Wednesday 23 June 2021

BUKU AKIDAH AKHLAK KELAS XII KELAS 12 DAN SOAL PAS AKIDAH AKHLAK KELAS 12



HALAMAN JUDUL ............................ i

HALAMAN PENERBITAN ................ ii

KATA PENGANTAR .......................... iii

PEDOMAN TRANSLITERASI........... iv

DAFTAR ISI.. vi

PETUNJUK PENGGUNAAN BUKU  x

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR................. xii

PEMETAAN KOMPETENSI DASAR xvi

SEMESTER I

BAB I : CERMINAN DAN NILAI MULIA AL-ASMĀ` AL-ḤUSNA

Kompetensi Inti..................................... 3

Kompetensi Dasar................................. 3

Indikator......... 4

Peta Konsep ... 4

Ayo Mengamati .................................... 5

Ayo Mendalami .................................... 6

A. Al-‘Afuww.................................... 6

B. Ar-Razzāq .................................... 8

C. Al-Malik 10

D. Al-Ḥasīb 12

E. Al-Hādi . 15

F. Al-Khāliq ..................................... 17

G. Al-Ḥakīm...................................... 18

Rangkuman .... 20

Ayo Praktikkan ..................................... 21

Ayo Presentasi ...................................... 22

Pendalaman Karakter............................ 22

Kisah Teladan  23

Ayo Berlatih... 24

BAB II : KUNCI KERUKUNAN

Kompetensi Inti..................................... 29

Kompetensi Dasar................................. 29

Indikator......... 30

Peta Konsep ... 30

Ayo Mengamati .................................... 31

Ayo Mendalami .................................... 32

A. Toleransi (Tasāmuḥ).................... 32

B. Persamaan Derajat (Musāwah).... 34

C. Moderat (Tawasuth) .................... 36

D. Saling Bersaudara (Ukhuwwah) .. 38

Rangkuman .... 41

Ayo Praktikkan ..................................... 41


vii

Ayo Presentasi ...................................... 42

Pendalaman Karakter............................ 43

Kisah Teladan  43

Ayo Berlatih... 44

BAB III : RAGAM PENYAKIT HATI

Kompetensi Inti..................................... 49

Kompetensi Dasar................................. 49

Indikator......... 50

Peta Konsep ... 50

Ayo Mengamati .................................... 51

Ayo Mendalami .................................... 52

A. Munafik (Nifāq)........................... 52

B. Marah (Gaḍab)............................ 55

C. Keras Hati (Qaswah al-Qalb)...... 58

Rangkuman .... 60

Ayo Praktikkan ..................................... 61

Ayo Presentasi ...................................... 62

Pendalaman Karakter............................ 62

Kisah Teladan  63

Ayo Berlatih... 64

BAB IV : ETIKA BERGAUL DALAM ISLAM

Kompetensi Inti..................................... 69

Kompetensi Dasar................................. 69

Indikator......... 70

Peta Konsep ... 70

Ayo Mengamati .................................... 71

Ayo Mendalami .................................... 72

A. Pengertian Etika Bergaul............. 72

B. Macam-macam Etika Bergaul dan Praktiknya ................... 73

C. Pentingnya Etika Bergaul............ 77

Rangkuman .... 78

Ayo Praktikkan ..................................... 79

Ayo Presentasi ...................................... 79

Pendalaman Karakter............................ 80

Kisah Teladan  80

Ayo Berlatih... 81

BAB V : SURI TELADAN EMPAT IMAM MAẒHAB FIKIH

Kompetensi Inti..................................... 85

Kompetensi Dasar................................. 85

Indikator......... 86

Peta Konsep ... 86

Ayo Mengamati .................................... 87

Ayo Mendalami .................................... 88

A. Imam Abu Hanifah...................... 88

B. Imam Malik bin Anas.................. 90


viii

C. Imam Syafi’i................................ 91

D. Imam Ahmad bin Hanbal ............ 94

Rangkuman .... 96

Ayo Praktikkan ..................................... 97

Ayo Presentasi ...................................... 97

Pendalaman Karakter............................ 98

Kisah Teladan  98

Ayo Berlatih... 100

UJIAN AKHIR SEMESTER................ 102

SEMESTER II

BAB VI : RAGAM SIKAP TERPUJI

Kompetensi Inti..................................... 113

Kompetensi Dasar................................. 113

Indikator......... 114

Peta Konsep ... 114

Ayo Mengamati .................................... 115

Ayo Mendalami .................................... 116

A. Semangat Berlomba-Lomba dalam Kebaikan.................... 116

B. Bekerja Keras dan Kolaboratif.... 118

C. Dinamis dan Optimis................... 120

D. Kreatif dan Inovatif ..................... 123

Rangkuman .... 127

Ayo Praktikkan ..................................... 128

Ayo Presentasi ...................................... 128

Pendalaman Karakter............................ 129

Kisah Teladan  129

Ayo Berlatih... 130

BAB VII : RAGAM SIKAP TERCELA

Kompetensi Inti..................................... 136

Kompetensi Dasar................................. 136

Indikator......... 137

Peta Konsep ... 137

Ayo Mengamati .................................... 138

Ayo Mendalami .................................... 139

A. Fitnah.... 139

B. Hoaks.... 142

C. Adu Domba ................................. 144

D. Mencari-cari Kesalahan Orang Lain .................................. 147

E. Ghibah .. 150

Rangkuman .... 154

Ayo Praktikkan ..................................... 155

Ayo Presentasi ...................................... 156

Pendalaman Karakter............................ 156

Kisah Teladan  157

Ayo Berlatih... 161


ix


BAB VIII : ETIKA DALAM ORGANISASI DAN PROFESI

Kompetensi Inti..................................... 166

Kompetensi Dasar................................. 166

Indikator......... 167

Peta Konsep ... 167

Ayo Mengamati .................................... 168

Ayo Mendalami .................................... 169

A. Pengertian dan Etika Organisasi.. 169

B. Pengertian dan Etika Profesi ....... 173

Rangkuman .... 177

Ayo Praktikkan ..................................... 177

Ayo Presentasi ...................................... 178

Pendalaman Karakter............................ 178

Kisah Teladan  179

Ayo Berlatih... 179

BAB IX : SURI TELADAN TOKOH ISLAM DI INDONESIA

Kompetensi Inti..................................... 184

Kompetensi Dasar................................. 184

Indikator......... 185

Peta Konsep ... 185

Ayo Mengamati .................................... 186

Ayo Mendalami .................................... 187

A. Kiai Kholil al-Bangkalani............ 187

B. Kiai Hasyim Asy’ari.................... 189

C. Kiai Ahmad Dahlan..................... 193

Rangkuman .... 196

Ayo Praktikkan ..................................... 197

Ayo Presentasi ...................................... 198

Pendalaman Karakter............................ 198

Kisah Teladan  199

Ayo Berlatih... 199

PENILAIAN AKHIR TAHUN............. 202

DAFTAR PUSTAKA ........................... 212

INDEKS ....214

GLOSARIUM ..................................217


PENILAIAN AKHIR SEMESTER


Berilah tanda silang (X) pada huruf A, B, C, D atau E pada jawaban yang paling benar!


1. Allah Swt yang menganugrahkan petunjuk dan Hidayah-Nya kepada hamba-hamba- Nya yan dikehendaki sesuai dengan peranan makhluk dan sesuai tingkatannya adalah makna dari al-Asmaul Husna

A. al-Gaffar D. Al-Hadi

B. al-Malik E. al-‘Afuww

C. al-Adl

2. Yusuf merupakan karyawan di Jakarta. Berkat kerajinan dan ketekunannya bekerja ia diangkat menjadi seorang manager di perusahaannya. Meskipun telah diangkat menjadi seorang manager ia tetap rendah hati dan bersahaja, sikap yang ditunjukkan oleh Yusuf merupakan salah satu cara meneladani Asmaul Husna...

A. al-Hadi D. al-Gaffar

B. al-Malik E. al-‘Afuww

C. al-Adl

3. Ketika teman kita membuka aib kita kepada orang lain. Kita pun membuka aibnya sebagai balasan dari perlakuannya tersebut. Hal ini merupakan sikap yang tidak mencerminkan teladan dari nama baik... .

A. al-‘Afuww D. al-Hasīb

B. al-Khālik E. al-Malik

C. al-Hādi

4. Kita adalah anak didik di sebuah madrasah. Setiap hari sekolah, kita belajar dengan giat sehingga dapat mengharumkan nama sekolah dengan prestasi dari berbagai ajang. Hal ini merupakan sikap yang mencerminkan teladan dari nama baik ... .

A. al-Hādi D. al-Hakīm

B. al-Rozzāq E. al-Khālik

C. al-Hasīb

5. Ayahku merupakan seorang petani padi di kampung. Saat hama melanda persawahan ayah, banyak padi yang terserang penyakit dan terancam gagal panen. Lalu tiba-tiba datang temanku beserta ayahnya dan melihat persawahan ayahku dan memberikan beberapa obat pembasmi hama kepada ayahku. Hal ini merupakan sikap yang mencerminkan teladan dari nama baik...


A. al-Khālik D. al-‘Afuww

B. al-Hasīb E. al-Hādi

C. al-Rozzāq

6. Syamsul adalah seorang ketua kelas diberikan kendali atas pengembangan di

kelasnya. Akan tetapi ia menggunakan kuasanya dengan sewenang-wenang seperti

mengompakkan kelas untuk tidak mengikuti pembelajaran matematika. Hal ini

merupakan sikap yang tidak mencerminkan teladan dari nama baik... .

A. al-Malik D. al-Khālik

B. al-‘Afuww E. al-Hasīb

C. al-Hakīm

7. Membuang sampah di tempatnya merupakan perbuatan yang baik, apalagi ditambah

dengan mengolah sampah plastik menjadi menjadi bahan bakar gas. Perilaku

tersebut mencerminkan teladan dari nama baik... .

A. al-Malik D. al-Hādi

B. al-Khālik E. al-Rozzāq

C. al-‘Afuww

8. Temanku merupakan anak yang rajin belajar. Karenanya ketika ada kegiatan

kelompok, aku dan teman-temanku menyerahkan seluruh tugas kelompok

kepadanya. Hal ini merupakan sikap yang tidak mencerminkan teladan dari nama

baik... .

A. al-‘Afuww D. al-Hādi

B. al-Hakīm E. al-Malik

C. al-Khālik

9. Aku bertemu dengannya ketika ia sedang mabuk di jalanan. Lalu sebulan kemudian,

aku melihat ia sering menuju masjid dan melantunkan salawat sebelum shalat

dilaksanakan. Hal bukti bahwa Allah memiliki nama baik... .

A. al-‘Afuww D. al-Hādi

B. al-Rozzāq E. al-Malik

C. al-Khāliq


104

10. Karena hasil ujian bahasa Indonesianya buruk, aku berintrospeksi diri. Aku menjadi

rajin belajar dan mengikuti diskusi sastra dan jurnalistik. Hal ini merupakan sikap

yang mencerminkan teladan dari nama baik... .

A. al-Hasīb D. al-Khālik

B. al-Hakīm E. al-Hādi

C. al-Rozzāq

11. Ketika disebut nama Allah, seseorang terdiam dan tenang. Seseorang itu merasa

tercukupkan semuanya karena Allah. Hal ini merupakan sikap yang tidak

mencerminkan teladan dari nama baik... .

A. al-Hādi D. al-‘Afuww

B. al-Khālik E. al-Hasīb

C. al-Rozzāq

12. Bagaimana pun juga, seseorang yang melakukan menghantamkan pukulan kepadaku

harus meminta maaf kepadaku. Jika tidak, maka aku tak ada maaf bagimu. Hal ini

merupakan sikap yang tidak mencerminkan teladan dari nama baik... .

A. al-Hakīm D. al-Rozzāq

B. al-Khālik E. al-‘Afuww

C. al-Hādi

13. Indonesia merupakan negara yang memiliki ragam suku, ras, agama, dan golongan.

Dengan keragaman ini, dibutuhkan sikap-sikap yang menjaga kerukunan di

Indonesia. Berikut ini adalah menjaga kerukunan yaitu... .

A. tasāmuh D. tawasuth

B. ukhuwwah E. takāful

C. musāwah

14. Toleransi merupakan sikap saling menghargai dan menghormati perbedaan. Wujud

toleransi di kehidupan Indonesia ini sangat beragam. Berikut ini yang merupakan

wujud toleransi adalah... .

A. meyakini akidah agama lain D. menerima adanya budaya lain

B. memotivasi orang yang sedang malas E. menjalani ritual agama lain

C. berpindah agama lain

15. Salah satu kiat mengukuhkan ukhuwah adalah dengan saling memahami kelebihan

dan kekurangan, kekuatan dan kelemahan masing-masing. Hal tersebut ...

A. ta’arufD. takaful

B. tafahum E. tasamuh


105


C. ta’awun

16. Andi mengatakan bahwa udara adalah unsur terpenting dalam kehidupan, sedangkan

Abi memberikan pendapat berbeda yaitu air adalah unsur terpenting dalam

kehidupan. Mendengar hal itu, aku memberikan pendapat bahwa keduanya

merupakan beberapa unsur yang terpenting dalam kehidupan. Sikap tersebut

merupakan contoh dari sikap... .

A. tasāmuh D. tawasuth

B. musāwah E. ta`alluf

C. ukhuwwah

17. Saat teman kita membuka aib kita kepada orang lain. Kita pun naik pitam dan

membuka aibnya sebagai balasan dari perlakuannya. Hal ini merupakan akibat dari

sikap... .

A. nifāq D. qaswah al-qalb

B. gaḍab E. gībah

C. infāq

18. Kita adalah anak didik di sebuah madrasah. Para guru selalu mengingatkan bahwa

siswa harus masuk ke madrasah tepat pukul 06.45. Pada kenyataannya, aku dan

teman-temanku tak menghiraukannya. Cerita di atas merupakan contoh sikap... .

A. nifāq D. qaswah al-qalb

B. gaḍab E. gībah

C. infāq

19. Ayahku merupakan seorang petani padi di kampung. Ketika ayah memintaku untuk

membantunya, aku menerimanya. Akan tetapi saat membantunya, aku malah sering

bermain tanah liat ketika ayah tak mengawasiku. Cerita di atas merupakan contoh

sikap... .

A. nifāq D. qaswah al-qalb

B. gaḍab E. gībah

C. infāq

20. Jika seseorang marah dan tidak berusaha untuk mengendalikannya akan

menyebabkan keburukan. diantaranya, kecuali... .

A. keputusan orang marah cenderung menambah masalah

B. tindakan orang marah cenderung menambah masalah

C. pemarah menimbulkan kerusakan individu

D. pemarah menimbulkan kerusakan antar manusia


106


E. pemarah memperbaiki hubungan baik antar manusia

21. Sikap seseorang yang selalu menjanjikan sesuatu dan ia tak bisa menepatinya

merupakan cerminan dari sikap... .


A. gaḍab D. gībah

B. infāq E. qaswah al-qalb

C. khianat

22. Karena dalam praktik hafalan surahku gagal, aku berintrospeksi diri. Aku menjadi

rajin mengulang hafalan dan memperdengarkannya kepada orang lain. Hal ini

merupakan cara untuk menghindari sikap... .

A. gaḍab D. gībah

B. infāq E. qaswah al-qalb

C. nifāq

23. Membaca al-Qur`an beserta perenungan merupakan cara untuk melunakkan dan

menghindari kerasnya hati. Cara merenungi al-Qur`an yang baik adalah... .

A. memahami al-Qur`an dari terjemah bahasa Indonesianya

B. merenungi al-Qur`an dari terjemah bahasa Indonesianya

C. membiasakan diri untuk membaca al-Qur`an

D. membaca dan Merenungkan teks dan konteks yang dibicarakan al-Qur`an

E. menganggap al-Qur`an adalah hukum yang stasis

24. Bagaimana pun juga, seseorang yang melakukan menghantamkan pukulan kepadaku

harus meminta maaf kepadaku. Jika tidak, maka aku tak ada maaf bagimu. Hal ini

merupakan sikap yang tidak mencerminkan teladan dari nama baik ... .

A. gaḍab D. gībah

B. infāq E. qaswah al-qalb

C. nifaq

25. Hubungan individu pada anak-anak atau remaja dengan tingkat usia yang sama serta

melibatkan keakraban yang relative besar dalam kelompoknya. Pernyataan tersebut

adalah defenisi dari pengertian... .

A. kawan

B. sahabat

C. teman lama

D. teman sebaya

E. teman akrab


107

26. Sikap saling menghormati dari sisi kemanusiaan dengan penempatan persamaan hak

dan kewajiban secara seimbang (egaliter) antar teman sebaya. Pernyataan tersebut

merupakan tata cara pergaulan teman sebaya pada aspek... .

A. saling mengasihi dan melindungi

B. saling menasehati

C. saling berpesan kebaikan

D. saling menghormati dan toleran

E. saling bekerja sama dan tolong menolong

27. Ketika ada teman kita yang berselisih, bertengkar atau melakukan perbuatan yang

tidak baik terhadap teman-teman yang lain, maka kita wajib mendamaikannya.

Pernyataan tersebut merupakan tata cara pergaulan teman sebaya pada aspek........

A. saling mengasihi dan melindungi

B. saling menasehati

C. saling berpesan kebaikan

D. saling menghormati dan toleran

E. saling bekerja sama dan tolong menolong

28. Setiap muslim dilarang saling membenci karena hawa nafsu. Sebab Allah telah

menjadikan mereka teman dan saudara yang saling menyayangi bukan saling

membenci. Akibat yang timbul dari sikap saling membenci adalah... .

A. bermusuhan

B. pergaulan bebas

C. melanggar norma agama, masyarakat dan Negara

D. melanggar tata tertib lalu lintas

E. mengkonsumsi narkoba

29. Kebiasaan negatif seperti onani, homoseksual, lesbian, perzinaan karena

ketidakmampuan mengendalikan hawa nafsu mereka. Perilaku ini bisa terjadi

karena... .

A. bermusuhan

B. pergaulan bebas

C. melanggar norma agama, masyarakat dan Negara

D. melanggar tata tertib lalulintas

E. mengkonsumsi narkoba

30. Perilaku berkendara dengan tidak menggunakan helm, berboncengan lebih dari

seorang, mengurangi kelengkapan kendaraan. Perilaku tersebut merupakan sikap...


108


A. bermusuhan

B. pergaulan bebas

C. melanggar norma agama, masyarakat dan Negara

D. melanggar tata tertib lalu lintas

E. mengkonsumsi narkoba

31. Ketika seseorang menginjak dewasa, bapak-ibu gurulah yang mengajarkannya

tentang banyak hal hingga ia menjadi mengerti tentang banyak hal dalam kehidupan

ini. Pernyataan tersebut merupakan sikap baik terhadap orang yang sudah tua,

yakni... .

A. menolak dengan halus perintah buruk

B. menghormati dengan penuh kasih sayang

C. memuliakan tokoh masyarakat

D. mendahulukan orang yang lebih tua

E. bersikap sopan dan santun

32. Seorang pemuda yang sedang dalam masa pertumbuhan fisik maupun mental,

banyak mengalami gejolak dalam fikiran maupun jiwa, yang tak jarang

menyebabkan hidupnya terguncang. Sikap orang yang lebih tua adalah... .

A. memberi nasehat

B. mempererat persaudaraan

C. memberi perhatian dan kasih sayang

D. membina, membimbing dan memberi kesempatan untuk berdedikasi

E. memberi teladan kebaikan

33. Berikut ini adalah suri teladan yang dapat diambil dari mempelajari empat imam mazhab, yaitu... .

A. saling menunjukkan superioritas

B. saling menghargai pendapat

C. saling menyepakati perkara

D. saling mengunggulkan pendapat

E. saling menutupi pendapat

34. Imam Malik merupakan pribadi yang tekun. Saat masih kecil, Imam Malik sudahhafal al-Qur’an lalu beliau beralih menghafal hadis setelahnya. Selain menghafal,

Imam Malik juga rajin belajar ilmu fikih.Hal-hal yang dapat diteladani dari Imam Malik bin Anas yaitu...

A. berani berkata jujur


109


B. saling kompromi pada suatu masalah

C. terbuka dalam mengkritik

D. berpikir dengan logis menggunakan akal

E. berpindah-pindah dalam belajar

35. Imam Abu Hanifah, Sejak kecil beliau sudah hafal al-Qur’an dan menghabiskan waktunya untuk terus-menerus mengulangi hafalan agar tidak lupa. Pada bulan

Ramadan, bisa mengkhatamkan al-Qur’an berkali-kali.

A. berani berkata tidak tahu

B. saling berkompromi dalam suatu masalah

C. terbuka akan kritikan

D. berfikir dengan riwayat

36. Imam Syafi’i adalah seorang mufti besar Sunni Islam dan juga pendiri madzhab Syafi’i. Beliau lahir pada tahun 150 H di Gaza, Palestina, Hal-hal yang dapat

diteladani dari Imam Syafi’i yaitu... .

A. berani berkata tidak tahu

B. saling berkompromi dalam suatu masalah

C. membagi porsi riwayat dan akal dalam berpikir

D. berpikir dengan riwayat-riwayat

E. berpikir dengan logis akal

37. Imam Syafi’i menulis perkataan lamanya (Qaul Qadim) di Baghdad sedangkan

perkataan baru Qaul Jadid ketika berdiam di kota... .

A. Damaskus

B. Baghdad

C. Mesir

D. Palestina

E. Madinah

38. Imam Ahmad menghafal al-Qur`an di usia belia, mulai mengumpulkan hadis dan mendalami fikih sejak umur 15 tahun. Dia dikenal sebagai pemuda yang cerdas dan

gigih, Hal-hal yang dapat diteladani dari Imam Ahmad bin Hanbal yaitu... .

A. berani berkata tidak tahu

B. saling berkompromi dalam suatu masalah

C. terbuka akan kritikan

D. mengutamakan ilmu

E. menutup kritikan


110

39. Abu Hanifah selalu berpesan kepada murid-muridnya agar selalu menjaga adab dan tutur kata ketika berhadapan dengan masyarakat, terutama orang yang berilmu.

Pesan ini selalu disampaikan agar masyarakat bisa dekat dan tidak resah denganpendapat yang disampaikan. Dalam hal ini upaya meneladani sikap para imam

mazhab pada zaman sekarang, yaitu... .

A. menerima budaya negara lain tanpa menyeleksinya

B. memahami dan menghargai budaya yang ada di Indonesia

C. menanggapi pertanyaan dengan nada tinggi

D. mementingkan kolektivitas daripada pelajaran

E. menghargai perbedaan dari sesama agama dan status

40. Imam mazhab merupakan seorang yang tidak menganggap bahwa pendapat-pendapat selain dirinya adalah salah, Apa yang aku sampaikan ini adalah sekedar pendapat.

Ini yang dapat aku usahakan semampuku. Jika ada pendapat yang lebih baik dari ini, ia lebih patut diambil, perilaku menerima kritik dan saran ialah teladan dari ... .

A. Imam Malik bin Anas

B. Ibnu Jarir at-Thabari

C. Imam Abu Hanifah

D. Imam Ahmad bin Hanbal

E. Ibn Malik


Selamat Datang di Jammadrasah

Pendidik bertugas Mendidik, maka Didiklah Diri Dengan Prilaku yang mendidik
EmoticonEmoticon