HALAMAN JUDUL ............................ i
HALAMAN PENERBITAN ................ ii
KATA PENGANTAR .......................... iii
PEDOMAN TRANSLITERASI........... iv
DAFTAR ISI.. vi
PETUNJUK PENGGUNAAN BUKU x
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR................. xii
PEMETAAN KOMPETENSI DASAR xvi
SEMESTER I
BAB I : CERMINAN DAN NILAI MULIA AL-ASMĀ` AL-ḤUSNA
Kompetensi Inti..................................... 3
Kompetensi Dasar................................. 3
Indikator......... 4
Peta Konsep ... 4
Ayo Mengamati .................................... 5
Ayo Mendalami .................................... 6
A. Al-‘Afuww.................................... 6
B. Ar-Razzāq .................................... 8
C. Al-Malik 10
D. Al-Ḥasīb 12
E. Al-Hādi . 15
F. Al-Khāliq ..................................... 17
G. Al-Ḥakīm...................................... 18
Rangkuman .... 20
Ayo Praktikkan ..................................... 21
Ayo Presentasi ...................................... 22
Pendalaman Karakter............................ 22
Kisah Teladan 23
Ayo Berlatih... 24
BAB II : KUNCI KERUKUNAN
Kompetensi Inti..................................... 29
Kompetensi Dasar................................. 29
Indikator......... 30
Peta Konsep ... 30
Ayo Mengamati .................................... 31
Ayo Mendalami .................................... 32
A. Toleransi (Tasāmuḥ).................... 32
B. Persamaan Derajat (Musāwah).... 34
C. Moderat (Tawasuth) .................... 36
D. Saling Bersaudara (Ukhuwwah) .. 38
Rangkuman .... 41
Ayo Praktikkan ..................................... 41
vii
Ayo Presentasi ...................................... 42
Pendalaman Karakter............................ 43
Kisah Teladan 43
Ayo Berlatih... 44
BAB III : RAGAM PENYAKIT HATI
Kompetensi Inti..................................... 49
Kompetensi Dasar................................. 49
Indikator......... 50
Peta Konsep ... 50
Ayo Mengamati .................................... 51
Ayo Mendalami .................................... 52
A. Munafik (Nifāq)........................... 52
B. Marah (Gaḍab)............................ 55
C. Keras Hati (Qaswah al-Qalb)...... 58
Rangkuman .... 60
Ayo Praktikkan ..................................... 61
Ayo Presentasi ...................................... 62
Pendalaman Karakter............................ 62
Kisah Teladan 63
Ayo Berlatih... 64
BAB IV : ETIKA BERGAUL DALAM ISLAM
Kompetensi Inti..................................... 69
Kompetensi Dasar................................. 69
Indikator......... 70
Peta Konsep ... 70
Ayo Mengamati .................................... 71
Ayo Mendalami .................................... 72
A. Pengertian Etika Bergaul............. 72
B. Macam-macam Etika Bergaul dan Praktiknya ................... 73
C. Pentingnya Etika Bergaul............ 77
Rangkuman .... 78
Ayo Praktikkan ..................................... 79
Ayo Presentasi ...................................... 79
Pendalaman Karakter............................ 80
Kisah Teladan 80
Ayo Berlatih... 81
BAB V : SURI TELADAN EMPAT IMAM MAẒHAB FIKIH
Kompetensi Inti..................................... 85
Kompetensi Dasar................................. 85
Indikator......... 86
Peta Konsep ... 86
Ayo Mengamati .................................... 87
Ayo Mendalami .................................... 88
A. Imam Abu Hanifah...................... 88
B. Imam Malik bin Anas.................. 90
viii
C. Imam Syafi’i................................ 91
D. Imam Ahmad bin Hanbal ............ 94
Rangkuman .... 96
Ayo Praktikkan ..................................... 97
Ayo Presentasi ...................................... 97
Pendalaman Karakter............................ 98
Kisah Teladan 98
Ayo Berlatih... 100
UJIAN AKHIR SEMESTER................ 102
SEMESTER II
BAB VI : RAGAM SIKAP TERPUJI
Kompetensi Inti..................................... 113
Kompetensi Dasar................................. 113
Indikator......... 114
Peta Konsep ... 114
Ayo Mengamati .................................... 115
Ayo Mendalami .................................... 116
A. Semangat Berlomba-Lomba dalam Kebaikan.................... 116
B. Bekerja Keras dan Kolaboratif.... 118
C. Dinamis dan Optimis................... 120
D. Kreatif dan Inovatif ..................... 123
Rangkuman .... 127
Ayo Praktikkan ..................................... 128
Ayo Presentasi ...................................... 128
Pendalaman Karakter............................ 129
Kisah Teladan 129
Ayo Berlatih... 130
BAB VII : RAGAM SIKAP TERCELA
Kompetensi Inti..................................... 136
Kompetensi Dasar................................. 136
Indikator......... 137
Peta Konsep ... 137
Ayo Mengamati .................................... 138
Ayo Mendalami .................................... 139
A. Fitnah.... 139
B. Hoaks.... 142
C. Adu Domba ................................. 144
D. Mencari-cari Kesalahan Orang Lain .................................. 147
E. Ghibah .. 150
Rangkuman .... 154
Ayo Praktikkan ..................................... 155
Ayo Presentasi ...................................... 156
Pendalaman Karakter............................ 156
Kisah Teladan 157
Ayo Berlatih... 161
ix
BAB VIII : ETIKA DALAM ORGANISASI DAN PROFESI
Kompetensi Inti..................................... 166
Kompetensi Dasar................................. 166
Indikator......... 167
Peta Konsep ... 167
Ayo Mengamati .................................... 168
Ayo Mendalami .................................... 169
A. Pengertian dan Etika Organisasi.. 169
B. Pengertian dan Etika Profesi ....... 173
Rangkuman .... 177
Ayo Praktikkan ..................................... 177
Ayo Presentasi ...................................... 178
Pendalaman Karakter............................ 178
Kisah Teladan 179
Ayo Berlatih... 179
BAB IX : SURI TELADAN TOKOH ISLAM DI INDONESIA
Kompetensi Inti..................................... 184
Kompetensi Dasar................................. 184
Indikator......... 185
Peta Konsep ... 185
Ayo Mengamati .................................... 186
Ayo Mendalami .................................... 187
A. Kiai Kholil al-Bangkalani............ 187
B. Kiai Hasyim Asy’ari.................... 189
C. Kiai Ahmad Dahlan..................... 193
Rangkuman .... 196
Ayo Praktikkan ..................................... 197
Ayo Presentasi ...................................... 198
Pendalaman Karakter............................ 198
Kisah Teladan 199
Ayo Berlatih... 199
PENILAIAN AKHIR TAHUN............. 202
DAFTAR PUSTAKA ........................... 212
INDEKS ....214
GLOSARIUM ..................................217
PENILAIAN AKHIR SEMESTER
Berilah tanda silang (X) pada huruf A, B, C, D atau E pada jawaban yang paling benar!
1. Allah Swt yang menganugrahkan petunjuk dan Hidayah-Nya kepada hamba-hamba- Nya yan dikehendaki sesuai dengan peranan makhluk dan sesuai tingkatannya adalah makna dari al-Asmaul Husna
A. al-Gaffar D. Al-Hadi
B. al-Malik E. al-‘Afuww
C. al-Adl
2. Yusuf merupakan karyawan di Jakarta. Berkat kerajinan dan ketekunannya bekerja ia diangkat menjadi seorang manager di perusahaannya. Meskipun telah diangkat menjadi seorang manager ia tetap rendah hati dan bersahaja, sikap yang ditunjukkan oleh Yusuf merupakan salah satu cara meneladani Asmaul Husna...
A. al-Hadi D. al-Gaffar
B. al-Malik E. al-‘Afuww
C. al-Adl
3. Ketika teman kita membuka aib kita kepada orang lain. Kita pun membuka aibnya sebagai balasan dari perlakuannya tersebut. Hal ini merupakan sikap yang tidak mencerminkan teladan dari nama baik... .
A. al-‘Afuww D. al-Hasīb
B. al-Khālik E. al-Malik
C. al-Hādi
4. Kita adalah anak didik di sebuah madrasah. Setiap hari sekolah, kita belajar dengan giat sehingga dapat mengharumkan nama sekolah dengan prestasi dari berbagai ajang. Hal ini merupakan sikap yang mencerminkan teladan dari nama baik ... .
A. al-Hādi D. al-Hakīm
B. al-Rozzāq E. al-Khālik
C. al-Hasīb
5. Ayahku merupakan seorang petani padi di kampung. Saat hama melanda persawahan ayah, banyak padi yang terserang penyakit dan terancam gagal panen. Lalu tiba-tiba datang temanku beserta ayahnya dan melihat persawahan ayahku dan memberikan beberapa obat pembasmi hama kepada ayahku. Hal ini merupakan sikap yang mencerminkan teladan dari nama baik...
A. al-Khālik D. al-‘Afuww
B. al-Hasīb E. al-Hādi
C. al-Rozzāq
6. Syamsul adalah seorang ketua kelas diberikan kendali atas pengembangan di
kelasnya. Akan tetapi ia menggunakan kuasanya dengan sewenang-wenang seperti
mengompakkan kelas untuk tidak mengikuti pembelajaran matematika. Hal ini
merupakan sikap yang tidak mencerminkan teladan dari nama baik... .
A. al-Malik D. al-Khālik
B. al-‘Afuww E. al-Hasīb
C. al-Hakīm
7. Membuang sampah di tempatnya merupakan perbuatan yang baik, apalagi ditambah
dengan mengolah sampah plastik menjadi menjadi bahan bakar gas. Perilaku
tersebut mencerminkan teladan dari nama baik... .
A. al-Malik D. al-Hādi
B. al-Khālik E. al-Rozzāq
C. al-‘Afuww
8. Temanku merupakan anak yang rajin belajar. Karenanya ketika ada kegiatan
kelompok, aku dan teman-temanku menyerahkan seluruh tugas kelompok
kepadanya. Hal ini merupakan sikap yang tidak mencerminkan teladan dari nama
baik... .
A. al-‘Afuww D. al-Hādi
B. al-Hakīm E. al-Malik
C. al-Khālik
9. Aku bertemu dengannya ketika ia sedang mabuk di jalanan. Lalu sebulan kemudian,
aku melihat ia sering menuju masjid dan melantunkan salawat sebelum shalat
dilaksanakan. Hal bukti bahwa Allah memiliki nama baik... .
A. al-‘Afuww D. al-Hādi
B. al-Rozzāq E. al-Malik
C. al-Khāliq
104
10. Karena hasil ujian bahasa Indonesianya buruk, aku berintrospeksi diri. Aku menjadi
rajin belajar dan mengikuti diskusi sastra dan jurnalistik. Hal ini merupakan sikap
yang mencerminkan teladan dari nama baik... .
A. al-Hasīb D. al-Khālik
B. al-Hakīm E. al-Hādi
C. al-Rozzāq
11. Ketika disebut nama Allah, seseorang terdiam dan tenang. Seseorang itu merasa
tercukupkan semuanya karena Allah. Hal ini merupakan sikap yang tidak
mencerminkan teladan dari nama baik... .
A. al-Hādi D. al-‘Afuww
B. al-Khālik E. al-Hasīb
C. al-Rozzāq
12. Bagaimana pun juga, seseorang yang melakukan menghantamkan pukulan kepadaku
harus meminta maaf kepadaku. Jika tidak, maka aku tak ada maaf bagimu. Hal ini
merupakan sikap yang tidak mencerminkan teladan dari nama baik... .
A. al-Hakīm D. al-Rozzāq
B. al-Khālik E. al-‘Afuww
C. al-Hādi
13. Indonesia merupakan negara yang memiliki ragam suku, ras, agama, dan golongan.
Dengan keragaman ini, dibutuhkan sikap-sikap yang menjaga kerukunan di
Indonesia. Berikut ini adalah menjaga kerukunan yaitu... .
A. tasāmuh D. tawasuth
B. ukhuwwah E. takāful
C. musāwah
14. Toleransi merupakan sikap saling menghargai dan menghormati perbedaan. Wujud
toleransi di kehidupan Indonesia ini sangat beragam. Berikut ini yang merupakan
wujud toleransi adalah... .
A. meyakini akidah agama lain D. menerima adanya budaya lain
B. memotivasi orang yang sedang malas E. menjalani ritual agama lain
C. berpindah agama lain
15. Salah satu kiat mengukuhkan ukhuwah adalah dengan saling memahami kelebihan
dan kekurangan, kekuatan dan kelemahan masing-masing. Hal tersebut ...
A. ta’arufD. takaful
B. tafahum E. tasamuh
105
C. ta’awun
16. Andi mengatakan bahwa udara adalah unsur terpenting dalam kehidupan, sedangkan
Abi memberikan pendapat berbeda yaitu air adalah unsur terpenting dalam
kehidupan. Mendengar hal itu, aku memberikan pendapat bahwa keduanya
merupakan beberapa unsur yang terpenting dalam kehidupan. Sikap tersebut
merupakan contoh dari sikap... .
A. tasāmuh D. tawasuth
B. musāwah E. ta`alluf
C. ukhuwwah
17. Saat teman kita membuka aib kita kepada orang lain. Kita pun naik pitam dan
membuka aibnya sebagai balasan dari perlakuannya. Hal ini merupakan akibat dari
sikap... .
A. nifāq D. qaswah al-qalb
B. gaḍab E. gībah
C. infāq
18. Kita adalah anak didik di sebuah madrasah. Para guru selalu mengingatkan bahwa
siswa harus masuk ke madrasah tepat pukul 06.45. Pada kenyataannya, aku dan
teman-temanku tak menghiraukannya. Cerita di atas merupakan contoh sikap... .
A. nifāq D. qaswah al-qalb
B. gaḍab E. gībah
C. infāq
19. Ayahku merupakan seorang petani padi di kampung. Ketika ayah memintaku untuk
membantunya, aku menerimanya. Akan tetapi saat membantunya, aku malah sering
bermain tanah liat ketika ayah tak mengawasiku. Cerita di atas merupakan contoh
sikap... .
A. nifāq D. qaswah al-qalb
B. gaḍab E. gībah
C. infāq
20. Jika seseorang marah dan tidak berusaha untuk mengendalikannya akan
menyebabkan keburukan. diantaranya, kecuali... .
A. keputusan orang marah cenderung menambah masalah
B. tindakan orang marah cenderung menambah masalah
C. pemarah menimbulkan kerusakan individu
D. pemarah menimbulkan kerusakan antar manusia
106
E. pemarah memperbaiki hubungan baik antar manusia
21. Sikap seseorang yang selalu menjanjikan sesuatu dan ia tak bisa menepatinya
merupakan cerminan dari sikap... .
A. gaḍab D. gībah
B. infāq E. qaswah al-qalb
C. khianat
22. Karena dalam praktik hafalan surahku gagal, aku berintrospeksi diri. Aku menjadi
rajin mengulang hafalan dan memperdengarkannya kepada orang lain. Hal ini
merupakan cara untuk menghindari sikap... .
A. gaḍab D. gībah
B. infāq E. qaswah al-qalb
C. nifāq
23. Membaca al-Qur`an beserta perenungan merupakan cara untuk melunakkan dan
menghindari kerasnya hati. Cara merenungi al-Qur`an yang baik adalah... .
A. memahami al-Qur`an dari terjemah bahasa Indonesianya
B. merenungi al-Qur`an dari terjemah bahasa Indonesianya
C. membiasakan diri untuk membaca al-Qur`an
D. membaca dan Merenungkan teks dan konteks yang dibicarakan al-Qur`an
E. menganggap al-Qur`an adalah hukum yang stasis
24. Bagaimana pun juga, seseorang yang melakukan menghantamkan pukulan kepadaku
harus meminta maaf kepadaku. Jika tidak, maka aku tak ada maaf bagimu. Hal ini
merupakan sikap yang tidak mencerminkan teladan dari nama baik ... .
A. gaḍab D. gībah
B. infāq E. qaswah al-qalb
C. nifaq
25. Hubungan individu pada anak-anak atau remaja dengan tingkat usia yang sama serta
melibatkan keakraban yang relative besar dalam kelompoknya. Pernyataan tersebut
adalah defenisi dari pengertian... .
A. kawan
B. sahabat
C. teman lama
D. teman sebaya
E. teman akrab
107
26. Sikap saling menghormati dari sisi kemanusiaan dengan penempatan persamaan hak
dan kewajiban secara seimbang (egaliter) antar teman sebaya. Pernyataan tersebut
merupakan tata cara pergaulan teman sebaya pada aspek... .
A. saling mengasihi dan melindungi
B. saling menasehati
C. saling berpesan kebaikan
D. saling menghormati dan toleran
E. saling bekerja sama dan tolong menolong
27. Ketika ada teman kita yang berselisih, bertengkar atau melakukan perbuatan yang
tidak baik terhadap teman-teman yang lain, maka kita wajib mendamaikannya.
Pernyataan tersebut merupakan tata cara pergaulan teman sebaya pada aspek........
A. saling mengasihi dan melindungi
B. saling menasehati
C. saling berpesan kebaikan
D. saling menghormati dan toleran
E. saling bekerja sama dan tolong menolong
28. Setiap muslim dilarang saling membenci karena hawa nafsu. Sebab Allah telah
menjadikan mereka teman dan saudara yang saling menyayangi bukan saling
membenci. Akibat yang timbul dari sikap saling membenci adalah... .
A. bermusuhan
B. pergaulan bebas
C. melanggar norma agama, masyarakat dan Negara
D. melanggar tata tertib lalu lintas
E. mengkonsumsi narkoba
29. Kebiasaan negatif seperti onani, homoseksual, lesbian, perzinaan karena
ketidakmampuan mengendalikan hawa nafsu mereka. Perilaku ini bisa terjadi
karena... .
A. bermusuhan
B. pergaulan bebas
C. melanggar norma agama, masyarakat dan Negara
D. melanggar tata tertib lalulintas
E. mengkonsumsi narkoba
30. Perilaku berkendara dengan tidak menggunakan helm, berboncengan lebih dari
seorang, mengurangi kelengkapan kendaraan. Perilaku tersebut merupakan sikap...
108
A. bermusuhan
B. pergaulan bebas
C. melanggar norma agama, masyarakat dan Negara
D. melanggar tata tertib lalu lintas
E. mengkonsumsi narkoba
31. Ketika seseorang menginjak dewasa, bapak-ibu gurulah yang mengajarkannya
tentang banyak hal hingga ia menjadi mengerti tentang banyak hal dalam kehidupan
ini. Pernyataan tersebut merupakan sikap baik terhadap orang yang sudah tua,
yakni... .
A. menolak dengan halus perintah buruk
B. menghormati dengan penuh kasih sayang
C. memuliakan tokoh masyarakat
D. mendahulukan orang yang lebih tua
E. bersikap sopan dan santun
32. Seorang pemuda yang sedang dalam masa pertumbuhan fisik maupun mental,
banyak mengalami gejolak dalam fikiran maupun jiwa, yang tak jarang
menyebabkan hidupnya terguncang. Sikap orang yang lebih tua adalah... .
A. memberi nasehat
B. mempererat persaudaraan
C. memberi perhatian dan kasih sayang
D. membina, membimbing dan memberi kesempatan untuk berdedikasi
E. memberi teladan kebaikan
33. Berikut ini adalah suri teladan yang dapat diambil dari mempelajari empat imam mazhab, yaitu... .
A. saling menunjukkan superioritas
B. saling menghargai pendapat
C. saling menyepakati perkara
D. saling mengunggulkan pendapat
E. saling menutupi pendapat
34. Imam Malik merupakan pribadi yang tekun. Saat masih kecil, Imam Malik sudahhafal al-Qur’an lalu beliau beralih menghafal hadis setelahnya. Selain menghafal,
Imam Malik juga rajin belajar ilmu fikih.Hal-hal yang dapat diteladani dari Imam Malik bin Anas yaitu...
A. berani berkata jujur
109
B. saling kompromi pada suatu masalah
C. terbuka dalam mengkritik
D. berpikir dengan logis menggunakan akal
E. berpindah-pindah dalam belajar
35. Imam Abu Hanifah, Sejak kecil beliau sudah hafal al-Qur’an dan menghabiskan waktunya untuk terus-menerus mengulangi hafalan agar tidak lupa. Pada bulan
Ramadan, bisa mengkhatamkan al-Qur’an berkali-kali.
A. berani berkata tidak tahu
B. saling berkompromi dalam suatu masalah
C. terbuka akan kritikan
D. berfikir dengan riwayat
36. Imam Syafi’i adalah seorang mufti besar Sunni Islam dan juga pendiri madzhab Syafi’i. Beliau lahir pada tahun 150 H di Gaza, Palestina, Hal-hal yang dapat
diteladani dari Imam Syafi’i yaitu... .
A. berani berkata tidak tahu
B. saling berkompromi dalam suatu masalah
C. membagi porsi riwayat dan akal dalam berpikir
D. berpikir dengan riwayat-riwayat
E. berpikir dengan logis akal
37. Imam Syafi’i menulis perkataan lamanya (Qaul Qadim) di Baghdad sedangkan
perkataan baru Qaul Jadid ketika berdiam di kota... .
A. Damaskus
B. Baghdad
C. Mesir
D. Palestina
E. Madinah
38. Imam Ahmad menghafal al-Qur`an di usia belia, mulai mengumpulkan hadis dan mendalami fikih sejak umur 15 tahun. Dia dikenal sebagai pemuda yang cerdas dan
gigih, Hal-hal yang dapat diteladani dari Imam Ahmad bin Hanbal yaitu... .
A. berani berkata tidak tahu
B. saling berkompromi dalam suatu masalah
C. terbuka akan kritikan
D. mengutamakan ilmu
E. menutup kritikan
110
39. Abu Hanifah selalu berpesan kepada murid-muridnya agar selalu menjaga adab dan tutur kata ketika berhadapan dengan masyarakat, terutama orang yang berilmu.
Pesan ini selalu disampaikan agar masyarakat bisa dekat dan tidak resah denganpendapat yang disampaikan. Dalam hal ini upaya meneladani sikap para imam
mazhab pada zaman sekarang, yaitu... .
A. menerima budaya negara lain tanpa menyeleksinya
B. memahami dan menghargai budaya yang ada di Indonesia
C. menanggapi pertanyaan dengan nada tinggi
D. mementingkan kolektivitas daripada pelajaran
E. menghargai perbedaan dari sesama agama dan status
40. Imam mazhab merupakan seorang yang tidak menganggap bahwa pendapat-pendapat selain dirinya adalah salah, Apa yang aku sampaikan ini adalah sekedar pendapat.
Ini yang dapat aku usahakan semampuku. Jika ada pendapat yang lebih baik dari ini, ia lebih patut diambil, perilaku menerima kritik dan saran ialah teladan dari ... .
A. Imam Malik bin Anas
B. Ibnu Jarir at-Thabari
C. Imam Abu Hanifah
D. Imam Ahmad bin Hanbal
E. Ibn Malik
Pendidik bertugas Mendidik, maka Didiklah Diri Dengan Prilaku yang mendidik
EmoticonEmoticon