Monday 21 June 2021

SOAL PAT SEMESTER GENAP KELAS 10 MAPEL SOSIOLOGI

 SOAL PAT SEMESTER GENAP KELAS 10 MAPEL SOSIOLOGI

1. Pelanggaran yang hanya mendapatkan sanksi dari masyrakat berupa ejekan dan cemoohan adalah ...........

A. Mores

B. Costum

C. Usage

D. Folkways

E. Tradisi


2. Jenis-jenis norma yang tidak tyermasuk dari klarifikasi dalam masyarakat adalah ......

A. Agama

B. Hukum

C. Kebiasaan

D. Kesantunan

E. Kesusilaan


3. Kegiatan untuk memeringati arwah nenek moyang termasuk jenis norma ..........

A. Agama

B. Hukum

C. Kebiasaan

D. Kesantunan

E. Kesusilaan


4. Manusia lahir belum memiliki diri. Hal tersebut diungkap oleh ....

A. Mead

B. Ogburn

C. Nimkoff

D. Cooley

E. Yinger


5. Agen sosialisasi yang pertama menurut Getrude jaeger ......

A. Teman sepermainan

B. Keluarga

C. Masyarakat

D. Sekolah

E. Media massa


6. Sosialisasi yang bersifat satu arah, non verbal, berisi perintah disebut sosialisasi .............

A. Represif

B. Preventif

C. Partisipatoris

D. Sekunder 

E. Primer


7. Ayah andi selalu memeberikan andi hadiah pada andi jika dia mau membantu ibunya dirumah dan jika dia mendapat nilai yang baik disekolah. Hal yang demikian adalah contoh dari sosialisasi ......

A. Represif

B. Preventif

C. Partisi patoris

D. Sekunder 

E. Primer


8. Sebutan untuk teori menyimpang menurut Edwin M. Lemert adalah .........

A. Diferential Association

B. Retretisme

C. Rebelion

D. Labelling

E. Ritualism


9. Perhatikan conton-contoh berikut :

1. Mencuri barang milik teman

2. Tidak ikut dalam gotong royong

3. Bermain gitar disaat pelajaran musik

4. Mengemukakan pendapat saat rapat RW

5. Memakai sendal jepit ketika acara resmi

Contoh yang menunjukan penyimpangan sosial ditunjukan nomor .....

A. 1,2,3,

B. 1,2,5

C. 1,4,5

D. 2,3,4

E. 3,4,5


10. Perhatikan pernyatan berikut :

1. Megutamakan kekuatan fisik

2. Memberikan tekanan pada perilaku penyimpangan

3. Dilakukan dengan kekerasan

4. Agar tidak megulangi penyimpangna kembali

Pernyataan tersebut mrnunjukan cara pengendalian sosial dengan cara ..........

A. Persuasif

B. Preventif

C. Represif

D. Koersif

E. Laten


11. Jenis kejahatan yang tidak dikemukakan oleh Suzanne Infeld Keller adalah kejahatan ............

A. Kerah putih

B. Dengan korban

C. Tanpa korban

D. Terorganisir

E. Korporat


12. Cara pengendalian sosial formal dikemukakan oleh .......

A. Paul Horton dan Chester Hunt

B. Erich Fromm

C. Richard Lapiere

D. Joseph Roucek

E. Peter Berger

13. Dalam ceramah-ceramah keagamaan, pemuka agama mengajak kita untuk menjauhi perbutaan jahat atau perbuatan yang merugikan orang lain. Hal tersebut merupakan contoh pengendalian .......

A. Koersif

B. Persuasif

C. Manifes

D. Refresif

E. Preventif


14. Norma  – Norma di dalam masyarakat adalah .........

A. Kebiasaan – kebiasaan individu

B. Patokan perilaku dalam suatu masyarakat

C. Perilaku yang pantas menurut orang yang melakukan

D. Peraturan yang dijalankan seseorang untuk memenuhi kebutuhanya

E. Aturan sosial yang dijalanakan secara individu


15. Pada hakikatnya norma-norma sosial yang berisi tata tertib ,aturan permainan ,dan petunjuk standar perilaku disusun untuk ..........

A. Menjamin ketertiban hubungan antarindividu dalam masyarakat

B. Membentuk kelompok –kelompok yang berbeda beda

C. Mencegah tindakan-tindakan sosial tradisional

D. Mencegah keinginan individunan atau atau keluarga yang bersifat kompetitif

E. Mencapai tujuan individu yang beraneka ragam


16. Suatu bentuk perbuatan yang dilakukan individu dalam suatu masyarakat tetapi tidak secara terus-menerus disebut ........

A. Cara

B. Kebiasaan

C. Tata kelakuan

D. Adat istiadat

E. Kecenderungan


17. Memberikan atau menerima sesuatu dengan mengunakan tangan kanan termasuk norma .........

A. Kebiasaan

B. Kesopanan

C. Kesusilaan

D. Hukum

E. Kecenderungan


18. Nilai material adalah segala sesuatu yang .........

A. Menyangkut kebutuhan fisisk manusia

B. Berguna untuk aktivitas tertentu

C. Berguna untuk memenuhi kebutuhan

D. Berasal dari proses berpikir yang teratur

E. Berasal dari unsur rasa atau estetika manusia


19. Norma kesopanan adalah peraturan sosial yang mengarah pada hal –hal yang menyangkut ...........

A. Suatu yang dianggap baik dan benar

B. Sesuatu aturan yang mutlak 

C. Aturan tentang perilaku yang diulang-ulang

D. Cara bertingkah laku yang wajar

E. Peraturan yang memaksa


20. Siswi SMA dilarang mengenakan pakaian seragam yang ketat dan rok harus menutup lutut. Hal ini termasuk dalam salah satu jenis norma ...........

A. Agama

B. Kesopanan

C. Hukum

D. Kesusilaan

E. Kebiasaan


21. Norma-norma yang dipatuhi menurut keyakinan dan perasaan disebut ........

A. Mode

B. Kesusilaan

C. Kelaziman

D. Hukum

E. Adat


22. Berikut ini mana yang merupakan contoh tindakan menyimpang dari norma kesopanan ......

A. Meludah disembarang tempat

B. Mencuri mangga ditempat tetangga

C. Perkelahian pelajar disekolah

D. Merampok di pasar

E. Tidak pergi ditempat ibadah


23. Di dalam masyarakat tata kelakuan sangat penting sebab .............

A. Memberi batas kelakuan seseorang

B. Mengenalkan ,menjaga solidaritas kelompok,dan identifikasi diri

C. Menjaga solidaritas dan adat istiadat dalam masyarakat 

D. Memantapakan ksestian primordial dan upacara-upacra leluhur yang di wariskan

E. Memeberikan batas kelakuan,mengidentifikasi,dan menjaga solidaritas


24. Nilai sosial adalah asumsi-asumsi yang abstrak dan sering tidak disadari tentang hal yang dianggap benar dan penting. Hal ini dikemukakan oleh ...........

A. Kimbal Young

B. Woods

C. Kecko

D. Green

E. Notonegoro


25. Berpakain hitam ketika melayat kerumah duka termasuk penerapan norma sosial yang disebut ..........

A. Cara

B. Kebiasaan

C. Tata kelakuan

D. Adat istiadat

E. Hukum


26. Hakikat proses sosilalisasi adalah ........

A. Menciptakan nilai-nilai dan norma-norma baru

B. Kebiasaan-kebiasaan individu dalam masyarakat

C. Perpaduan antara nilai di dalam suatu masyarakat

D. Proses mempelajari nilai dan norma di dalam masyarakat

E. Penolakan terhadap nilai dan norma dari kelompok masyarakat lain


27. Sosialisasi sekunder terjadi melalui agen-agen berikut ........

A. Keluarga, masyarakat dan sekolah

B. Sekolah, media massa

C. Teman bermain, sekolah dan media massa

D. Ayah, ibu dan anggota kerabat dekat

E. Tetangga, masyrakat dan keluarga


28. Faktor yang memengaruhi keperibadian berkaitan dengan timbulnya suatu sikap yang melekat pada diri seseorang seperti sikap terbuka, percaya diri, rukun adalah ....................

A. Kondisi biologis

B. Lingkungan kebudayaan

C. Lingkungan pranatal

D. Perbedaan etnik

E. Lingkungan tempat tinggal


29. Menurut Davi C. Mc. Clelland faktor terpenting dalam proses sosialisasi .........

A. Lingkungan sosial

B. Kematangan fisik seseorang

C. Kebutuhan akan prestasi

D. Interaksi dengan sesama

E. Keinginan untuk bersama –sama orang lain 


30. Perbedaan sosialisasi primer dan sosialisasi sekunder sekunder adalah pada .......

A. Individunya

B. Interaksinya

C. Tujuanya

D. Objeknya

E. Lingkungnya


31. Tahap pertama pembentukan diri (konsep dir) dalam teori cermin diri adalah ...........

A. Kita membayangkan bagaimana kita dimata orang lain

B. Kita mamabayangkan orang lain menilai kita

C. Bagaimana perasaan kita sebagai akibat penilaian tersebut

D. Kita membayangkan bagaimana kita menilai orang lain

E. Bagaimana perasaan orang lain akibat penilaian kita


32. Perhatikan institusi institusi berikut ini :

1. pondok pesantren

2. SMA

3. Akademi militer

4. Karang taruna

5. Lembaga kemasyrakatan

Termasuk contoh institusi formal adalah........

A. 1,2,4

B. 1,3,5

C. 2,3,4

D. 2,3,5

E. 3,4,5


33. Berikut ini yang merupakan susunan keperibadian adalah ..............

A. Perasaan, dorongan naluri dan bakat

B. Perasaan, bakat dan budaya khusus

C. Pengetahuan, perasaan dan dorongan naluri

D. Pengetahuan, perasaan dan budaya khusus

E. Dorongan naluri, indra dan bakat


34. Berdasarkan teori peran,seseorang yang telah  mamapu menempatkan dirinya dalam kehidupan bermasyarakat dianggap telah memasuki tahap......

A. Meniru

B. Bermain

C. Persiapan

D. Siap bertindak

E. Penerimaan norma kolektif


35. Hubungan antara sosialisasi dan keperibadian adalah ..................

A. Keperibadian menentukan proses sosilisasi

B. Sosilaisasi adalah satu –satunya pembentuk keperibadian

C. Keperibadian adalh salah satu faktor sosialisasi

D. Keperibadian berfungsi efektif dalam proses sosialisasi

E. Keperibadian terbentuk karena adanya proses sosialisasi


36. Sosialisasi satu arah biasanya menuntut kepatuhan anak kepada orang tua .Hal ini terjadi pola sosialisasi ...............

A. Partisipatif

B. Represif

C. Edukatif

D. Komunikatif

E. Persusif


37. Pada hakikatnya sosilalisasi  adalah proses pembelajaran ,yang diajarkan dalam sosilisasi adalah bagaimana ..........

A. Menempati status

B. Memahami norma-norma

C. Peranan

D. Memahami nilai-nilai

E. Meraih keperibadian


38. Warisan biologi yang mempengaruhi keperibadian adalah ...............

A. Tingkah laku dan jenis kelamin

B. Kemaun dan ukuran tubuh

C. Potensi intelektual dan kemampuan tubuh

D. Jenis kelamin dan ukuran tubuh

E. Bentuk tubuh dan kemampuan bergerak


39. Sejak kecil ibu selalu mengajarkan kepada Tania untuk menggunakan tangan kanan ketika makan dan menerima pemberian orang lain.Tindakan tersebut merupakan contoh sosialisasi ............

A. formal

B. Informal

C. Primer

D. Sekunder

E. Material

40. Gambaran seseorang tentang dirinya sendiri menurut  Charles H. Cooley   ditentukan oleh ..........

A. Banyaknya pengalaman interkasi dengan orang lain

B. Bayangnya tentang bagaimana orang lain menilai dirinya sendiri

C. Bayangan tentang bagaimana kita berada di mata orang lain

D. Perasaan kita akibat penilaian orang lain tentang kita

E. Bayangan tentang penilaian kita terhadap orang lain


41. Dalam sosiologi ,hubungan sosial lazimnya disebut dengan .......

A. Gejala sosial

B. Interaksi sosial 

C. Tindakan sosial

D. Reaksi sosial

E. Sosialisasi

42. Perbedaan antara imitasi dan identifikasi adalah ...........

A. Tindakan yang akan diambil oleh seseorang

B. Pada keperibadian dari seseorang

C. Pada kehidupan seseorang

D. Selera yang di miliki seseorang

E. Pada pola pikir seseorang


43. Tebentuknya sebuah kebudayaan dari gabungan dua kebudayaan tanpa menghilangkan ciri khas dari kebudayaan masing- masing adalah .........

A. Asosiasi

B. Akulturasi

C. Asimilasi

D. Difusi

E. Konjogasi


44. Merasa bersedih atas apa yang di alami oleh teman adalah sikap yang menunjukan faktor pendorong interaksi sosial dalam bentuk ...............

A. Simpati

B. Imitasi

C. Empati

D. Sugesti

E. Indentifikasi


45. Berikut ini yang tidak termasuk kedalam objek penelitian sosiologi adalah ........

A. Kemiskinan

B. Kriminalitas

C. Pendidikan

D. Penggusuran

E. Pertumbuhan penduduk


46. Selain sosiologi, ada pula yang menjadikan manusia sebagi objek kajian, yaitu .........

A. Ekonomi

B. Sejarah

C. Biologi

D. Fisika

E. Sastra

47. Ciri-ciri metode kuantitatif adalah ...........

A. Dilakukan apabila subjek penelitian dapat terukur

B. Kesimpulan yang diambil  disesuaikan dengan penilaian data yang diperoleh

C. Keterangan didasarkan dari angka-angka yang di dapat dalam penelitian

D. Tidak dilakukan dengan uji statistik

E. Data tidak dapat disajikan dalam bentuk skala


48. Berikut ini merupakan tindakan sosial adalah ......

A. Membuka payung ketika turun hujan

B. Menedang batu di jalanan sekedar iseng

C. Menanam bunga di halaman rumah

D. Mengaruk-garuk kepala

E. Bunuh diri karena patah hati


49. Pola atau sistem mempengaruhi cara manusia bertindak, berpikir dan merasa merupakan pengertian dari ............

A. Struktur sosial

B. Fakta sosial

C. Fenomena sosial

D. Tindakan sosial

E. Lapisan sosial


50. Suatu tindakan termasuk tindakan sosial apabila ..........

A. Dilakukan dalam keadan sadar

B. Dilakukan bersama –sama orang lain

C. Dilakukan secara berulang –ulang

D. Memperhitungkan keadan orang lain 

E. Sesuai dengan keinginan diri sendiri


SOAL PAT SENI BUDAYA KELAS XI
SOAL PAT FIQIH KELAS XI
SOAL PAT SEJARAH PEMINATAN KELAS XI KELAS 11
SOAL PAT SEJARAH PEMINATAN KELAS X
SOAL PAT MTK PEMINATAN KELAS XI
SOAL PAT MT WAJIB KELAS XI / KELAS 11
SOAL PAT PKN KELAS XI/ 11
SOAL PAT SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS X
SOAL PAT Soal Penjaskes Kelas X
SOAL PAT Soal Penjaskes Kelas XI
SOAL PAT soal qur'an hadits KELAS X / 10
SOAL PAT soal sejarah indonesia kelas XI / 11
SOAL PAT Soal Sejarah Indonesia KELAS X 10
SOAL PAT MAPEL TIK KELAS XI
SOAL PAT SEMESTER GENAP KELAS XI SOSIOLOGI
SOAL PAT SEMESTER GENAP KELAS 10 MAPEL SOSIOLOGI

Selamat Datang di Jammadrasah

Pendidik bertugas Mendidik, maka Didiklah Diri Dengan Prilaku yang mendidik
EmoticonEmoticon