Monday 14 February 2022

DOWNLOAD KISI-KISI UJIAN MADRASAH MADRASAH ALIYAH TAHUN PELAJARAN 2021/2022

KISI-KISI UJIAN MADRASAH MADRASAH ALIYAH TAHUN PELAJARAN 2021/2022

 

Jenjang

: Madrasah Aliyah

Mata Pelajaran

: Al-Qur’an Hadis

Program

: Semua Program

Kurikulum

: 2013 (KMA 183 Tahun 2019)

 


A.     KOMPETENSI PENGETAHUAN

 

NO

KOMPETENSI DASAR

MATERI ESENSIAL

INDIKATOR UJIAN

1.

3.1.      Menganalisis pengertian Al-Qur`an dan

wahyu menurut para ulama’

Definisi Al-Qur’an

Membandingkan dua definisi Al-

Qur’an dari para ulama

2.

3.2.      Menganalisis sejarah penurunan dan penulisan Al-Qur'an

Al-Qur’an secara bertahap

Menentukan makna tersirat dari

proses turun Al-Qur’an secara bertahap

3.

3.4.      Menganalisis kemukjizatan Al-Qur'an

Ayat tentang kemukjizatan Al-

Qur’an

Mengimplementasi kandungan ayat tentang kemukjizatan Al-

Qur’an

4.

3.5.      Menganalisis pokok-pokok isi Al-Qur`an

Kandungan ayat Al-Qur’an

Mengaitkan Ilustrasi dengan pokok kandungan ayat Al-Qur’an

5.

3.7.      Membandingkan pengertian hadis, sunah, khabar, dan asar

Pengertian hadis, sunah, khabar, dan asar

Menemukan perbedaan antara dua pengertian dari hadis atau

sunah atau khabar dan asar

6.

3.10. Menganalisis fungsi hadis terhadap Al- Qur`an

Kedudukan dan fungsi hadis

Menganalisis fungsi sebuah hadis terhadap ayat Al-Qur’an

7.

3.11. Menganalisis pembagian hadis dari segi

kuantitas dan pembagian hadis dari segi kualitasnya

Syarat-syarat hadis shahih

Mengaitkan syarat-syarat

kesahihan hadis dengan perilaku kehidupan kekinian

8.

3.13. Menganalisis QS. al-Mukminun [23]: 12- 14 tentang fase penciptaan manusia,

QS. an-Nahl [16]: 78 tentang

-    QS. al-Mukminun [23]: 12-14,

QS. al-Baqarah [2]: 30-32 tentang manusia sebagai

-    Menemukan makna tersirat dari kandungan ayat atau

hadis


 

 

 

 

kesempurnaan penciptaan manusia disertai  organ-organ,  QS. al-Baqarah [2]: 30-32 tentang manusia sebagai khalifah di bumi, QS. al-Dzariyat [51]: tentang tujuan penciptaan manusia dan jin. HR. Bukhari tentang penciptaan

manusia. dan HR. Bukhari tentang hak Allah dari manusia

khalifah di bumi,

-         HR. Bukhari tentang penciptaan manusia. dan

-         HR. Bukhari tentang hak Allah dari manusia

-    Mengaitkan kandungan ayat atau hadis dengan perilaku

9.

3.14. Menganalisis QS. al-Isra’ [17]: 23–24 dan QS. Luqman [31]: 13–17 tentang sikap kepada kedua orang tua dan HR. Muslim dari Abu Hurairah ra. tentang berbakti kepada kedua orang tua, dan HR. Bukhari Muslim dari Abdullah bin

Amr ra. tentang keutamaan merawat kedua orang tua

-    QS. al-Isra’ [17]: 23–24 dan

-    QS. Luqman [31]: 13–17

tentang sikap kepada kedua orang tua dan

-    HR. Bukhari Muslim dari Abdullah bin Amr ra. tentang keutamaan merawat kedua

orang tua

-        Menyimpulkan pesan ayat atau hadis

-        Menemukan makna tersirat dari ayat atau hadis

-        Mengaitkan contoh perilaku dengan ayat atau hadis

10.

3.15. Menganalisis QS. al-Isra’ [17]: 32 tentang larangan mendekati perbuatan zina, QS. an-Nur [24]: 2 tentang hukuman bagi pezina dan HR. Bukhari dari Abu Hurairah ra. tentang iman yang kuat mencegah perbuatan keji

-         QS. al-Isra’ [17]: 32 tentang larangan mendekati perbuatan zina dan

-         HR. Bukhari dari Abu Hurairah ra. tentang iman yang kuat mencegah

perbuatan keji

-        Menemukan makna tersirat dari kandungan ayat atau hadis

-        Menyimpulkan pesan/ kandungan ayat atau hadis

11.

3.17. Menganalisis QS. at-Taubah [9]: 122 tentang kewajiban menuntut ilmu, QS. Ali Imran [3]: 190-191 tentang ciri-ciri orang yang berilmu, HR. Ibnu Majah dari Anas bin Malik ra. tentang kewajiban menuntut ilmu dan HR. Bukhari dari Abdullah bin Amr ra. tentang kewajiban menyampaikan ilmu

-         QS. at-Taubah [9]: 122 tentang kewajiban menuntut ilmu,

-    QS. Ali Imran [3]: 190-191

tentang ciri-ciri orang yang berilmu,

-         HR. Bukhari dari Abdullah bin

Amr ra. tentang kewajiban menyampaikan ilmu

-        Menemukan makna tersirat dari ayat atau hadis

-        Mengaitkan contoh perilaku dengan kandungan hadis


 

 

 

12.

3.18. Menganalisis QS. at-Tahrim [66]: 6 tentang tanggungjawab dalam keluarga, QS. Taha [20]: 132 tentang perintah menegakkan shalat, QS.  al-An‘am  [6]: 70 tentang menjaga diri dari orang- orang yang terbuai dunia, QS. an-Nisa’ [4]:36 tentang perintah mentauhidkan Allah dan berbuat baik, QS. Hud [11]: 117–119 tentang Allah tidak membinasakan secara semena-mena kepada suatu kaum yang berbuat kebaikan, HR. Bukhari  dari  Abdullah bin Umar ra. tentang tanggungjawab, dan HR. Abu Dawud dari Rabi’ bin Sabrah ra. tentang perintah memerintahkan anak untuk menegakkan shalat. dan HR. Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah ra. tentang hak seorang muslim atas

muslim yang lain

-         QS. at-Tahrim [66]: 6 tentang tanggungjawab dalam keluarga,

-         QS. an-Nisa’ [4]:36 tentang perintah mentauhidkan Allah dan berbuat baik,

-         HR. Bukhari dari Abdullah bin Umar ra. tentang tanggungjawab

-         HR. Abu Dawud dari Rabi’ bin Sabrah ra. tentang perintah memerintahkan anak untuk menegakkan shalat

-        Menemukan makna tersirat dari kandungan ayat

-        Menemukan kaitan pernyataan yang sesuai dengan kandungan ayat atau hadis

13.

3.19. Menganalisis QS. al-Baqarah [2] :148 berbuat kebajikan, QS. Fathir [35]: 32 beberapa penyikapan terhadap Al- Qur'an, QS. an-Nahl [16]: 97 tentang balasan amal shalih, dan HR. Bukhari

dari Abu Hurairah ra. anjuran beramal sesegera mungkin

-         QS. al-Baqarah [2] :148 tentang berbuat kebajikan,

-         QS. an-Nahl [16]: 97 tentang balasan amal shalih,

-         HR. Bukhari dari Abu

Hurairah ra. tentng anjuran beramal sesegera mungkin

-        Menemukan makna/ pesan tersirat dari ayat atau hadis

-        Menganalisis kandungan ayat atau hadis

14.

3.20. Menganalisis QS. al-Jumu‘ah [62]: 9–11 tentang beribadah dan berusaha, QS. al-Qasas [28]: 77 tentang kehidupan dunia dan akhirat, HR. Ibnu Majah dari

Miqdam bin Ma’dikarib r.a. tentang

-    QS. al-Jumu‘ah [62]: 9–11 tentang beribadah dan berusaha,

-    QS. al-Qasas [28]: 77 tentang

kehidupan dunia dan akhirat,

-        Menganalisis kandungan ayat atau hadis

-        Mengaitkan perilaku-perilaku manusia yang sesuai dengan

kandungan ayat atau hadis


 

 

 

 

kemandirian, dan HR. Ibnu Majah dari Hisyam bin Urwah tentang keutamaan bekerja

-    HR. Ibnu Majah dari Miqdam bin Ma’dikarib r.a. tentang kemandirian, dan HR. Ibnu Majah dari Hisyam bin Urwah

tentang keutamaan bekerja

 

15.

3.21. Menganalisis QS. al-Baqarah [2]:168– 169, QS. al-Baqarah [2]: 172–173 tentang mengonsumsi makanan yang baik dan halal, HR. Abu Dawud dari Ma’dikarib r.a. tentang beberapa makanan yang diharamkan, dan HR. Tirmizi dari Abu Hurairah ra. tentang sebab turun ayat perintah makanan yang halal

-    QS. al-Baqarah [2]:168–169, QS. al-Baqarah [2]: 172–173 tentang mengonsumsi makanan yang baik dan halal,

-         HR. Abu Dawud dari Ma’dikarib r.a. tentang beberapa makanan yang diharamkan

-         HR. Tirmizi dari Abu Hurairah

ra. tentang sebab turun ayat perintah makanan yang halal

-        Mengaitkan ilustrasi dengan ayat atau hadis

-        Menemukan makna tersirat dari hadis atau ayat

16.

3.22. Menganalisis QS. az-Zukhruf [43]: 9–13 tentang nikmat Allah dan syukur, QS. al-‘Ankabut [29]:17 tentang beribadah dan bersyukur, HR. Ahmad dari Asy’ab bin Qaisy ra. tentang syukur kepada Allah, Dan HR. Abu Dawud dari Abu Hurairah ra., dan HR. Muslim dari Abu Hurairah ra. tentang melihat orang yang

lebih tidak beruntung agar merasakan anugerah Allah

-         QS. az-Zukhruf [43]: 9–13 tentang nikmat Allah dan syukur,

-         HR. Ahmad dari Asy’ab bin Qaisy ra. tentang syukur kepada Allah,

-         HR. Muslim dari Abu Hurairah ra. tentang melihat orang yang lebih tidak beruntung agar

merasakan anugerah Allah

-        Mengaitkan ilustrasi/ pernyataan dengan ayat atau hadis

-        Menemukan pesan/ makna tersirat dari ayat atau hadis

17.

3.23. Menganalisis QS. al-Furqan (25): 67 tentang kesederhanaan, QS. al-Isra’ (17): 26–27, 29–30 tentang kesederhanaan dalam hidup, QS. al-

Qashash (28): 79–82, QS. al-Baqarah

(2): 177 tentang beberapa macam

-         QS. al-Furqan (25): 67 tentang kesederhanaan,

-    QS. al-Isra’ (17): 26–27, 29–30

tentang kesederhanaan dalam hidup,

-         HR. Ibnu Majah dan Ahmad

-        Menentukan kandungan pokok dari ayat atau hadis

-        Menilai kaitan ilustrasi dengan kandungan ayat atau hadis

-        Mengaitkan perilaku-perilaku


 

 

 

 

kebajikan, QS. al-Ma‘un (107): 1–7 tentang bermegah-megahan di dunia dan hadis riwayat Ibnu Majah dan Ahmad dari Abdullah bin Amru tentang larangan berlebih-lebihan, dan HR. Bukhari dari Hakim bin Hizam tentang keutamaan memberi daripada menerima, dan Tirmidzi, Ibnu Majah

dan Muslim tentang proporsi dalam tubuh seorang muslim

dari Abdullah bin Amru tentang larangan berlebih- lebihan,

-         HR. Bukhari dari Hakim bin Hizam tentang keutamaan memberi daripada menerima,

-         HR. Tirmidzi, Ibnu Majah dan Muslim tentang proporsi dalam tubuh seorang muslim

dengan kandungan ayat atau hadis

18.

3.24. Menganalisis QS. al-Baqarah [2]: 155– 157 macam-macam ujian dari Allah Swt., QS. Ali Imran [3]: 186 tentang keniscayaan ujian dari Allah Swt., hadis riwayat Muslim dari Suhaib tentang sikap orang mukmin dalam keadaan apapun, dan HR. Tirmidzi dari Mus’ab bin Sa’ad tentang cobaan bagi manusia

-    QS. al-Baqarah [2]: 155–157 macam-macam ujian dari Allah Swt.,

-         QS. Ali Imran [3]: 186 tentang keniscayaan ujian dari Allah Swt.,

-         HR. Muslim dari Suhaib tentang sikap orang mukmin

dalam keadaan apapun

-        Menemukan makna tersirat dari ayat atau hadis

-        Menyimpulkan kandungan pokok dayat atau hadis

19.

3.25. Menganalisis QS. ar-Rum [30]: 41–42 kerusakan alam di bumi, QS.  al-A‘raf [7]: 56–58 tentang larangan berbuat kerusakan di bumi, QS. Shad [38]: 27 tentang penciptaan alam dengan benar, QS. al-Furqan [25]: 45–50 tentang ciptaan Allah untuk manusia, QS. al- Baqarah [2]: 204–206 tentang perilaku orang munafik terhadap kelestarian alam, dan HR.  Bukhari Muslim dari Anas bin Malik tentang menanam tanaman

-    QS. ar-Rum [30]: 41–42

kerusakan alam di bumi,

-         QS. al-A‘raf [7]: 56–58 tentang larangan berbuat kerusakan di bumi,

-    QS. al-Furqan [25]: 45–50 tentang ciptaan Allah untuk manusia,

-    QS. al-Baqarah [2]: 204–206 tentang perilaku orang munafik terhadap kelestarian alam,

-         HR. Bukhari Muslim dari Anas

-        Menemukan kandungan pokok ayat atau hadis

-        Mengaitkan ilustrasi dengan ayat atau hadis

-        Mengaitkan perilaku-perilaku dengan ayat atau hadis


 

 

 

 

 

bin Malik tentang menanam

tanaman

 

20.

3.26. Menganalisis QS. al-‘Alaq [96]: 1–5 tentang perintah membaca, QS. Yunus [10]: 101 tentang perintah memperhatikan gejala alam, QS. al- Baqarah [2]: 164 tentang fenomena alam sebagai  sumber  ilmu pengetahuan, QS. al-Hujurat [49]: 6 tentang sikap selektif terhadap setiap informasi, dan HR. Abu Dawud dari Abu Darda’ tentang keutamaan mencari

ilmu

-         QS. al-‘Alaq [96]: 1–5 tentang perintah membaca,

-         QS. Yunus [10]: 101 tentang perintah memperhatikan gejala alam,

-         QS. al-Hujurat [49]: 6 tentang sikap selektif terhadap setiap informasi,

-         HR. Abu Dawud dari Abu

Darda’ tentang keutamaan

mencari ilmu

-        Menemukan pesan/ perintah yang terkadung dalam ayat atau hadis

-        Menganalisis kandungan ayat atau hadis

21.

3.27. Menganalisis QS. an-Nahl (16): 125 tentang kewajiban berdawah, QS. asy- Syu‘ara‘ (26): 214–216, tentang fase dakwah secara sembunyi-sembunyi, QS. al-Hijr (15): 94–96 tentang dakwah secara terang-terangan, Muslim dari Abu Hurairah tentang balasan bagi motivator kebaikan

-         QS. an-Nahl (16): 125 tentang kewajiban berdawah,

-    QS. asy-Syu‘ara‘ (26): 214– 216, tentang fase dakwah secara sembunyi-sembunyi,

-         QS. al-Hijr (15): 94–96 tentang dakwah secara terang- terangan,

-         HR. Muslim dari Abu Hurairah tentang balasan bagi motivator kebaikan

-        Menemukan makna tersirat dalam ayat atau hadis

-        Menilai kaitan ilustrasi dengan ayat atau hadis

-        Menentukan pernyataan yang sesuaid dengan kandungan ayat atau hadis

22.

3.28. Menganalisis QS. Ali Imran (3): 104 tentang kewajiban amar makruf nahi munkar, QS. Ali Imran (3): 110 tentang umat terbaik, QS. al-Maidah (5): 78-80 tentang ancaman bagi yang tidak amar

makruf nahi munkar, hadis riwayat Muslim dari Abu Said tentang perintah

-         QS. Ali Imran (3): 104 tentang kewajiban amar makruf nahi munkar,

-         QS. Ali Imran (3): 110 tentang umat terbaik,

-         HR. Muslim dari Abu Said tentang perintah mengubah

-        Menemukan kandungan pokok ayat atau hadis

-        Mengaitkan ayat atau hadis dengan perilaku kekinian


 

 

 

 

mengubah kemunkaran sesuai

kemampuan

kemunkaran sesuai

kemampuan

 

23.

3.29. Menganalisis QS. Ali Imran (3): 159 tentang isyarat berdemokrasi, QS. asy- Syura (42): 38 tentang musyawarah, hadis riwayat Muslim dari Malik al- Asyja‘i tentang kepemimpinan, dan HR.

Bukhari tentang amanah

-         QS. Ali Imran (3): 159 tentang isyarat berdemokrasi,

-         HR. Muslim dari Malik al-

Asyja‘i tentang kepemimpinan,

-        HR. Bukhari tentang amanah

-        Menilai/ memberi komentar kaitan ilustrasi dengan ayat atau hadis

-        Menemukan makna tersirat dari ayat atau hadis

24.

3.30. Menganalisis QS. al-Maidah (5): 8–10 tentang menegakkan keadilan, QS. at- Taubah (9): 119 tentang bergaul dengan orang yang jujur, QS. an-Nahl (16): 90– 92 tentang perintah berlaku adil dan jujur, QS. an-Nisa’ (4): 105 tentang larangan berkhianat, dan HR. Muslim dari Abdullah tentang dampak dari

sikap jujur dan dusta

-         QS. al-Maidah (5): 8–10 tentang menegakkan keadilan,

-    QS. an-Nahl (16): 90–92

tentang perintah berlaku adil dan jujur,

-         HR. Muslim dari Abdullah tentang dampak dari sikap jujur dan dusta

-        Menemukan pesan/ perintah yang terdapat dalam ayat atau hadis

-        Menentukan pernyataan yang sesuali dengan kandungan ayat atau hadis

 


B.     KOMPETENSI KETERAMPILAN

 

NO

KOMPETENSI DASAR

MATERI ESENSIAL

INDIKATOR UJIAN

1.

4.5.      Mengomunikasikan pokok- pokok ajaran Al-Qur`an dan

contoh ayat-ayatnya

Kandungan pokok Al-Qur’an

Membuat bagan/ skema/ infografis tentang kandungan pokok Al-Qur’an

2.

4.11. Menyajikan pembagian hadis

dari segi kuantitas dan kualitas dalam bentuk bagan

Pembagian hadis dari segi kualitas dan kuantitas

Membuat bagan/ skema/ infografis pembagian hadis

3.

4.12. Mempresentasikan hasil analisis

biografi tokoh-tokoh hadis dan

Tokoh hadis dan kitabnya

Membuat tabel perbandingan

karakteristik, kelebihan,


 

 

 

 

kitabnya

 

kekurangan kitab-kitab hadis

4.

4.13. Mengomunikasikan Q.S. al- Mukminun (23): 12-14, Q.S. an- Nahl (16): 78, Q.S. al-Baqarah

(2): 30-32, Q.S. al-Dzariyat (51): dan hadis terkait

-    QS. al-Mukminun (23): 12-14 tentang proses penciptaan manusia

Membuat infografis fase-fase penciptaan manusia dikaitkan dengan ilmu pengetahuan lain

5.

4.21. Mengomunikasikan Q.S. al- Baqarah (2):168–169, Q.S. al- Baqarah (2): 172–173, dan hadis

terkait

-    QS. al-Baqarah (2):168–169, QS.

al-Baqarah (2): 172–173 tentang

mengonsumsi makanan yang baik dan halal

Membuat daftar variasi menu yang sehat selama satu minggu

6.

4.23.1.     Mendemonstrasikan hafalan, terjemahan ayat dan hadis tentang sikap sederhana dan santun

4.23.2.     Menyajikan keterkaitan analisis ayat dan hadis tentang sikap sederhana dan santun dengan fenomena sosial

-        QS. al-Furqan (25): 67 tentang kesederhanaan,

-    QS. al-Isra’ (17): 26–27, 29–30

tentang kesederhanaan dalam hidup,

-        HR. Ibnu Majah dan Ahmad dari Abdullah bin Amru tentang larangan berlebih-lebihan,

-        HR. Bukhari dari Hakim bin Hizam tentang keutamaan memberi daripada menerima,

-        HR. Tirmidzi, Ibnu Majah dan Muslim tentang proporsi dalam

tubuh seorang muslim

Membuat laporan analisis profil tokoh tentang dampak perilaku sederhana dan perilaku boros, yang dibuat dalam bentuk infografis

7.

4.25.1.     Mendemonstrasikan hafalan, terjemahan ayat dan hadis tentang kelestarian lingkungan hidup

4.25.2.     Menyajikan laporan hasil perlakuan terhadap lingkungan

-    QS. ar-Rum (30): 41–42

kerusakan alam di bumi,

-        QS. al-A‘raf [7]: 56–58 tentang larangan berbuat kerusakan di bumi,

-        QS. al-Furqan [25]: 45–50 tentang ciptaan Allah untuk manusia,

-    QS. al-Baqarah [2]: 204–206

-        Mempraktikkan hafalan ayat, terjemah ayat atau hadis

-        Membuat laporan analisis kerusakan alam


 

 

 

 

 

tentang perilaku orang munafik terhadap kelestarian alam,

-    HR. Bukhari Muslim dari Anas bin Malik tentang menanam

tanaman

 

8.

4.27.1.     Menyajikan hasil analisis ayat dan hadis tentang dakwah

4.27.2.     Mempraktikkan cara

berdakwah secara lisan atau tulisan

-        QS. an-Nahl (16): 125 tentang kewajiban berdawah,

-        HR. Muslim dari Abu Hurairah tentang balasan bagi motivator

kebaikan

-    Merumuskan strategi dakwah melalui media sosial atau media lainnya yang ditampilkan dalam bentuk info grafis

9.

4.28.1.     Mendemonstrasikan hafalan, terjemahan ayat dan hadis tentang amar makruf nahi munkar

4.28.2.     Menyajikan keterkaitan ayat dan hadis tentang amar makruf nahi munkar dengan

fenomena sosial

Amar makruf nahi munkar

 


 

 

KISI-KISI UJIAN MADRASAH TAHUN PELAJARAN 2021/2022

 

 

Jejang

: Madrasah Aliyah

Mata Pelajaran

: Akidah Akhlak

Program

: IPA/IPS/Bahasa

Kurikulum

: 2013 (KMA 183/2019)

 

A.     KOMPETENSI PENGETAHUAN

 

NO

KOMPETENSI DASAR

MATERI ESENSIAL

INDIKATOR UJIAN

1.

3.1. Menganalisis sifat  wajib  Allah  (nafsiyah,

salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah) dan sifat-sifat jaiz Allah Swt.

Sifat-sifat wajib dan jaiz Allah

Menentukan     salah     satu                                sifat          wajib (nafsiyah,        salbiyah,                                ma’ani                                    dan

ma’nawiyah), atau sifat-sifat jaiz Allah

2.

3.2. Menganalisis        keutamaan                                       dan                                       adab

berbakti    kepada     orang                        tua              dan                        guru berdasarkan dalil dan pendapat ulama

Adab berbakti kepada orang tua dan guru

Merinci adab  berbakti  kepada  orang

tua dan guru berdasarkan dalil dan pendapat ulama

3.

3.7. Menganalisis  makna,   dalil   dan   ciri-ciri

Islam washatiyah (moderat) dan ciri-ciri pemahaman Islam radikal

Islam                       washatiyah radikal

dan

Membandingkan makna, dalil, dan ciri-

ciri antara Islam washatiyah (moderat), dan Islam radikal

4.

3.8. Menganalisis hakikat dan sifat dasar nafsu syahwat dan ghadlab; serta cara menundukkannya melalui mujaahadah

dan riyaadhah

Menundukkan syahwat dan ghadlab

nafsu

Menguraikan hakikat dan sifat dasar nafsu syahwat, dan ghadlab melalui mujaahadah dan riyaadhah

5.

3.9. Menganalisis sebab-sebab, contoh dan cara menghindari perilaku licik, tamak, zhalim dan diskriminasi

Menjauhi perilaku tercela

Menjelaskan sebab-sebab, con-toh dan cara menghindar perilaku tercela; perilaku licik, tamak, zhalim, dan

diskriminasi

6.

3.1. Menganalisis latar belakang munculnya aliran-aliran                                    kalam                                    dalam                                    peristiwa

tahkim

Aliran-aliran     kalam                                   dalam peristiwa tahkim

Mengidentifikasi     aliran-aliran                               kalam dalam peristiwa tahkim

7.

3.2.  Menganalisis        perilaku                                                  dan                                                  dampak

negatif  serta  upaya  menghindari  dosa-

Menghindari perilaku  dosa

besar

Membedakan                                      antara                                      perilaku

besar,      dampak                    negatif,                    dan

dosa

upaya


 

 

 

NO

KOMPETENSI DASAR

MATERI ESENSIAL

INDIKATOR UJIAN

 

dosa besar (membunuh, liwath, LGBT, meminum khamr, judi, mencuri, durhaka kepada orang tua, meninggalkan sholat, memakan harta anak yatim dan korupsi)

 

menghindari             dosa-dosa                                besar; membunuh, liwath, LGBT, meminum khamr, judi, mencuri, durhaka kepada orang tua, meninggalkan sholat,

memakan harta anak yatim, dan korupsi

8.

3.5.       Menganalisis      sifat-sifat   utama                     Putri

Rasulullah,                                  Fatimatuzzahra                               ra.                                  dan Uways al-Qarni

Kisah              teladan                           Putri

Rasulullah                                Fatimatuzzahra ra. dan Uways al-Qarni

Membandingkan         sifat-sifat                                      utama

antara      Putri    Rasulullah                     Fatimatuz- zahra ra. dan Uways al-Qarni

9.

3.7.          Menganalisis         bentuk        dan                               cara menghindari akhlak tercela; israf, tabzir,

dan bakhil

Menghindari akhlak tercela seperti     israf,      tabzir,                      dan

bakhil

Membedakan         bentuk dan                                         cara menghindari     akhlak                                    tercela                                    antara

israf, tabzir, dan bakhil

10.

3.9.  Menganalisis        dalil,                                                  kedudukan                                                  dan

fungsi     syari’at,      tarekat                    dan                ma’rifat

dalam ajaran Islam

Syari’at, tarekat dan ma’rifat

dalam ajaran Islam

Menentukan      dalil,                                   kedudukan,                                   dan fungsi syariat, tarekat, dan ma’rifat

dalam ajaran Islam

11.

3.10. Menganalisis definisi, tokoh utama dan inti ajaran tasawuf (Imam Junaid al- Baghdadi, Rabiah al-Adawiyah, al- Ghazali, Syekh Abdul Qadir al-Jailani)

Tokoh utama dan inti ajaran tasawuf (Imam Junaid al- Baghdadi, Rabiah al-

Adawiyah, al-Ghazali, Syekh Abdul Qadir al-Jailani)

Menguraikan tokoh utama dan inti ajaran tasawuf Imam Junaid al- Baghdadi, Rabiah al-Adawiyah, al-

Ghazali, dan Syekh Abdul Qadir al- Jailani

12.

3.11. Menganalisis kisah keteladanan sahabat

Abdurrahman bin Auf dan Abu Dzar al- Ghifari

Kisah       teladan                    Abdurrah-

man bin  Auf dan Abu Dzar al-Ghifari

Menelaah               kisah                                      keteladanan

Abdurrahman bin Auf dan Abu Dzar al-Ghifari

13.

3.1. Menganalisis makna dan upaya meneladani Al Asma’ al Husna: al- Afuww, al-Razzaq, al-Malik, al-Hasib, al- Hadi, al-Khalik dan al-Hakim

Cerminan nilai mulia Al Asma’ al Husna: al-Afuww, al-Razzaq, al-Malik, al-Hasib, al-Hadi, al-Khalik dan al-

Hakim

Menjelaskan makna  dan  keteladanan Al Asma’ al Husna: al-Afuww, al- Razzaq, al-Malik, al-Hasib, al-Hadi, al- Khalik, dan al-Hakim

14.

3.2. Menganalisis makna, pentingnya, dan upaya memiliki sikap tasamuh (toleransi), musawah (persamaan)

Sikap       tasamuh                  (toleransi), musawah                  (persaamaan)

dera-jat,                                               tawasuth

Membedakan              antara                                               makna, pentingnya, dan upaya memiliki sikap

tasamuh     (toleransi),                          musawah       (per-


 

 

 

NO

KOMPETENSI DASAR

MATERI ESENSIAL

INDIKATOR UJIAN

 

derajat,         tawasuth                           (moderat),     dan

ukhuwwah (persaudaraan)

(moderat),   dan                             ukhuwwah

(persaudaraan)

samaan) derajat,  tawasuth  (moderat),

dan ukhuwwah (persaudaraan)

15.

3.3. Menganalisis konsep, penyebab, dan cara menghindari sifat tercela nifaq, keras hati, dan ghadab (pemarah)

Menghindar dari penyakit hati nifaq, keras hati, dan ghadab (pemarah)

Menguraikan konsep, penye-bab, dan cara menghindari sifat tercela diantaranya nifaq, keras hati, dan

ghadab (pemarah) dalam kehidupan bermasyarakat

16.

3.5. Mengevaluasi kisah kesufian Imam Hanafi, Imam Malik, Imam Asy-Syafei dan Imam Ahmad bin Hanbal

Kisah           kesufian                        Imam Hanafi, Imam Malik, Imam

Asy-Syafei dan Imam Ahmad bin Hanbal

Mendeskripsikan kisah kesu-fian Imam Hanafi, Imam Malik, Imam Asy- Syafei, dan Imam Ahmad bin Hanbal

17.

3.6. Menganalisis konsep dan pentingnya perilaku semangat sikap bekerja keras, kolaboratif, fastabiqul khairat, optimis,

dinamis, kreatif, dan inovatif

Perilaku semangat sikap bekerja keras, kolaboratif, fastabiqul   khairat,   optimis,

dinamis, kreatif, dan inovatif

Menelaah perilaku semangat sikap bekerja keras, kola-boratif, fastabiqul khairat, optimis, dinamis, kreatif, dan

inovatif

18.

3.7. Menganalisis konsep dan cara menghindari perilaku fitnah, berita bohong (hoaks), namimah, tajassus dan ghibah

Menghindari perilaku fitnah, berita bohong (hoaks), namimah, tajassus dan ghibah

Menguraikan konsep dan cara menghindari perilaku fitnah, berita bohong (hoaks), nami-mah, tajassus,

dan ghibah dalam kehidupan bermasya-rakat

19.

3.8.        Menerapkan       akhlak                mulia                       dalam

berorganisasi dan bekerja

Etika     dalam                  berorganisasi

dan bekerja (profesi)

Menjelaskan                   etika                                                 dalam

berorganisasi, dan bekerja (profesi)

20.

3.9. Menganalisis keteladanan sifat-sifat positif Kyai Kholil al-Bangkalani, Kyai Hasyim Asy'ari, dan Kyai Ahmad Dahlan

Keteladanan tokoh Islam Kyai Kholil al-Bangkalani, Kyai Hasyim Asy'ari, dan Kyai Ahmad Dahlan

Mendeskripsikan keteladanan sifat- sifat positif tokoh Islam Kyai Kholil al- Bangkalani, Kyai Hasyim Asy'ari, dan

Kyai Ahmad Dahlan yang patut dicontoh dalam kehidupan sehari-hari


 

 

B.     KOMPETENSI KETERAMPILAN

 

NO

KOMPETENSI DASAR

MATERI ESENSIAL

INDIKATOR UJIAN

1.

4.2. Menyajikan hasil analisis tentang makna, pentingnya,  dan   upaya   memiliki   sikap tasamuh (toleransi), musawah (persamaan) derajat, tawasuth (moderat), dan ukhuwwah (per-saudaraan)  dalam   menjaga   keutuhan NKRI

Kunci        kerukunan                     dalam menjaga keutuhan NKRI

Membuat karya tulis/makalah tentang upaya bersikap tasamuh (toleransi), menjunjung tinggi sikap musawah (persamaan) derajat,                                selalu                                menjaga ukhuwwah                                     (persaudaraan) dalam menjaga keutuhan NKRI

tercinta

2.

4.4. Meyajikan hasil analisis tentang adab Islam dalam bergaul dengan sebaya, yang lebih tua, yang lebih muda dan lawan jenis

Etika bergaul dalam Islam dengan teman sebaya yang lebih tua, lebih muda dan lawan jenis

Membuat video mempraktikkan contoh etika bergaul dalam Islam baik dengan teman sebaya, yang lebih muda, dan lawan jenis dalam kehidupan

sehari-hari


 

Jejang

: Madrasah Aliyah

Mata Pelajaran

: Fikih

Program

: MIPA, IPS dan Bahasa

Kurikulum

: 2013 (KMA 183 Tahun 2019)

 A.     KOMPETENSI PENGETAHUAN                                                                                                                                 

 

NO

KOMPETENSI DASAR

MATERI ESENSIAL

INDIKATOR UJIAN

 

Kelas X

 

 

1

3.2 Menganalisis ketentuan pemulasaraan jenazah

Tata cara pemulasaraan jenazah

Mengorganisasikan tata cara pemulasaraan jenazah

2

3.3 Mengevaluasi ketentuan zakat dalam hukum

Islam dan undang-undang pengelolaan zakat

Harta benda yang wajib

dizakati

Menelaah ketentuan zakat

harta benda

3

3.4 Menganalisis implementasi ketentuan haji

dan umrah

Tata cara melaksanakan

ibadah haji

Mengklasifikasikan tata

cara melaksanakan haji

4

3.5 Menganalisis ketentuan pelaksanaan qurban dan aqiqah serta hikmahnya

Ketentuan qurban dan aqiqah

Membandingkan ketentuan qurban dengan aqiqah

5

3.6 Menganalisis konsep akad, kepemilikan

harta benda, dan ihya’ul mawat

Macam-macam

kepemilikan

Membedakan macam-

macam kepemilikan

6

3.7 Menganalisis ketentuan tentang jual beli, khiyar, salam dan hajr

Tata cara jual beli, khiyar, salam dan hajr

Mengorganisasikan ketentuan jual beli, khiyar,

salam dan hajr

7

3.9 Mengevaluasi hukum riba, bank dan

asuransi

Hukum riba, bank dan

asuransi

Mengkritisi hukum riba,

bank dan asuransi

 

Kelas XI

 

 

8

3.1 Menganalisis ketentuan tentang jinayat dan

Jinayat dan hikmahnya

Membandingkan macam-


 

 

 

 

hikmahnya

 

macam jinayat dan hikmahnya

9

3.2 Menganalisis ketentuan tentang hukum

hudud dan hikmahnya

Macam-macam hudud

Membandingkan macam-

macam hudud

10

3.5 Menganalisis ketentuan perkawinan dalam hukum Islam dan perundang-undangan

Perkawinan dalam hukum Islam dan perundang- undangan

Membandingkan perkawinan dalam hukum Islam dan perundang-

undangan

11

3.6 Mengevaluasi ketentuan talak dan rujuk dan akibat hukum yang menyertainya

Talak dan rujuk dan akibat hukum yang menyertainya

Mengorganisasikan contoh talak dan rujuk serta akibat

hukum yang menyertainya

12

3.7 Menganalisis ketentuan hukum waris dan wasiat

Cara mengitung waris

Mengorganisasikan contoh

kasus cara menghitung waris

 

Kelas XII

 

 

13

3.2 Menganalisis sumber hukum Islam yang muttafaq (disepakati) dan mukhtalaf (tidak disepakati)

Sumber hukum Islam muttafaq dan sumber hukum Islam mukhtalaf

Mengorganisasikan sumber hukum Islam yang muttafaq sumber hukum

Islam yang mukhtalaf

14

3.3 Mengevaluasi konsep ijtihad dan bermazhab

dalam pelaksanaan hukum Islam

Hubungan konsep ijtihad

dan bermazhab

Mengkritisi konsep ijtihad

dan bermazhab

15

3.4 Menganalisis konsep tentang al-hakim, al- hukmu, al-mahkum fih dan al-mahkum ‘alaih

Konsep al-hakim, al- hukmu, al-mahkum fih, al- mahkum ‘alaih

Mengorganisasikan al- hakim, al-hukmu, al- mahkum fih, al-mahkum

‘alaih

16

3.5 Menganalisis al-qawaidul khamsah

Al-qawaidul khamsah

Mengorganisasikan penerapan contoh al- qawaidul khamsah


 

 

 

17

3.6 Menganalisis ketentuan kaidah `amar dan nahi

Bentuk lafad amar dan nahi

Mengidentifikasi bentuk lafad amar dan nahi

18

3.7 Menganalisis ketentuan kaidah 'am dan

khaash

Bentuk lafad ‘am dan khas

Mengidentifikasi bentuk

lafad ‘am dan khas

19

3.8 Menganalisis ketentuan kaidah takhshiish

dan mukhasshish

Macam-macam takhsis

Membandingkan macam-

macam takhsis

20

3.9 Menganalisis ketentuan kaidah mujmal dan mubayyan

Macam-macam bayan

Membandingkan macam- macam bayan

 

B.     KOMPETENSI KETERAMPILAN                                                                                                                               

 

NO

KOMPETENSI DASAR

MATERI ESENSIAL

INDIKATOR UJIAN

1

Mengomunikasikan hasil analisis tata cara pemulasaraan jenazah

Tata cara pemulasaraan jenazah

Mensimulasikan tata cara pemulasaraan jenazah

2

Menyajikan hasil analisis praktik pernikahan yang sesuai dan tidak sesuai dengan ketentuan

hukum Islam yang terjadi di masyarakat

Syarat dan rukun nikah

Mensimulasikan akad nikah yang memenuhi

syarat dan rukun nikah

3

Menyajikan hasil analisis praktik waris dan wasiat dalam masyarakat yang sesuai dan tidak

sesuai dengan ketentuan hukum Islam

Cara menghitung waris

Mensimulasikan menghitung waris


KISI-KISI UJIAN MADRASAH MADRASAH ALIYAH TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Jenjang

: Madrasah Aliyah

Mata Pelajaran : SKI

 

Program

: MIPA/IPS/Bahasa/Agama

Kurikulum

: 2013 (KMA 183 Tahun 2019)


A.     KOMPETENSI PENGETAHUAN

 

NO

KOMPETENSI DASAR

MATERI ESENSIAL

INDIKATOR UJIAN

1

3.1 Menganalisis kebudayaan masyarakat Mekah sebelum Islam

Kebudayaan Masyarakat Mekah sebelum Islam

-     Menyimpulkan ciri-ciri kebudayaan masyarakat Arab sebelum Islam

2

3.2 Menganalisis substansi dan strategi dakwah Rasulullah Saw. periode Mekah

Substansi dan strategi dakwah Rasulullah Saw. Periode Mekah

-     Menyimpulkan keutamaan dakwah

Rasulullah Saw. periode Mekah.

3

3.5 Menganalisis strategi dakwah Rasulullah pada periode Madinah

Substansi dan strategi dakwah Rasulullah Saw. Periode Madinah

-     Mengidentifikasi strategi dakwah Rasulullah Saw. di

Madinah

4

3.9 Menganalisis substansi dan strategi dakwah Khulafaur Rasyidin

Perkembangan Islam pada Masa Khulafaur Rasyidin

-     Membedakan  strategi

dakwah dari Khulafaur Rasyidin

5

3.11 Mengevaluasi perkembangan peradaban dan ilmu                pengetahuan pada masa Daulah Umayyah di Damaskus

Perkembangan Peradaban dan Ilmu Pengetahuan Daulah Umayyah di

Damaskus

-     Menemukan hikmah dari perkembangan peradaban dan ilmu

pengetahuan Daulah


 

 

 

 

 

 

Umayyah di Damaskus

6

3.2 Mengevaluasi perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Abbasiyah

Perkembangan Peradaban dan Ilmu Pengetahuan Daulah Abbasiyah di Damaskus

-     Mengapresisasi perkembangan peradaban dan Ilmu pengetahuan pada

masa Daulah Abbasiyah

7

3.3 Mengevaluasi proses lahirnya  Daulah Usmani

Kemajuan peredaban Islam pada masa Daulah Usmani

-     Mengapresiasi

kemajuan peradaban Daulah Usmani

8

3.6 Mengevaluasi perkembangan ilmu pengetahuan dan peradaban pada masa Daulah Mughal

Kemajuan peredaban Islam pada masa Daulah Mughal

-     Menemukan hikmah dari Kemajuan

peradaban Islam Daulah Mughal di India

9

3.7 Mengevaluasi proses lahirnya  Daulah  Syafawi

Sejarah lahirnya Daulah Syafawi

-     Mengidentifikasi proses

lahirnya Daulah Syafawi

10

3.9 Menganalisis kemunduran Islam dan latar

belakang munculnya gerakan tajdid

Kejayaan Umat Islam

-     Menyimpulkan

kejayaan umat Islam

11

3.10 Menganalisis tokoh-tokoh pembaharuan dalam Islam dan ide-ide pembaharuan (Ali Pasha, Jamaluddin Al-Afghani, Muhammad Rasyid

Ridha)

Biografi tokoh-tokoh pembaharuan dalam Islam

-     Mengidentifikasi ide- ide dari tokoh-tokoh pembaharuan dalam

Islam

12

3.12 Menganalisis pengaruh gerakan pembaharuan terhadap perkembangan Islam di Indonesia

Pengaruh Gerakan Pembaharuan Islam di Indonesia

-     Mengaitkan gerakan Pembaharauan dengan perkembangan Islam di

Indonesia

13

3.13 Menganalisis munculnya organisasi Islam sebagai dampak dari adanya gerakan pembaharuan

Organisasi Islam di Indonesia

-     Mengaitkan gerakan Pembaharuan dengan

munculnya organisasi Islam di Indonesia

14

3.1 Menganalisis jalur dan proses awal masuknya

Teori-teori jalur dan proses

-     Mengidentifikasi teori-


 

 

 

 

Islam di Indonesia

awal masuknya Islam di Indonesia

teori tentang jalur dan

proses awal masuknya Islam di Indonesia

15

3.2 Menganalisis sejarah kerajaan Islam di Indonesia

Kerajaan Islam di Indonesia

-     Mengidentifikasi peranan kerajaan Islam

dalam penyebaran Islam di Indonesia

16

3.3 Menganalisis biografi Walisanga dan perannya dalam mengembangkan Islam di Indonesia

Strategi dakwah Walisanga

-     Mengaitkan strategi dakwah Walisanga dengan dakwah

Kontemporer

17

3.5 Menganalisis peran umat Islam pada masa penjajahan dan kemerdekaan

Perjuangan umat Islam pada masa penjajahan

-     Memberikan argumentasi  munculnya beberapa

tokoh perjuangan Islam pada masa penjajahan

18

3.6 Menganalisis peran umat Islam pada masa pascakemerdekaan

Perjuangan umat Islam pascakemerdekaan

-     Mengaitkan perjuangan umat Islam pada masa penjajahan dan pasca

kemerdekaan

19

3.7 Menganalisis perkembangan Islam di kawasan Asia Tenggara

Perkembangan umat Islam di kawasan Asia Tenggara

-     Menganalisis perkembangan umat Islam di kawasan Asia

Tenggara

20

3.8 Menganalisis perkembangan Islam di kawasan Asia Afrika

Perkembangan Islam di Afrika

-     Menganalisis perkembangan Islam di Afrika

21

3.9 Menganalisis perkembangan Islam di dunia Barat

Perkembangan Islam di Amerika

-     Menganalisis

perkembangan Islam di Amerika


 

 

 

 

B.     KOMPETENSI KETERAMPILAN

 

NO

KOMPETENSI DASAR

MATERI ESENSIAL

INDIKATOR UJIAN

1

4.2 Mengapresiasi perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Abbasiyah

Perkembangan Peradaban dan Ilmu Pengetahuan Daulah Abbasiyah di Damaskus

-     Meceritakan kembali dalam bentuk video pendek/Membuat Sinopsis, tentang perkembangan Ilmu Pengetahuan pada masa Daulah

Abbasiyah

2

4.13 Mengidentifikasi organisasi Islam yang muncul sebagai dampak adanya gerakan pembaruan

Organisasi Islam di Indonesia

-     Membuat kajian literatur tentang lahirnya Organisasi

Islam di indonesia

3

4.4 Menilai peranan kerajaan-kerajaan awal Islam terhadap perkembangan Islam di Indonesia

Kerajaan Islam di Indonesia

-     Menceritakan kembali dalam bentuk Narasi/Puisi/video tentang peranan

kerajaan Islam di Indonesia


KISI-KISI UJIAN MADRASAH MADRASAH ALIYAH TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Jenjang

: Madrasah Aliyah

Mata Pelajaran

: Bahasa Arab Wajib

Program

: MIPA/IPS/Bahasa/Keagamaan

Kurikulum

: 2013/ (KMA 183 Tahun 2019)

 

A.     KOMPETENSI PENGETAHUAN                                                                                                                                                                              

 

NO

KOMPETENSI DASAR

MATERI ESENSIAL

INDIKATOR UJIAN

 

KELAS X SEMESTER GANJIL

 

 

1.

3.2 Menganalisis gagasan dari teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema :

التحيات   والتعارف   (   التحيات،      البيانات   الشخصية،

التعريف بالنفس وبالغ ري)

dengan memperhatikan bentuk, makna, dan fungsi dari

تقسيم الكلمة األرقام 1 100

berkaitan deskriptif Teks ال ّتحيات وال ّتعارف tema dengan

Menemukan fakta tentang

ال ّتحيات وال ّتعارف

fungsi dan makna, Bentuk, األرقام 1   , تقسيم الكلمة dari 100

Membedakan macam-macam kata (isim, fi’il, harf)

Mengaitkan bilangan 1-100 dengan ّتعارف ال

2

3.4  Menerapkan  kaidah  tentang  bentuk,   makna, dan    fungsi    dari    susunan    gramatikal   ري الضم

المنفصل،(        )المتصلdalam                                     menyusun                                     teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema:

األرسة والبيت (أعضاء األرسة، أجزاء البيت)

Teks deskriptif berkaitan dengan tema   البيت و األرسة

Menganalisis makna tersirat pada teks deskriptif

Bentuk, makna, dan fungsi dari struktur gramatikal

(المنفصل، المتصل) الضم ري

Menggunakan dhamir munfashil dan dhamir muttashil dalam kalimat sesuai tema


 

 

 

3.

3.6 Mengevaluasi teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema :

المدرسة (مرافق المدرسة، األدوات المدرسية، األنشطة  . يف

المدرسة)

dengan memperhatikan bentuk, makna, dan fungsi dari susunan gramatikal

المفرد والمث .ن والجمع

berkaitan deskriptif Teks المدرسة والبيئة   tema dengan المحيطة بها

Menentukan ide pokok dari paragraf teks deskriptif

Bentuk, makna, dan fungsi dari  struktur gramatikal المفرد

والمث .ن والجمع

Mendeteksi bentuk isim mufrad, mutsanna, jamak dalam kalimat

 

KELAS X SEMESTER GENAP

 

 

4.

3.8 Menganalisis gagasan dari teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema :

الحياة   اليومية   (األنشطة   اليومية   -  الساعة   -   العبادة

اليومية)

dengan memperhatikan bentuk, makna, dan fungsi dari susunan gramatikal

- المذكر والمؤنث

dengan berkaitan rekon Teks الحياة اليوم ّية  tema

Menemukan informasi tersirat pada teks

Bentuk, makna,  dan  fungsi dari struktur gramatikal أقسام الفعل

Menganalisis bentuk dan makna macam-macam fi’il dalam teks

Bentuk, makna, dan fungsi dari struktur gramatikal

المذكر والمؤنث

Mengklasifikasikan bentuk kata berdasarkan jenis (mudzakkar/muannats)

5.

3.10 Menerapkan kaidah tentang bentuk, makna, dan fungsi dari susunan gramatikal أدوات االستفهام

dalam menyusun teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema :

الهواية (أنواع الهواية، ال ريوي    ح  . يف اإلسالم)

Teks deskriptif berkaitan dengan tema الهواية

Menyusun teks deskriptif sesuai tema

Bentuk, makna, dan fungsi dari struktur gramatikal

أدوات االستفهام

Menerapkan struktur adawat istifham dalam kalimat sesuai tema


 

 

 

 

KELAS XI SEMESTER GANJIL

 

 

6.

3.2 Menganalisis gagasan dari teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema :

( . يف السوق التقليدي،  . يف السووبرماركيت) التسوق

dengan  memperhatikan   bentuk,   makna,   dan

fungsi dari susunan gramatikal

عدد ألف ومليون ومليار وبليون

Teks deskriptif berkaitan dengan tema التسوق

Menganalisis fakta tentang

التسوق

fungsi  dan  makna, Bentuk, عدد gramatikal struktur dari ألف ومليون ومليار وبليون

Menggunakan bilangan ribuan-jutaan dalam kalimat berdasarkan kaidah ‘adad ma’dud sesuai tema

7.

3.4 Menganalisis gagasan dari teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema :

الصحة (المستش .ف والصيدلية، عيادة المريض)

dengan memperhatikan bentuk, makna, dan fungsi dari susunan gramatikal

حروف الجر وحروف العطف

Teks prosedur berkaitan dengan tema الصحة

Menyimpulkan isi teks prosedur

Bentuk, makna, dan fungsi dari struktur gramatikal

حروف الجر وحروف العطف

Menganalisis makna harf jar

atau harf athaf dalam kalimat

Menyusun kalimat dengan menggunakan harf jar dan harf athaf

8.

3.6 Menerapkan kaidah tentang                                                                          bentuk, makna, dan fungsi dari susunan gramatikal

االسم النكرة واالسم المعرفة

dalam    menyusun     teks     bahasa      Arab           yang berkaitan dengan tema :

السفر والسياحة (وسائل المواصالت، المناطق السياحية)

Teks rekon berkaitan dengan tema   والسياحة السفر

Menyusun teks rekon sesuai tema

fungsi   dan   makna,  Bentuk, االسم gramatikal struktur dari النكرة واالسم المعرفة

Mengklasifikasikan isim nakirah dan isim ma’rifat


 

 

 

 

KELAS XI SEMESTER GENAP

 

 

9.

3.8 Menganalisis gagasan dari teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema :

الحج والعمرة، مكة والمدينة

dengan memperhatikan bentuk, makna, dan fungsi dari susunan gramatikal

ترصيف الفعل الما  .  يض اللغوي

dengan berkaitan rekon Teks الحج والعمرة، مكة والمدينة  tema

Menganalisis fakta tentang urutan kegiatan  والعمرة الحج

Bentuk, makna, dan fungsi dari struktur gramatikal

ترصيف الفعل الما  .  يض اللغوي

Menilai penggunaan tashrif fi’il madhi dalam kalimat berdasarkan dhamir

10.

3.10 Mengevaluasi gagasan dari teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema :

تكنولوجيا    اإلعالم    واالتصال    (الحاسوب،    الجوال،

األونالين)

dengan memperhatikan bentuk, makna, dan fungsi dari susunan gramatikal

ترصيف الفعل المضارع اللغوي

berkaitan eksposisi Teks تكنولوجيا اإلعالم tema dengan واالتصال

Menentukan ide pokok dalam paragraf

Menyimpulkan isi teks eksposisi

Bentuk, makna, dan fungsi dari struktur gramatikal

المضارع اللغوي الفعل ترصيف

Menerapkan tashrif lughawi

fi’il mudhari’ dalam kalimat

11.

3.12 Mengevaluasi gagasan dari teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema :

األديان  . يف إندونيسيا (األديان والمعابد، التسامح)

dengan memperhatikan bentuk, makna, dan

fungsi dari susunan gramatikal

الجملة االسمية والجملة الفعلية

berkaitan deskriptif Teks األديان . يف tema dengan إندونيسيا

Menganalisis fakta dalam teks deskriptif

Bentuk, makna, dan fungsi dari struktur gramatikal

الجملة االسمية والجملة الفعلية

Membandingkan susunan jumlah ismiyyah dan jumlah fi’liyyah

Menilai penggunaan jumlah ismiyyah atau jumlah fi’liyyah


 

 

 

 

KELAS XII SEMESTER GANJIL

 

 

12.

3.2 Menganalisis gagasan dari teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema :

الرياضة (أنواع الرياضة، مسابقات رياضية)

dengan memperhatikan bentuk, makna, dan fungsi dari susunan gramatikal

النعت - اإلضافة

Teks deskriptif berkaitan dengan tema الرياضة

Menentukan ide pokok dalam paragraf

Menilai fakta tentang aktifitas

الرياضة

Bentuk, makna, dan fungsi dari struktur gramatikal

النعت اإلضافة

Menganalisis susunan na’at man’ut atau idhafah dalam kalimat

13.

3.4 Mengevaluasi teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema

الشباب (مرحلة الشباب، كن متفائال)

dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal

المب . ين للمعلوم الفعل المب . ين للمجهول الفعل

Teks prosedur berkaitan dengan tema   الشباب

Menyimpulkan isi teks prosedur

fungsi   dan  makna,  Bentuk, الفعل gramatikal struktur dari المب . ين للمعلوم الفعل المب . ين

للمجهول

Menggunakan fi’il mabni ma’lum dan fi’il mabni majhul dalam kalimat

Mengubah fi’il mabni ma’lum menjadi fi’il mabni majhul atau sebaliknya

14.

3.6 Mengevaluasi gagasan dari teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema :

الشعر العر . يب (الشعر، الشاعر البورصي)

dengan memperhatikan bentuk, makna, dan

fungsi dari susunan gramatikal

اسم التفضيل

Teks deskriptif berkaitan dengan tema   يب . العر الشعر

Menganalisis karakter puisi al-Bushiri

Menyajikan contoh puisi arab

Bentuk, makna, dan fungsi dari struktur gramatikal اسم

Menentukan makna isim tafdhil dalam kalimat


 

 

 

 

 

التفضيل

Menyusun kalimat dengan menggunakan isim tafdhil

 

KELAS XII SEMESTER GENAP

 

 

15.

3.8 Menganalisis gagasan dari teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema :

الحضارة اإلسالمية (الحضارة اإلسالمية قديما وحديثا،

علماء اإلسالم)

dengan memperhatikan bentuk, makna, dan fungsi dari susunan gramatikal

األسماء الخمسة واألفعال الخمسة

berkaitan deskriptif Teks الحضارة اإلسالمية tema dengan

Menentukan ide pokok dari paragraf

Menyimpulkan isi teks deskriptif

Bentuk, makna, dan fungsi dari struktur gramatikal

األسماء الخمسة واألفعال الخمسة

Menerapkan al-asma’ al khamsah dalam kalimat berdasarkan i’rabnya

Menilai penggunaan al-af’al al khamsah yang benar dalam kalimat

16.

3.10 Mengevaluasi gagasan dari teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema :

الدراسة  . يف الجامعة ( الدراسة  . يف جامعات إندونيسيا ،

الدراسة  . يف خارج البالد )

dengan memperhatikan bentuk, makna, dan

fungsi dari susunan gramatikal

المضارع المرفوع والمضارع المنصوب والمضارع المجزوم

berkaitan eksposisi Teks  . يف الجامعة tema dengan الدراسة

Menilai fakta tentang aktifitas

الدراسة  . يف الجامعة

Menentukan ide pokok dari paragraf

Bentuk, makna, dan fungsi dari struktur gramatikal

المضارع المرفوع والمضارع

Menemukan fi’il mudhari’ marfu’, mansub atau majzum dalam teks sederhana


 

 

 

 

 

المنصوب والمضارع المجزوم

Menerapkan fi’il mudhari’

marfu’, manshub, dan majzum

dalam konteks kalimat

Mengevaluasi kalimat yang benar pada penggunaan fi’il mudhari’ marfu’, manshub,

dan majzum

 

B.     KOMPETENSI KETERAMPILAN                                                                                                                                                                            

 

NO

KOMPETENSI DASAR

MATERI ESENSIAL

INDIKATOR UJIAN

1

4.1 Mendemonstrasikan tindak tutur mengenalkan diri dan orang lain, meminta maaf, berpamitan dengan memperhatikan

تقسيم الكلمة األرقام 1 - 100

baik secara lisan maupun tulisan.

Tindak tutur tentang mengenalkan diri dan orang lain sesuai tema

التحيات والتعارف

Melakukan dialog secara berpasangan terkait tema berkenalan dengan menerapkan penggunaan isim, fi’il, harf dan angka 1-100

2

4.3 Mendemonstrasikan tindak tutur menanyakan hubungan keluarga dan menyatakan keinginan

dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal

الضم ري (المنفصل، متصل)

baik secara lisan maupun tulisan.

Tindak tutur tentang menanyakan hubungan keluarga sesuai tema األرسة

والبيت

Menceritakan tentang anggota keluarga dan rumah dengan menerapkan dhamir munfashil dan dhamir muttashil

3

4.9 Mendemonstrasikan tindak tutur mengemukakan pendapat dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari

Tindak tutur tentang mengemukakan pendapat sesuai tema  الهواية

Melakukan dialog secara berpasangan tentang hobi, dengan menerapkan adawat

istifham


 

 

 

 

susunan gramatikal.

أدوات االستفهام

baik secara lisan maupun tulisan.

 

 

4

4.1 Mendemonstrasikan tindak tutur mendeskripsikan bentuk, timbangan, sifat dan karakteristik suatu benda dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal

عدد ألف ومليون  ومليار وبليون

baik secara lisan maupun tulisan.

Tindak tutur tentang mendeskripsikan bentuk, timbangan, sifat dan karakteristik suatu benda sesuai tema   التسوق

Menceritakan pengalaman berbelanja, baik di pasar tradisional maupun supermarket, dengan menerapkan bilangan ribuan hingga jutaan

5

4.5 Mendemonstrasikan tindak tutur berpamitan, mengucapkan selamat jalan dan selamat datang dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal

االسم النكرة واالسم المعرفة

baik secara lisan maupun tulisan.

Tindak tutur tentang berpamitan, mengucapkan selamat jalan dan selamat datang  sesuai  tema  السفر والسياحة

Menceritakan pengalaman berwisata, dengan menerapkan isim nakirah dan isim ma’rifat

6

4.9 Mendemonstrasikan tindak tutur menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian di waktu sekarang dan akan datang dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari

ترصيف الفعل المضارع اللغوي

baik secara lisan maupun tulisan.

Tindak tutur tentang menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian di waktu sekarang dan akan datang sesuai tema

تكنولوجيا اإلعالم واالتصال

Menceritakan tentang penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan, dengan menerapkan tashrif lughawi fi’il mudhari’


 

 

 

7

4.11 Mendemonstrasikan tindak tutur memberi dan meminta informasi beberapa ajaran agama di Indonesia dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatika

الجملة االسمية والجملة الفعلية

baik secara lisan maupun tulisan.

Tindak tutur tentang memberi dan meminta informasi beberapa ajaran agama di Indonesia sesuai

األديان  . يف إندونيسيا tema

Melakukan dialog secara berpasangan tentang agama- agama di Indonesia, dengan menerapkan struktur gramatikal jumlah ismiyyah dan jumlah fi’liyyah

8

4.1 Mendemonstrasikan tindak tutur membandingkan sesuatu dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal

النعت واإلضافة

baik secara lisan maupun tulisan.

Tindak tutur tentang membandingkan sesuatu sesuai tema  الرياضة

Melakukan dialog secara berpasangan tentang olahraga favorit, dengan menerapkan struktur gramatikal na’at man’ut dan idhafah

9

4.3 Menyajikan hasil analisis tindak tutur mendeskripsikan sebuah kejadian dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal

الفعل المب . ين للمعلوم - الفعل المب . ين للمجهول

baik secara lisan maupun tulisan.

Tindak tutur tentang mendeskripsikan sebuah kejadian sesuai tema

الشباب

Melakukan dialog secara berpasangan tentang menjadi pemuda yang diharapkan masyarakat,  dengan menerapkan struktur gramatikal fi’il mabni ma’lum dan fi’il mabni majhul

10

4.9. Mendemonstrasikan tindak tutur menanyakan tujuan dari sebuah kejadian dan aktifitas dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari susunan gramatikal

المضارع المرفوع والمضارع المنصوب والمضارع المجزوم

baik secara lisan maupun tulisan.

Tindak tutur tentang menanyakan tujuan dari sebuah kejadian dan aktifitas sesuai tema  الدراسة

. يف الجامعة

Menceritakan keinginan melanjutkan kuliah ke universitas, dengan menerapkan struktur gramatikal fi’il mudhari’ marfu’, manshub, dan majzum

 UNTUK Lebih lengkap dan benarnya dalam penulisan arabnya silahkan unduh

DOWNLOAD KISI-KISI UJIAN MADRASAH MADRASAH ALIYAH TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Selamat Datang di Jammadrasah

Pendidik bertugas Mendidik, maka Didiklah Diri Dengan Prilaku yang mendidik
EmoticonEmoticon