Saturday 26 June 2021

soal pas bahasa indonesia kelas 11

jammadrasah


Bacalah teks berikut untuk mejawab soal nomor 1-3
(1)  Sebagai remaja, kita mengharapkan adanya perubahan yang menyangkut kebijakan dan penanganan terhadap kesehatan. (2) hal ini bertujuan membuat kondisi kesehatan repoduksi remaja di indonesia lebih baik dari sekarang ini. (3) kita sadar sepenuhnya bahwa sebagai remaja, kita punya berbagai keterbatasan untuk melakukan perubahan sendiri. (4) karena itu, perubahan tersebut harus di upayakan secara  semua tingkatan.

1. Kalimat yang menujukan  bahwa teks di tunjukan untuk kalangan remaja adalah....
A. (1),(2)        B. (1),(3)                           C. (2),(3)             d. (2),(4)         e. (3),(4)
2. Dengan uraian tersebut, pembaca di harapkan....
a. Mengupayakan perubahan pada remaja bersama semua komponen masyarakat
b. Mengatasi kesadaran dalam melakukan perubahan secara sendiri
c. Menyelesaikan berbagai persolan ke remajaan secara umum
d. Adaya perubahan kesadaran secara bersama –sama
e. Menyadari arti penting kesehatan reproduksi
3. pertanyaan yang sesuai dengan teks di atas adalah....
a. Apa arti penting kesehatan reproduksi bagi remaja?
b. Mengapa kesehatan reproduksi penting untuk remaja?
c. Mengapa remaja harus menyadari arti penting kesehatan reproduksi?
d. Siapa yang berperan mengupayakan perubahan tentang kesehatan reproduksi remaja?
e. bagaimana cara mengembangkan kesadaran pada diri remaja tentang kesehatan reproduksi?

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 4-5.
(1) Saat anda bermaksud mencari peluang kerja, mulailah dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya. (2) Sering-seringlah membaca koran atau mendengarkan radio. (3) Kedua jenis media itulah yang kini mennjadi corong utama bagi banyak perusahaan dalam merekrut karyawan baru. (4) media tersebut biasa menyiarkan atau mengabarkan lowongan pekerjaan pada waktu-waktu tertentu. (5) Oleh karena itu, Anda sebaiknya menantikan siaran atau kabar pada waktu-waktu tersebut agar tidak terleawat.
4. Contoh kata kerja impertif dalam teks di atas adalah....
a. itulah
b. Mulailah
c. Merekrut
d. Bermaksud
e. Sebanyak-banyaknya
5. Kalimat yang mengunakan keterangan penunjuk waktu adalah....
a. (1) b. (2) c. (3) d.(4) e. (5)

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 6-8.
(1)Teori Wiwin jitu. (2) Tak berapa lama menekuni pekerjaan server, ia terpilih menjadi trainer para server baru. (3) Selama bekerja, Wiwin terus mengembangkan diri dan mengasah ide-ide untuk perusahan. (4) Ia pun akhirnya dilirik untuk menjadi asisten asisten manajer. (5) Setelah beberapa lama dan merasa punya bekal lumayan, Wiwin sempat tergoda untuk pindah keprusahan lain. (6) Namun, pimpinanya menawarkan posisi bagus, yaitu menjadi purchasingmanajer. (7) dari situ ia di tawari lagi menjadi cost cotroller manager dan akhirnya public relation manager.
6. Teks di atas dikembangkan dengan pola....
a. umum-khusus
b. Khusus-umum
c. Sebab-akibat
d. keruangan
e. Kronologis
7. Kata-kata yang tidak menunjukkan urutan waktu adalah....
a. setelah b. Akhirnya c. Selama bekerja
d. sempat tergoda e. Tak beberapa lama
8. Kalimat yang menggunakan konjungsi antarkalimat adalah....
a. (2) b.(3) c. (5) d. (6) e. (7)
9. Cermatilah kalimat-kaliamat berikut.
1) pengairan selanjutnya dikurangi, terutama pada fase penuan rimpang karena tanah yang terlalu basah (menggenang) dapat menyebabkan ripang jahe busuk.
2) mula-mula air dialirkan melalui saluran pemasukan, kemudian dibiarkan menggenangi petakan atau bedangan hingga tanah cukup basah
3) selanjutnya, air segera dialirkan melalai seluruh pembuangan.
4) pengair harus dilakukan secara berkelanjutan selama 3-5 hari selama satu minggu atau bergantung pada keadanan cuaca dan kelemababn tanah.
5)  pengairan dilakukan dengan cara menggenangi tanah selama 1 5menit atau lebih sehingga tanah cukup basah.
Uruta kalimat-kalimat tersebut agar menjadi petunjuk yang benar adalah....
a. (1),(3),(2),(5), dan(4)                b . (2),(1),(5),(4),dan(3) c. (1), (1), (5), (2), dan (4)
d. (4), (5), (1), (2), dan (3) e. (4), (1), (5),  (2), dan (3)
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 10-11
(1) Akibat terbawa angin, awan-awan tersebut saling bertemu. (2) awan-awan itu membesar. (3) selanjutnya, menuju ke atmosfer bumi yang suhunya lebih rendah. (4) Akhirnya, terbentuklah butiran es dan air. (5) Karena terlalu berat dan tidak mampu lagi ditopang angin, butiran –butiran air atau estersebut jatuh ke permukaan bumi. (6) Proses itu disebut proses prensipitasi. (7) Karena semangkin rendah, suhu semangkin naik. (8) butiran atau salju itu mencair. (9) jika suhunya tetap rendah, butiran-butiran itu akan turun sebagai salju.
10. Dalam struktur  teks eksplanasi, cuplikan tersebut termasuk bagian....
a. identikasi fenomena   b. Proses kejadian
c. Ulasan       d. kausalitas
e. Kronologis
11. Kalimat yang menggunakan konjungsi kronologis ditunjukkan oleh nomor....
a. (1) dan (2) b. (3) dan (4) c. (5) dan (6)
d. (7) dan (8) e. (8) dan (9)
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal 12 dan 13.
Jika berbicara mengenai proses terjadinya tsunami, kita tentu harus memulai dari penyebabnya, yaitu gempa di wilayah lautan. Tsunami selalu diawali dengan suatu pergerakan dahsyat yang lazim di sebut gempa. Meskipun gempa memiliki beragam jenis, sebagian besar tsunami disebabkan oleh pergerakan lempeng bumi yang letaknya ada di dalam wilayah lautan. Akan tetapi, dalam sejarah, ada juga tsunami yang disebabkan oleh letusan gunung, yaitu Gunung Krakatau.
12. Teks di atas disusun dengan pola....
a. kausalita b. Kronologis
c. Generalisasi d. spesialisasi
e. Komparasi
13. Konjungsi akan tetapi bermakna....
a. perbandingan b. Pertentangan c. Kausalitas d. temporal
e. Komparasi
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 14 dan 15
Pembagian flora dan fauna di Indonesia didasarkan pada  faktor geologi. Secara geologis, pulau-pulau di Indonesia bagian Barat pernah menyatu dengan benua Asia, sedangkan pulau-pulau di Indonesia bagian Timur pernah menyatu dengan benua Australia....
14. Kata dalam teks tersebut yang seharusnya ditulis dengan huruf awal kapital adalah....
a. geologi b. Flora c.fauna d. pulau e. benua
15. Kalimat yang tepat untuk melanjutkan isi teks tersebut adalah....
a. Indonesia   memiliki keragaman flora dan fauna, melebihi wilayah mana pun di dunia
b. Kedua wilayah tersebut memiliki flora dan fauna yang sangat berbeda.
c. Oleh karena itu, Indonesia memiliki dua kelompok flora dan fauna yang jauh berbeda.
d. Penyatuan kedua wilayah itu diprediksi akan terjadi lagi pada abad-abad mendatang.
e. Perlu ada perhatian serius untuk melindungi flora dan fauna di kedua wilayah itu.
 Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 16 dan 17
Hadirin yang saya hormati, dalam kesempatan ini saya akan membahas “Perlunya Keseimbangan antara Kebutuhan Jasmani dan Rohani.” (1) Manusia terdiri atas jasmani dan rohani. (2) Jika keduannya berpisah,seseorang tidak dikatakan manusia hidup lagi. (3) Baik jasmani maupun rohani keduanya membutuhkan makanan dan keduanya akan merasakan sakit dan sehat. (4) Makanan jasmani hendaknya  sesuai dengan sifat jasmani itu sendiri yaitu bersifat fisik atau materi, sedangkan makanan rohani yaitu spiritual atau mental. (5) Oleh karena itu, perlunya adanya keseimbangan antara kebutuhan jasmani dan rohani. 
16. Isu di dalam cuplikan tersebut dinyatakan dalam kalimat nomor....
a. 1 b.2 c.3 d.4 e.5
17. Kata- kata persuasif terdapat dalam kaliamat nomor....
a.1 b.2 c.3 d.4 e.5
18. Pukul 08.00 pagi kami menghadiri suatu pertemuan. Dalam pertemuan itu, A memberikan selama dua jam. Para pendengar tertib dan sekali-sekali tertawa. Pada pukul 10.30, B memberikan ceramah.    Pendengarnya banyak yang mengantuk dan ada beberapa orang yang meninggalkan ruangan.
Situasi seperti dalam ilustrasi tersebut terjadi karena....
a. Waktu A berceramah, hari masih pagi
b. Waktu B berceramah, hari sudah siang
c. Ceramah A diselingi lelucon
d. Dalam ceramahnya, B tidak dapat melucu
e. Cara A berceramah lebih menarik dari pada cara B
19. Kalimat pembuka ceramah yang sesuai sebagai karang taruna adalah....
a. yang terhormat ibu,bapak, dan adik-adik, semoga kita senantiasa dalam lindungan yang maha pengasih
b. saudara-saudara, pada kesempatan ini, izinkanlah saya mengemukakan beberapa hal mengenai isu terkini.
c. Teman-teman, silahkan melaksanakan tugas masing-masing sesuai dengan pembagian tadi.
d. Baiklah, akan segera kita bahas permasalahan yang ada hubunganya dengan isu terkini.
e. Bapak-bapak, Ibu-ibu dan hadidrin yang terhormat, nantikan acara yang akan segera dilaksanakan.
Bacalah teks berikut untuk menjawab pertanyaan nomor 20 dan 21
Hadirin yang saya hormati.
Assalamualaikum Wr. Wb.,
Puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Mahakuasa karena berkat dan rahmat-Nya, kita dapat berkumpul di tempat ini dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda. Ikrar dari berbagai perkumpulan pemuda pada 28 Oktober 1928 adalah bertanah air satu, tanah air Indonesia; berbangsa satu, bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia. Perlu kita renungkan kembali baik-baik mengenai makna Sumpah Pemuda.     
20. Topik pidato tersebut adalah....
a. peringatan Sumpah Pemuda
b. mengenang ikrar para pemuda tahun masa lampau
c. merenungkan ikrar Sumpah Pemuda
d. pernyataan ikrar pemuda terjadi pada tahun 1928
e. bertanah air satu, berbangsa satu, dan berbahasa satu
21. Kalimat yang bersifat persuasif dalam cuplikan tersebut adalah....
a. hadirin yang saya hormati.
b. mari kita renungkan kembali makna Sumpah Pemuda
c. puji dan syukur kita panjatkan.
d. Pernyataan ikrar dari berbagai perkumpulan pemuda
b. Hari kita berkumpul untuk memperingati hari bersejarah.
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 22 dan 23
(1) Hadirin yang berbahagia. (2) Seperti yang kita ketahui, Pantai Senggigi sebagai aset daerah memiliki ciri khas tersendiri, yaitu teluknya yang indah. (3) pantai ini juga airnya bening dan pasirnya putih serta dikelilingi pegunungan dengan bukit yang menghijau. (4) keanekaragaman terumbu karang di wilayah perairan ini termasuk jenis yang langkah di dunia, khususnya terumbu karang biru ( blue coral). (5) Oleh sebab itu, aset yang tidak ternilai harganya ini hendaknya kita jaga dan lestarikan agar dapat diwariskan kepada generasi mendatang.
22. Cuplikan ceramah tersebut menjelaskan ....
a. pelestarian dan mengembangan Pantai Senggigi
b. pantai Senggigi merupakan aset wisata  di Pulau Lombok
c. keanekaragaman terumbu karang di wilayah perairan pantai Senggigi
d. prospek pengembangan objek wisata Pantai Senggigi di Pulau Lombok
e. Pantai Senggigi, objek wisata pantai di Pulau Lombok
23. Kalimat yang menyatakan penyebaban ditunjukan nomor ....
a. (1) b. (2) c. (3) d. (4) e. (5)
 Bacalah cuplikan cerita berikut untuk menjawab soal nomor 24 dan 25
Baik Adit maupun Alwi mulai menyadari bahwa keduanya amat terkejut. Impian masing-masing telah buyar : Teko yang bisa menangis dan selamat dan selamat tinggal kemelaratan! Kedatangan tuan Tuan Wahyono membangunkan mereka dengan kata-kata yang sedemikian datar dan dingin sehingga Alwi merasa beku seketika.
24. Pertanyaan yang berkaitan dengan nilai kehidupan dalam kutipan gerpen tersebut adalah ....
a. bagaimana karakter Tuan Wahyono?
b. Siapa saja tokoh dalam cuplikan cerpen di atas?
c. Nilai budaya manakah yang ditunjukkan oleh sikap Alwi?
d. Tergolong ke dalam jenis alur apakah konflik yang ada pada cuplikan itu?
e. Percayakah Anda dengan peristiwa yang diceritakan di dalam cuplikan itu?
25. Unsur instrinsik yang tampak dalam kutipan cerpen di atas adalah ....
a. tema b. Amanat c. Latar d. penokohan e. plot
B. Essay 
1. apa yang dimaksud dengan teks sksplanasi?
2. bagaimana karakteristik teks eksplanasi?
3. untuk kepentingan apa saja teks eksplanasi disajikan?
4. hal apa saja yang menjadikan cerpen itu menarik? 
5. jelaskan manfaat salah satu membaca buku nonfiksi?


SOAL PAS BAHASA ARAB KELAS 11
SOAL PAS BAHASA INDONESIA
SOAL PAS BAHASA INDONESIA KELAS 10 SEM GAZAL
soal pas bahasa indonesia kelas 11
SOAL PAS BAHASA INGGRIS DAN SASTRA INGGRIS KELAS 11
SOAL PAS BAHASA INGGRIS KELAS 10
SOAL PAS BAHASA INGGRIS KELAS 11
soal pas bahasa inggris kelas 11
SOAL PAS BILOGI SEMESTER GAZAL KELAS 12
SOAL PAS BIOLOGI IPS KELAS 12
SOAL PAS BIOLOGI KELAS 10
SOAL PAS BIOLOGI KELAS 10
SOAL PAS BIOLOGI KELAS 12
SOAL PAS EKONOMI KELAS 10
SOAL PAS FIKIH / FIQIH KELAS 12
SOAL PAS FIQIH / FIKIH KELAS 11
SOAL PAS KELAS 12 SENI BUDAYA
SOAL PAS KIMIA KELAS 12
SOAL PAS PENJASKES KELAS 10
SOAL PAS PRAKARYA DAN KWIRAUSAHAAN KELAS 10
SOAL PAS PRAKARYA DAN KWIRAUSAHAAN KELAS 12
SOAL PAS SENI BUDAYA KELAS 10
SOAL PAS SENI BUDAYA KELAS 11
SOAL PAS SENI BUDAYA KELAS 12
SOAL PAS SKI SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS 12
SOAL PAS SOSIOLOGI KELAS 12
SOAL PAS TIK KELAS 10

Selamat Datang di Jammadrasah

Pendidik bertugas Mendidik, maka Didiklah Diri Dengan Prilaku yang mendidik
EmoticonEmoticon