Wednesday 23 June 2021

BUKU AKIDAH AKHLAK KELAS XI DAN SOAL PAS AKIDAH AKHLAK KELAS 11



HALAMAN JUDUL ........................ i

HALAMAN PENERBITAN ............ ii

KATA PENGANTAR ..................... iii

PEDOMAN TRANSLITERASI ...... iv

DAFTAR ISI..................................... v

PETUNJUK PENGGUNAAN BUKU .................................... ix

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR............. x

PEMETAAN KOMPETENSI DASAR................................... xiv

BAB I: MUNCULNYA ALIRAN KALAM DALAM PERISTIWA TAHKIM

Kompetensi Inti ............................... 3

Kompetensi Dasar ............................ 3

Indikator ... 3

Peta Konsep ..................................... 4

Ayo Mengamati .............................. 4

Ayo Mendalami ............................... 5

A. Sejarah Ilmu Kalam ............ 5

B. Peristiwa Tahkim................ 8

Rangkuman  11

Ayo Presentasi .................................. 11

Pendalaman Karakter........................ 12

Ayo Berlatih...................................... 12

BAB II: ALIRAN-ALIRAN ILMU KALAM

Kompetensi Inti ............................... 17

Kompetensi Dasar ............................ 17

Indikator ... 18

Peta Konsep ..................................... 18

Ayo Mengamati .............................. 19

Ayo Mendalami ............................... 19

A. Aliran Khawarij .................. 19

B. Aliran Syi’ah....................... 23

C. Aliran Murji’ah................... 26

D. Aliran Jabariyah................. 28

E. Aliran Qadariyah ................ 28

F. Aliran Mu’tazilah ............... 29

G. Aliran Asy’ariyah .............. 31

H. Aliran Maturidiyah ............. 34

I. Perbandingan Ajaran Aliran Kalam.......................... 38

Rangkuman  41

Ayo Presentasi .................................. 41

Pendalaman Karakter........................ 42

Ayo Berlatih...................................... 42

BAB III: MENGHINDARI DOSA BESAR

Kompetensi Inti ................................ 47

Kompetensi Dasar ............................ 47

Indikator ... 48

Peta Konsep ..................................... 48


vi Akidah Akhlak Kelas XI

Ayo Mengamati .............................. 49

Ayo Mendalami ............................... 49

A. Membunuh ......................... 49

B. Liwat .................................. 51

C. LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual, dan transgender)... 53

D. Meminum Khamr................ 57

E. Judi ................................... 61

F. Mencuri............................... 62

G. Durhaka Kepada Orang Tua ...................................... 64

H. Meninggalkan salat............. 67

I. Memakan Harta Anak Yatim..................................... 68

J. Korupsi ............................... 69

Rangkuman  71

Ayo Presentasi .................................. 71

Pendalaman Karakter........................ 72

Ayo Berlatih...................................... 72

BAB IV: ADAB BERPAKAIAN, BERHIAS, PERJALANAN, BERTAMU DAN

MENERIMA TAMU

Kompetensi Inti ................................ 77

Kompetensi Dasar ............................ 77

Indikator ... 78

Peta Konsep ..................................... 78

Ayo Mengamati .............................. 79

Ayo Mendalami ............................... 79

A. Adab Berpakaian ................ 79

B. Adab Berhias ...................... 83

C. Adab Perjalanan.................. 87

D. Adab Bertamu..................... 89

E. Adab Menerima Tamu........ 91

Rangkuman  93

Ayo Presentasi .................................. 93

Pendalaman Karakter........................ 94

Ayo Berlatih...................................... 94

BAB V: KISAH TELADAN

Kompetensi Inti ................................ 99

Kompetensi Dasar ............................ 99

Indikator ... 99

Peta Konsep ..................................... 100

Ayo Mengamati .............................. 100

Ayo Mendalami ............................... 101

A. Fatimah az-Zahra ............... 101

B. Uwais al-Qarni.................... 103

Rangkuman  105

Ayo Presentasi .................................. 105

Pendalaman Karakter........................ 106

Ayo Berlatih...................................... 106

Soal Latihan Penilaian Akhir Semester (PAS) ........................ 108


Akidah Akhlak Kelas XI vii


BAB VI: AKHLAK PERGAULAN REMAJA

Kompetensi Inti ................................ 120

Kompetensi Dasar ............................ 120

Indikator..... 120

Peta Konsep ..................................... 121

Ayo Mengamati .............................. 121

Ayo Mendalami ............................... 122

A. Pengertian Remaja .............. 122

B. Akhlak Terpuji Pergaulan Remaja............................. 123

C. Akhlak Tercela Pergaulan Remaja ............................ 127

Rangkuman  130

Ayo Presentasi .................................. 131

Pendalaman Karakter........................ 131

Ayo Berlatih...................................... 131

BAB VII: MENGHINDARI AKHLAK TERCELA

Kompetensi Inti ................................ 136

Kompetensi Dasar ............................ 136

Indikator ... 136

Peta Konsep ..................................... 137

Ayo Mengamati .............................. 137

Ayo Mendalami ............................... 138

A. Isrāf ................................... 138

B. Tabżīr.................................. 114

C. Bakhil.................................. 143

Rangkuman  147

Ayo Presentasi .................................. 147

Pendalaman Karakter........................ 148

Ayo Berlatih...................................... 148

BAB VIII: KEMATIAN DAN KEHIDUPAN DI ALAM BARZAKH

Kompetensi Inti ................................ 152

Kompetensi Dasar ............................ 152

Indikator ... 153

Peta Konsep ..................................... 153

Ayo Mengamati .............................. 154

Ayo Mendalami ............................... 154

A. Kematian............................. 154

B. Keadaan Orang Mati........... 157

C. Alam Barzakh ..................... 165

Rangkuman  169

Ayo Presentasi .................................. 170

Pendalaman Karakter........................ 170

Ayo Berlatih...................................... 171

BAB IX: SYARI’AT, ṬAREKAT, HAKIKAT, MA’RIFAT

Kompetensi Inti ................................ 175

Kompetensi Dasar ............................ 175

Indikator ... 175

Peta Konsep ..................................... 176


viii Akidah Akhlak Kelas XI

Ayo Mengamati .............................. 177

Ayo Mendalami ............................... 177

A. Dimensi Ajaran Islam......... 177

B. Kedudukan Dan Fungsi Syari’at................................ 180

C. Kedudukan Dan Fungsi Ṭarekat ............................... 181

D. Kedudukan Dan Fungsi Hakikat................................ 183

E. Kedudukan Dan Fungsi Ma’rifat............................... 185

Rangkuman  187

Ayo Presentasi .................................. 188

Pendalaman Karakter........................ 188

Ayo Berlatih...................................... 189

BAB X: TOKOH DAN AJARAN TASAWUF SUFI BESAR

Kompetensi Inti ................................ 193

Kompetensi Dasar ............................ 193

Indikator ... 194

Peta Konsep ..................................... 194

Ayo Mengamati .............................. 195

Ayo Mendalami ............................... 196

A. Pengertian Tasawuf ............ 196

B. Ajaran Tasawuf Imam Junaid Al-Baghdadi .............. 198

C. Ajaran Tasawuf Rabi’ah Ad-Adawiyah .................... 200

D. Ajaran Tasawuf Imam Al-Ghazali............................. 202

E. Ajaran Tasawuf Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani........ 206

Rangkuman ..................................... 209

Ayo Presentasi .................................. 210

Pendalaman Karakter........................ 210

Ayo Berlatih...................................... 211

BAB XI: KISAH TELADAN

Kompetensi Inti ................................ 215

Kompetensi Dasar ............................ 215

Indikator ... 216

Peta Konsep ..................................... 216

Ayo Mengamati .............................. 216

Ayo Mendalami ............................... 217

A. Abdurrahman Bin Auf........ 217

B. Abu Dzar Al-Ghifari........... 219

Rangkuman  222

Ayo Presentasi .................................. 223

Pendalaman Karakter........................ 224

Ayo Berlatih...................................... 224

Soal Latihan Penilaian Akhir Tahun (PAT)............................. 226

Glosarium ...................................... 236

DAFTAR PUSTAKA .................... 238


1. Pada akhir masa pemerintahan Utsman bin Affan, terjadi kekacauan yang dipicu oleh

sikap sebagian orang yang tidak puas terhadap kebijakan Utsman bin Affan, sehingga

terjadi fithnah al-kubra, maksudnya adalah... .

A. Peristiwa terbunuhnya Hamzah bin Abdul Muthālib.

B. Peristiwa terbunuhnya Umar bin Khaṭab.

C. Peristiwa terbunuhnya Ustman bin Affan.

D. Peristiwa terbunuhnya Ali bin Abi Ṭālib.

E. Peristiwa terbunuhnya Husain bin Ali.

2. Di antara rencana aksi Khawārij adalah melancarkan pembunuhan terhadap tokoh-tokoh

yang dianggap bertanggung jawab dalam peristiwa tahkīm, berikut adalah para eksekutor

yang ditugaskan untuk melaksanakan aksi tersebut... .

A. Ibnu Muljam ditugaskan untuk membunuh Ali bin Abi Ṭhālib di Kufah.

B. Hajjaj bin Abdullah ditugaskan untuk membunuh Ali bin Abi Ṭhālib di Kufah.

C. Amr bin Bakar ditugaskan untuk membunuh Mu’awiyah di Syam/Damaskus.

D. Amr bin Bakar ditugaskan untuk membunuh Ali bin Abi Ṭhālib di Kufah.

E. Hajjaj bin Abdullah ditugaskan untuk membunuh Amr bin Ash di Mesir.

3. Apabila dikaji dari kronologi munculnya tahkīm sebagaimana yang diusulkan Mu’awiyah

pada saat berkecamuknya perang Shiffin, maka sesungguhnya peristiwa tersebut

merupakan corak baru dalam strategi mencapai suatu kemenangan. Hal tersebut efektif

dilakukan oleh Mu’awiyah dan berhasil memecah pendukung Ali bin Abi Ṭhālib

sehingga muncul kelompok... .

A. Khawârij dan Syi’ah. D. Syi’ah dan Murji’ah.

B. Khawârij dan Murji’ah. E. Murji’ah dan Mu’tazilah.

C. Mu’tazilah dan Qadariyah.

4. Persoalan utama dan pertama yang kemudian menjadi tema perdebatan mutakallimin

adalah tentang... .

A. Kalamullah. D. Dosa besar.

B. Kekuasaan Allah. E. Hari akhir.

C. Akal dan wahyu.

5. Bagi Mu’tazilah, orang mukmin yang melakukan dosa besar akan ditempatkan di antara

surga dan neraka, dan dihukumi... .

A. Kafir. D. Mukmin.

B. Muslim. E. Fasik.

C. Musyrik.

6. Salah seorang tokoh Murji’ah adalah... .

A. Ma’bad al-Juhani. D. Abu Hasan ash-Salehi

B. Abu al-Hudzail. E. Al-Ghazali.

C. Imam Maliki.


Akidah Akhlak Kelas XI 109

7. Iman itu terletak dan tersimpan di dalam hati. Ucapan dan tindakan seseorang tidak dapat

menggugurkan keimanan seseorang. Apabila ada orang mukmin yang meninggal dalam

keadaan maksiatpun tidak dapat dikatakan telah lepas imannya, karena yang berhak

menghukumi kafir atau mukmin hanyalah Allah. Kalau ada orang yang berargumen

demikian maka sesungguhnya dia sependapat dengan... .

B. Khawārīj. D. Jabariyah.

C. Murji’ah. E. Mu’tazilah.

D. Syi’ah.

8. Yang menjadi pimpinan delegasi dari pihak Ali bin Abi Tholib dalam peristiwa tahkīm

adalah ....

A. Amr Bin Ash. D. Abu Musa al-Asy’ari.

B. Zubair. E. Abu Hasan al-Asy’ari.

C. Mu’awiyah bin Abi Sufyan.

9. Kondisi mental masyarakat yang apatis, tidak mau merubah keadaan, pasrah terhadap

nasib, sangat menguntungkan pemerintahan Bani Umayyah, sehingga saat itu ada

beberapa mutakallimin yang berusaha membangitkan semangat untuk merubah keadaan.

Pada akhirnya, pemikiran para mutakallimin ini dirumuskan dalam suatu ajaran yang

dikenal dengan pemikiran... .

A. Syi’ah. D. Khawārīj.

B. Jabariyah. E. Mu’tazilah.

C. Qadariah.

10. Aliran kalam yang dikenal dengan istilah fatalism atau predestination adalah....

A. Jabariyah. D. Mu’tazilah.

B. Khawārīj. E. Syi’ah.

C. Qadariah.

11. Allah Swt. telah memberikan potensi kepada manusia yang berupa akal untuk

menentukan pilihan hidupnya. Kafir atau mukmin, bahagia atau tidak, semuanya telah

diserahkan kepada manusia. Hal tersebut sesuai dengan doktrin ajaran... .

A. Jabariyah. D. Maturidiyah.

B. Khawārīj. E. Syi’ah.

C. Qadariah.

12. Ada beberapa doktrin ajaran yang berkaitan dengan hukum pelaku dosa besar, misalnya:

(1) menyerahkan keputusan kepada Allah terhadap pelaku dosa besar, (2) kafir dan kekal

di dalam neraka, (3) memberikan kesempatan kepada muslimin yang melakukan dosa

besar untuk bertaubat. Adapun paham Mu’tazilah adalah... .

A. Menyerahkan keputusan kepada Allah terhadap pelaku dosa besar.

B. Al-manzilatu bainal manzilataini.

C. Memberikan kesempatan kepada muslimin yang melakukan dosa besar untuk

bertaubat.

D. Kafir dan masuk neraka selama-lamanya.

E. Fasik dan kekal di dalam neraka

13. Di antara tema perdebatan mutakallimin adalah Kalamullah, yaitu tentang ... .

A. Qath’i atau ẓanni. D. Mafhum atau manṭuq.

B. Ana’qul atau ana’sur. E. Bayan atau irfan.


110 Akidah Akhlak Kelas XI

C. Qodim atau hadits.

14. Tidak semua pemikiran kalam dapat disampaikan secara fulgar kepada orang di luar

kelompoknya. Dalam situasi tertentu, mereka menyembunyikan keyakinan/ajaran yang

diyakininya. Hal ini dilakukan dengan maksud untuk mencari selamat. Doktrin tersebut

dinamakan... .

A. Imamiyah. D. Ishmah.

B. Taqiyyah. E. Khilafah.

C. Roj’ah.

15. Kalau ada orang atau sekelompok orang berpendapat bahwa pelaku dosa besar adalah

termasuk kafir, kemudian dengan mudahnya menggunakan doktrin ini untuk

menghukumi kafir kepada siapapun yang di luar kelompoknya, maka sesungguhnya

orang tersebut sependapat dengan paham ... .

A. Ahlussunnah wal jamaah D. Murji’ah.

B. Mu’tazilah. E. Syi’ah.

C. Khawārīj.

16. Para mutakallimin berselisih paham tentang hukum pelaku dosa besar, di antara pendapat

tersebut dapat dilihat pada tabel berikut:

No Doktrin Ajaran

1 Menunda hukuman terhadap orang yang terlibat dalam peristiwa tahkīm.

2

Fasik, semuanya terserah kepada Tuhan, apakah akan diampuni-Nya atau

disiksa.

3 Al-Manzilatu bainal manzilataini.

4 Memberikan kesempatan kepada pelaku dosa besar untuk bertaubat.

5

Pelaku dosa besar adalah orang kafir dan dihukumi telah keluar dari golongan

mu’min.

Pendapat Asy’ariyah adalah... .

A. Menunda hukuman terhadap orang yang terlibat dalam peristiwa tahkīm.

B. Fasik, semuanya terserah kepada Tuhan, apakah akan diampuni-Nya atau disiksa.

C. Al-Manzilatu bainal manzilataini.

D. Memberikan kesempatan kepada pelaku dosa besar untuk bertaubat.

E. Pelaku dosa besar adalah orang kafir dan dihukumi telah keluar dari golongan

mu’min.

17. Sebagian mutakallimin berpendapat bahwa Tuhan tidak mungkin mengerjakan sesuatu

yang tidak ada gunanya sehingga Tuhan harus (wajib) berbuat yang baik dan terbaik. Hal

tersebut merupakan pemikiran aliran kalam... .

A. Mu’tazilah. D. Khawārīj.

B. Maturidiyah. E. Murji’ah.

C. Asy’ariyah.

18. Perhatikan doktrin kalam berikut: (1) Al-Imamah, (2) Al-manzilatu bainal manzilatain,

(3) Al-Raja’ah, (4) Al-‘Ismah, dan (5) Taqiyyah. Doktrin kalam tersebut merupakan

doktrin aliran... .

A. Khawārīj dan Syi’ah. D. Khawārīj dan Jabariyah.


Akidah Akhlak Kelas XI 111


B. Khawārīj dan Qadariyah. E. Khawārīj dan Mu’tazilah.

C. Syi’ah dan Mu’tazilah.

19. Suatu saat Waṣil bin Aṭo’ ditanya oleh Imam Hasan al-Baṣri tentang persoalan ilmu

kalam. Dalam hal ini Waṣil memberikan jawaban yang berbeda dengan pendapat ulama’

sebelumnya, yaitu berselisih dalam hal... .

A. Akal dan wahyu. D. Iman dan kufur.

B. Khilafah. E. Hukum pelaku dosa besar.

C. Kalamullah.

20. Mutakallimin yang berpendapat bahwa kalam itu ada yang tersusun dengan huruf dan

suara dan ada yang tidak tersusun dengan huruf dan suara yang dikenal dengan kalam

nafsi, hal tersebut merupakan salah satu doktrin kalam yang dikemukakan oleh... .

A. Khawārīj. D. Maturidiyah.

B. Mu’tazilah. E. Syi’ah.

C. Asy’ariyah.

21. Allah tidak menghendaki keburukan atas diri manusia. Apabila ada manusia yang

berbuat buruk maka sesungguhnya perbuatan tersebut adalah murni perbuatan manusia

sendiri. Allah telah membekali manusia dengan akal untuk mempertimbangkan dalam

menentukan pilihan, sehingga Allah harus (wajib) memasukkan orang yang berbuat baik

ke surga dan memasukkan orang yang berbuat buruk ke neraka. Hal tersebut sesuai

dengan doktrin... .

A. Al- Tauhid. D. Al- ‘Adl.

B. Al-Wa’ad wa al-wa’id. E. Al- Manzilah bain al-Manzilatain.

C. Amar ma’ruf nahi mungkar.

22. Allah wajib memasukkan surga bagi orang yang melakukan kebaikan dan wajib

memasukkan neraka bagi yang melakukan dosa, hal tersebut sesuai dengan doktrin....

A. Al- Tauhid. D. Al- ‘Adl.

B. Al-Wa’ad wa al-wa’id. E. Al- Manzilah bain al-Manzilatain.

C. Amar ma’ruf nahi mungkar.

23. Allah tidak mempunyai kewajiban memasukkan ke surga bagi orang yang melakukan

kebaikan dan tidak wajib pula memasukkan ke neraka bagi yang melakukan dosa, sebab

kekuasaan Allah adalah tidak terbatas, apabila Allah mempunyai kewajiban maka akan

mengurangi ke-Maha-kuasaan Allah. Hal tersebut sesuai dengan salah satu doktrin

aliran... .

A. Khawārīj. D. Mu’tazilah.

B. Asy’ariyah. E. Jabariyah.

C. Syi’ah.

24. Allah memiliki kehendak dalam sesuatu yang baik dan buruk, tetapi bukan berarti bahwa

Allah itu berbuat sewenang-wenang, melainkan perbuatan dan kehendak-Nya

berlangsung sesuai dengan hikmah dan keadilan yang sudah ditetapkan-Nya sendiri, hal

tersebut merupakan doktrin tentang kekuasaan dan kehendak mutlak Tuhan menurut... .

A. Khawārīj. D. Mu’tazilah.

B. Asy’ariyah. E. Maturidiyah.

C. Syi’ah.


112 Akidah Akhlak Kelas XI

25. Orang mukmin yang melakukan dosa besar bukanlah kafir, mereka tidak kekal di neraka

walaupun meninggal sebelum bertaubat, sebab yang kekal di neraka hanyalah orang

musyrik. Orang yang berpendapat demikian itu sebenarnya sesuai dengan pendapat

aliran... .

A. Khawārīj. D. Mu’tazilah.

B. Jabariyah. E. Maturidiyah.

C. Syi’ah.

26. Perhatikan alur pemikiran kalam berikut: (1) iman berhubungan dengan hati, yakni ikrar

dan taṣdīq, (2) Islam menyangkut syari’at atau pengamalan, (3) orang mukmin yang

melakukan dosa besar tidak secara otomatis menjadi kafir, dan (4) Iman dan Islam harus

dipadukan, sehingga kualitas iman seseorang dipengaruhi oleh perbuatannya. Corak

pemikiran kalam yang demikian itu mengikuti pola pemikiran... .

A. Khawārīj. D. Mu’tazilah.

B. Asy’ariyah. E. Murji’ah.

C. Syi’ah.

27. Dalam hal perbuatan manusia, ada beberapa aliran yang mempunyai doktrin ajaran yang

sama, misalnya ada yang mengatakan bahwa manusia itu mempunyai kemampuan untuk

berbuat. Dengan alasan itu, manusia akan diminta pertanggung jawabannya oleh Allah

tentang perbuatannya, sehingga apabila berbuat baik maka akan mendapatkan

pahala/surga. Tetapi apabila memilih berbuat jahat/buruk maka akan mendapatkan

dosa/neraka, itulah yang dinamakan keadilan. Argumen tersebut dipakai oleh... .

A. Khawārīj dan Murji’ah. D. Mu’tazilah dan Qadariyah.

B. Asy’ariyah dan Maturidiyah. E. Mu’tazilah dan Jabariyah.

C. Asy’ariyah dan Jabariyah.

28. Allah mengancam orang yang melakukan pembunuhan, yaitu akan dimasukkan neraka

Jahanam, hal tersebut sesuai dengan ayat berikut... .


29. Islam sangat menghargai adanya keselamatan jiwa, sehingga pembunuhan terhadap satu

orang saja sangat dikecam bahkan diidentifikasi sebagai pembunuhan terhadap seluruh

umat manusia. Hal tersebut dijelaskan dalam firman Allah... .


30. Kebencian Allah terhadap perilaku liwath diungkapkan dengan berbagai ungkapan,

misalnya: musrifin, khabaits, qoum su’, fasiq, Qoum mufsidin, ẓalimin. Yang dimaksud

khabaits adalah...

A. Orang yang melampaui batas . D. Perbuatan keji.

B. Sekelompok orang yang jahat. E. Orang yang ẓalim.

C. Kaum yang membuat kerusakan.

31. Yang dimaksud dengan mukhannats adalah... .

A. Laki-laki yang menyerupai perempuan dalam kelembutan, cara bicara, melihat, dan

gerakannya.

B. Wanita yang mencintai atau merasakan rangsangan seksual sesama jenisnya atau

disebut sebagai wanita homoseksual.

C. Laki-laki yang mencintai atau merasakan rangsangan seksual sesama jenisnya

atau disebut sebagai laki-laki homoseksual.

D. Orang yang mempunyai sifat kedua jenis kelamin (laki-laki dan perempuan);

tertarik kepada kedua jenis kelamin baik kepada laki-laki maupun kepada

perempuan.

E. Orang yang memiliki gender atau ekspresi gender yang berbeda dengan seksnya yang

ditunjuk pada saat lahir.

32. Pada kasus tertentu ada perempuan yang mengimitasi dirinya sebagai laki-laki sehingga

mempunyai hasrat untuk mencintai sesama wanita. Perilaku ini sangat dilarang. Orang

yang memiliki kecenderungan demikian itu dikategorikan ... .

A. Takhannuts. D. Tarajjul.

B. Khuntsa. E. Sihaq.

C. Liwath.

33. Apabila ada seorang laki-laki yang menginginkan operasi ganti kelamin sehingga menjadi

wanita, maka perilaku tersebut dinamakan... .

A. Takhannuts. D. Tarajjul.

B. Khuntsa. E. Sihaq.

C. Liwath.

34. Dalam kehidupan, kadang-kadang ditemukan ada kasus ganjil atau di luar kelaziman,


misalnya ada orang yang secara genetik memiliki kelamin yang tidak jelas apakah laki-

laki atau perempuan. Para ulama menyebutnya dengan ... .


A. Takhannuts. D. Tarajjul.

B. Khuntsa. E. Sihaq.

C. Liwath.


114 Akidah Akhlak Kelas XI

35. Al-Qur’an telah menceritakan tentang suatu kaum yang melakukan liwath. Dalam hal ini,

sebenarya Allah mengingatkan kepada manusia untuk menghindari perilaku tersebut.

Namun, dalam realitasnya masih sering kita dengar kejadian tersebut, bahkan lebih

dahsyat lagi, mereka menyusun kekuatan dengan membentuk suatu komunitas yang

kemudian dikenal dengan komunitas LGBT. Padahal Allah telah membinasakan kaum


Nabi Luṭ yang saat itu mempunyai perilaku seks menyimpang, sebagaimana firman-

Nya... .



36. Perhatikan hadiś berikut!


Hadiś di atas menjelaskan tentang... .

A. Setiap yang bernyawa adalah hidup, setiap yang hidup pasti akan mati.

B. Setiap yang memabukkan adalah khamar, setiap khamar adalah haram.

C. Setiap yang memabukkan adalah khamar, setiap yang haram adalah khamr

D. Setiap yang memabukkan adalah haram, setiap khamar adalah haram.

E. Setiap khamar adalah memabukkan, setiap yang memabukkan adalah haram.

37. Perhatikan QS. an-Nisa’ ayat 43 berikut!


Ayat tersebut menjelaskan dampak mabuk-mabukan, yaitu... .

A. Terlarang melaksanakan ibadah.

B. Menghias diri dengan kekotoran dan kekejian.

C. Menimbulkan gangguan mental.

D. Menimbulkan kejahatan di masyarakat.

E. Melanggar larangan agama.

38. Dampak yang ditimbulkan dari perilaku minum-minuman keras tidak hanya berpengaruh

kepada pelakunya, tetapi juga kepada lingkungan sekitarnya. Hal tersebut karena....

A. Minuman keras dapat memabukkan dan menghilangkan akal sehingga dapat memicu

perbuatan buruk yang lain.

B. Minuman keras dapat menimbulkan semangat, walaupun memabukkan.

C. Minuman keras dapat menimbulkan semangat sehingga dapat digunakan untuk

membantu masyarakat.


Akidah Akhlak Kelas XI 115

D. Minuman keras dapat memabukkan namun apabila lingkungan masyarakat

mengijinkannya maka mengkonsumsinya adalah tidak haram.

E. Minuman keras dapat memabukkan tetapi digemari sebagian orang.

39. Dalam proses kehidupan yang dialami seseorang tidak selamanya mulus, dan tanpa cela.

Kadang-kadang ada orang yang terjerumus ke dalam perjudian dan perilaku buruk

lainnya. Sikap seorang muslim yang tepat dalam menghadapi orang yang demikian

adalah... .

A. Membiarkannya, karena uang yang dipakai miliknya sendiri.

B. Membiarkannya kalau tidak mengganggu.

C. Membiarkannya, karena takut menyinggung perasaannya.

D. Menasehatinya sedikit demi sedikit hingga sadar.

E. Membiarkannya, karena itu urusan pribadi.

40. Perhatikan QS. Al-Maidah ayat 90 berikut:


Potongan ayat yang menunjukkan pengertian judi adalah ... .

A. Khamr. D. Azlam.

B. Maysir . E. ‘Amalisy-syaithan.

C. Anshab.

41. Perhatikan hadist berikut ini


Hadiś tersebut berisi tentang... .

A. Orang yang durhaka kepada orang tua akan disegerakan ażabnya.

B. Larangan durhaka kepada orang tua.

C. Orang yang durhaka kepada orang tua akan dimasukkan neraka

D. Orang yang durhaka kepada orang tua tidak akan bahagia hidupnya.

E. Orang yang durhaka kepada orang tua akan menderita kefakiran.

42. Allah Swt. telah menginformasikan, bahwa menutup aurat merupakan perilaku yang

dilakukan oleh manusia, yaitu sejak Adam dan Hawa masih di surga, namun karena

godaan setan, aurat manusia terbuka. Dengan demikian, aurat yang terbuka segera ditutup

dengan pakaian sebagaimana tabiat awalnya. Ayat tersebut juga menyampaikan bahwa

yang mempunyai ide untuk membuka aurat adalah setan, dan karenanya tanda-tanda

kehadiran setan adalah ”terbukanya aurat”. Hal tersebut sesuai dengan firman Allah... .



116 Akidah Akhlak Kelas XI



43. Perhatinya QS. Al-Ahzab ayat 59 berikut:



Ayat tersebut menjelaskan tentang... .

A. Perintah memakai jilbab. D. Perintah memakai perhiasan.

B. Batas aurat wanita. E. Perintah menghindari minuman keras.

C. Perintah memakai baju yang bersih.

44. Ada penghuni neraka yang ditanya tentang penyebab dimasukkannya ke dalam neraka

dan menyatakan bahwa mereka masuk neraka karena ketika hidup di dunia meninggalkan

salat. Ayat yang sesuai dengan hal tersebut adalah... .


45. Islam sangat menghargai adanya kepemilikan harta. Namun harta harus dicari dengan

cara yang halal. Bahkan kehalalan sesuatu itu tidak terletak pada zatnya saja, tetapi cara

memperolehnya juga menjadi salah satu strandard kehalalan suatu barang. Dalam hal ini

korupsi merupakan salah cara dalam memperoleh harta dengan jalan yang haram.

Mengingat dampak korupsi adalah sangat besar sehingga doa koruptor tidak didengar

Allah Swt. Berikut adalah istilah yang tidak terkait dengan korupsi... .

A. Risywah. D. Khiyānat.

B. Fasād. E. Ghulūl.

C. Khuntsa.

46. Orang yang memakan harta anak yatim dengan bāṭil diibaratkan seperti orang yang

mengisi perutnya dengan api dan Allah mengancamnya akan dimasukkan ke dalam

neraka. Hal itu sesuai dengan dalil di bawah ini... .



Akidah Akhlak Kelas XI 117

47. Berhias merupakan fitrah manusia, yaitu untuk memenuhi kebutuhan dalam memperelok

diri. Namun demikian ada juga yang menghias dirinya (baik dengan menggunakan

pakaian yang bagus maupun perhiasan yang lain) dengan tujuan untuk mengundang

rangsangan birahi kepada lawan jenis yang bukan pasangannya. Perilaku tersebut

melanggar adab berhias, karena termasuk... .

A. Tabarruj al-jāhiliyah. D. Libasu at-taqwa.

B. Sarābīla taqīkum al-harra. E. Sarābīla taqīkum baksakum.

C. Tabarruj al-ma’siyat.

48. Segala sesuatu yang mencerminkan keindahan dan kecantikan sehingga penampilan dan

gaya seorang wanita menjadi memikat dan menarik lawan jenisnya, hal tersebut dalam

istilah akhlak disebut...

A. Tawasut. D. Tabarruj.

B. Tasamuh. E. Tadabbur.

C. Ta’awun.

49. Mode dan varian jilbab terus mengalami perkembangan sesuai dengan perkembangan

zaman. Jilbab bukan hanya sekedar penutup aurat, namun juga dapat berfungsi... .

A. Mempercantik dirinya. D. Menambah percaya diri dan alami.

B. Menunjukkan identitas. E. Meningkatkan status sosial.

C. Memperluas pergaulan.

50. Menurut Imam Malik, yang dimaksud dengan jaizah sehari semalam adalah... .

A. Memuliakan tamu dengan hidangan yang bisa disiapkan.

B. Menjamu tamu dengan hidangan apa adanya yang dapat disiapkan.

C. Menjamu dengan hidangan istimewa di hari ketiga.

D. Memuliakan dengan hidangan yang istimewa di hari kedua.

E. Memuliakan dan menjamu dengan hidangan istimewa di hari pertama.


DOWNLOAD BUKU AKIDAH AKHLAK KELAS XI DAN SOAL PAS AKIDAH AKHLAK KELAS 11


Selamat Datang di Jammadrasah

Pendidik bertugas Mendidik, maka Didiklah Diri Dengan Prilaku yang mendidik
EmoticonEmoticon