menggunakan buku teks atau buku digital dalam proses pembelajaran

 

Kurang dari 90% guru menggunakan buku teks atau buku digital dalam proses pembelajaran

Bukti-bukti fisik

Ringkasan deskripsi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Level kinerja yang dicapai (1,2,3 atau 4)

 

1.  Daftar buku teks/digital yang digunakan

guru

 

2.  Wawancara kepada semua guru

 

3.  Rekapitulasi daftar guru yang menggunakan buku teks atau buku digital dalam proses pembelajaran

 

Catatan: Rekapitulasi daftar guru yang menggunakan buku teks atau buku digital dalam proses pembelajaran wajib diupload

 

 

 



D.5. Apakah semua siswa menggunakan buku teks dalam bentuk cetakan dan/atau digital dalam proses

pembelajaran?

Indikator Pencapaian

Tingkat 4

Tingkat 3

Tingkat 2

Tingkat 1

 

100% siswa menggunakan buku teks atau buku digital dalam proses

pembelajaran

 

90%-<100% siswa menggunakan buku teks atau buku digital dalam proses pembelajaran

 

80%-<90% siswa menggunakan buku teks atau buku digital dalam proses pembelajaran

 

Kurang dari 80% siswa menggunakan buku teks atau buku digital dalam proses pembelajaran

Bukti-bukti fisik

Ringkasan deskripsi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Level kinerja yang dicapai (1,2,3 atau 4)

 

1.  Daftar buku teks yang dimiliki siswa

 

2.  Hasil wawancara guru

 

3.  Hasil wawancara siswa

 

 

 



E.1. Apakah madrasah telah menyusun rencana kerja dan anggaran madrasah dalam e-RKAM?

Indikator Pencapaian

Tingkat 4

Tingkat 3

Tingkat 2

Tingkat 1

 

e-RKAM telah disusun dan disahkan oleh kepala madrasah dan ditandatangani oleh Pengawas Madrasah/ Kantor Kemenag Kab/Kota

 

Dalam penyusunan e- RKAM, madrasah melibatkan guru, tenaga kependidikan dan komite madrasah

 

e-RKAM telah disusun dan disahkan oleh kepala madrasah dan Pengawas Madrasah/Kantor Kemenag Kab/Kota

 

Dalam penyusunan e- RKAM, madrasah melibatkan guru dan tenaga kependidikan tetapitidakmelibatkan komite madrasah

 

e-RKAM telah disusun dan disahkan oleh kepala madrasah dan Pengawas Madrasah/Kantor Kemenag Kab/Kota

 

Dalam penyusunan e- RKAM, madrasah tidak melibatkan guru, tenaga kependidikan dan komite madrasah

 

e-RKAM belum disusun atau telah disusun dan disahkan oleh  kepala madrasah, tetapi tidak disahkan oleh pengawas madarasah maupun Kantor Kemenag Kab/Kota

Bukti-bukti fisik

Ringkasan deskripsi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Level kinerja yang dicapai (1,2,3 atau 4)

 

1.  RKAM dan hasil pengisian e-RKAM

 

2.  Daftar hadir pertemuan dalam rangka

penyusunan RKAM dan pengisian e-RKAM

 

3.  Wawancara dengan guru

 

4.  Wawancara dengan komite madrasah

 

 

 


E.2. Apakah Madrasah menyediakan bantuan biaya bagi guru dan tenaga kependidikan yang mengikuti

pelatihan yang dilakukan di luar madrasah?

Indikator Pencapaian

Tingkat 4

Tingkat 3

Tingkat 2

Tingkat 1

 

Madrasah menyediakan bantuan biaya bagi 90%- 100% guru dan tenaga kependidikan yang mengikuti pelatihan dalam rangka peningkatan mutu

 

Madrasah menyediakan bantuan biaya  kepada 80%-<90% guru dan tenaga kependidikan yang mengikuti pelatihan dalam rangka peningkatan mutu

 

Madrasah menyediakan bantuan biaya  kepada 70%-<80% guru dan tenaga kependidikan yang mengikuti pelatihan dalam rangka peningkatan mutu

 

Madrasah menyediakan bantuan biaya kepada kurang dari 70% guru dan tenaga kependidikan yang mengikuti pelatihan dalam rangka peningkatan mutu

Bukti-bukti fisik

Ringkasan deskripsi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Level kinerja yang dicapai (1,2,3 atau 4)

 

1.  Laporan penggunaan dana madrasah

 

2.  Wawancara dengan guru dan tenaga

kependidikan

 

3.  Rekapitulasi daftar guru dan tenaga kependidikan yang memperoleh bantuan dana transport untuk pelatihan

 

Catatan: Daftar guru dan tenaga kependidikan yang memperoleh bantuan dana transport untuk pelatihan wajib diupload

 

 

 



E.3. Apakah Madrasah telah membuat laporan keuangan dan dilaporkan kepada orang tua siswa/

masyarakat?

Indikator Pencapaian

Tingkat 4

Tingkat 3

Tingkat 2

Tingkat 1

 

Selama 1 tahun terakhir, madrasah telah membuat laporan keuangan

 

Madrasah menyampaikan laporan keuangan kepada orang tua siswa melalui komite madrasah dan masyarakat

 

Selama 1 tahun terakhir madrasah telah membuat laporan keuangan

 

Madrasah menyampaikan laporan keuangan kepada orang tua siswa melalui komite madrasah

 

Madrasah tidak menyampaikan laporan keuangan kepada orang tua siswa melalui komite madrasah

 

Selama 1 tahun terakhir madrasah belum membuat laporan keuangan

Bukti-bukti fisik

Ringkasan deskripsi madrasah menurut indikator dan berdasarkan bukti

Level kinerja yang dicapai (1,2,3 atau 4)

 

Bukti penyampaian laporan keuangan baik dalam bentuk elektronik maupun dokumen fisik

 

 

 






Selamat Datang di Jammadrasah

Pendidik bertugas Mendidik, maka Didiklah Diri Dengan Prilaku yang mendidik
EmoticonEmoticon