Saturday 26 June 2021

SOAL PAS BAHASA INDONESIA KELAS 10 SEM GAZAL

jammadrasah Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat.

1. Bacalah kutipan teks laporan hasil observasi berikut.



       Simpulan teks laporan hasil observasi tersebut adalah . . . .
A. Buah avokad dapat dikonsumsi sebagai jus dan memiliki vitamin E dan folat.
B. Buah avokad memiliki rasa lezat dan dapat dibuat sebagai jus kesehatan.
C. Buah avokad selain lezat rasanya, juga berkhasiat bagi kesehatan jantung.
D. Manfaat avokad sebagai penyembuh penyakit jantung.
E. Kandungan avokad sangat berperan besar untuk menjaga kesehatan organ jantung.
2. Bacalah kutipan teks laporan hasil observasi berikut.




Konjungsi yang tepat untuk mengisi bagian rumpang teks laporan hasil observasi tersebut adalah . . . .
A. dan, tetapi D. namun, atau
B. atau, dan E. sedangkan, tetapi
C. tetapi, dan
3. Bacalah pernyataan-pernyataan dalam kutipan teks laporan hasil observasi berikut.



Pernyataan umum yang tepat untuk kutipan teks laporan hasil observasi tersebut adalah . . . .
A. Semua siswa atau pelajar senang membaca buku.
B. Semua siswa SD gemar membaca buku pengetahuan.
C. Semua siswa SMP gemar membaca buku-buku kesusastraan.
D. Semua siswa SMA gemar membaca buku tentang kebudayaan.
E. Semua siswa gemar membaca buku pengetahuan dan kesusastraan.
4. Bacalah kutipan teks laporan hasil observasi berikut.




 Makna istilah merealisasi dalam kutipan tersebut adalah . . . .
A. mengenalkan D. menanamkan
B. menanamkan E. membuatkan
C. mewujudkan
5. Bagian yang harus ada dalam teks laporan hasil observasi adalah . . . .
A. definisi D. format khusus
B. model tulisannya E. gaya penulisannya
C. panjang laporannya
Bacalah teks laporan hasil observasi berikut untuk menjawab soal nomor  6-8.
Fungsi ekologi HUTAN
Menurut Kendeigh, ekologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara organisme yang satu dan organisme lain serta lingkungannya.
Karenan mempelajari hubungan timbal balik antarorganisme, ekologi juga sering dikatakan sebagai biologi lingkungan. Itulah sebabnya, hutan ekologis didominasi oleh berbagai jenis pohon dan ukuran, rindang, serta menyejukkan.
Hutan mempunyai fungsi ekologis, yang berarti melindungi lingkungan. Potensi yang terkandung di dalamnya, khususnya keanekaragaman hayati yang terdapat di dalamnya, dapat berfungsi menjaga keseimbangan, melindungi kehidupan, memelihara kesuburan tanah, melindungi daera aliran sungai, mengendalikan erosi, menyerap CO2, serta mengendalikan O2. Ringkasnya, hutan berfungsi sebagai penyangga tanah dan tata air, sumber hayati, serta sebagai penyangga iklim.
Secara klimatologis, hutam mempunyai fungsi yang penting, khususnya menyerap CO2 dalam proses fotosintesis sekaligus melepaskan O2 dalam proses yang sama. Salah satu penyebab kenaikan CO2 yang merupakan gas rumah kaca terpenting adalah penebangan kayu hutan dan kebakaran hutan. Kegiatan penebangan dan kebakaran hutan di daerah, khususnya Kalimantan, merupakan penyebab utama terjadinya pemanasan global karena hutan kurang mampu menyerap CO2 dan menyimpan karbon atau endapan karbon.
Pemanasan global adalah naiknya suhu permukaan bumi karena naiknya intensitas effek rumah kac (ERK). Fungsi hutan sebagai penyangga iklim bumi sifatnya global. Upaya mencegah meningkatnya konsentrasi gas rumah kaca di atmosfer telah berhasil menjadi consensus internasional dalam KTT Bumi (Earth Summit) 1992 di Rio de Janeiro, dengan ditandatanganinya United Nations Framework Convension on Climate Change oleh sejumlah Negara, termasuk Indonesia. Konvensi tersebut ditindaklanjuti dengan disahkan UU No. 6 Tahun 1994 tentang United Nations Framework Convention on Climate Change.
6. Menurut strukturnya, paragraf  pertama teks laporan hasil observasi tersebut berisi pernyataan umum atau klasifikasi tentang . . . .
A. pemanasan global D. biologi lingkungan 
B. pengertian ekologi E. pengetahuan ekologi
C. fungsi ekologis hutan
7. Aspek yang dilaporkan pada paragraf ketiga teks laporan tersebut adalah….
A. penyebab kenaikan CO2 D. fungsi hutan secara klimatologis
B. intensitas efek rumah kaca E. proses terjadinya fotosintesis
C. penyebab pemanasan global
8. Pada teks laporan hasil observasi tersebut terdapat kalimat deskripsi, yaitu . . . .
A. Hutan ekologis didominasi oleh berbagai jenis pohon dan ukuran, rindang, serta menyejukkan.
B. Hutan ekologis berfungsi sebagai penyangga tanah dan tata air serta aneka sumber hayati.
C. Secara klimatologi hutan mempunyai fungsi yang penting, khususnya sebagai penyerapan CO2.
D. Pemanasan global adalah naiknya suhu permukaan bumi karena naiknya intensitas efek rumah kaca.
E. Penyebab utama terjadinya pemanasan global adalah kurang mampunya hutan menyerap CO2. 
9. Bacalah kalimat-kalimat berikut.




    Kalimat-kalimat tersebut tersebut dapat disusun menjadi teks eksposisi dengan urutan. . . .
A. (2), (1), (4), (5), (3) D. (4), (3), (1), (2), (5)
B. (2), (1), (5), (3), (4) E. (4), (2), (1), (5), (3)
C. (3), (2), (4), (1), (5)
10. Bacalah kutipan teks eksposisi berikut.




    Konjungsi yang tepat untuk mengisi rumpang pada kutipan teks eksposisi tersebut adalah . . . .
A. meskipun, dan D. maka, karena
B. sebab, karena E. sebab, dan
C. ketika, sebab 
11. Bacalah kutipan teks eksposisi berikut.



Kata yang tepat untuk mengisi bagian rumpang dalam teks eksposisi tersebut adalah . . . .
A. perdagangan D. daerah
B. sektor E. lingkungan 
C. ekonomi
12. Bacalah gagasan utama dan gagasan penjelas teks eksposisi berikut.




       Gagasan penjelas yang sesuai dengan gagasan utama pada teks eksposisi tersebut adalah . . . .
A. (1), (2), (3) D. (2), (4), (5)
B. (1), (3), (5) E. (3), (4), (5)
C. (2), (3), (4)
13. Bacalah kutipan teks eksposisi berikut.




Pronomina/kata ganti orang yang tepat untuk mengisi bagian rumpang teks tersebut adalah . . . .
A. dia; kita D. saya; mereka
B. –nya; dia E. mereka; -nya
C. kita; saya
14. Bacalah kutipan karangan eksposisi berikut.




  Arti dari istilah vegetarian dalam teks tersebut adalah. . . .
A. Orang yang hanya makan makanan berupa daging.
B. Orang yang hanya makan makanan berupa protein.
C. Orang yang hanya makan makanan berupa karbohidrat.
D. Orang yang hanya makan makanan berupa sayuran dan hasil tumbuhan.
E. Orang yang hanya makan makanan tanpa lemak.
15. Bacaan yang merupakan ciri eksposisi adalah . . . .
A. informasi D. bentuk
B. bahasa E. tema
C. alur
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 16-17





16. Teks di atas tergolong ke dalam jenis eksposisi karena. . . .
A. menjelaskan sejarah batik
B. menceritakan asal-usul batik
C. menyatakan pendapat tentang fungsi batik
D. menggambarkan keadaan batik di Indonesia
E. merupakan bujukan untuk mencintai seni batik
17. Penulisa perang dunia I dalam teks ini salah. Penulisan yang benar adalah . . . .
A. Perang dunia I D. Perang dunia I
B. perang Dunia I E. Perang Dunia Ke-I
C. Perang Dunia I
Bacalah contoh teks anekdot berikut ini dengan saksama untuk menjawab soal nomor 18-20






18. Inti teks anekdot tersebut adalah. . . .
A. Penegakan hokum di Indonesia seperti sarang laba-laba.
B. Kondisi hokum di Indonesia tidak memihak kepada rakyat jelata.
C. Penegakan hokum di Indonesia tidak berlaku bagi pejabat.
D. Pertanyaan dosen tentang kondisi hokum di Indonesia.
E. Seorang dosen yang sedang memberikan kuliah Hukum Perdata.
19. Urutan peristiwa pada teks anekdot tersebut ditandai dengan konjungsi yang terdapat pada percakapan nomor. . . .
A. (1) D. (4)
B. (2) E. (5)
C. (3)
20. Krisis pada teks anekdot tersebut ditandai dengan percakapan nomor. . . .
A. (1), (2), dan (3) D. (4), (5), dan (6)
B. (2), (3), dan (4) (5), (6), dan (7)
C. (3), (4), dan (5)
21. Cermatilah dialog berikut.


Dialog tersebut merupakan bagian struktur teks anekdot, yaitu. . . .
A. abstrak D. reaksi
B. orientasi E. koda
C. krisis
22. Cermatilah kalimat-kalimat berikut.




Majas asosiasi (simile) yeng terkandung dalam teks anekdot tersebut ditandai dengan nomor . . . .
A. (1) D. (4)
B. (2) E. (5)
C. (3)
23. Bacalah kutipan teks anekdot berikut.





       Berikut ini yang bukan termasuk cirri kebahasaan teks anekdot pada cerita tersebut adalah . . . .
A. mengandung humor D. menggunakan kata baku
B. menggunakan konjungsi E. mengandung kelucuan
C. mengandung kekonyolan
24. Perbedaan anekdot dengan cerita pada cerpen terletak pada . . . .
A. kelucuannya D. bentuknya
B. pelakunya E. temanya
C. alurnya
25. Bagian yang tidak boleh dihilangkan dari cerita anekdot adalah . . . .
A. kelucuan dan nilai didiknya D. gaya bercerita
B. pelaku dan alurnya E. model tulisannya
C. panjang cerita dan bagusnya
II. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Apakah yang dimaksud dengan teks eksposisi? (5)
2. Buatlah dengan 2 kata contoh kalimat denotatif dan konotatif yang terdapat dalam kaidah kebahasaan teks laporan hasil observasi! (20)
3. Sebutkan 3 aspek yang digunakan untuk menyunting teks anekdot! (15)
4. Buatlah 2 contoh penggunaan kalimat perintah yang terdapat dalam kaidah teks anekdot! (15)
5. Sebutkan dan jelaskan struktur teks laporan hasil observasi! (20)


SOAL PAS BAHASA ARAB KELAS 11
SOAL PAS BAHASA INDONESIA
SOAL PAS BAHASA INDONESIA KELAS 10 SEM GAZAL
soal pas bahasa indonesia kelas 11
SOAL PAS BAHASA INGGRIS DAN SASTRA INGGRIS KELAS 11
SOAL PAS BAHASA INGGRIS KELAS 10
SOAL PAS BAHASA INGGRIS KELAS 11
soal pas bahasa inggris kelas 11
SOAL PAS BILOGI SEMESTER GAZAL KELAS 12
SOAL PAS BIOLOGI IPS KELAS 12
SOAL PAS BIOLOGI KELAS 10
SOAL PAS BIOLOGI KELAS 10
SOAL PAS BIOLOGI KELAS 12
SOAL PAS EKONOMI KELAS 10
SOAL PAS FIKIH / FIQIH KELAS 12
SOAL PAS FIQIH / FIKIH KELAS 11
SOAL PAS KELAS 12 SENI BUDAYA
SOAL PAS KIMIA KELAS 12
SOAL PAS PENJASKES KELAS 10
SOAL PAS PRAKARYA DAN KWIRAUSAHAAN KELAS 10
SOAL PAS PRAKARYA DAN KWIRAUSAHAAN KELAS 12
SOAL PAS SENI BUDAYA KELAS 10
SOAL PAS SENI BUDAYA KELAS 11
SOAL PAS SENI BUDAYA KELAS 12
SOAL PAS SKI SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS 12
SOAL PAS SOSIOLOGI KELAS 12
SOAL PAS TIK KELAS 10

Selamat Datang di Jammadrasah

Pendidik bertugas Mendidik, maka Didiklah Diri Dengan Prilaku yang mendidik
EmoticonEmoticon