HALAMAN JUDUL ........................ i
HALAMAN PENERBITAN ............ ii
KATA PENGANTAR ..................... iii
PEDOMAN TRANSLITERASI ...... iv
DAFTAR ISI..................................... v
PETUNJUK PENGGUNAAN BUKU .................................... ix
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR............. x
PEMETAAN KOMPETENSI DASAR................................... xiv
BAB I: MUNCULNYA ALIRAN KALAM DALAM PERISTIWA TAHKIM
Kompetensi Inti ............................... 3
Kompetensi Dasar ............................ 3
Indikator ... 3
Peta Konsep ..................................... 4
Ayo Mengamati .............................. 4
Ayo Mendalami ............................... 5
A. Sejarah Ilmu Kalam ............ 5
B. Peristiwa Tahkim................ 8
Rangkuman 11
Ayo Presentasi .................................. 11
Pendalaman Karakter........................ 12
Ayo Berlatih...................................... 12
BAB II: ALIRAN-ALIRAN ILMU KALAM
Kompetensi Inti ............................... 17
Kompetensi Dasar ............................ 17
Indikator ... 18
Peta Konsep ..................................... 18
Ayo Mengamati .............................. 19
Ayo Mendalami ............................... 19
A. Aliran Khawarij .................. 19
B. Aliran Syi’ah....................... 23
C. Aliran Murji’ah................... 26
D. Aliran Jabariyah................. 28
E. Aliran Qadariyah ................ 28
F. Aliran Mu’tazilah ............... 29
G. Aliran Asy’ariyah .............. 31
H. Aliran Maturidiyah ............. 34
I. Perbandingan Ajaran Aliran Kalam.......................... 38
Rangkuman 41
Ayo Presentasi .................................. 41
Pendalaman Karakter........................ 42
Ayo Berlatih...................................... 42
BAB III: MENGHINDARI DOSA BESAR
Kompetensi Inti ................................ 47
Kompetensi Dasar ............................ 47
Indikator ... 48
Peta Konsep ..................................... 48
vi Akidah Akhlak Kelas XI
Ayo Mengamati .............................. 49
Ayo Mendalami ............................... 49
A. Membunuh ......................... 49
B. Liwat .................................. 51
C. LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual, dan transgender)... 53
D. Meminum Khamr................ 57
E. Judi ................................... 61
F. Mencuri............................... 62
G. Durhaka Kepada Orang Tua ...................................... 64
H. Meninggalkan salat............. 67
I. Memakan Harta Anak Yatim..................................... 68
J. Korupsi ............................... 69
Rangkuman 71
Ayo Presentasi .................................. 71
Pendalaman Karakter........................ 72
Ayo Berlatih...................................... 72
BAB IV: ADAB BERPAKAIAN, BERHIAS, PERJALANAN, BERTAMU DAN
MENERIMA TAMU
Kompetensi Inti ................................ 77
Kompetensi Dasar ............................ 77
Indikator ... 78
Peta Konsep ..................................... 78
Ayo Mengamati .............................. 79
Ayo Mendalami ............................... 79
A. Adab Berpakaian ................ 79
B. Adab Berhias ...................... 83
C. Adab Perjalanan.................. 87
D. Adab Bertamu..................... 89
E. Adab Menerima Tamu........ 91
Rangkuman 93
Ayo Presentasi .................................. 93
Pendalaman Karakter........................ 94
Ayo Berlatih...................................... 94
BAB V: KISAH TELADAN
Kompetensi Inti ................................ 99
Kompetensi Dasar ............................ 99
Indikator ... 99
Peta Konsep ..................................... 100
Ayo Mengamati .............................. 100
Ayo Mendalami ............................... 101
A. Fatimah az-Zahra ............... 101
B. Uwais al-Qarni.................... 103
Rangkuman 105
Ayo Presentasi .................................. 105
Pendalaman Karakter........................ 106
Ayo Berlatih...................................... 106
Soal Latihan Penilaian Akhir Semester (PAS) ........................ 108
Akidah Akhlak Kelas XI vii
BAB VI: AKHLAK PERGAULAN REMAJA
Kompetensi Inti ................................ 120
Kompetensi Dasar ............................ 120
Indikator..... 120
Peta Konsep ..................................... 121
Ayo Mengamati .............................. 121
Ayo Mendalami ............................... 122
A. Pengertian Remaja .............. 122
B. Akhlak Terpuji Pergaulan Remaja............................. 123
C. Akhlak Tercela Pergaulan Remaja ............................ 127
Rangkuman 130
Ayo Presentasi .................................. 131
Pendalaman Karakter........................ 131
Ayo Berlatih...................................... 131
BAB VII: MENGHINDARI AKHLAK TERCELA
Kompetensi Inti ................................ 136
Kompetensi Dasar ............................ 136
Indikator ... 136
Peta Konsep ..................................... 137
Ayo Mengamati .............................. 137
Ayo Mendalami ............................... 138
A. Isrāf ................................... 138
B. Tabżīr.................................. 114
C. Bakhil.................................. 143
Rangkuman 147
Ayo Presentasi .................................. 147
Pendalaman Karakter........................ 148
Ayo Berlatih...................................... 148
BAB VIII: KEMATIAN DAN KEHIDUPAN DI ALAM BARZAKH
Kompetensi Inti ................................ 152
Kompetensi Dasar ............................ 152
Indikator ... 153
Peta Konsep ..................................... 153
Ayo Mengamati .............................. 154
Ayo Mendalami ............................... 154
A. Kematian............................. 154
B. Keadaan Orang Mati........... 157
C. Alam Barzakh ..................... 165
Rangkuman 169
Ayo Presentasi .................................. 170
Pendalaman Karakter........................ 170
Ayo Berlatih...................................... 171
BAB IX: SYARI’AT, ṬAREKAT, HAKIKAT, MA’RIFAT
Kompetensi Inti ................................ 175
Kompetensi Dasar ............................ 175
Indikator ... 175
Peta Konsep ..................................... 176
viii Akidah Akhlak Kelas XI
Ayo Mengamati .............................. 177
Ayo Mendalami ............................... 177
A. Dimensi Ajaran Islam......... 177
B. Kedudukan Dan Fungsi Syari’at................................ 180
C. Kedudukan Dan Fungsi Ṭarekat ............................... 181
D. Kedudukan Dan Fungsi Hakikat................................ 183
E. Kedudukan Dan Fungsi Ma’rifat............................... 185
Rangkuman 187
Ayo Presentasi .................................. 188
Pendalaman Karakter........................ 188
Ayo Berlatih...................................... 189
BAB X: TOKOH DAN AJARAN TASAWUF SUFI BESAR
Kompetensi Inti ................................ 193
Kompetensi Dasar ............................ 193
Indikator ... 194
Peta Konsep ..................................... 194
Ayo Mengamati .............................. 195
Ayo Mendalami ............................... 196
A. Pengertian Tasawuf ............ 196
B. Ajaran Tasawuf Imam Junaid Al-Baghdadi .............. 198
C. Ajaran Tasawuf Rabi’ah Ad-Adawiyah .................... 200
D. Ajaran Tasawuf Imam Al-Ghazali............................. 202
E. Ajaran Tasawuf Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani........ 206
Rangkuman ..................................... 209
Ayo Presentasi .................................. 210
Pendalaman Karakter........................ 210
Ayo Berlatih...................................... 211
BAB XI: KISAH TELADAN
Kompetensi Inti ................................ 215
Kompetensi Dasar ............................ 215
Indikator ... 216
Peta Konsep ..................................... 216
Ayo Mengamati .............................. 216
Ayo Mendalami ............................... 217
A. Abdurrahman Bin Auf........ 217
B. Abu Dzar Al-Ghifari........... 219
Rangkuman 222
Ayo Presentasi .................................. 223
Pendalaman Karakter........................ 224
Ayo Berlatih...................................... 224
Soal Latihan Penilaian Akhir Tahun (PAT)............................. 226
Glosarium ...................................... 236
DAFTAR PUSTAKA .................... 238
1. Pada akhir masa pemerintahan Utsman bin Affan, terjadi kekacauan yang dipicu oleh
sikap sebagian orang yang tidak puas terhadap kebijakan Utsman bin Affan, sehingga
terjadi fithnah al-kubra, maksudnya adalah... .
A. Peristiwa terbunuhnya Hamzah bin Abdul Muthālib.
B. Peristiwa terbunuhnya Umar bin Khaṭab.
C. Peristiwa terbunuhnya Ustman bin Affan.
D. Peristiwa terbunuhnya Ali bin Abi Ṭālib.
E. Peristiwa terbunuhnya Husain bin Ali.
2. Di antara rencana aksi Khawārij adalah melancarkan pembunuhan terhadap tokoh-tokoh
yang dianggap bertanggung jawab dalam peristiwa tahkīm, berikut adalah para eksekutor
yang ditugaskan untuk melaksanakan aksi tersebut... .
A. Ibnu Muljam ditugaskan untuk membunuh Ali bin Abi Ṭhālib di Kufah.
B. Hajjaj bin Abdullah ditugaskan untuk membunuh Ali bin Abi Ṭhālib di Kufah.
C. Amr bin Bakar ditugaskan untuk membunuh Mu’awiyah di Syam/Damaskus.
D. Amr bin Bakar ditugaskan untuk membunuh Ali bin Abi Ṭhālib di Kufah.
E. Hajjaj bin Abdullah ditugaskan untuk membunuh Amr bin Ash di Mesir.
3. Apabila dikaji dari kronologi munculnya tahkīm sebagaimana yang diusulkan Mu’awiyah
pada saat berkecamuknya perang Shiffin, maka sesungguhnya peristiwa tersebut
merupakan corak baru dalam strategi mencapai suatu kemenangan. Hal tersebut efektif
dilakukan oleh Mu’awiyah dan berhasil memecah pendukung Ali bin Abi Ṭhālib
sehingga muncul kelompok... .
A. Khawârij dan Syi’ah. D. Syi’ah dan Murji’ah.
B. Khawârij dan Murji’ah. E. Murji’ah dan Mu’tazilah.
C. Mu’tazilah dan Qadariyah.
4. Persoalan utama dan pertama yang kemudian menjadi tema perdebatan mutakallimin
adalah tentang... .
A. Kalamullah. D. Dosa besar.
B. Kekuasaan Allah. E. Hari akhir.
C. Akal dan wahyu.
5. Bagi Mu’tazilah, orang mukmin yang melakukan dosa besar akan ditempatkan di antara
surga dan neraka, dan dihukumi... .
A. Kafir. D. Mukmin.
B. Muslim. E. Fasik.
C. Musyrik.
6. Salah seorang tokoh Murji’ah adalah... .
A. Ma’bad al-Juhani. D. Abu Hasan ash-Salehi
B. Abu al-Hudzail. E. Al-Ghazali.
C. Imam Maliki.
Akidah Akhlak Kelas XI 109
7. Iman itu terletak dan tersimpan di dalam hati. Ucapan dan tindakan seseorang tidak dapat
menggugurkan keimanan seseorang. Apabila ada orang mukmin yang meninggal dalam
keadaan maksiatpun tidak dapat dikatakan telah lepas imannya, karena yang berhak
menghukumi kafir atau mukmin hanyalah Allah. Kalau ada orang yang berargumen
demikian maka sesungguhnya dia sependapat dengan... .
B. Khawārīj. D. Jabariyah.
C. Murji’ah. E. Mu’tazilah.
D. Syi’ah.
8. Yang menjadi pimpinan delegasi dari pihak Ali bin Abi Tholib dalam peristiwa tahkīm
adalah ....
A. Amr Bin Ash. D. Abu Musa al-Asy’ari.
B. Zubair. E. Abu Hasan al-Asy’ari.
C. Mu’awiyah bin Abi Sufyan.
9. Kondisi mental masyarakat yang apatis, tidak mau merubah keadaan, pasrah terhadap
nasib, sangat menguntungkan pemerintahan Bani Umayyah, sehingga saat itu ada
beberapa mutakallimin yang berusaha membangitkan semangat untuk merubah keadaan.
Pada akhirnya, pemikiran para mutakallimin ini dirumuskan dalam suatu ajaran yang
dikenal dengan pemikiran... .
A. Syi’ah. D. Khawārīj.
B. Jabariyah. E. Mu’tazilah.
C. Qadariah.
10. Aliran kalam yang dikenal dengan istilah fatalism atau predestination adalah....
A. Jabariyah. D. Mu’tazilah.
B. Khawārīj. E. Syi’ah.
C. Qadariah.
11. Allah Swt. telah memberikan potensi kepada manusia yang berupa akal untuk
menentukan pilihan hidupnya. Kafir atau mukmin, bahagia atau tidak, semuanya telah
diserahkan kepada manusia. Hal tersebut sesuai dengan doktrin ajaran... .
A. Jabariyah. D. Maturidiyah.
B. Khawārīj. E. Syi’ah.
C. Qadariah.
12. Ada beberapa doktrin ajaran yang berkaitan dengan hukum pelaku dosa besar, misalnya:
(1) menyerahkan keputusan kepada Allah terhadap pelaku dosa besar, (2) kafir dan kekal
di dalam neraka, (3) memberikan kesempatan kepada muslimin yang melakukan dosa
besar untuk bertaubat. Adapun paham Mu’tazilah adalah... .
A. Menyerahkan keputusan kepada Allah terhadap pelaku dosa besar.
B. Al-manzilatu bainal manzilataini.
C. Memberikan kesempatan kepada muslimin yang melakukan dosa besar untuk
bertaubat.
D. Kafir dan masuk neraka selama-lamanya.
E. Fasik dan kekal di dalam neraka
13. Di antara tema perdebatan mutakallimin adalah Kalamullah, yaitu tentang ... .
A. Qath’i atau ẓanni. D. Mafhum atau manṭuq.
B. Ana’qul atau ana’sur. E. Bayan atau irfan.
110 Akidah Akhlak Kelas XI
C. Qodim atau hadits.
14. Tidak semua pemikiran kalam dapat disampaikan secara fulgar kepada orang di luar
kelompoknya. Dalam situasi tertentu, mereka menyembunyikan keyakinan/ajaran yang
diyakininya. Hal ini dilakukan dengan maksud untuk mencari selamat. Doktrin tersebut
dinamakan... .
A. Imamiyah. D. Ishmah.
B. Taqiyyah. E. Khilafah.
C. Roj’ah.
15. Kalau ada orang atau sekelompok orang berpendapat bahwa pelaku dosa besar adalah
termasuk kafir, kemudian dengan mudahnya menggunakan doktrin ini untuk
menghukumi kafir kepada siapapun yang di luar kelompoknya, maka sesungguhnya
orang tersebut sependapat dengan paham ... .
A. Ahlussunnah wal jamaah D. Murji’ah.
B. Mu’tazilah. E. Syi’ah.
C. Khawārīj.
16. Para mutakallimin berselisih paham tentang hukum pelaku dosa besar, di antara pendapat
tersebut dapat dilihat pada tabel berikut:
No Doktrin Ajaran
1 Menunda hukuman terhadap orang yang terlibat dalam peristiwa tahkīm.
2
Fasik, semuanya terserah kepada Tuhan, apakah akan diampuni-Nya atau
disiksa.
3 Al-Manzilatu bainal manzilataini.
4 Memberikan kesempatan kepada pelaku dosa besar untuk bertaubat.
5
Pelaku dosa besar adalah orang kafir dan dihukumi telah keluar dari golongan
mu’min.
Pendapat Asy’ariyah adalah... .
A. Menunda hukuman terhadap orang yang terlibat dalam peristiwa tahkīm.
B. Fasik, semuanya terserah kepada Tuhan, apakah akan diampuni-Nya atau disiksa.
C. Al-Manzilatu bainal manzilataini.
D. Memberikan kesempatan kepada pelaku dosa besar untuk bertaubat.
E. Pelaku dosa besar adalah orang kafir dan dihukumi telah keluar dari golongan
mu’min.
17. Sebagian mutakallimin berpendapat bahwa Tuhan tidak mungkin mengerjakan sesuatu
yang tidak ada gunanya sehingga Tuhan harus (wajib) berbuat yang baik dan terbaik. Hal
tersebut merupakan pemikiran aliran kalam... .
A. Mu’tazilah. D. Khawārīj.
B. Maturidiyah. E. Murji’ah.
C. Asy’ariyah.
18. Perhatikan doktrin kalam berikut: (1) Al-Imamah, (2) Al-manzilatu bainal manzilatain,
(3) Al-Raja’ah, (4) Al-‘Ismah, dan (5) Taqiyyah. Doktrin kalam tersebut merupakan
doktrin aliran... .
A. Khawārīj dan Syi’ah. D. Khawārīj dan Jabariyah.
Akidah Akhlak Kelas XI 111
B. Khawārīj dan Qadariyah. E. Khawārīj dan Mu’tazilah.
C. Syi’ah dan Mu’tazilah.
19. Suatu saat Waṣil bin Aṭo’ ditanya oleh Imam Hasan al-Baṣri tentang persoalan ilmu
kalam. Dalam hal ini Waṣil memberikan jawaban yang berbeda dengan pendapat ulama’
sebelumnya, yaitu berselisih dalam hal... .
A. Akal dan wahyu. D. Iman dan kufur.
B. Khilafah. E. Hukum pelaku dosa besar.
C. Kalamullah.
20. Mutakallimin yang berpendapat bahwa kalam itu ada yang tersusun dengan huruf dan
suara dan ada yang tidak tersusun dengan huruf dan suara yang dikenal dengan kalam
nafsi, hal tersebut merupakan salah satu doktrin kalam yang dikemukakan oleh... .
A. Khawārīj. D. Maturidiyah.
B. Mu’tazilah. E. Syi’ah.
C. Asy’ariyah.
21. Allah tidak menghendaki keburukan atas diri manusia. Apabila ada manusia yang
berbuat buruk maka sesungguhnya perbuatan tersebut adalah murni perbuatan manusia
sendiri. Allah telah membekali manusia dengan akal untuk mempertimbangkan dalam
menentukan pilihan, sehingga Allah harus (wajib) memasukkan orang yang berbuat baik
ke surga dan memasukkan orang yang berbuat buruk ke neraka. Hal tersebut sesuai
dengan doktrin... .
A. Al- Tauhid. D. Al- ‘Adl.
B. Al-Wa’ad wa al-wa’id. E. Al- Manzilah bain al-Manzilatain.
C. Amar ma’ruf nahi mungkar.
22. Allah wajib memasukkan surga bagi orang yang melakukan kebaikan dan wajib
memasukkan neraka bagi yang melakukan dosa, hal tersebut sesuai dengan doktrin....
A. Al- Tauhid. D. Al- ‘Adl.
B. Al-Wa’ad wa al-wa’id. E. Al- Manzilah bain al-Manzilatain.
C. Amar ma’ruf nahi mungkar.
23. Allah tidak mempunyai kewajiban memasukkan ke surga bagi orang yang melakukan
kebaikan dan tidak wajib pula memasukkan ke neraka bagi yang melakukan dosa, sebab
kekuasaan Allah adalah tidak terbatas, apabila Allah mempunyai kewajiban maka akan
mengurangi ke-Maha-kuasaan Allah. Hal tersebut sesuai dengan salah satu doktrin
aliran... .
A. Khawārīj. D. Mu’tazilah.
B. Asy’ariyah. E. Jabariyah.
C. Syi’ah.
24. Allah memiliki kehendak dalam sesuatu yang baik dan buruk, tetapi bukan berarti bahwa
Allah itu berbuat sewenang-wenang, melainkan perbuatan dan kehendak-Nya
berlangsung sesuai dengan hikmah dan keadilan yang sudah ditetapkan-Nya sendiri, hal
tersebut merupakan doktrin tentang kekuasaan dan kehendak mutlak Tuhan menurut... .
A. Khawārīj. D. Mu’tazilah.
B. Asy’ariyah. E. Maturidiyah.
C. Syi’ah.
112 Akidah Akhlak Kelas XI
25. Orang mukmin yang melakukan dosa besar bukanlah kafir, mereka tidak kekal di neraka
walaupun meninggal sebelum bertaubat, sebab yang kekal di neraka hanyalah orang
musyrik. Orang yang berpendapat demikian itu sebenarnya sesuai dengan pendapat
aliran... .
A. Khawārīj. D. Mu’tazilah.
B. Jabariyah. E. Maturidiyah.
C. Syi’ah.
26. Perhatikan alur pemikiran kalam berikut: (1) iman berhubungan dengan hati, yakni ikrar
dan taṣdīq, (2) Islam menyangkut syari’at atau pengamalan, (3) orang mukmin yang
melakukan dosa besar tidak secara otomatis menjadi kafir, dan (4) Iman dan Islam harus
dipadukan, sehingga kualitas iman seseorang dipengaruhi oleh perbuatannya. Corak
pemikiran kalam yang demikian itu mengikuti pola pemikiran... .
A. Khawārīj. D. Mu’tazilah.
B. Asy’ariyah. E. Murji’ah.
C. Syi’ah.
27. Dalam hal perbuatan manusia, ada beberapa aliran yang mempunyai doktrin ajaran yang
sama, misalnya ada yang mengatakan bahwa manusia itu mempunyai kemampuan untuk
berbuat. Dengan alasan itu, manusia akan diminta pertanggung jawabannya oleh Allah
tentang perbuatannya, sehingga apabila berbuat baik maka akan mendapatkan
pahala/surga. Tetapi apabila memilih berbuat jahat/buruk maka akan mendapatkan
dosa/neraka, itulah yang dinamakan keadilan. Argumen tersebut dipakai oleh... .
A. Khawārīj dan Murji’ah. D. Mu’tazilah dan Qadariyah.
B. Asy’ariyah dan Maturidiyah. E. Mu’tazilah dan Jabariyah.
C. Asy’ariyah dan Jabariyah.
28. Allah mengancam orang yang melakukan pembunuhan, yaitu akan dimasukkan neraka
Jahanam, hal tersebut sesuai dengan ayat berikut... .
29. Islam sangat menghargai adanya keselamatan jiwa, sehingga pembunuhan terhadap satu
orang saja sangat dikecam bahkan diidentifikasi sebagai pembunuhan terhadap seluruh
umat manusia. Hal tersebut dijelaskan dalam firman Allah... .
30. Kebencian Allah terhadap perilaku liwath diungkapkan dengan berbagai ungkapan,
misalnya: musrifin, khabaits, qoum su’, fasiq, Qoum mufsidin, ẓalimin. Yang dimaksud
khabaits adalah...
A. Orang yang melampaui batas . D. Perbuatan keji.
B. Sekelompok orang yang jahat. E. Orang yang ẓalim.
C. Kaum yang membuat kerusakan.
31. Yang dimaksud dengan mukhannats adalah... .
A. Laki-laki yang menyerupai perempuan dalam kelembutan, cara bicara, melihat, dan
gerakannya.
B. Wanita yang mencintai atau merasakan rangsangan seksual sesama jenisnya atau
disebut sebagai wanita homoseksual.
C. Laki-laki yang mencintai atau merasakan rangsangan seksual sesama jenisnya
atau disebut sebagai laki-laki homoseksual.
D. Orang yang mempunyai sifat kedua jenis kelamin (laki-laki dan perempuan);
tertarik kepada kedua jenis kelamin baik kepada laki-laki maupun kepada
perempuan.
E. Orang yang memiliki gender atau ekspresi gender yang berbeda dengan seksnya yang
ditunjuk pada saat lahir.
32. Pada kasus tertentu ada perempuan yang mengimitasi dirinya sebagai laki-laki sehingga
mempunyai hasrat untuk mencintai sesama wanita. Perilaku ini sangat dilarang. Orang
yang memiliki kecenderungan demikian itu dikategorikan ... .
A. Takhannuts. D. Tarajjul.
B. Khuntsa. E. Sihaq.
C. Liwath.
33. Apabila ada seorang laki-laki yang menginginkan operasi ganti kelamin sehingga menjadi
wanita, maka perilaku tersebut dinamakan... .
A. Takhannuts. D. Tarajjul.
B. Khuntsa. E. Sihaq.
C. Liwath.
34. Dalam kehidupan, kadang-kadang ditemukan ada kasus ganjil atau di luar kelaziman,
misalnya ada orang yang secara genetik memiliki kelamin yang tidak jelas apakah laki-
laki atau perempuan. Para ulama menyebutnya dengan ... .
A. Takhannuts. D. Tarajjul.
B. Khuntsa. E. Sihaq.
C. Liwath.
114 Akidah Akhlak Kelas XI
35. Al-Qur’an telah menceritakan tentang suatu kaum yang melakukan liwath. Dalam hal ini,
sebenarya Allah mengingatkan kepada manusia untuk menghindari perilaku tersebut.
Namun, dalam realitasnya masih sering kita dengar kejadian tersebut, bahkan lebih
dahsyat lagi, mereka menyusun kekuatan dengan membentuk suatu komunitas yang
kemudian dikenal dengan komunitas LGBT. Padahal Allah telah membinasakan kaum
Nabi Luṭ yang saat itu mempunyai perilaku seks menyimpang, sebagaimana firman-
Nya... .
36. Perhatikan hadiś berikut!
Hadiś di atas menjelaskan tentang... .
A. Setiap yang bernyawa adalah hidup, setiap yang hidup pasti akan mati.
B. Setiap yang memabukkan adalah khamar, setiap khamar adalah haram.
C. Setiap yang memabukkan adalah khamar, setiap yang haram adalah khamr
D. Setiap yang memabukkan adalah haram, setiap khamar adalah haram.
E. Setiap khamar adalah memabukkan, setiap yang memabukkan adalah haram.
37. Perhatikan QS. an-Nisa’ ayat 43 berikut!
Ayat tersebut menjelaskan dampak mabuk-mabukan, yaitu... .
A. Terlarang melaksanakan ibadah.
B. Menghias diri dengan kekotoran dan kekejian.
C. Menimbulkan gangguan mental.
D. Menimbulkan kejahatan di masyarakat.
E. Melanggar larangan agama.
38. Dampak yang ditimbulkan dari perilaku minum-minuman keras tidak hanya berpengaruh
kepada pelakunya, tetapi juga kepada lingkungan sekitarnya. Hal tersebut karena....
A. Minuman keras dapat memabukkan dan menghilangkan akal sehingga dapat memicu
perbuatan buruk yang lain.
B. Minuman keras dapat menimbulkan semangat, walaupun memabukkan.
C. Minuman keras dapat menimbulkan semangat sehingga dapat digunakan untuk
membantu masyarakat.
Akidah Akhlak Kelas XI 115
D. Minuman keras dapat memabukkan namun apabila lingkungan masyarakat
mengijinkannya maka mengkonsumsinya adalah tidak haram.
E. Minuman keras dapat memabukkan tetapi digemari sebagian orang.
39. Dalam proses kehidupan yang dialami seseorang tidak selamanya mulus, dan tanpa cela.
Kadang-kadang ada orang yang terjerumus ke dalam perjudian dan perilaku buruk
lainnya. Sikap seorang muslim yang tepat dalam menghadapi orang yang demikian
adalah... .
A. Membiarkannya, karena uang yang dipakai miliknya sendiri.
B. Membiarkannya kalau tidak mengganggu.
C. Membiarkannya, karena takut menyinggung perasaannya.
D. Menasehatinya sedikit demi sedikit hingga sadar.
E. Membiarkannya, karena itu urusan pribadi.
40. Perhatikan QS. Al-Maidah ayat 90 berikut:
Potongan ayat yang menunjukkan pengertian judi adalah ... .
A. Khamr. D. Azlam.
B. Maysir . E. ‘Amalisy-syaithan.
C. Anshab.
41. Perhatikan hadist berikut ini
Hadiś tersebut berisi tentang... .
A. Orang yang durhaka kepada orang tua akan disegerakan ażabnya.
B. Larangan durhaka kepada orang tua.
C. Orang yang durhaka kepada orang tua akan dimasukkan neraka
D. Orang yang durhaka kepada orang tua tidak akan bahagia hidupnya.
E. Orang yang durhaka kepada orang tua akan menderita kefakiran.
42. Allah Swt. telah menginformasikan, bahwa menutup aurat merupakan perilaku yang
dilakukan oleh manusia, yaitu sejak Adam dan Hawa masih di surga, namun karena
godaan setan, aurat manusia terbuka. Dengan demikian, aurat yang terbuka segera ditutup
dengan pakaian sebagaimana tabiat awalnya. Ayat tersebut juga menyampaikan bahwa
yang mempunyai ide untuk membuka aurat adalah setan, dan karenanya tanda-tanda
kehadiran setan adalah ”terbukanya aurat”. Hal tersebut sesuai dengan firman Allah... .
116 Akidah Akhlak Kelas XI
43. Perhatinya QS. Al-Ahzab ayat 59 berikut:
Ayat tersebut menjelaskan tentang... .
A. Perintah memakai jilbab. D. Perintah memakai perhiasan.
B. Batas aurat wanita. E. Perintah menghindari minuman keras.
C. Perintah memakai baju yang bersih.
44. Ada penghuni neraka yang ditanya tentang penyebab dimasukkannya ke dalam neraka
dan menyatakan bahwa mereka masuk neraka karena ketika hidup di dunia meninggalkan
salat. Ayat yang sesuai dengan hal tersebut adalah... .
45. Islam sangat menghargai adanya kepemilikan harta. Namun harta harus dicari dengan
cara yang halal. Bahkan kehalalan sesuatu itu tidak terletak pada zatnya saja, tetapi cara
memperolehnya juga menjadi salah satu strandard kehalalan suatu barang. Dalam hal ini
korupsi merupakan salah cara dalam memperoleh harta dengan jalan yang haram.
Mengingat dampak korupsi adalah sangat besar sehingga doa koruptor tidak didengar
Allah Swt. Berikut adalah istilah yang tidak terkait dengan korupsi... .
A. Risywah. D. Khiyānat.
B. Fasād. E. Ghulūl.
C. Khuntsa.
46. Orang yang memakan harta anak yatim dengan bāṭil diibaratkan seperti orang yang
mengisi perutnya dengan api dan Allah mengancamnya akan dimasukkan ke dalam
neraka. Hal itu sesuai dengan dalil di bawah ini... .
Akidah Akhlak Kelas XI 117
47. Berhias merupakan fitrah manusia, yaitu untuk memenuhi kebutuhan dalam memperelok
diri. Namun demikian ada juga yang menghias dirinya (baik dengan menggunakan
pakaian yang bagus maupun perhiasan yang lain) dengan tujuan untuk mengundang
rangsangan birahi kepada lawan jenis yang bukan pasangannya. Perilaku tersebut
melanggar adab berhias, karena termasuk... .
A. Tabarruj al-jāhiliyah. D. Libasu at-taqwa.
B. Sarābīla taqīkum al-harra. E. Sarābīla taqīkum baksakum.
C. Tabarruj al-ma’siyat.
48. Segala sesuatu yang mencerminkan keindahan dan kecantikan sehingga penampilan dan
gaya seorang wanita menjadi memikat dan menarik lawan jenisnya, hal tersebut dalam
istilah akhlak disebut...
A. Tawasut. D. Tabarruj.
B. Tasamuh. E. Tadabbur.
C. Ta’awun.
49. Mode dan varian jilbab terus mengalami perkembangan sesuai dengan perkembangan
zaman. Jilbab bukan hanya sekedar penutup aurat, namun juga dapat berfungsi... .
A. Mempercantik dirinya. D. Menambah percaya diri dan alami.
B. Menunjukkan identitas. E. Meningkatkan status sosial.
C. Memperluas pergaulan.
50. Menurut Imam Malik, yang dimaksud dengan jaizah sehari semalam adalah... .
A. Memuliakan tamu dengan hidangan yang bisa disiapkan.
B. Menjamu tamu dengan hidangan apa adanya yang dapat disiapkan.
C. Menjamu dengan hidangan istimewa di hari ketiga.
D. Memuliakan dengan hidangan yang istimewa di hari kedua.
E. Memuliakan dan menjamu dengan hidangan istimewa di hari pertama.
DOWNLOAD BUKU AKIDAH AKHLAK KELAS XI DAN SOAL PAS AKIDAH AKHLAK KELAS 11
Pendidik bertugas Mendidik, maka Didiklah Diri Dengan Prilaku yang mendidik
EmoticonEmoticon