Monday 21 June 2021

SOAL PAT SEMESTER GENAP KELAS XI SOSIOLOGI

SOAL PAT SEMESTER GENAP KELAS XI SOSIOLOGI

 1. Dalam kamus bahasa indonesia, kekerasan didefinisikan sebagai perbuatan seseorang atau kelompok yang menyebakan cedera dan kerusakan fisik maupun barang orang lain. Namun, pandangan menurut kaum humanis berbeda. Kekerasan menurut kaum humanis ...........

A. Suatu bentuk mencederai orang lain dengan sengaja dan tanpa belas kasih

B. Tindakan membiarkan atau menjerumuskan seseorang dalam sebuah kekerasan juga merupakan  suatu bentuk kekerasan

C. Tindakan membiarkan suatu kelompok mencederai kelompok lain dengan tujuan yang jelas

D. Suatu tindakan yang merugikan orang lain baik dari sisi materi maupun fisik

E. Aktivitas mencederai orang lain dengan alasan yang jelas

2. suatu pandangan atau paham yang menunjukan sikap berpegang teguh pada hal-hal yang sejak semula melekat pada diri individu, seperti ras, suku, dan agama, merupakan hakikat dari ...........

A. Etnosentrisme

B. Politik aliran

C. Primordialisme

D. Konsolidasi

E. Keberagaman

3. Todi tiap harinya tidak belajar dengan sungguh-sungguh sehingga ketika ujian ,ia tidak dapat mengerjakan dengan benar. Akibatnya, ia tidak lulus. Uraian tersebut menggambarkan konfik........

A. Dengan keluarga

B. Di sekolah

C. Peran sosial

D. Antar kelas

E. Antar teman

4. John lewis Gilin dan John philip Gilin melihat konfik sebagai bagian dan proses interaksi sosial manusia yang saling berlawanan (oppositional process) maksud dari pandangan lewis Gilin dan john philip Gilin adalah ............

A. Adanya perasaan primordial yang kuat sehingga memunculkan konfik

B. Konflik akan menghasilkan dampak positif dsan negatif dalam masyarakat

C. Konflik merupakan hal yang wajar dalam kehidupan masyarakat 

D. Konflik adalah bagian dari sebuah interaksi sosial yang terjadi karena adanya fisik, kebudayaan, dan perilaku

E. Konflik merupakan suatu bentuk pertahan dari suatu kelompok minoritas terhadap kelompok mayoritas

5. Fanatisme suku bangsa atau primordialisme yang terlalu berlebihan akan menghasilkan sebuah pandangan subjektif pada pihak lain. Hal tersebut merupakan hakikat dari ......

A. Diferensiasi

B. Stratifikasi

C. Etnosentrisme

D. Primordialisme

E. Sektarian

6. Sebagai proses sosial ,konflik dilatarbelakangi oleh perbedaan ciri-ciri yang dibawah individu yang terlibat dalam suatu interaksi. Pada prinsipnya penyebab terjadi konflik adalah ......

A. Adanya pihak –pihak yang sengaja menciptakan konflik agar tercapainya suatu tujuan tertentu

B. Apabila seseorang atau kelompok orang terhalang upayanya dalam mencapai tujuan

C. Apabila kelompok mayoritas mendeskriminasi kelompok minoritas

D. Adanya kemampuan untuk mengendalikan suatu masyarakat

E. Menciptakan situasi yang diinginkan oleh kelompok orang

7. Etnosentrisme merupakan pandangan yang lebih bersifat subjektif karena hanya didasarkan pada ..........

A. Perasaan dan logika bersama

B. Pemikiran rasional dan pertimbngan

C. Diskriminasi dan ketidakadilan

D. Perasaan dan bukan berdasarkan pemikiran yang rasional

E. Rasa cinta yang berlebihan terhadap sesuatu

8. Dalam sejarah, tentu kita mengenal politik Apartheid, yaitu masyarakat menganggap bahwa kulit putih lebih tinggi derajatnya daripada kulit hitam. Mereka deskriminasi dan segregrasi yang berlaku dalam kehidupan. Berdasarkan kasus tersebut, fenomena sosial yang terjadi adalah ...........

A. Primordialisme

B. Etnosentrisme

C. Rasisme

D. Fasisme

E. Sektarian

9. Keadaan ketika sebuah kelompok atau organisasi tertentu dikelilingi oleh sejumlah organisasi massa ,baik formal maupun informal dengan tali antar kelompok dan organisasi ini adalah ideologi atau aliran disebut .........

A. Fasisme

B. Etnosentrisme

C. Primordialisme

D. Rasisme

E. Etnosentrisme

10. Perhatikan dampak –dampak berikut :

1. Dapat menjaga keutuhan dan kesetabilan budaya 

2. Terciptanya keadilan dalam masyarakat 

3. Dapat menciptakan masyarakat yang tertib dan teratur

4. Dapat mempertinggi semangat patriotisme dan kesetian kepda bangsa

5. Dapat memperteguh rasa cinta terhadap kebudayaan atau bangsa

Dampak positif etnosentrisme ditunjukan oleh nomor ..........

A. 1,2,3

B. 1,3,4

C. 1,4,5

D. 2,3,4

E. 3,4,5

11. Berdasarkan bentuknya, Lewis A.Coser membedakan konflik atas dua bentuk, yakni .........

A. Realitas dan konflik realistik

B. Suku dan konflik agama

C. Pribadi dan konflik rasial

D. Kelas dan konflik rasial

E. Internasioanl dan konflik rasial

12. Berikut ini yang bukan bentuk konflik menurut Raif Dahrendorf adalah .........

A. Antara peran – peran sosial 

B. Antara satuan nasional

C. Antara kelas –kelas sosial

D. Antar-antar kelompok sosial

E. Antar kelompok terorganisir dan tidak terorganisir

13. Konflik dalam masyarakat menyebakan dampak positif dan negatif. berikut bukan dampak negatif konflik ........

A. Kerusakan harta benda

B. Adanya korban meniggal

C. Munculnya dominasi kelompok

D. Adanya penyesuaian kembali norma –norma

E. Keretakan hubungan individu atau kelompok

14. Ketika adanya perselisihan, maka muculnya luapan rasa benci, amarah, dan keinginan untuk menghancurkan lawan atau pihak lain. Tindakan tersebut apabila diwujudkan akan mengahasilkan ...........

A. Ketidakadilaan

B. Kekerasan

C. Kebencian

D. Dendam

E. Konflik

15. Sebuah konflik yang berasal dari kekecewaan individu atau kelompok terhadap sistem dan tuntunan yang terdapat dalam hubungan sosial, merupakan konflik .......

A. Kelas

B. Politik

C. Realistik

D. Golongan

E. Non Realistik

16. Agresivitas perilaku seorang dapat memyebakan timbulnya kekerasan ,baik yang dilakukan oleh individu maupun kolektif. Berdasarkan hal tersebut, teori tentang kekerasan yang berlaku adalah .......

A. Faktor individu

B. Faktor kelompok

C. Dinamika kelompok

D. Kelas sosial

E. Solidaritas

17. Suatu bentuk penyelesaian kelompok yang dilakukan apabila kedua belah pihak yang berkonflik sepakat untuk menerima atau terpaksa menerima hadirnya pihak ketiga yang akan memberikan keputusan  tertentu menyelesaikan konflik disebut .......

A. Mediasi

B. Konsiliasi

C. Adjudikasi

D. Arbitrase

E. Konsolidasi

18. Salah satu bentuk pengendalian konflik yang dilakukan dengan menunjuk pihak ketiga sebagai mediator dan pihak ketiga ini akan memberikan nasihat atau pikiran guna menyelesaikan diantara kedua belah pihak disebut ........

A. Arbitrase

B. Mediasi

C. Konsiliasi

D. Adjudikasi

E. Konsolidasi

19. Dua belah pihak yang berkonflik dapat memutuskan untuk tidak melanjutkan konflik karena menyadari bahwa konflik tidak akan pernah berakhir. Berdasarkan hal tersebut, dampak positif dari adanya konflik adalah ........

A. Adanya penyesuaian kembali norma-norma

B. Konflik memunculkan kompromi baru

C. Jalan dalam mengurangi ketergantungan antar individu dan kelompok

D. Sebagai sarana untuk mencapai keseimbangan 

E. Meningkat solidaritas

20. Suatu konflik yang terjadi akibat adanya perbedaan ciri Badan, kepentingan, dan kebudyaan merupakan jenis konflik ......

A. Rasial

B. Pribadi

C. Antar kelas

D. Politik

E. Suku

21. Agar tidak terjadi konflik dalam suatu negara, dibutuhkan adanya integrasi.integrasi adalah ......

A. Masuknya budaya asing dan bersatu padu dengan kebudayaan lokal

B. Pembauran sesuatu yang tertentu hingga terjadi konflik

C. Pembauran sesuatu yang berbeda hingga menjadi kesatuan yang utuh dan bulat

D. Kondisi masyarakat yang menunjang toleransi dan kesetaran 

E. Adanya harmonisasi dalam masyrakat guna terciptanya masyarakat yang teratur

22. Berikut yang tidak termasuk faktor yang memengaruhi suatu integrasi dapat berlangsung cepat atau lambat adalah ........

A. Homogenitas kelompok

B. Besar kecilnya kelompok

C. Mobilitas geografis

D. Efektivitas komunikasi 

E. Perbedaan budaya

23. Seseorang atau kelompok yang baru datang tentu harus menyesuaikan diri dengan identitas masyarakat yang dituju. Pernyataan tersebut sesuai dengan faktor yang menunjang terjadinya proses intergrasi, yaitu ......

A. Homogenitas kelompok

B. Efektivitas komunikasi

C. Mobilitas geografis

D. Perbedaan budaya dan toleransi

E. Besar atau kecilnya kelompok

24. Bangsa Indonesia dipersatukan oleh prinsip Bhinneka Tunggal Ika. Oleh karena itu, bentuk integrasi yang tercipta adalah ........

A. Fungsional

B. Koersif

C. Normatif

D. Bangsa

E. Nasional

25. Suatu kondisi ketika masyarakat dihadapkan pada kebudayaan baru dan adanya pembauran dalam waktu yang relatif lama, tetapi tidak meniggalkan kebudayaan lama termasuk proses integrasi melalui ...........

A. Asimilasi

B. Akulturasi

C. Imitasi

D. Identifikasi

E. Sugesti

26. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut :

1. Tidak ada hambatan geografis

2. Kebudayaan itu bersifat kebendaan

3. Adanya kesiapan pengetahuan dan keterampilan tertentu

4. Adanya pemaksaan budya dari pihak asing

5. Pemahaman multikulturalisme yang rendah

Berdasarkan pernyataan tersebut ,agar budaya asing dapat diterima lebih mudah terdapat pada nomor .....

A. 1,2,3

B. 1,3,4

C. 1,4,5

D. 2,3,4

E. 3,4,5

27. Perkawinan campuran yang berlatar belakang perbedaan kebudayaan disebut .....

A. Akulturasi

B. Amalgamasi

C. Interaksi

D. Asimilasi

E. Diferensiasi

28. Salah satu bentuk disintegrasi sebagai akibat perubahan sosial adalah ......

A. Kemisikinan

B. Kesenjangan

C. Kriminalitas

D. Ketidakadilan

E. Kebebasan

29. Berikut yang tidak menandai situasi integrasi adalah .....

A. Sebagai besar anggota masyarakat tidak lagi mematuhi norma –norma yang berlaku

B. Ketidaksepahaman diantara anggota kelompok dalam hal tujuan sehingga hilang rasa kesatupaduan

C. Sanksi yang diberikan pelanggar norma tidak dilaksanakan dengan konsekuensi

D. Menurunya kewibawan para tokoh masyarakat

E. Kesetaraan dan toleransi sangat dijunjung tinggi

30. Kembali kepada kondisi sebelum terjadinya konflik atau perpecahan disebut ......

A. Integrasi

B. Disintegrasi

C. Reintegrasi

D. Progres

E. Regres

31. Perubahan sosial yang mengarah pada penurunan atau kemunduran disebut .....

A. Integrasi

B. Reintegrasi

C. Disintegrasi

D. Progres

E. Regres

32. Integrasi koersif adalah integrasi yang didasarkan pada ............

A. Fungsi-fungsi tertentu dalam masyarakat

B. Kekuasaan yang dimiliki penguasa

C. Nilai dan norma yang mengikat kuat

D. Kesadaran yang dilakukan masyarakat

E. Toleransi dan perasaan menghargai

33. Reintegrasi sosial adalah kembalinya pada kondisi sebelum terjadi konflik atau perpecahan pengertian tersebut dikemukakan oleh ..........

A. Pius A. Partanto dan M. Dahlan Al-Barry

B. Soerjono Sukanto

C. Selo Soemardjan

D. Emile Durkheim

E. Max Weber

34. Hubungan antara individu dan kelompok yang berbeda menggambarkan modal sosial .........

A. Permanen

B. Horizontal

C. Vertikal

D. Absolut

E. Sekunder


35. Pada masyarakat yang memiliki tingkat kemajemukan tinggi, integrasi sosial ........

A. Sangat mudah dicapai

B. Tidak mudah hilang

C. Mudah hilang

D. Sulit dicapai dalam waktu singkat

E. Bergantung pada lingkungan sosial

36. Perubahan sosial budaya yang tejadi dalam masyarakat menyangkut perubahan .......

A. Pola pikir, norma dan karakter

B. Politik, ekonomi dan status

C. Politik, perilaku, politik dan status

D. Struktur masyarakat, perekonomian dan kebudayaan

E. Nilai, pola, perilaku dan organisasi sosial

37. Situasi yang muncul pada masyarakat ketika terjadinya disintegrasi adalah ............

A. Sesuai dengan nilai dan norma

B. Aman dan tentram 

C. Kedamaian dalam masyarakat

D. Banyaknya masalah sosial

E. Meningkatnya kesadaran bersama

38. Kesepakatan bersama mengenai norma dan nilai yang menjadi pedoman merupakan bentuk dari ................

A. Asimilasi

B. Konsesus

C. Integrasi

D. Reintegrasi

E. Disintegrasi

39. Faktor yang mendorong integrasi sosial adalah .............

A. Pengetahuan tentang unsur-unsur kebudayaan yang berbeda

B. Sikap masyarakat yang tertutup dan selektif terhadap budaya lain

C. Adanya musuh bersama yang datang dari luar 

D. Etnosentrisme masing-masing golongan dalam masyarakat

E. Menghargai kebudayaan sendiri dan memandang rendah budaya lain

40. Faktor internal yang dapat memepengaruhi integrasi sosial ............

A. Kesadaran diri sebagai makhluk sosial

B. Tuntunan kebutuhan 

C. Semangat gotong royong 

D. Perasaan menyatu

E. Persamaan visi

41. Pandangan atau sikap dari pembeda kelompok masyarakat berdasarkan ciri-ciri fisik tubuh ......

A. Fasisme

B. Etnosentrisme

C. Rasisme

D. Idealisme

E. Pluralisme

42. Sistem kerja rodi yang dilakukan pada zaman penjajahan jepang di indonesia adalah contoh .....

A. Segresi

B. Diskriminasi

C. Pengusiran

D. Dominasi

E. Integrasi

43. Masyarakat paguyuban adalah masyarakat yang bersifat ......

A. Kedaerahan

B. Sementara

C. Tetap/abadi

D. Nasionalisme

E. Akulturasi

44. Antrean sekelompok orangyang akan menyaksikan sebuah pertunjukan konser  musik termasuk jenis kelompok ...............

A. Massa

B. In - Group

C. Publik

D. Kerumunan

E. Paguyuban

45. Suatu kondisi yang tidak sesuai antara harapan dan kenyatan di definisikan sebagai .......

A. Ketidakadilan

B. Konflik sosial

C. Masalah

D. Hambatan 

E. Gejala sosial

46. Kemisikanan yang disebakan oleh faktor pendidkan adalah .....

A. Demoralisasi

B. Penyakit mental

C. Kemalasan

D. Buta huruf

E. Pemborosan

47. Rendahnya motivasi untuk bersaing dan mendapatkan pekerjaan seperti malas, menyerah pada nasib, dan pemborosan adalah penyebab kemisiknan .............

A. Absolut

B. Relatif

C. Kultural

D. Demografis

E. Struktural

48. Berikut ini yang tidak termasuk bentuk ketidakadilan adalah .........

A. Stereotif

B. Marginalisasi

C. Subordinasi

D. Dominasi

E. Prasangka

49. marjinalisasi jika di kaji dari sudut sosiologi merupakan realitas sosial yang menjadi masalah sosial. Hal ini terkait dengan asas ......

A. Kebijakan politik

B. Kesejahteraan

C. Kerakyatan

D. Keadilan

E. Sosial

50. Harmoni sosial juga terjadi dalam masyarakat yang ditandai dengan solidaritas. solidaritas secara etimologi .........

A. Kesetiakawanan

B. Menghargai

C. Kesetaran

D. Perbedaan

E. Kepedulian


SOAL PAT SENI BUDAYA KELAS XI
SOAL PAT FIQIH KELAS XI
SOAL PAT SEJARAH PEMINATAN KELAS XI KELAS 11
SOAL PAT SEJARAH PEMINATAN KELAS X
SOAL PAT MTK PEMINATAN KELAS XI
SOAL PAT MT WAJIB KELAS XI / KELAS 11
SOAL PAT PKN KELAS XI/ 11
SOAL PAT SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS X
SOAL PAT Soal Penjaskes Kelas X
SOAL PAT Soal Penjaskes Kelas XI
SOAL PAT soal qur'an hadits KELAS X / 10
SOAL PAT soal sejarah indonesia kelas XI / 11
SOAL PAT Soal Sejarah Indonesia KELAS X 10
SOAL PAT MAPEL TIK KELAS XI
SOAL PAT SEMESTER GENAP KELAS XI SOSIOLOGI
SOAL PAT SEMESTER GENAP KELAS 10 MAPEL SOSIOLOGI

Selamat Datang di Jammadrasah

Pendidik bertugas Mendidik, maka Didiklah Diri Dengan Prilaku yang mendidik
EmoticonEmoticon