Monday 7 February 2022

PETUNJUK TEKNIS SELEKSI PRESTASI AKADEMIK NASIONAL (SPAN) PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM NEGERI (PTKIN) TAHUN 2022

jammadrasah

Lampiran Surat Keputusan
Ketua Panitia Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN
Nomor : 050/SPAN-UM/II/2022
Tanggal : 5 Februari 2022

PETUNJUK TEKNIS SELEKSI PRESTASI AKADEMIK NASIONAL (SPAN)
PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM NEGERI (PTKIN)
TAHUN 2022

I. PENDAFTARAN PDSS BAGI SATUAN PENDIDIKAN YANG MEMILIKI NPSN
II. PENDAFATRAN PDSS BAGI SATUAN PENDIDIKAN YANG TIDAK MEMILIKI NPSN


PANITIA NASIONAL
PENERIMAAN MAHASISWA BARU
PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM NEGERI
TAHUN 2022

  1. PENDAFTARAN PANGKALAN DATA SEKOLAH SISWA (PDSS)
  2. BAGI SATUAN PENDIDIKAN YANG MEMILIKI NPSN
A. Definisi
Berikut beberapa definisi yang yang dapat dalam petunjuk teknis:
a) PDSS adalah Pangkalan Data Sekolah Siswa.
b) NPSN adalah Nomor Pokok Sekolah Nasional.
c) NPSS adalah Nomor Pokok Sekolah Sementara.
d) NISS adalah Nomor Induk Siswa Sementara.
e) KKM adalah Kriteria Ketuntasan Minimal.

B. Ketentuan Umum
1. Satuan pendidikan MA/MAK/SMA/SMK sederajat memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN).
2. Satuan Pendidikan memiliki Kode Registrasi sekolah. Kode registrasi dapat dilihat pada akun Dapodik dan EMIS sekolah.
3. Satuan Pendidikan atau Kepala Sekolah memiliki nomor WhatsApp yang aktif dan dapat dihubungi.
4. Satuan Pendidikan atau Kepala Sekolah memiliki email yang aktif dan dapat dihubungi.
5. Satuan Pendidikan melakukan registrasi sekolah pada laman https://pdss.span-ptkin.ac.id/
6. Satuan Pendidikan mengunggah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Kelas X/1, Kelas X/2, Kelas XI/1, Kelas XI/2 dan Kelas XII/1.
7. Satuan Pendidikan meng-Unggah nilai siswa pada Kelas X/1, Kelas X/2, Kelas XI/1, Kelas XI/2 dan Kelas XII/1.
8. Pendaftaran PDSS dinyatakan selesai apabila Satuan Pendidikan melakukan Finalisasi Pendaftaran PDSS.
C. Alur Registrasi PDSS
D. Tata Cara Registrasi PDSS
1. Akses laman https://span-ptkin.ac.id/
2. Pilih PDSS,
atau akses laman https://pdss.span-ptkin.ac.id/
3. Pilih Daftarkan Sekolah
4. Tampilan Registrasi Sekolah
Siapkan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan Kode Registrasi Sekolah.
5. Masukan NPSN Sekolah kemudian pilih
6. Masukan Kode Registrasi Sekolah. Kode registrasi sekolah dapat didapat pada akun Dapodik Sekolah, kemudian pilh
7. Masukan Nomor WhatsApp Kepala Sekolah dan Email Kepala Sekolah. Catatan: Email harus aktif dan valid karena password Login Sekolah akan dikirimkan melalui Email tersebut. Kemudian Pilih
8. Selesai. Buka email dari SPAN-PTKIN, kemudian Pilih Login
9. Berikut Isi Email Sekolah
E. Tata Cara Login PDSS
1. Akses laman https://span-ptkin.ac.id/
2. Pilih PDSS
atau akses laman https://pdss.span-ptkin.ac.id/
3. Masukan NPSN dan Password yang di peroleh dari Email Kepala Sekolah atau Whatsapp Kepala Sekolah kemudian Pilih Login
F. Tata Cara Pengisian PDSS
Pengisian PDSS dapat dilakukan apabila sekolah sudah setelah melakukan Regitrasi Sekolah dan Login pada laman https://pdss.span-ptkin.ac.id/. Setelah Login, sekolah wajib melakukan langkah-langkah sebagai berikut:
1. Cek Profil Sekolah
Cek Kembali Profil sekolah, data Profil sekolah diambil dari data DAPODIK dan data EMIS. Pilih jika data belum sesuai sekolah dapat melakukan perbaikan data melalui Dapodik (https://vervalpdnew2.data.kemdikbud.go.id/) atau melalui EMIS.
2. Pilih Kurikulum yang diterapkan sekolah kemudian pilih
3. Pilih Pengaturan Jurusan
4. Pilih Perbarui Data Sekolah
5. Cek Data Jurusan dan Data Jumlah Siswa
Jika data sudah sesuai maka pilih
Jika data belum sesuai sekolah dapat melakukan perbaikan data melalui Dapodik (https://vervalpdnew2.data.kemdikbud.go.id/) atau melalui EMIS.
6. Mengunduh File template Excel KKM
Pilih
Pilih OK
7. Mengisi File Excel KKM
Hasil file unduhan KKM akan disesuaikan dengan data pada Dapodik, seperti halnya dengan Mata Pelajaran, secara otomatis disesuaikan dengan jenis sekolah. Sekolah hanya diijinkan merubah/mengisi kolon NILAI.
8. Meng-unggah File Excel KKM
Setelah mengisi file KKM, maka sekolah melakukan Unggah File Excel KKM
Pilih
Kemudian pilih file Excel KKM dan pilih Open.
9. Hasil Unggah KKM
Cek Kembali data KKM yang sudah di-unggah, jika terjadi kesalahan KKM sekolah dapat langsung memperbaikinya dengan cara klik pada kolom nilai KKM.
10. Pilih Data Siswa
11. Pilih Perbarui Data Siswa
Cek kembali Data Siswa (NISN, Nama, Jurusan, Jenis Kelamin), jika data belum sesuai sekolah dapat melakukan perbaikan data melalui Dapodik pada Link https://vervalpdnew2.data.kemdikbud.go.id/ atau
https://nisn.data.kemdikbud.go.id/; atau melalui EMIS.
12. Mengunggah Nilai Siswa
Jika data siswa sudah sesuai maka sekolah dapat mengunggah nilai siswa dengan memilih
Pilih
Unduh File Excel Nilai Siswa semua Jurusan
Kemudian isi File Nilai Siswa semua jurusan
Selajutnya pilih
Pilih salah satu file import_nilai_siswa_ips_xxxxxx.xls kemudian pilih Open.
Lakukan Kembali Pilih
Pilih salah satu file import_nilai_siswa_ipa_xxxxxx.xls kemudian pilih Open.
Jumlah File Excel import_nilai_siswa_jurusan_xxxxx tergantung jumlah jurusan yang ada pada sekolah masing-masing sesuai data yang terdaftar pada Dapodik.
13. Nilai Berhasil di-Unggah
Berikut tampilan jika nilai berhasil di-Unggah
G. Finalisasi PDSS
Sebelum melakukan Finalisasi, sekolah diharapkan melakukan pengecekan ulang apakah nilai siswa berhasil terunggah pada sistem, pastikan semua kolom .
Sekolah dapat melakukan tahapan Finalisasi dengan cara melakukan klik tombol
Tahapan terakhir, perhatikan informasi pengisian PDSS sebelum melakukan Finalisasi PDSS.
Pilih untuk melakukan tahapan terakhir.
H. Cetak Data Siswa
Setelah melakukan Finalisasi PDSS sekolah mencetak Data Siswa
Pilih
Hasil cetakan Data Siswa kemudian diberikan ke siswa.
I. Perbaikan Data Sekolah
Data Sekolah dan Data Siswa diambil dari data DAPODIK dan EMIS.
1. Jika ada perbaikan Data Pokok Sekolah, maka sekolah dapat melakukan perbaikan pada laman https://vervalpdnew2.data.kemdikbud.go.id/
2. Jika ada perbaikan Data Pokok Siswa, maka siswa dapat melakukan perbaikan data pada laman https://nisn.data.kemdikbud.go.id/
3. Satuan Pendidikan dibawah Kementerian Agama melakukan perbaikan Data Pokok untuk attribut yang terdiri dari Nama, NIK, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Jenis Kelamin dan Nama Ibu Kandung dapat melakukan perbaikan data pada laman https://vervalpdnew2.data.kemdikbud.go.id/ ,selain attribut tersebut dapat melakukan perbaikan data pada laman http://emispendis.kemenag.go.id
J. Perbaikan Data Nilai KKM Dan Nilai Siswa
Perbaikan data Nilai KKM dan Nilai Siswa dapat dilakukan selama Jadwal Pengisian dan Verifikasi data PDSS yaitu pada tanggal 07 - 28 Februari 2022 dengan cara sekolah mengajukan Surat Permohonan Pembatalan PDSS melalui email info@span-ptkin.ac.id dengan subject email NPSN_Permohonan Pembatalan Finalisasi PDSS.
Format Surat Permohonan dapat diunduh di laman https://pdss.span-ptkin.ac.id.
K. Kontak Kami
Sekolah dapat menghubungi kami melalui
Email : info@span-ptkin.ac.id
Website : https://span-ptkin.ac.id
Whatsapp : 081578901020 (chat)
Telepone : 024-3300 2000 (call)
Alamat Panitia SPAN-UM PTKIN:
Rektorat Lantai 2 Kampus 3 UIN Walisongo
Jl. Prof. Dr. Hamka Ngaliyan,
Semarang, Jawa Tengah 50185
LAMPIRAN:
Draf Surat Permohonan Pembatalan Finalisasi PDSS
KOP SURAT SEKOLAH / PONDOK PESANTREN
Nomor : ……………………………. .......... , ……………. 2022
Lampiran : …………………………….
Perihal : Permohonan Pembatalan Finalisasi Data PDSS SPAN PTKIN 2022
Yth. Sekretariat Panitia SPAN-UM PTKIN 2022
di Tempat
Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Yang bentanda tangan dibawah ini :
Nama :
NIP :
Pangkat/Gol :
Jabatan :
Nama Sekolah :
NPSN :
melalui surat ini kami sampaikan permohonan PEMBATALAN FINALISASI data untuk keikutsertaan dalam SPAN PTKIN Tahun 2022. Demikianlah permohonan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya, kami mengucapkan terimakasih.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Kepala Sekolah
Tdd
Nama Jelas
NIP/NIK
LAMPIRAN 2 : Daftar Mata Pelajaran
Pengisian Nilai Siswa sesuai template yang terunduh pada aplikasi SPAN-PTKIN, Satuan Pendidikan tidak diperkenankan mengubah/menambahkan kolom pada template nilai siswa.
1. Mata Pelajaran Jurusan IPA
2. Mata Pelajaran Jurusan IPS
3. Mata Pelajaran Jurusan Bahasa

PENDAFTARAN PANGKALAN DATA SEKOLAH SISWA (PDSS)
BAGI PONDOK PESANTREN YANG TIDAK MEMILIKI NPSN

A. Definisi
Berikut beberapa definisi yang yang dapat dalam petunjuk teknis:
a) PDSS adalah Pangkalan Data Sekolah Siswa.
b) NPSN adalah Nomor Pokok Sekolah Nasional.
c) NPSS adalah Nomor Pokok Sekolah Sementara.
d) NISS adalah Nomor Induk Siswa Sementara.
e) KKM adalah Kriteria Ketuntasan Minimal.
f) PDF adalah Pondok Pesantren Diniyah Formal
g) PKPPS adalah Pendidikan Kesetaraan Pondok Pesantren Salafiyah

B. Ketentuan Umum
1. Panduan ini diperuntukkan bagi Pesantren Mu’adalah/PDF/Pondok Pesantren Salafiyah/PKPPS yang tidak memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN).
2. Pesantren Mu’adalah/PDF/Pondok Pesantren Salafiyah/PKPPS harus memiliki Izin Operasional dari Kementerian Agama RI.
3. Pesantren Mu’adalah/PDF/Pondok Pesantren Salafiyah/PKPPS memiliki SK Kepala Sekolah/Kepala Pondok Pesantren Mu’adalah/PDF/PKPPS.
4. Pesantren Mu’adalah/PDF/Pondok Pesantren Salafiyah/PKPPS memiliki Nomor Whatsapp Kepala Sekolah/Kepala Pesantren Mu’adalah/PDF/Pondok Pesantren Salafiyah/PKPPS yang aktif dan dapat dihubungi.
5. Pesantren Mu’adalah/PDF/Pondok Pesantren Salafiyah/PKPPS memiliki email Kepala Sekolah/Kepala Pesantren Mu’adalah/PDF/Pondok Pesantren Salafiyah/PKPPS yang aktif dan dapat dihubungi.
6. Pesantren Mu’adalah/PDF/Pondok Pesantren Salafiyah/PKPPS melakukan Registrasi Sekolah pada laman https://pdss.span-ptkin.ac.id/
7. Pesantren Mu’adalah/PDF/Pondok Pesantren Salafiyah/PKPPS mengunggah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Kelas X/1, Kelas X/2, Kelas XI/1, Kelas XI/2 dan Kelas XII/1. Jika Pondok Pesantren Mu’adalah/PDF/PKPPS menggunakan penilaian dalam bentuk lain maka nilai KKM tetap di-Unggah.
8. Pesantren Mu’adalah/PDF/Pondok Pesantren Salafiyah/PKPPS mengunggah Nilai Siswa Kelas X/1, Kelas X/2, Kelas XI/1, Kelas XI/2 dan Kelas XII/1 Jika Pesantren Mu’adalah/PDF/Pondok Pesantren Salafiyah/PKPPS menggunakan penilaian dalam bentuk lain maka Nilai Siswa tetap di-Unggah.
9. Pendaftaran PDSS dinyatakan selesai apabila Pesantren Mu’adalah/PDF/Pondok Pesantren Salafiyah/PKPPS melakukan Finalisasi Pendaftaran PDSS.

C. Alur Registrasi PDSS
D. Tata Cara Registrasi PDSS
1. Akses laman https://span-ptkin.ac.id/
2. Pilih PDSS
atau akses ke laman https://pdss.span-ptkin.ac.id/
3. Pilih Permohonan NPSS
4. Tampilan Permohonan NPSS

Siapkan Data Sekolah yang terdiri dari: Jenis Sekolah, Nama Sekolah, Alamat Sekolah dan Data Pemohon yang terdiri dari: Nama Pemohon, NIK Pemohon, Pangkat Pemohon, Pangkat Pemohon, Jabatan Pemohon, Email Pemohon, No Handphone, No Whatsapp.

Catatan : Email harus Aktif dan Valid karena Nomor Pokok Sekolah Sementara (NPSS) akan di kirimkan melalui email tersebut, kemudian Pilih
5. Selesai. Permohonan paling lambat tervalidasi 1x24 jam.
Setelah tervalidasi buka email dari SPAN-PTKIN, kemudian Pilih Login
6. Berikut Isi Email Sekolah


E. Tata Cara Registrasi Sekolah
Setelah mendapatkan NPSS melalui email selanjutnya Pondok Pesantren Mua’dalah/PDF/PKPPS melakukan registrasi melalui laman https://pdss.span-ptkin.ac.id/ dengan tangkah sebagai berikut :
1. Pilih Daftarkan Sekolah
2. Tampilan Registrasi Sekolah
Siapkan Nomor Pokok Sekolah Sementara (NPSS)
7. Masukan NPSS Sekolah kemudian pilih
3. Upload Dokumen Sekolah
Lengkapi Tahun pendirian dan File SK Ijin Operasional dari Kementerian Agama RI selanjutnya pilih
4. Upload Dokumen Kepala Sekolah
Lengkapi Nama Kepala Sekolah, Tanggal Lahir Kepala Sekolah, Alamat Kepala Sekolah, No HP Kepala Sekolah, Email Kepala Sekolah, dan SK Kepala Sekolah.
Catatan: No HP dan Email harus aktif dan valid karena password login akan di kirimkan melalui Email tersebut. Kemudian Pilih
5. Data Sekolah
Lengkapi Data Sekolah diantaranya Jenis Sekolah, Jenis Kepemilikan, Jenis Kurikulum, Wilayah, Alamat, Nomor Telepon Sekolah, Nomor Faximile (jika ada), Email (email harus aktif dan valid), dan Website (jika ada).
Catatan: Email harus aktif dan valid karena password login sekolah akan di kirimkan melalui email tersebut, kemudian pilih
6. Pendaftaran PDSS Selesai
Permohonan tervalidasi paling lambat 1x24 jam. Buka email dari SPAN-PTKIN, kemudian Pilih Beranda
7. Berikut Isi Email Sekolah
Sekolah dapat melakukan tahapan login PDDS dan melakukan Pengisian PDSS jika sudah menerima email berikut.
F. Tata Cara Login PDSS
1. Akses laman https://span-ptkin.ac.id/
2. Pilih PDSS,
atau akses laman https://pdss.span-ptkin.ac.id/
3. Masukan NPSS dan password yang di peroleh dari Email Kepala Sekolah, kemudian Pilih Login
G. Tata Cara Pengisian PDSS
Pengisian PDSS dapat dilakukan setelah Regitrasi Sekolah selesai dan melakukan login pada laman https://pdss.span-ptkin.ac.id/. Setelah melakukan login, sekolah/pontren wajib melakukan langkah-langkah sebagai berikut:
1. Halaman PDSS
2. Pilih Pengaturan Jurusan
3. Pilih
4. Buat Jurusan Peminatan
Isikan Kolom Jurusan, Jenis, Masa Belajar, Kuota Siswa sesuai data yang terdapat pada pondok pesantren Anda.
Catatan: Kuota Siswa dapat diisikan dengan jumlah siswa yang akan didaftarkan pada SPAN-PTKIN, kemudian pilih
Hasil setelah pilih
Sekolah masih dapat jika terdapat lebih dari 1 (satu) Jurusan/Peminatan pada Pondok Pesantren.
5. Cek Data Jurusan dan Data Jumlah Siswa
Jika data sudah sesuai maka pilih
6. Mengunduh File Template Excel KKM
Pilih
Pilih OK
7. Mengisi File Excel KKM
Hasil file unduhan KKM akan disesuaikan sesuai data pada Jurusan/Pemintan yang telah dibuat pada Langkah huruf d.
Catatan: Pondok Pesantren yang memiliki hasil pembelajaran dalam bentuk lain pada tahap ini tetap mengisi KKM dan selanjutnya menyampaikan surat secara resmi terkait bentuk penilaian ke info@span-ptkin.ac.id dengan subjek email NPSS_Bentuk Penilaian Pondok pesantren.
8. Mengunggah File Excel KKM
Setelah mengisi file KKM maka sekolah mengunggah File Excel KKM
Kemudian Pilih
Pilih File Excel KKM Kemudian pilih Open.
9. Hasil Unggah KKM
Cek Kembali data KKM yang sudah diunggah, jika terjadi kesalahan KKM sekolah dapat langsung memperbaikinya dengan cara klik pada kolom nilai KKM.
10. Pilih Data Siswa
11. Pilih
Pilih Ok
12. Mengisi File Excel Siswa
Setelah terunduh, selanjutnya buka file excel dan isikan data siswa tersebut.
Catatan: Kosongkan bagian kolom NISN, karena NISN akan diberikan oleh sistem setelah data excel terupload.
13. Unggah File Excel Siswa
Setelah mengisi file excel siswa kemudian pilih
Pilih File Siswa_NPSS kemudian Pilih Open
Data Siswa selesai ter-Upload.
Cek kembali Data Siswa (Nama, Jurusan, Jenis Kelamin). Jika data belum sesuai, sekolah/pontren dapat melakukan perbaikan data dengan klik pada kolom yang akan diperbaiki kecuali kolom NISN.
Jika ada penambahan siswa sekolah dapat melakukan kembali proses di atas (poin 13) atau pilih
Abaikan proses ini jika tidak ada penambahan siswa, sekolah dapat melanjutkan ke proses berikutnya.
14. Mengunggah Nilai Siswa
Jika data siswa sudah sesuai sekolah dapat meng-unggah nilai siswa dengan pilih
Pilih
Unduh File Excel Nilai Siswa semua Jurusan
Kemudian isi File Nilai Siswa semua jurusan
Selajutnya Pilih
Pilih salah satu file import_nilai_siswa_ips_xxxxxx.xls kemudian pilih Open.
Lakukan Kembali Pilih
Pilih salah satu file import_nilai_siswa_ipa_xxxxxx.xls kemudian pilih Open.
Jumlah File Excel import_nilai_siswa_jurusan_xxxxx tergantung jumlah jurusan yang ada pada sekolah/pontren masing-masing sesuai data yang terdaftar pada Dapodik.
15. Nilai Berhasil diunggah
Berikut tampilan jika nilai berhasil di-Unggah

H. Finalisasi PDSS
Sebelum melakukan Finalisasi sekolah diharapkan melakukan pengecekan ulang apakah nilai siswa berhasil terunggah pada sistem, pastikan semua kolom .
Sekolah dapat melakukan tahapan Finalisasi dengan cara melakukan klik pada
Tahapan terakhir, perhatikan informasi Pengisian PDSS sebelum melakukan Finalisasi PDSS.
Pilih untuk melakukan tahapan terakhir.

I. Cetak Data Siswa
Setelah melakukan Finalisasi PDSS, sekolah/pontren mencetak Data Siswa
Pilih
Hasil cetakan Data Siswa kemudian diberikan ke siswa.
J. Perbaikan Data Sekolah, Data KKM dan Nilai Siswa
1. Perbaikan data KKM dan Nilai Siswa dapat dilakukan selama masa Pengisian dan Verifikasi Data PDSS, yaitu pada tanggal 07 - 28 Februari 2022.
2. Sekolah/pontren mengajukan Surat Permohonan Pembatalan PDSS ke email info@span-ptkin.ac.id dengan Subject Email NPSS_Permohonan Pembatalan Finalisasi PDSS.
3. Format Surat Permohonan dapat di unduh dilaman https://pdss.span-ptkin.ac.id.
K. Kontak Kami

Sekolah/pontren dapat menghubungi panitia melalui:
Email : info@span-ptkin.ac.id
Website : https://span-ptkin.ac.id
Whatsapp : 081578901020 (WA chat)
Telepone : 024-3300 2000 (Call)
Alamat Panitia SPAN-UM PTKIN
Rektorat Lantai 2 Kampus 3 UIN Walisongo
Jl. Prof. Dr. Hamka Ngaliyan,
Semarang, Jawa Tengah 50185


LAMPIRAN 1: Draf Surat Permohonan Pembatalan Finalisasi PDSS
KOP SURAT SEKOLAH / PONDOK PESANTREN
Nomor : ……………………………. ….......... , ……………. 2022
Lampiran : …………………………….
Perihal : Permohonan Pembatalan Finalisasi Data PDSS SPAN PTKIN 2022
Yth. Sekretariat Panitia SPAN-UM PTKIN 2022
di Tempat
Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Yang bentanda tangan dibawah ini :
Nama :
NIP :
Pangkat/Gol :
Jabatan :
Nama Sekolah :
NPSS :

Melalui surat ini kami sampaikan permohonan PEMBATALAN FINALISASI data untuk keikutsertaan dalam SPAN-PTKIN Tahun 2022. Demikianlah permohonan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya, kami mengucapkan terimakasih.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Kepala Sekolah
Tdd
Nama Jelas
NIP/NIK
LAMPIRAN 2 : Daftar Mata Pelajaran
4. Mata Pelajaran Jurusan Kejuruan
5. Mata Pelajaran Jurusan Keagamaan
6. Mata Pelajaran Jurusan Ponpes

Selamat Datang di Jammadrasah

Pendidik bertugas Mendidik, maka Didiklah Diri Dengan Prilaku yang mendidik
EmoticonEmoticon