jammadrasah
Gelombang Laut
Gelombang laut adalah pergerakan naik turunnya air dengan arah tegak lurus permukaan air laut
yang membentuk kurva. Gelombang laut disebabkan oleh angin. Angin di atas
lautan mentransfer energinya ke perairan. Peristiwa ini menyebabkan riak- riak,
alun/bukit, dan berubah menjadi gelombang.
Gelombang laut dapat digolongkan ke dalam beberapa jenis.
Berdasarkan sifatnya, gelombang laut dapat dibedakan menjadi gelombang
laut pembangun dan gelombang laut perusak. Jenis gelombang
laut pembangun adalah gelombang laut akibat angin dan pasang surut. Jenis
gelombang yang disebabkan oleh angin dapat menimbulkan energi untuk membentuk
pantai, menimbulkan arus, dan memindahkan sedimen dalam arah tegak lurus di
sepanjang pantai. Gelombang ini juga menyebabkan gaya-gaya yang bekerja pada
bangunan pantai. Gelombang laut akibat angin merupakan faktor utama di dalam
penentuan tata letak pelabuhan, alur pelayaran, dan perencanaan bangunan
pantai. Gelombang pasang surut merupakan faktor yang penting karena menimbulkan
arus cukup kuat, terutama di daerah yang sempit. Selain itu, elevasi muka air
pasang dan surut sangat penting untuk merencanakan bangunan-bangunan di pantai.
Sebagai contoh, elevasi puncak bangunan pantai ditentukan oleh elevasi muka air
pasang untuk mengurangi limpasan air. Sementara itu, kedalaman alur pelayaran
dan perairan pelabuhan ditentukan oleh muka air surut. Gelombang besar yang datang
ke pantai pada saat air pasang dapat menyebabkan kerusakan pantai bahkan sampai
ke daratan.
Jenis gelombang laut perusak adalah gelombang laut akibat
tsunami. Gelombang ini merupakan gelombang laut dengan ketinggian dan kecepatan
rambat yang besar, ketika gelombang ini menghantam pantai akan ada banyak
volume air yang terkumpul dan mengangkut material pantai ke tengah laut. Tinggi
gelombang tsunami bervariasi dari 0,5 m hingga 30 m. Gelombang tsunami terjadi
dalam periode dari beberapa menit sampai sekitar satu jam. Tinggi gelombang
tsunami dipengaruhi oleh konfigurasi dasar laut. Selama penjalaran dari tengah
laut (pusat terbentuknya tsunami) menuju pantai. Sementara itu, tinggi
gelombang semakin besar karena pengaruh perubahan kedalaman laut. Di daerah pantai
tinggi gelombang tsunami dapat mencapai puluhan meter.
Energi gelombang laut dapat dimanfaatkan untuk
menghasilkan listrik. Negara yang melakukan penelitian dan pengembangan potensi
energi samudra untuk menghasilkan listrik yaitu Inggris, Prancis, dan Jepang.
Potensi energi samudra dapat menghasilkan listrik melalui energi pasang surut (tidal
power), energi gelombang laut (wave energy), dan energi panas laut (ocean
thermal energy).
Disadur dari: Widya Prarikeslan, Oseonografi, Jakarta, Kencana, 2016
1.
Teks laporan
hasil observasi tersebut membahas....
A.
Fenomena
tsunami.
B.
Pengertian
gelombang laut.
C.
Macam-macam
gelombang laut.
D.
Fungsi gelombang
laut.
E.
Energi gelombang
laut.
2.
Deskripsi bagian dalam teks tersebut terdapat pada
paragraf....
a.
1 dan 2
b.
1 dan 4
c. 2 dan 3
d. 3 dan 4
e. 4 dan 5
3. Kalimat definisi dalam teks
laporan hasil observasi tersebut terdapat dalam pernyataan....
a. Gelombang laut adalah pergerakan
naik turunnya air dengan arah tegak lurus permukaan air laut yang membentuk
kurva.
b. Gelombang besar yang datang ke
pantai pada saat air pasang dapat menyebabkan kerusakan pantai bahkan sampai ke
daratan.
c. Energi gelombang laut dapat
dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik.
d. Gelombang tsunami terjadi dalam
periode dari beberapa menit sampai sekitar satu jam.
e. Jenis gelombang yang disebabkan
oleh angin dapat menimbulkan energi untuk membentuk pantai, menimbulkan arus,
dan memindahkan sedimen dalam arah tegak lurus di sepanjang pantai.
4. Berikut ini yang termasuk kelas
kata nomina dalam teks tersebut adalah....
a. Gelombang, pergerakan,
menyebabkan, berubah.
b. Air, tsunami, besar, perusak,
bekerja.
c. Menghantam, melakukan,
menyebabkan, merupakan.
d. Pantai, laut, pelayaran,
perairan.
e. Yang, dan, dalam, untuk.
Vegetasi
Pantai
Vegetasi pantai atau hutan pantai merupakan tutupan
vegetasi yang tumbuh dan berkembang di pantai berpasir di atas garis pasang
tertinggi wilayah tropis. Kondisi hutan pantai umumnya terbuka, berpasir,
dengan ketinggian vegetasi rendah, dan bersemak. Hutan pantai tumbuh pada
kondisi pasir yang kering, umumnya terhindar dari pasang air laut. Hutan pantai
disebut juga vegetasi litoral yang berkembang di wilayah pasang- surut pesisir
berperairan masin dangkal dengan substrat air atau karang.
Ekosistem hutan pantai didominasi oleh lamun dan ganggang
laut. Berbeda dengan kondisi pantai kering, terdapat terna (herba) yang
didominasi oleh Ipomoea pes-caprae yang bercampur dengan tumbuhan
merayap lainnya seperti Canavallia maritima dan Vigna marina. Di
hutan pantai terdapat pula rumput Ischaemum muticum dan Spinifex
littoreus serta teki-tekian Cuperus pedunculatus.
Hutan pantai digunakan sebagai tempat saltlick oleh
berbagai spesies binatang, khususnya mamalia besar. Salttlick merupakan
aktivitas binatang memperoleh garam mineral untuk memelihara keseimbangan fisiologis
cairan tubuhnya. Beberapa fauna yang sering tercatat berada di hutan pantai
adalah rusa, kelelawar, biawak, dan lutung.
Hutan pantai secara khusus menjadi habitatnya dan lokasi
penelusuran penyu. Di Jawa dan Bali, misalnya, tercatat ada tiga spesies penyu
yang secara teratur berkunjung ke hutan pantai untuk bertelur. Spesies penyu
tersebut di antaranya penyu hijau (Chelonia mydas), penyu sisik (Eretmochelys
imbricata), dan penyu belimbing (Dermochelys coriacea). Satwa
lainnya yang mudah dijumpai adalah berbagai spesies burung, se-perti elang laut perut putih dan elang bondol. Tutupan
hutan yang relatif terbuka juga memudahkan kita mengamati burung air yang
berkunjung, seperti bangau, cangak, kuntul, dan bebek. Beberapa spesies burung
laut, seperti cikalang dan dara laut, juga dapat ditemukan dalam kelompok yang
besar.
5.
Penyataan umum dalam teks
observasi tersebut terletak dalam paragraf….
A.
(1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
E.
(5)
6.
Berikut ini manakah kalimat yang mengandung fakta dari teks tersebut adalah….
A.
Berbeda
dengan kondisi pantai kering, terdapat terna (herba) yang didominasi oleh Ipomoea
pes-caprae yang bercampur dengan tumbuhan merayap lainnya seperti Canavallia
maritima dan Vigna marina.
B.
Di hutan
pantai terdapat pula rumput Ischaemum muticum dan Spinifex littoreus serta
teki-tekian Cuperus pedunculatus.
C.
Di Jawa dan
Bali, misalnya, tercatat ada tiga spesies penyu yang secara teratur berkunjung
ke hutan pantai untuk bertelur. Spesies penyu tersebut di antaranya penyu hijau
(Chelonia mydas), penyu sisik (Eretmochelys imbricata), dan penyu
belimbing (Dermochelys coriacea).
D.
Tutupan hutan
yang relatif terbuka juga memudahkan kita mengamati burung air yang berkunjung,
seperti bangau, cangak, kuntul, dan bebek. Beberapa spesies burung laut,
seperti cikalang dan dara laut, juga dapat ditemukan dalam kelompok yang besar.
E.
Beberapa
fauna yang sering tercatat berada di hutan pantai adalah rusa, kelelawar,
biawak, dan lutung.
7. Bacalah kutipan teks laporan hasil observasi berikut.
Avokad selain lezat
ternyata berkhasiat. Lezat jka dikonsumsi untuk jus. Berkhasiat pula untuk
menjaga kesehatan jantung. Hal ini disebabkan buah avokad mengandung
senyawa asam oleat tak jenuh, vitamin E, kalium, folat, pitosterol.
Kandungan-kandungan tersebut sangat berperan besar untuk menjaga kesehatan
organ jantung. (Sumber
: kiat-sehat.com)
|
Simpulan teks laporan hasil observasi
tersebut adalah . . . .
- Buah avokad dapat
dikonsumsi sebagai jus dan memiliki vitamin E dan folat.
- Buah avokad memiliki rasa lezat dan dapat dibuat sebagai jus
kesehatan.
- Buah avokad selain lezat rasanya, juga berkhasiat bagi kesehatan
jantung.
- Manfaat avokad sebagai penyembuh penyakit jantung.
- Kandungan avokad sangat berperan besar untuk menjaga kesehatan
organ jantung.
8. Bacalah kutipan teks laporan
hasil observasi berikut.
Indonesia sebagai Negara berkembang
memiliki sejumlah permasalahan seperti Negara lain. Salah satunya adalah
tidak meratanya pertumbuhan ekonomi di setiap daerah. Hal ini berdampak
pada perbedaan tingkat kesejahteraan daerah … pembangunan infrastruktur …
jumlah lapangan pekerjaan. |
Konjungsi
yang tepat untuk mengisi bagian rumpang teks laporan hasil observasi tersebut
adalah . . . .
A. dan, tetapi
B. atau, dan
C. tetapi, dan
D. namun, atau
E. sedangkan, tetapi
9.
Berikut ini
yang tidak termasuk syarat utama menyampaikan evaluasi teks laporan hasil
observasi adalah....
A.
Sederhana
B.
Santun
C.
Rancu
D.
Jelas
E. Langka
10.
Bacalah dengan seksama teks 1 dan teks 2
berikut ini !
Teks 1 |
Teks 2 |
Gajah Sumatra adalah subspesies dari gajah Asia yang hanya berhabitat
di pulau Sumatra. Gajah Sumatra berpostur lebih
kecil dibandingkan subspesiesh India. Populasi semakin menurun dan menjadi
spesies yang sangat terancam. Sekitar 2000-2700 ekor gajah Sumatra yang
tersisa di alam liar berdasarkan survei tahun 2000. Sebanyak 65% populasi
gajah Sumatra lenyap akibat dibunuh manusia dan 30% kemungkinan diracuni
manusia. Sekitar 83% habitat gajah Sumatra telah menjadi wilayah perkebunan
akibat penambahan yang agresif untuk perkebunan. Sumber: id.wikipedia.org |
Kelinci adalah hewan
mamalia dari famili Leporidae, yang dapat ditemukan di banyak bagian bumi.
Dulunya, hewan ini adalah hewan liar yang hidup di Afrika hingga ke daratan
Eropa. Pada perkembangannya, tahun 1912, kelinci diklasifikasikan dalam ordo
Lagomorpha. Ordo ini dibedakan menjadi dua famili, yakni Ochtonidae (jenis
pika yang pandai bersiul) dan Leporidae (termasuk di dalamnya jenis kelinci
dan terwelu). Asal kata kelinci berasal dari bahasa Belanda, yaitu konijntje
yang berarti "anak kelinci". Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat
Nusantara mulai mengenali kelinci saat masa kolonial, padahal di Pulau
Sumatera ada satu spesies asli kelinci sumatera (Nesolagus netscheri) yang
baru ditemukan pada tahun 1972. |
Perbedaan isi kedua teks tersebut adalah....
Teks
1 |
Teks
2 |
|
A. |
Habitat
kelinci sumatra |
Habitat
gajah sumatra |
B. |
Habitat
gajah sumatra |
Populasi
gajah sumatra |
C. |
Perkembangan gajah
sumatra |
Populasi
kelinci sumatra |
D. |
Pembagian
jenis gajah |
Sejarah penemuan kelinci |
E. |
Populasi gajah sumatra |
Perkembangan kelinci sumatra |
11.
Perhatikan
kalimat-kalimat berikut!
1. Tidak semua orang memiliki mobil mewah.
2. Ibu membuat kue lapis dan aku menyukainya.
3. Hampir semua murid mengikuti upacara bendera.
4. Kue lapis lebih nikmat jika menggunakan santan asli.
5. Banyak orang menyukai kue lapis.
Yang merupakan kalimat simpleks adalah....
A. (1), (2), (4)
B. (1), (3), (5)
C. (2),
(3), (4)
D. (2),
(4), (5)
E. (2),
(3), (5)
12.
Kata-kata
berikut ini yang termasuk kata lugas adalah...
A. Babak belur, tanah suci, mawar merah.
B. Buku biru, otot kawat. kulit kacang.
C. Kata mutiara, darah daging, kerabat.
D. Kulit kacang, gelas biru, tidur siang.
E. Bongkar muat, plastik hitam, buah tangan.
13. (1) Masyarakat di
kawasan pesisir Indonesia sebagian besar berprofesi sebagai nelayan. (2)
Nelayan di kawasan pantai Pangandaran biasanya menggunakan jaring besar untuk
menangkap ikan. (3) Profesi tersebut diperoleh secara turun- temurun dari nenek
moyang mereka. (4) Karakteristik masyarakat nelayan terbentuk mengikuti sifat
dinamis sumber daya yang digarapnya. (5) Untuk mendapatkan hasil tangkapan yang
maksimal, nelayan harus berpindah-pindah.
Berdasarkan
paragraf di atas, kalimat manakah yang tidak padu dengan kalimat lainnya....
A. (1)
B.
(2)
C.
(3)
D. (4)
E. (5)
14. Berikut ini kalimat yang berisi fakta adalah....
A. Pada tahun 2013 kualitas masyarakat Indonesia semakin
rendah.
B. Hal ini dilihat dari semakin meningkatnya angka
pengangguran di Indonesia.
C. Tahun 2012 angka pengangguran hanya 30% dan tahun 2013
bertambah menjadi 43%.
D. Angka kriminalitas di Indonesia juga semakin meningkat.
E. Dan yang paling parah banyak masyarakat Indonesia yang
tidak mengikuti program pemerintah wajib belajar 9 tahun.
15.
Semestinya
hukum di Indonesia sebagaimana yang telah diatur pada Undang-Undang. Di
dalamnya sudah secara tegas diatur hukuman untuk para pelaku tindak kejahatan.
Akan tetapi, faktanya kerap kali terjadi ketidakadilan hukum yang dapat
merugikan banyak orang. Hukum bisa saja tegas, tetapi menjadi mendadak tumpul
ketika dihadapkan dengan koruptor. Itulah yang terjadi saat ini.
Kutipan teks eksposisi tersebut merupakan bagian dari
struktur....
A. Tesis
B. Argumentasi
C. Penegasan ulang
D. Deskripsi bagian
E. Simpulan
16.
Sejak
lahirnya konsep pemikiran baru dalam ilmu kedokteran, yang dicetuskan oleh
Profesor Linus Pauling, yakni tentang ortomolecular medicine yang
dasarnya adalah studi biologi molekular sebagai sains dasar, penelitian medis
diarahkan pada molekul-molekul biologis yang ada dalam tubuh manusia.
Kata teknis yang terdapat pada paragraf di atas
adalah....
A.
Konsep, ilmu,
dasar.
B.
Profesor,
penelitian, sebagai
C.
Sejak, yang,
dalam
D.
Molekular,
medis, ortomolecular medicine
E.
Pemikiran,
biologis, tubuh.
17.
Sebagian
wilayah Indonesia berupa perairan. Wilayah Indonesia berada di wilayah iklim
tropis sehingga sangat baik untuk pertumbuhan terumbu karang. Sekitar 1/8
terumbu karang di dunia terdapat di wilayah Indonesia yang tersebar di perairan
Indonesia wilayah barat sampai timur. Luas keseluruhan terumbu karang yang
terdapat di perairan Indonesia sekitar 60.000 km2. Keadaan ini
menyebabkan Indonesia mempunyai keanekaragaman biota laut yang lebih banyak
dibandingkan negara lainnya di dunia, khususnya negara-negara di wilayah Asia
Tenggara.
Informasi yang sesuai dengan paragraf tersebut adalah....
A. Sekitar 1/8 wilayah Indonesia berupa perairan.
B. Terumbu karang menjadi rumah binatang-binatang laut.
C. Perairan Indonesia baik untuk pertumbuhan terumbu karang.
D. Terumbu karang terdapat di seluruh perairan Indonesia.
E. Di Perairan Asia
Tenggara terdapat banyak terumbu karang.
18.
Kalimat
pendapat yang tidak sesuai dengan paragraf tersebut adalah....
A. Pemerintah hendaknya mempunyai rencana ke depan dalam
menyelamatkan terumbu karang.
B. Biota laut yang bermacam-macam di perairan Indonesia
milik bersama negara-negara Asean.
C. Kekayaan biota laut hendaknya dijaga dengan tidak merusak
terumbu karang.
D. Menjaga terumbu karang adalah tugas kita bersama demi
mewujudkan keindahan laut.
E. Pemerintah hendaknya minindak tegas terhadap orang yang
merusak terumbu karang.
19.
Teks
eksposisi adalah teks yang mengupas suatu masalah disertai sejumlah fakta dan
argumentasi atau pendapat yang bertujuan untuk....
A. Menyampaikan informasi hasil suatu penelitian.
B. Menjelaskan hal tertentu kepada orang banyak.
C. Menambah wawasan pembaca dan menyampaikan argumen.
D. Menyampaikan pendapat dan memengaruhi pembaca.
E. Mendeskripsikan hasil penelitian dan menanggapi suatu
masalah.
20.
Kalimat yang
mengandung kata bermakna perujukan adalah....
A. Tidak dapat dipungkiri, keberadaan teknologi sangat
membantu pekerjaan manusia.
B. Mereka mengetahui kecanggihan teknologi akan terus
berkembang sesuai dengan perkembangan zaman.
C. Prasangka buruk saya, suatu saat kecanggihan teknologi
akan menimbulkan hal buruk bagi manusia.
D. Menurut beberapa penilitian, teknologi dapat menimbulkan
dampak positif bagi manusia yang bijak dalam menggunakan teknologi.
E. Peristiwa tersebut menggambark
an bahwa
terdapat dua kelompok manusia dalam penggunaan teknologi.
21. Bacalah kutipan teks eksposisi
berikut.
Catatan pertumbuhan ekonomi Indonesia
memperlihatkan hasil positif. Pada triwulan kedua tahun ini, (….) Indonesia
tumbuh sekitar 6,4 persen. Pertumbuhan ini tetap masih terpusat di Pulau
Jawa dengan peertumbuhan sebesar 57,5 persen. |
Kata
yang tepat untuk mengisi bagian rumpang dalam teks eksposisi tersebut adalah .
. . .
A. perdagangan D.
daerah
B. sektor E.
lingkungan
C. ekonomi
22. (1) Menentukan
tujuan karangan
(2)
Membuat
kerangka karangan
(3)
Memilih data
yang sesuai dengan tema
(4) Menentukan tema
(5)
Mengembangkan
kerangka menjadi karangan
Langkah-langkah
yang tepat dalam membuat teks eksposisi, yaitu....
A.
(5) – (2) –
(1) – (4) – (3)
B.
(1) – (2) –
(5) – (4) – (3)
C.
(4) – (3) –
(1) – (2) – (5)
D.
(3) – (4) –
(1) – (2) – (5)
E.
(4) – (1) –
(3) – (2) – (5)
23.
Letusan
Gunung Krakatau bukanlah letusan paling dahsyat yang pernah tercatat dalam
sejarah umat manusia. Letusan yang terjadi pada tahun 1883 ini belum ada
apa-apanya ... dibandingkan
dengan letusan Gunung Tambora dan letusan Gunung Toba yang sangat dahsyat.
Konjungsi yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang
adalah....
A.
Jika
B.
Agar
C.
Karena
D.
Atau
E.
Lal
24.
Gagasan Utama :
Kebersihan lingkungan sekolah Gagasan Penjelas :
(1) faktor terpenting menciptakan kenyamanan (2) petugas kebersihan adalah pegawai
tetap (3) sekolah mengajarkan untuk menjaga
kebersihan (4) kepedulian terhadap lingkungan hidup (5) cara menjaga kebersihan sekolah |
Gagasan penjelas yang sesuai dengan gagasan utama pada teks eksposisi
tersebut adalah . . . .
A. (1), (2), (3)
B. (1), (3), (5)
C. (2), (3), (4)
D. (2), (4), (5)
E. (3), (4), (5)
-
25.
Tugas yang diemban
Pak Slamet ini tidak ringan. Pak Slamet harus siap 24 jam. Ia harus siap
dihubungi kapan dan di mana saja. Sore itu, ketika beberapa karyawan berbenah
diri untuk pulang, Pak Slamet masih dengan tegar mondar-mandir di kantornya
sambil mengontrol gangguan- gangguan yang mungkin terjadi. Karena tugasnya
tersebut, Pak Slamet sering pulang pukul 22.00 WIB. Walaupun pulang, Pak Slamet
tetap mengontrol dan selalu siap melayani setiap pengaduan dari pemakai
listrik.
Jenis pola pengembangan paragraf yang digunakan pada
kutipan tersebut adalah....
A. Deduktif
B. Induktif
C. Ineratif
D. Konduktif
E. Campuran
26.
Saking sudah
bosannya keliling dunia, Gus Dur mencoba cari suasana di pesawat RI – 01. Kali
ini Gus Dur mengundang Presiden Amerika dan Prancis terbang keliling dunia
bersamanya. Boleh dong, memangnya Amerika dan Prancis saja yang punya
pesawat kepresidenan. Seperti biasa, setiap presiden selalu ingin memamerkan
apa yanng menjadi kebanggaan negerinya.
Tidak lama Presiden Amerika waku itu, Bill Clinton,
mengeluarkan tangannya dan sesaat kemudian berkata, “Wah, kita sedang berada di
atas New York!”
Gus Dur bertanya, “Loh, kok bisa tahu sih?”
“Itu patung Liberty kepegang!” jawab Clinton dengan
bangganya.
Presiden Prancis, Jasques Chirac, tidak mau kalah. Ia
ikut menjulurkan tangannya keluar.
“Kita sedang berada di atas Kota Paris,” katanya dengan
sombognya.
Gus Dur melayangkan pertanyaan yang sama, “Wah, kok bisa
tahu juga?”
“Itu Menara Eifell kepegang,” sahut Presiden Prancis.
Tiba-tiba Gus Dur menjulurkan tangannya keluar pesawat.
“Wah, kita sedang berada di atas Tanah Abang!” teriak Gus
Dur.
“Loh, kok bisa tahu sih?” tanya Clinton dan Chirac. “Ini,
jam tangan saya hilang,” jawab Gus Dur kalem.
Baik
Presiden Amerika maupun Presiden Prancis bingung. Mereka bingung dari mana Gus
Dur tahu sedang berada di atas Tanah Abang.
Aspek kelucuan pada teks tersebut adalah....
A.
Presiden
Prancis bercanda kepada Gusdur.
B.
Gus Dur
berkeliling dunia dengan pesawat RI – 01.
C.
Presiden Prancis
menunjukkan Menara Eiffel.
D.
Gus Dur
berteriak sedang berada di atas Tanah Abang.
E.
Presiden
Amerika menunjukkan Paqtung Liberty.
27.
Makna
tersirat dari jam tangan Gus Dur hilang adalah....
A. Tanah Abang terkenal sebagai kawasan ramai di Kota
Jakarta.
B. Tanah Abang terkenal sebagai kawasan penjual jam tangan.
C. Tanah Abang terkenal sebagai kawasan penjual barang
elektronik.
D. Tanah Abang terkenal sebagai kawasan rawan pencurian
barang.
E. Tanah Abang terkenal sebagai kawasan reparasi jam tangan.
28. Makna tersirat
karikatur di bawah ini adalah….
A. Meminta bocoran soal UAN
B. Siswa harus belajar dengan rajin
untuk mempersiapkan diri menghadapai Ujian Nasional. Kesuksesan dalam
menghadapi Ujian Nasional tidak cukup hanya dengan menunggu ‘bocoran’ yang belum
tentu kebenarannya, apalagi saat ini Ujian Nasional dilaksankan berbasis
komputer (UNBK) yang lebih kecil kemungkinan adanya kecurangan berupa ‘bocoran’
kunci jawaban.
C. Seoramg siswa tengah meminta
supaya soal ujian diberi bocoran.
D. Kunci jawaban (bocoran) akan
mempermudah siswa menjawab soal-soal ujian.
E. Siswa 1: Oh guru…. Berilah kami
bocoran soal!
Siswa 2: Makanya
belajar.
29.
Berikut ini
merupakan teks anekdot, kecuali....
A.
Orang 1 :
“Seandainya pesawat yang berisi para koruptor jatuh, siapa yang selamat?”
Orang 2 : “Pilot.” Orang 1 : “Salah.” Orang 2 :
“Pramugari.” Orang 1 : “Salah.”
Orang
2 : “Terus siapa?”
Orang
1 : “Seluruh rakyat Indonesia.”
B.
“Kamu membuat
sontekan, ya?”
“Ah,
hanya catatan-catatan kecil untuk ujian nanti,” jawab mahasiswa.
“Wah, kamu curang!” kata si kawan. “Sedikit nggak apa
asal nggak korupsi.” “Bukannya nyontek itu bibit korupsi?” Mereka berdua
pun terdiam.
C.
Pak Adi :
“Pohon pisang ini harus ditebang, Pak.”
Pak Budi : “Ya, nggak bisa, Pak. Itu pohon pisang
kepunyaan saya.”
Pak Adi : “Tapi kalau pohon pisang itu roboh dan menimpa
rumah orang lain bagaimana?”
Pak Budi : “Betul juga, Pak. Baiklah, silakan tebang
saja. Tapi Bapak yang menebang ya!”
Pak
Adi : “Iya, baik, Pak.”
D.
Ibu-ibu
sedang bekerja bakti membersihkan jalan desa pada pagi hari. Suasana terkesan
ramai, obrolan seputar harga, gosip, dan anak. “Wah, bulan ini banyak
pengeluaran. Anak saya masuk kuliah dan adiknya masuk SMA,” kata Bu Tini.
“Semua ternak saya pun saya sekolahkan juga, Bu, biar pintar.” Sambung Bu Tini.
“He ... he ... he ...” tawa Bu Romlah renyah. Mereka pun melanjutkan pekerjaan
mereka memberishkan jalan desa.
E.
Di jam
istirahat Aldo bersama kawan-kawannya sedang berkumpul dan asik membicarakan
hobi dan cita-cita mereka.
Aldo : “Hobiku bermain bulu tangkis karena cita- citaku
menjadi atlet bulu tangkis handal.”
Feri : “Hobiku melukis karena ingin jadi pelukis
terkenal.”
Andre : “Hobiku tidur karena aku ingin menjadi anggota
dewan.”
Mereka
semua pun tertawa karena perkataan Andre.
30.
Agus: “Saat
ini, siapa orang paling jahat di negara ini?” Ono : “Ehm, siapa ya? Pembunuh”
Didi
: “Bukan. Nyerah? Jawabannya adalah pencuri uang rakyat.”
Pernyataan yang menunjukkan adanya kekurangan
dari teks anekdot di atas adalah....
A.
Tidak menyindir
B.
Menggunakan
konjungsi waktu
C.
Memiliki
pesan moral
D.
Memiliki
amanat
E.
Tidak Lucu
31.
Alkisah, di
suatu persidangan terjadi dialog sebagai berikut: “Sumpah mati, Pak Hakim. Saya
sama sekali tidak melakukan semua tuduhan korupsi itu!”
“Saudara
jangan berbohong! Tahukah apa hukumannya bagi pelaku yang memberi keterangan
palsu di bawah sumpah?” “Hukuman pastinya saya tidak tahu.
Akan tetapi saya yakin pasti lebih ringan daripada korupsi.”
Pokok masalah yang dibahas dalam anekdot
tersebut adalah....
A.
Hukuman yang
diberikan kepada koruptor.
B.
Beratnya
menjadi seorang hakim pengadilan.
C.
Keterangan
palsu saat berada dalam sidang.
D.
Maraknya
korupsi yang terjadi di Indonesia.
E.
Pemberantasan
korupsi yang sudah terjadi.
32.
Kalimat yang merupakan
abstraksi dalam teks anekdot tersebut adalah....
A. Alkisah, di suatu persidangan terjadi dialog sebagai
berikut:
B. “Sumpah mati, Pak Hakim. Saya sama sekali tidak melakukan
semua tuduhan korupsi itu!”
C. “Saudara jangan berbohong! Tahukah apa hukumannya bagi
pelaku yang memberi keterangan palsu di bawah sumpah?”
D. “Hukuman pastinya saya tidak tahu. Akan tetapi saya yakin
pasti lebih ringan daripada korupsi.”
E. Akan tetapi saya yakin pasti lebih ringan daripada
korupsi.
33.
Kalimat
imperatif yang terdapat dalam teks anekdot tersebut adalah....
A. Saya sama sekali tidak melakukan semua tuduhan korupsi
itu!
B. Saudara jangan berbohong!
C. Sumpah mati, Pak Hakim.
D. Tahukah apa hukumannya bagi pelaku yang memberi
keterangan palsu di bawah sumpah?
E. Akan tetapi saya yakin pasti lebih ringan daripada
korupsi.
34.
(1) Bu
Guru pun tersenyum.
(2)
“Siapa yang
bisa membuat perumpamaan bagi penegakan hukum di negri kita?” tanya Bu Guru di
depan kelas.
(3)
Bu Guru
bertanya kenapa disebut hukum kantong kresek.
(4)
Tidak lama
kemudian seorang anak menjawab dengan lantang.
(5)
“Hukum
kantong kresek, Bu,” kata anak itu?
(6)
“Karena hanya
bisa menangani masalah yang kecil, kalau bertemu masalah yang besar tidak akan
muat.”
Urutan yang tepat agar menjadi anekdot yang baik adalah....
A.
(1) – (2) –
(3) – (4) – (5) – (6)
B.
(2) – (4) – (5) – (3) – (6) – (1)
C.
(2) – (4) –
(3) – (5) – (1) – (6)
D.
(1) – (2) –
(4) – (5) – (3) – (6)
E.
(3) – (2) –
(1) – (4) – (5) – (6)
35.
Kata tidak
baku yang terdapat pada teks anekdot tersebut adalah....
A. Kresek
B. Lantang
C. Negri
D. Muat
E. Lentang
36.
Kesetrika Seorang pria dating ke rumah sakit dengan kedua
telinganyayang terkena luka bakar. Dokter :
“Kenapa telinga Anda?” Pasien :
“Begini, Dok, tadi saya sedang menyetrika pakaian saya. Nah, waktu saya
sedang menyetrika, tiba-tiba telepon bordering. Karena refleks, setrika itu
saya tempelkan di telinga kanan saya, Dok.” Dokter :
“Ooo. . . saya paham keluhan Saudara. Terus, telinga yang satunya lagi,
kenapa?” Pasien :
“Lah itu, Dok, si Udin itu telepon lagi!” |
Berikut ini yang bukan termasuk ciri kebahasaan teks
anekdot pada cerita tersebut adalah . . . .
- mengandung humor D.
menggunakan kata baku
- menggunakan konjungsi E. mengandung kelucuan
- mengandung kekonyolan
37. Berikut ini yang tidak termasuk karakteristik
hikayat yaitu....
A. Kisah nyata
B. Terdapat kemustahilan
C. Kesaktian tokoh-tokohnya
D. Istana sentris
E. Anonim
38. Maksud
anonim dalam teks hikayat adalah....
A. Anonim berarti pencerita atau pengarangnya sudah
terkenal.
B. Anonim berarti cerita yang disampaikan secara lisan di
masyarakat.
C. Anonim berarti diketahui dengan jelas nama pengarangnya.
D. Anonim berarti tidak diketahui nama pengarangnya.
E. Anonim berarti
tidak diketahui asal daerah ceritanya.
39. Maka anak baginda yang dua orang itu pun
sampailah usia tujuh tahun dan dititahkan pergi mengaji kepada Mualim Sufian.
Sesudah tahu mengaji, mereka dititah pula mengaji kitab usul, fikih, hingga
saraf, tafsir sekaliannya diketahuinya.
Nilai yang terkandung dalam penggalan hikayat tersebut
adalah....
A. Nilai sosial
B. Nilai moral
C. Nilai agama
D. Nilai budaya
E. Nilai seni
40.
Kata arkais
yang terdapat dalam penggalan hikayat di atas adalah....
A. Usia
B. Mengaji
C. Baginda
D. Tafsir
E. Sampailah
41.
Alkisah, ini
hikayat orang dahulu kala. Diceritakan orang yang empunya cerita ini kisah
pelanduk jenaka pribijaksana pandai ia berbuat dusta segala binatang di dalam
hutan rimba belantara. Demikianlah bunyinya, sekali peristiwa ada seekor
pelanduk, maka ia duduk kepada suatu rimba hampir dengan Gunung Indrakila
namanya disebut orang dan padang itu luasnya. Maka, banyaklah pada tempat itu
segala binatang margasatwa sekaliannya berhimpun di sana.
Latar tempat dari penggalan hikayat tersebut adalah....
A. Gunung Indrakila
B. Hutan rimba
C. Padang rumput
D. Kebun binatang
E. Margasatwa
42.
Penggalan
hikayat di atas menggunakan sudut pandang....
A. Orang pertama
B. Orang kedua
C. Orang ketiga
D. Orang pertama pelaku utama
E. Orang pertama pelaku sampingan
43.
Suatu hari,
sepasang suami istri yang dikutuk menjadi miskin, melahirkan seorang anak yang
bernama Marakarma. Sejak anak itu lahir,
keduanya pun mulai hidup berkecukupan.
Suatu saat, seorang ahli nujum meramalkan bahwa Marakarma akan membawa sial
bagi keluarganya. Ayah Murakarma pun meyakini hal tersebut dan sang anak pun
dibuangnya ke suatu tempat. Sejak anaknya dibuang, hidup Ayah Murakarma justru
semakin miskin lagi melarat. Di tempat lain, Murakarma yang terbuang belajar
berbagai kesaktian di tempat pembuangannya. Tanpa sebab yang jelas, dia dituduh
telah melakukan pencurian, dia pun dibuang ke lautan dan terdampar di pantai.
Saat terdampar di pantai, dia bertemu dengan seorang putri yang bernama Putri
Cahaya. Sang putri tersebut telah menyelamatkan hidup Murakarma. Sejak saat
itu, Murakarma pun pulang ke kampung halamannya untuk membantu orang tuanya
yang miskin.
Tulislah
amanat yang terkandung di dalam hikayat tersebut!
A. Jangan menyia-nyiakan darah
daging sendiri hanya karena perkataan orang lain.
B. Jangan membuang anak yang tak
berdosa.
C. Rawatlah anak-anak meski kondisi
miskin.
D. Janganlah merasa sombong saat
berada di atas. Karena roda kehidupan itu berputar.
E. Titipkan saja anak kita, jika
kita merasa tidak mampu untuk merawat dan membesarkannya.
44.
Maka baginda
pun bimbanglah, tiada tahu siapa yang patut dirayakan dalam negeri karena
anaknya kedua orang itu sama-sama gagah. Jikalau baginda pun mencari muslihat,
ia menceritakan kepada kedua anaknya bahwa ia bermimpi bertemu dengan seorang
pemuda dan berkata kepadanya: barang siapa yang dapat mencari buluh perindu
yang dipegangnya, ialah yang patut menjadi raja di dalam negeri.
Konflik penggalan hikayat tersebut adalah....
A. Mimpi baginda bertemu seorang pemuda
B. Kebimbangan baginda menentukan penerus
kekuasaannya.
C. Kedua anak baginda yang sama-sama gagah.
D. Baginda mendapat ide membuat sayembara bagi kedua
anaknya.
E. Baginda mencari muslihat untuk menipu kedua anaknya.
45.
Klasik Galuh
Pakuan yang selama tujuh belas tahun menderita akibat kepemimpinan Arya Kebonan
atau Raja Barma Wijaya yang semena-mena, kini kembali melanjutkan hidup dengan
sejuta harapan di hati setiap klasiknya. Siring kembalinya Putri Naga Ningrum
dan kehadiran putra mahkota Ciung Wanara, klasik berharap Galuh Pakuan juga
kembali menjadi negeri yang aman, damai, makmur, dan sejahtera seperti ketika
dipimpin oleh Prabu Permana Dikusuma.
Cuplikan cerita tersebut dapat digolongkan ke dalam cerita klasik karena
….
A. Berlatar kehidupan perkampungan
B. Penuh dengan konflik fisik
C. Berisi amanat yang tersirat
D. Penokohannya mudah ditebak
E. Bertema tentang kehidupan para
raja
46.
Pada zaman dahulu,
terdapatlah sebuah kerajaan yang tenteram dan damai, Kutatanggeuhan namanya.
Rajanya adil dan bijaksana. Ia bernama Prabu Suwarnalaya. Ia memerintah
kerajaan dengan didampingi oleh permaisurinya yang bernama Ratu Purbamanah.
Dalam teks hikayat, bagian
tersebut termasuk….
A. Orientasi
B. Evaluasi
C. Rangkkaian peristiwa
D. Resolusi
E. Koda
47.
Sang putri menerima
kalung itu lalu melihat-lihatnya sejenak. “Jelek sekali. saya tidak suka”,
katanya seraya melemparkan kalung itu ke muka sang Raja.
Kalung itu putus bercerai-berai. Hadirin membisu menyaksikan peristiwa
itu. Tak ada yang bergerak atau dapat berkata. Semua seperti membeku.
Majas yang tampak pada cuplikan cerita tersebut adalah….
A. alusio
B. eufemisme
C. metapora
D. hiperbola
E. aliterasi
48.
Watuwe lalu
mengingatkan agar Towjatuwa dan keturunannya tidak membunuh dan memakan daging
buaya. Apabila larangan itu dilanggar maka Towjatuwa dan keturunannya akan
mati. Sejak saat itu, Towjatuwa dan anak keturunannya berjanji untuk melindungi
binatang yang berada di sekitar Sungai Tami dari para pemburu.
Pesan moral yang terdapat pada cuplikan cerita
tersebut adalah ….
A. Harusnya orang makan daging
B. Pentingnya menepati janji
C. Harus menghormati orang lain
D. Kita harus pandai membahagiakan
orang lain
E. Hendaknya memilih keluarga yang
bisa memberikan keturunan
49. Sayembara itu diikuti oleh puluhan orang,
namun semua gagal mengalahkan kesaktian Adipati Kebo Marcuet. Hingga datanglah
seorang pemuda tampan dan gagah bernama Jaka Umbara yang berasal dari Pasuruan.
Ia adalah cucu Ki Ajah Pamengger yang merupakan guru sekaligus ayah angkat
Adipati Kebo Marcuet. Rupanya, Jaka Umbara mengetahui kelemahan Adipati Kebo
Marcuet. Maka, dengan senjata pusakanya, gada wesi kuning (gada yang terbuat
dari kuningan), dan dibantu oleh seorang pemanjat kelapa yang sakti bernama
Dayun, Jaka Umbara berhasil mengalahkan Adipati Kebo Marcuet.
Topik yang tepat
untuk dikembangkan menjadi sebuah cerpen berdasarkan cuplikan cerita tersebut
adalah ….
A. Kesaktian yang akan selalu
menjadi pemenang
B. Kegagahan yang selalu menjadi
penting bagi suatu perjuangan
C. Yang kalah menjadi abu,yang
menang akan menjadi arang
D. Ketidakbolehan menyombongkan diri
dalam berbagai kehidupan
E. Harusnya mengetahui kelemahan
lawan untuk memenangi suatu kompetisi
50.
Di tengah-tengah (1)
pesta, datanglah seorang nenek tua renta (2), yang langsung meminta sedekah
kepada Pak Kikir. “Tuan, berilah saya sedekah (3) dari harta Tuan yang
berlimpah ini”, kata yang nenerk dengan terbata-bata (4). Bukannya memberi, Pak
Kikir malah menghardik nenek tersebut dengan ucapan yang menyakitkan hati,
bahkan mengusirnya (5).
Kata-kata yang dianggap tidak
efektif atau berlebihan dalam cuplikan cerita tersebut ditandai dengan nomor ….
A. (1)
B.
(2)
C.
(3)
D.
(4)
E.
(5)
Pendidik bertugas Mendidik, maka Didiklah Diri Dengan Prilaku yang mendidik
EmoticonEmoticon