KISI-KISI UJIAN MADRASAH MADRASAH ALIYAH TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Jenjang |
: Madrasah
Aliyah |
Mata Pelajaran |
: Al-Qur’an Hadis |
Program |
: Semua Program |
Kurikulum |
: 2013 (KMA 183 Tahun 2019) |
A.
KOMPETENSI
PENGETAHUAN
NO |
KOMPETENSI DASAR |
MATERI ESENSIAL |
INDIKATOR UJIAN |
1. |
3.1. Menganalisis pengertian Al-Qur`an dan wahyu menurut
para ulama’ |
Definisi Al-Qur’an |
Membandingkan dua definisi Al- Qur’an dari para ulama |
2. |
3.2. Menganalisis sejarah penurunan dan penulisan Al-Qur'an |
Al-Qur’an secara
bertahap |
Menentukan makna tersirat dari proses
turun Al-Qur’an secara
bertahap |
3. |
3.4. Menganalisis kemukjizatan Al-Qur'an |
Ayat tentang
kemukjizatan Al- Qur’an |
Mengimplementasi kandungan ayat tentang kemukjizatan Al- Qur’an |
4. |
3.5. Menganalisis pokok-pokok isi Al-Qur`an |
Kandungan ayat Al-Qur’an |
Mengaitkan Ilustrasi dengan pokok
kandungan ayat Al-Qur’an |
5. |
3.7. Membandingkan pengertian hadis, sunah, khabar, dan asar |
Pengertian hadis, sunah,
khabar, dan asar |
Menemukan perbedaan antara dua pengertian dari hadis atau sunah
atau khabar dan asar |
6. |
3.10. Menganalisis fungsi
hadis terhadap Al- Qur`an |
Kedudukan dan fungsi hadis |
Menganalisis fungsi sebuah hadis
terhadap ayat Al-Qur’an |
7. |
3.11. Menganalisis pembagian hadis dari segi kuantitas dan pembagian hadis dari segi
kualitasnya |
Syarat-syarat hadis
shahih |
Mengaitkan syarat-syarat kesahihan hadis dengan perilaku
kehidupan kekinian |
8. |
3.13. Menganalisis QS. al-Mukminun [23]:
12- 14 tentang
fase penciptaan manusia, QS. an-Nahl
[16]: 78 tentang |
- QS. al-Mukminun [23]: 12-14, QS. al-Baqarah [2]: 30-32 tentang manusia sebagai |
- Menemukan makna tersirat dari
kandungan ayat atau hadis |
|
kesempurnaan penciptaan manusia
disertai organ-organ, QS. al-Baqarah [2]: 30-32 tentang
manusia sebagai khalifah di bumi, QS. al-Dzariyat [51]:
tentang tujuan penciptaan manusia dan jin.
HR. Bukhari tentang
penciptaan manusia. dan HR. Bukhari
tentang hak Allah
dari manusia |
khalifah di bumi, -
HR.
Bukhari tentang penciptaan manusia. dan -
HR. Bukhari tentang hak Allah
dari manusia |
- Mengaitkan kandungan ayat atau hadis
dengan perilaku |
9. |
3.14. Menganalisis QS. al-Isra’ [17]: 23–24 dan QS. Luqman
[31]: 13–17 tentang
sikap kepada kedua orang tua dan HR.
Muslim dari Abu Hurairah ra. tentang berbakti kepada kedua orang tua, dan HR. Bukhari
Muslim dari Abdullah bin Amr ra. tentang keutamaan merawat kedua orang tua |
- QS. al-Isra’ [17]: 23–24 dan - QS. Luqman [31]: 13–17 tentang
sikap kepada kedua
orang tua dan - HR. Bukhari Muslim dari Abdullah bin Amr ra. tentang
keutamaan merawat kedua orang tua |
-
Menyimpulkan pesan ayat atau
hadis -
Menemukan makna tersirat dari
ayat atau hadis -
Mengaitkan
contoh perilaku dengan ayat atau hadis |
10. |
3.15. Menganalisis QS. al-Isra’ [17]:
32 tentang larangan mendekati perbuatan zina,
QS. an-Nur [24]: 2 tentang
hukuman bagi pezina
dan HR. Bukhari
dari Abu Hurairah
ra. tentang iman yang kuat mencegah perbuatan keji |
-
QS. al-Isra’ [17]: 32 tentang
larangan mendekati perbuatan zina dan -
HR.
Bukhari dari Abu Hurairah ra. tentang iman yang kuat mencegah perbuatan keji |
-
Menemukan makna tersirat dari
kandungan ayat atau hadis -
Menyimpulkan pesan/
kandungan ayat atau hadis |
11. |
3.17. Menganalisis QS. at-Taubah [9]: 122 tentang
kewajiban menuntut ilmu, QS. Ali Imran [3]: 190-191 tentang
ciri-ciri orang yang berilmu, HR. Ibnu Majah
dari Anas bin Malik ra. tentang kewajiban menuntut ilmu dan HR. Bukhari
dari Abdullah bin Amr ra. tentang kewajiban menyampaikan ilmu |
-
QS. at-Taubah [9]: 122 tentang kewajiban menuntut ilmu, - QS. Ali Imran [3]: 190-191 tentang
ciri-ciri orang yang
berilmu, -
HR. Bukhari
dari Abdullah bin Amr ra. tentang kewajiban menyampaikan ilmu |
-
Menemukan makna tersirat dari
ayat atau hadis -
Mengaitkan
contoh perilaku dengan kandungan hadis |
12. |
3.18. Menganalisis QS. at-Tahrim [66]: 6 tentang
tanggungjawab dalam keluarga, QS. Taha [20]:
132 tentang perintah
menegakkan shalat, QS. al-An‘am
[6]: 70 tentang
menjaga diri dari orang- orang
yang terbuai dunia, QS. an-Nisa’ [4]:36 tentang
perintah mentauhidkan Allah dan berbuat
baik, QS. Hud [11]: 117–119
tentang Allah tidak membinasakan secara
semena-mena kepada suatu kaum yang berbuat kebaikan, HR. Bukhari dari Abdullah
bin Umar ra. tentang tanggungjawab, dan HR. Abu Dawud dari Rabi’ bin Sabrah
ra. tentang perintah memerintahkan anak untuk menegakkan shalat. dan HR. Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah ra. tentang hak seorang muslim
atas muslim yang lain |
-
QS. at-Tahrim [66]: 6 tentang
tanggungjawab dalam keluarga, -
QS. an-Nisa’ [4]:36 tentang perintah mentauhidkan Allah dan berbuat baik, -
HR. Bukhari
dari Abdullah bin
Umar ra. tentang
tanggungjawab -
HR. Abu Dawud dari Rabi’ bin Sabrah
ra. tentang perintah memerintahkan anak untuk menegakkan shalat |
-
Menemukan makna tersirat dari
kandungan ayat -
Menemukan kaitan
pernyataan yang sesuai
dengan kandungan ayat atau hadis |
13. |
3.19. Menganalisis QS. al-Baqarah
[2] :148 berbuat kebajikan, QS. Fathir [35]: 32 beberapa penyikapan terhadap Al- Qur'an, QS. an-Nahl
[16]: 97 tentang balasan amal
shalih, dan HR. Bukhari dari Abu Hurairah ra. anjuran beramal
sesegera mungkin |
-
QS. al-Baqarah [2] :148 tentang
berbuat kebajikan, -
QS. an-Nahl
[16]: 97 tentang
balasan amal shalih, -
HR. Bukhari
dari Abu Hurairah ra. tentng anjuran
beramal sesegera mungkin |
-
Menemukan makna/
pesan tersirat dari ayat atau hadis -
Menganalisis kandungan ayat atau hadis |
14. |
3.20. Menganalisis QS. al-Jumu‘ah [62]:
9–11 tentang beribadah dan
berusaha, QS. al-Qasas [28]: 77
tentang kehidupan dunia dan
akhirat, HR. Ibnu
Majah dari Miqdam bin Ma’dikarib r.a. tentang |
- QS. al-Jumu‘ah [62]:
9–11 tentang beribadah dan berusaha, - QS. al-Qasas [28]: 77 tentang kehidupan dunia
dan akhirat, |
-
Menganalisis kandungan ayat atau hadis -
Mengaitkan perilaku-perilaku manusia yang sesuai dengan kandungan ayat
atau hadis |
|
kemandirian, dan HR. Ibnu Majah dari Hisyam bin Urwah tentang keutamaan bekerja |
- HR. Ibnu Majah dari Miqdam bin Ma’dikarib r.a. tentang kemandirian, dan HR. Ibnu Majah dari Hisyam
bin Urwah tentang keutamaan bekerja |
|
15. |
3.21. Menganalisis QS. al-Baqarah [2]:168–
169, QS. al-Baqarah [2]: 172–173 tentang
mengonsumsi makanan yang
baik dan halal, HR. Abu Dawud dari Ma’dikarib r.a. tentang beberapa
makanan yang diharamkan, dan HR.
Tirmizi dari Abu Hurairah ra. tentang sebab
turun ayat perintah makanan yang halal |
- QS. al-Baqarah [2]:168–169, QS. al-Baqarah [2]: 172–173 tentang
mengonsumsi makanan yang
baik dan halal, -
HR. Abu Dawud dari Ma’dikarib r.a. tentang
beberapa makanan yang diharamkan -
HR. Tirmizi
dari Abu Hurairah ra. tentang
sebab turun ayat
perintah makanan yang halal |
-
Mengaitkan ilustrasi dengan ayat atau hadis -
Menemukan makna tersirat dari
hadis atau ayat |
16. |
3.22. Menganalisis
QS. az-Zukhruf [43]: 9–13 tentang
nikmat Allah dan syukur, QS. al-‘Ankabut [29]:17 tentang beribadah dan bersyukur, HR.
Ahmad dari Asy’ab bin Qaisy ra.
tentang syukur kepada Allah, Dan HR.
Abu Dawud dari Abu Hurairah ra., dan HR. Muslim dari Abu Hurairah ra. tentang
melihat orang yang lebih tidak beruntung agar merasakan anugerah Allah |
-
QS.
az-Zukhruf [43]: 9–13 tentang
nikmat Allah dan syukur, -
HR. Ahmad dari Asy’ab
bin Qaisy ra. tentang syukur kepada Allah, -
HR.
Muslim dari Abu Hurairah ra.
tentang melihat orang yang lebih tidak
beruntung agar merasakan anugerah Allah |
-
Mengaitkan ilustrasi/ pernyataan dengan ayat atau hadis -
Menemukan pesan/
makna tersirat dari ayat atau hadis |
17. |
3.23. Menganalisis QS. al-Furqan (25): 67 tentang kesederhanaan, QS. al-Isra’ (17): 26–27, 29–30 tentang kesederhanaan dalam hidup, QS. al- Qashash (28): 79–82, QS. al-Baqarah (2): 177
tentang beberapa macam |
-
QS. al-Furqan (25): 67 tentang
kesederhanaan, - QS. al-Isra’ (17):
26–27, 29–30 tentang
kesederhanaan dalam hidup, -
HR. Ibnu Majah dan Ahmad |
-
Menentukan kandungan pokok dari ayat atau hadis -
Menilai kaitan
ilustrasi dengan kandungan ayat atau hadis -
Mengaitkan perilaku-perilaku |
|
kebajikan, QS. al-Ma‘un (107): 1–7 tentang
bermegah-megahan di dunia dan hadis riwayat Ibnu Majah dan Ahmad dari Abdullah bin Amru tentang
larangan berlebih-lebihan, dan
HR. Bukhari dari Hakim bin Hizam tentang
keutamaan memberi daripada menerima, dan Tirmidzi, Ibnu Majah dan
Muslim tentang proporsi dalam tubuh seorang
muslim |
dari Abdullah bin Amru tentang larangan berlebih- lebihan, -
HR.
Bukhari dari Hakim bin Hizam
tentang keutamaan memberi daripada menerima, -
HR. Tirmidzi, Ibnu Majah dan Muslim tentang
proporsi dalam tubuh seorang muslim |
dengan kandungan ayat atau hadis |
18. |
3.24. Menganalisis QS. al-Baqarah [2]: 155– 157 macam-macam ujian
dari Allah Swt.,
QS. Ali Imran [3]: 186 tentang keniscayaan ujian dari Allah Swt., hadis
riwayat Muslim dari Suhaib tentang
sikap orang mukmin
dalam keadaan apapun,
dan HR. Tirmidzi
dari Mus’ab bin Sa’ad tentang
cobaan bagi manusia |
- QS. al-Baqarah [2]: 155–157 macam-macam ujian dari Allah
Swt., -
QS. Ali Imran [3]: 186 tentang
keniscayaan ujian dari Allah Swt., -
HR. Muslim
dari Suhaib tentang
sikap orang mukmin dalam keadaan
apapun |
-
Menemukan makna tersirat dari
ayat atau hadis -
Menyimpulkan kandungan pokok dayat atau hadis |
19. |
3.25. Menganalisis QS. ar-Rum [30]:
41–42 kerusakan alam di bumi, QS. al-A‘raf
[7]: 56–58 tentang
larangan berbuat kerusakan di bumi, QS. Shad [38]: 27 tentang
penciptaan alam dengan
benar, QS. al-Furqan [25]: 45–50 tentang
ciptaan Allah untuk
manusia, QS. al- Baqarah
[2]: 204–206 tentang perilaku orang munafik
terhadap kelestarian alam, dan HR. Bukhari Muslim dari Anas bin Malik
tentang menanam tanaman |
- QS. ar-Rum [30]: 41–42 kerusakan alam di bumi, -
QS.
al-A‘raf [7]: 56–58 tentang larangan berbuat
kerusakan di bumi, - QS. al-Furqan [25]: 45–50 tentang
ciptaan Allah untuk manusia, - QS. al-Baqarah [2]: 204–206 tentang
perilaku orang munafik terhadap kelestarian alam, -
HR. Bukhari
Muslim dari Anas |
-
Menemukan kandungan pokok ayat atau hadis -
Mengaitkan ilustrasi dengan ayat atau hadis -
Mengaitkan perilaku-perilaku dengan ayat atau hadis |
|
|
bin Malik tentang menanam tanaman |
|
20. |
3.26. Menganalisis QS. al-‘Alaq [96]: 1–5 tentang
perintah membaca, QS. Yunus [10]:
101 tentang perintah memperhatikan gejala alam, QS. al- Baqarah [2]: 164 tentang
fenomena alam sebagai
sumber ilmu pengetahuan, QS. al-Hujurat [49]:
6 tentang sikap selektif terhadap
setiap informasi, dan HR. Abu Dawud dari Abu Darda’ tentang keutamaan mencari ilmu |
-
QS. al-‘Alaq [96]: 1–5 tentang
perintah membaca, -
QS. Yunus
[10]: 101 tentang
perintah memperhatikan gejala
alam, -
QS.
al-Hujurat [49]: 6 tentang sikap
selektif terhadap setiap informasi, -
HR. Abu Dawud dari Abu Darda’ tentang keutamaan mencari ilmu |
-
Menemukan pesan/
perintah yang terkadung dalam ayat atau hadis -
Menganalisis kandungan ayat atau hadis |
21. |
3.27. Menganalisis QS. an-Nahl (16):
125 tentang kewajiban berdawah, QS. asy-
Syu‘ara‘ (26): 214–216, tentang fase dakwah
secara sembunyi-sembunyi, QS. al-Hijr (15): 94–96 tentang dakwah secara terang-terangan, Muslim dari Abu Hurairah
tentang balasan bagi motivator kebaikan |
-
QS. an-Nahl
(16): 125 tentang
kewajiban berdawah, - QS. asy-Syu‘ara‘ (26): 214– 216,
tentang fase dakwah
secara sembunyi-sembunyi, -
QS.
al-Hijr (15): 94–96 tentang dakwah secara terang- terangan, -
HR.
Muslim dari Abu Hurairah tentang balasan bagi motivator kebaikan |
-
Menemukan makna tersirat dalam
ayat atau hadis -
Menilai kaitan ilustrasi dengan
ayat atau hadis -
Menentukan pernyataan yang sesuaid dengan kandungan ayat atau hadis |
22. |
3.28. Menganalisis QS. Ali Imran (3): 104 tentang kewajiban amar makruf nahi munkar, QS. Ali Imran (3): 110 tentang umat
terbaik, QS. al-Maidah (5): 78-80 tentang
ancaman bagi yang tidak amar makruf nahi munkar, hadis
riwayat Muslim dari Abu Said tentang perintah |
-
QS. Ali Imran (3): 104 tentang kewajiban amar makruf nahi munkar, -
QS. Ali Imran (3): 110 tentang umat terbaik, -
HR.
Muslim dari Abu Said tentang perintah
mengubah |
-
Menemukan kandungan pokok ayat atau hadis -
Mengaitkan ayat atau hadis
dengan perilaku kekinian |
|
mengubah kemunkaran sesuai kemampuan |
kemunkaran sesuai kemampuan |
|
23. |
3.29. Menganalisis QS. Ali Imran (3): 159 tentang isyarat
berdemokrasi, QS. asy-
Syura (42): 38 tentang musyawarah, hadis riwayat Muslim
dari Malik al- Asyja‘i tentang
kepemimpinan, dan HR. Bukhari tentang
amanah |
-
QS. Ali Imran (3): 159 tentang isyarat berdemokrasi, -
HR. Muslim
dari Malik al- Asyja‘i tentang kepemimpinan, -
HR. Bukhari
tentang amanah |
-
Menilai/
memberi komentar kaitan ilustrasi dengan ayat atau hadis -
Menemukan
makna tersirat dari ayat atau hadis |
24. |
3.30. Menganalisis QS. al-Maidah (5): 8–10 tentang
menegakkan keadilan, QS. at- Taubah
(9): 119 tentang
bergaul dengan orang
yang jujur, QS. an-Nahl (16): 90– 92 tentang perintah berlaku adil dan jujur, QS. an-Nisa’ (4): 105 tentang
larangan berkhianat, dan HR. Muslim dari Abdullah tentang
dampak dari sikap jujur
dan dusta |
-
QS. al-Maidah (5): 8–10 tentang
menegakkan keadilan, - QS. an-Nahl (16): 90–92 tentang
perintah berlaku adil dan jujur, -
HR.
Muslim dari Abdullah tentang
dampak dari sikap
jujur dan dusta |
-
Menemukan pesan/
perintah yang terdapat dalam ayat atau hadis -
Menentukan pernyataan yang sesuali dengan kandungan ayat atau hadis |
B.
KOMPETENSI
KETERAMPILAN
NO |
KOMPETENSI DASAR |
MATERI
ESENSIAL |
INDIKATOR UJIAN |
1. |
4.5. Mengomunikasikan pokok- pokok ajaran Al-Qur`an dan contoh ayat-ayatnya |
Kandungan pokok Al-Qur’an |
Membuat bagan/ skema/
infografis tentang kandungan pokok Al-Qur’an |
2. |
4.11. Menyajikan pembagian hadis dari segi kuantitas dan kualitas dalam
bentuk bagan |
Pembagian hadis dari segi kualitas dan
kuantitas |
Membuat
bagan/ skema/ infografis pembagian hadis |
3. |
4.12. Mempresentasikan hasil analisis biografi tokoh-tokoh hadis dan |
Tokoh hadis dan kitabnya |
Membuat
tabel perbandingan karakteristik, kelebihan, |
|
kitabnya |
|
kekurangan kitab-kitab hadis |
4. |
4.13. Mengomunikasikan Q.S. al- Mukminun (23):
12-14, Q.S. an-
Nahl (16): 78,
Q.S. al-Baqarah (2): 30-32, Q.S. al-Dzariyat (51): dan hadis terkait |
- QS. al-Mukminun (23): 12-14 tentang proses penciptaan manusia |
Membuat infografis fase-fase penciptaan manusia dikaitkan dengan ilmu pengetahuan lain |
5. |
4.21. Mengomunikasikan Q.S. al- Baqarah
(2):168–169, Q.S. al- Baqarah (2):
172–173, dan hadis terkait |
- QS. al-Baqarah (2):168–169, QS. al-Baqarah (2):
172–173 tentang mengonsumsi makanan
yang baik dan halal |
Membuat
daftar variasi menu yang
sehat selama satu minggu |
6. |
4.23.1.
Mendemonstrasikan hafalan,
terjemahan ayat dan hadis tentang
sikap sederhana dan
santun 4.23.2.
Menyajikan keterkaitan analisis ayat dan hadis tentang
sikap sederhana dan
santun dengan fenomena
sosial |
-
QS. al-Furqan (25): 67 tentang
kesederhanaan, - QS. al-Isra’ (17):
26–27, 29–30 tentang kesederhanaan dalam
hidup, -
HR. Ibnu Majah dan Ahmad dari
Abdullah bin Amru tentang larangan berlebih-lebihan, -
HR.
Bukhari dari Hakim bin Hizam
tentang keutamaan memberi daripada menerima, -
HR. Tirmidzi, Ibnu Majah dan Muslim tentang proporsi dalam tubuh seorang
muslim |
Membuat laporan analisis profil tokoh tentang
dampak perilaku sederhana dan perilaku boros,
yang dibuat dalam
bentuk infografis |
7. |
4.25.1.
Mendemonstrasikan hafalan,
terjemahan ayat dan hadis tentang
kelestarian lingkungan hidup 4.25.2.
Menyajikan
laporan hasil perlakuan terhadap lingkungan |
- QS. ar-Rum (30): 41–42 kerusakan alam di bumi, -
QS. al-A‘raf
[7]: 56–58 tentang larangan berbuat kerusakan di bumi, -
QS. al-Furqan [25]: 45–50 tentang
ciptaan Allah untuk
manusia, - QS. al-Baqarah [2]: 204–206 |
-
Mempraktikkan hafalan
ayat, terjemah ayat atau hadis -
Membuat laporan
analisis kerusakan alam |
|
|
tentang perilaku orang munafik terhadap kelestarian alam, - HR. Bukhari
Muslim dari Anas
bin Malik tentang
menanam tanaman |
|
8. |
4.27.1.
Menyajikan hasil analisis ayat
dan hadis tentang
dakwah 4.27.2.
Mempraktikkan cara berdakwah secara
lisan atau tulisan |
-
QS. an-Nahl
(16): 125 tentang
kewajiban berdawah, -
HR. Muslim
dari Abu Hurairah
tentang balasan bagi
motivator kebaikan |
- Merumuskan strategi dakwah melalui media
sosial atau media
lainnya yang ditampilkan dalam bentuk info grafis |
9. |
4.28.1.
Mendemonstrasikan hafalan, terjemahan ayat dan hadis tentang
amar makruf nahi munkar 4.28.2.
Menyajikan keterkaitan ayat dan hadis tentang amar makruf nahi munkar dengan fenomena sosial |
Amar makruf nahi munkar |
|
KISI-KISI UJIAN MADRASAH
TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Jejang |
: Madrasah
Aliyah |
Mata Pelajaran |
: Akidah Akhlak |
Program |
: IPA/IPS/Bahasa |
Kurikulum |
: 2013 (KMA 183/2019) |
A. KOMPETENSI PENGETAHUAN
NO |
KOMPETENSI DASAR |
MATERI
ESENSIAL |
INDIKATOR UJIAN |
||
1. |
3.1.
Menganalisis sifat wajib
Allah
(nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah) dan
sifat-sifat jaiz Allah Swt. |
Sifat-sifat wajib dan jaiz Allah |
Menentukan salah satu sifat wajib (nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah), atau sifat-sifat jaiz Allah |
||
2. |
3.2. Menganalisis keutamaan dan adab berbakti kepada orang tua dan guru berdasarkan dalil
dan pendapat ulama |
Adab berbakti kepada
orang tua dan guru |
Merinci adab berbakti kepada orang tua dan guru berdasarkan dalil dan pendapat ulama |
||
3. |
3.7. Menganalisis
makna, dalil
dan
ciri-ciri Islam washatiyah (moderat) dan ciri-ciri pemahaman Islam radikal |
Islam washatiyah radikal |
dan |
Membandingkan makna,
dalil, dan ciri- ciri antara
Islam washatiyah (moderat), dan Islam radikal |
|
4. |
3.8.
Menganalisis hakikat dan sifat dasar
nafsu syahwat dan ghadlab; serta cara menundukkannya melalui mujaahadah dan riyaadhah |
Menundukkan syahwat dan ghadlab |
nafsu |
Menguraikan hakikat
dan sifat dasar
nafsu syahwat, dan ghadlab
melalui mujaahadah dan riyaadhah |
|
5. |
3.9. Menganalisis sebab-sebab, contoh dan cara menghindari perilaku licik, tamak, zhalim
dan diskriminasi |
Menjauhi perilaku
tercela |
Menjelaskan sebab-sebab, con-toh dan cara menghindar perilaku tercela; perilaku licik,
tamak, zhalim, dan diskriminasi |
||
6. |
3.1. Menganalisis latar
belakang munculnya aliran-aliran kalam dalam peristiwa tahkim |
Aliran-aliran kalam dalam
peristiwa tahkim |
Mengidentifikasi aliran-aliran kalam
dalam peristiwa tahkim |
||
7. |
3.2. Menganalisis perilaku dan dampak negatif serta upaya menghindari
dosa- |
Menghindari perilaku dosa besar |
Membedakan antara perilaku besar, dampak negatif, dan |
dosa upaya |
NO |
KOMPETENSI DASAR |
MATERI
ESENSIAL |
INDIKATOR UJIAN |
|
dosa besar (membunuh, liwath, LGBT,
meminum khamr, judi,
mencuri, durhaka kepada orang
tua, meninggalkan sholat, memakan
harta anak yatim dan korupsi) |
|
menghindari dosa-dosa besar; membunuh, liwath, LGBT,
meminum khamr, judi, mencuri, durhaka kepada orang tua, meninggalkan sholat, memakan harta anak yatim, dan korupsi |
8. |
3.5. Menganalisis sifat-sifat utama Putri Rasulullah, Fatimatuzzahra ra. dan Uways
al-Qarni |
Kisah teladan Putri Rasulullah Fatimatuzzahra ra. dan Uways al-Qarni |
Membandingkan sifat-sifat utama antara Putri Rasulullah Fatimatuz- zahra ra. dan Uways al-Qarni |
9. |
3.7. Menganalisis bentuk dan cara menghindari akhlak tercela; israf, tabzir, dan bakhil |
Menghindari akhlak tercela seperti israf, tabzir, dan bakhil |
Membedakan bentuk dan cara
menghindari akhlak tercela antara israf, tabzir, dan bakhil |
10. |
3.9. Menganalisis dalil, kedudukan dan fungsi syari’at, tarekat dan ma’rifat dalam ajaran
Islam |
Syari’at, tarekat
dan ma’rifat dalam ajaran
Islam |
Menentukan dalil, kedudukan, dan fungsi syariat, tarekat, dan ma’rifat dalam ajaran
Islam |
11. |
3.10. Menganalisis definisi, tokoh utama dan inti ajaran tasawuf
(Imam Junaid al- Baghdadi, Rabiah
al-Adawiyah, al- Ghazali, Syekh Abdul Qadir
al-Jailani) |
Tokoh utama dan inti ajaran tasawuf (Imam Junaid
al- Baghdadi, Rabiah
al- Adawiyah, al-Ghazali, Syekh Abdul Qadir al-Jailani) |
Menguraikan tokoh utama dan inti ajaran
tasawuf Imam Junaid
al- Baghdadi, Rabiah
al-Adawiyah, al- Ghazali, dan Syekh
Abdul Qadir al- Jailani |
12. |
3.11. Menganalisis kisah
keteladanan sahabat Abdurrahman bin
Auf dan Abu
Dzar al- Ghifari |
Kisah teladan Abdurrah- man bin Auf dan Abu Dzar
al-Ghifari |
Menelaah kisah keteladanan Abdurrahman bin
Auf dan Abu Dzar al-Ghifari |
13. |
3.1. Menganalisis makna
dan upaya meneladani Al Asma’
al Husna: al- Afuww, al-Razzaq, al-Malik, al-Hasib, al-
Hadi, al-Khalik dan
al-Hakim |
Cerminan
nilai mulia Al Asma’
al Husna: al-Afuww, al-Razzaq, al-Malik, al-Hasib, al-Hadi, al-Khalik dan al- Hakim |
Menjelaskan makna dan keteladanan Al Asma’
al Husna: al-Afuww, al- Razzaq, al-Malik, al-Hasib, al-Hadi, al-
Khalik, dan al-Hakim |
14. |
3.2. Menganalisis makna, pentingnya, dan upaya memiliki sikap tasamuh (toleransi), musawah (persamaan) |
Sikap tasamuh (toleransi), musawah (persaamaan) dera-jat, tawasuth |
Membedakan antara makna, pentingnya, dan upaya memiliki sikap tasamuh (toleransi), musawah (per- |
NO |
KOMPETENSI DASAR |
MATERI
ESENSIAL |
INDIKATOR UJIAN |
|
derajat, tawasuth (moderat), dan ukhuwwah (persaudaraan) |
(moderat), dan ukhuwwah (persaudaraan) |
samaan) derajat, tawasuth (moderat), dan ukhuwwah (persaudaraan) |
15. |
3.3. Menganalisis konsep,
penyebab, dan cara menghindari sifat
tercela nifaq, keras hati, dan ghadab (pemarah) |
Menghindar dari penyakit hati nifaq, keras hati, dan ghadab (pemarah) |
Menguraikan konsep, penye-bab, dan cara menghindari sifat tercela diantaranya nifaq, keras
hati, dan ghadab
(pemarah) dalam
kehidupan bermasyarakat |
16. |
3.5. Mengevaluasi kisah kesufian Imam Hanafi, Imam Malik, Imam Asy-Syafei dan
Imam Ahmad bin Hanbal |
Kisah kesufian Imam
Hanafi, Imam Malik,
Imam Asy-Syafei dan Imam Ahmad
bin Hanbal |
Mendeskripsikan kisah
kesu-fian Imam Hanafi, Imam
Malik, Imam Asy- Syafei, dan Imam Ahmad
bin Hanbal |
17. |
3.6. Menganalisis konsep dan pentingnya perilaku semangat sikap
bekerja keras, kolaboratif, fastabiqul khairat, optimis, dinamis, kreatif, dan inovatif |
Perilaku
semangat sikap bekerja keras, kolaboratif, fastabiqul khairat, optimis, dinamis, kreatif, dan inovatif |
Menelaah
perilaku semangat sikap
bekerja keras, kola-boratif, fastabiqul khairat, optimis, dinamis, kreatif, dan inovatif |
18. |
3.7. Menganalisis konsep dan cara menghindari perilaku fitnah, berita bohong (hoaks), namimah, tajassus dan ghibah |
Menghindari perilaku fitnah, berita bohong (hoaks), namimah, tajassus dan ghibah |
Menguraikan konsep dan cara
menghindari perilaku fitnah,
berita bohong (hoaks),
nami-mah, tajassus, dan ghibah dalam kehidupan bermasya-rakat |
19. |
3.8. Menerapkan akhlak mulia dalam berorganisasi dan bekerja |
Etika dalam berorganisasi dan bekerja (profesi) |
Menjelaskan etika dalam berorganisasi, dan
bekerja (profesi) |
20. |
3.9. Menganalisis keteladanan sifat-sifat positif
Kyai Kholil al-Bangkalani, Kyai Hasyim Asy'ari,
dan Kyai Ahmad Dahlan |
Keteladanan tokoh Islam Kyai Kholil al-Bangkalani, Kyai Hasyim Asy'ari, dan Kyai Ahmad Dahlan |
Mendeskripsikan keteladanan sifat- sifat positif tokoh Islam Kyai Kholil
al- Bangkalani, Kyai Hasyim Asy'ari, dan Kyai Ahmad Dahlan
yang patut dicontoh dalam kehidupan sehari-hari |
B.
KOMPETENSI
KETERAMPILAN
NO |
KOMPETENSI DASAR |
MATERI
ESENSIAL |
INDIKATOR UJIAN |
1. |
4.2. Menyajikan hasil
analisis tentang makna,
pentingnya, dan
upaya
memiliki sikap tasamuh (toleransi), musawah
(persamaan) derajat, tawasuth (moderat), dan ukhuwwah (per-saudaraan) dalam
menjaga keutuhan NKRI |
Kunci kerukunan dalam menjaga keutuhan
NKRI |
Membuat karya
tulis/makalah tentang upaya
bersikap tasamuh (toleransi), menjunjung tinggi sikap musawah
(persamaan) derajat, selalu menjaga
ukhuwwah (persaudaraan) dalam menjaga
keutuhan NKRI tercinta |
2. |
4.4. Meyajikan hasil analisis tentang
adab Islam dalam bergaul dengan sebaya, yang lebih
tua, yang lebih muda dan lawan jenis |
Etika bergaul dalam
Islam dengan teman
sebaya yang lebih
tua, lebih muda dan lawan
jenis |
Membuat video mempraktikkan contoh
etika bergaul dalam
Islam baik dengan
teman sebaya, yang lebih muda,
dan lawan jenis
dalam kehidupan sehari-hari |
Jejang |
: Madrasah Aliyah |
Mata Pelajaran |
: Fikih |
Program |
: MIPA, IPS dan Bahasa |
Kurikulum |
: 2013 (KMA 183
Tahun 2019) |
NO |
KOMPETENSI DASAR |
MATERI ESENSIAL |
INDIKATOR UJIAN |
|
Kelas X |
|
|
1 |
3.2 Menganalisis ketentuan pemulasaraan jenazah |
Tata cara pemulasaraan jenazah |
Mengorganisasikan tata cara pemulasaraan jenazah |
2 |
3.3 Mengevaluasi ketentuan zakat dalam
hukum Islam dan undang-undang pengelolaan zakat |
Harta benda yang wajib dizakati |
Menelaah ketentuan zakat harta benda |
3 |
3.4 Menganalisis implementasi ketentuan haji dan umrah |
Tata cara melaksanakan ibadah haji |
Mengklasifikasikan tata cara melaksanakan haji |
4 |
3.5 Menganalisis ketentuan pelaksanaan qurban dan aqiqah
serta hikmahnya |
Ketentuan qurban
dan aqiqah |
Membandingkan ketentuan qurban
dengan aqiqah |
5 |
3.6 Menganalisis konsep akad, kepemilikan harta benda, dan ihya’ul mawat |
Macam-macam kepemilikan |
Membedakan macam- macam kepemilikan |
6 |
3.7 Menganalisis ketentuan tentang jual beli,
khiyar, salam dan hajr |
Tata cara jual beli, khiyar,
salam dan hajr |
Mengorganisasikan ketentuan jual beli, khiyar, salam dan hajr |
7 |
3.9 Mengevaluasi hukum riba,
bank dan asuransi |
Hukum riba, bank dan asuransi |
Mengkritisi hukum riba, bank dan asuransi |
|
Kelas XI |
|
|
8 |
3.1 Menganalisis ketentuan tentang
jinayat dan |
Jinayat dan hikmahnya |
Membandingkan macam- |
|
hikmahnya |
|
macam jinayat dan hikmahnya |
9 |
3.2 Menganalisis ketentuan tentang
hukum hudud dan hikmahnya |
Macam-macam hudud |
Membandingkan macam- macam hudud |
10 |
3.5 Menganalisis ketentuan perkawinan dalam hukum
Islam dan perundang-undangan |
Perkawinan dalam hukum Islam dan perundang- undangan |
Membandingkan perkawinan dalam hukum Islam
dan perundang- undangan |
11 |
3.6 Mengevaluasi ketentuan talak dan rujuk
dan akibat hukum
yang menyertainya |
Talak dan rujuk dan akibat hukum
yang menyertainya |
Mengorganisasikan contoh
talak dan rujuk
serta akibat hukum yang menyertainya |
12 |
3.7 Menganalisis ketentuan hukum waris dan wasiat |
Cara mengitung waris |
Mengorganisasikan contoh kasus cara menghitung waris |
|
Kelas XII |
|
|
13 |
3.2 Menganalisis sumber
hukum Islam yang muttafaq (disepakati) dan mukhtalaf (tidak disepakati) |
Sumber hukum Islam muttafaq dan sumber hukum
Islam mukhtalaf |
Mengorganisasikan sumber hukum Islam yang muttafaq sumber hukum Islam yang mukhtalaf |
14 |
3.3 Mengevaluasi konsep ijtihad
dan bermazhab dalam pelaksanaan hukum
Islam |
Hubungan konsep ijtihad dan bermazhab |
Mengkritisi konsep ijtihad dan bermazhab |
15 |
3.4 Menganalisis konsep
tentang al-hakim, al- hukmu,
al-mahkum fih dan al-mahkum ‘alaih |
Konsep al-hakim, al- hukmu,
al-mahkum fih, al- mahkum ‘alaih |
Mengorganisasikan
al- hakim, al-hukmu, al- mahkum fih, al-mahkum ‘alaih |
16 |
3.5 Menganalisis al-qawaidul khamsah |
Al-qawaidul khamsah |
Mengorganisasikan penerapan contoh al- qawaidul khamsah |
17 |
3.6 Menganalisis ketentuan kaidah
`amar dan nahi |
Bentuk lafad amar dan
nahi |
Mengidentifikasi
bentuk lafad amar dan nahi |
18 |
3.7 Menganalisis ketentuan kaidah
'am dan khaash |
Bentuk lafad ‘am dan khas |
Mengidentifikasi bentuk lafad ‘am dan khas |
19 |
3.8 Menganalisis ketentuan kaidah
takhshiish dan mukhasshish |
Macam-macam takhsis |
Membandingkan macam- macam takhsis |
20 |
3.9 Menganalisis ketentuan kaidah mujmal
dan mubayyan |
Macam-macam bayan |
Membandingkan macam- macam
bayan |
B.
KOMPETENSI KETERAMPILAN
NO |
KOMPETENSI DASAR |
MATERI ESENSIAL |
INDIKATOR UJIAN |
1 |
Mengomunikasikan hasil
analisis tata cara
pemulasaraan jenazah |
Tata cara pemulasaraan jenazah |
Mensimulasikan tata
cara pemulasaraan jenazah |
2 |
Menyajikan hasil analisis praktik
pernikahan yang sesuai
dan tidak sesuai
dengan ketentuan hukum Islam yang terjadi
di masyarakat |
Syarat dan rukun
nikah |
Mensimulasikan akad
nikah yang memenuhi syarat dan rukun
nikah |
3 |
Menyajikan hasil
analisis praktik waris dan wasiat
dalam masyarakat yang sesuai dan tidak sesuai dengan ketentuan hukum
Islam |
Cara menghitung waris |
Mensimulasikan menghitung waris |
KISI-KISI UJIAN MADRASAH MADRASAH ALIYAH TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Jenjang |
: Madrasah
Aliyah |
Mata Pelajaran : SKI |
|
Program |
: MIPA/IPS/Bahasa/Agama |
Kurikulum |
: 2013 (KMA 183 Tahun 2019) |
A. KOMPETENSI PENGETAHUAN
NO |
KOMPETENSI DASAR |
MATERI
ESENSIAL |
INDIKATOR UJIAN |
1 |
3.1 Menganalisis kebudayaan masyarakat Mekah
sebelum Islam |
Kebudayaan Masyarakat Mekah
sebelum Islam |
- Menyimpulkan ciri-ciri kebudayaan masyarakat Arab sebelum Islam |
2 |
3.2 Menganalisis substansi dan strategi dakwah Rasulullah Saw. periode Mekah |
Substansi dan
strategi dakwah Rasulullah Saw. Periode Mekah |
- Menyimpulkan keutamaan dakwah Rasulullah Saw. periode Mekah. |
3 |
3.5 Menganalisis strategi dakwah Rasulullah pada periode Madinah |
Substansi dan strategi dakwah
Rasulullah Saw. Periode Madinah |
- Mengidentifikasi strategi dakwah Rasulullah Saw.
di Madinah |
4 |
3.9 Menganalisis substansi dan strategi dakwah Khulafaur Rasyidin |
Perkembangan Islam pada Masa Khulafaur Rasyidin |
- Membedakan strategi dakwah dari Khulafaur Rasyidin |
5 |
3.11
Mengevaluasi perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Umayyah
di Damaskus |
Perkembangan Peradaban dan Ilmu Pengetahuan Daulah Umayyah di Damaskus |
- Menemukan hikmah dari perkembangan peradaban dan ilmu pengetahuan Daulah |
|
|
|
Umayyah di Damaskus |
6 |
3.2 Mengevaluasi perkembangan peradaban dan ilmu
pengetahuan pada masa Daulah
Abbasiyah |
Perkembangan Peradaban dan Ilmu Pengetahuan Daulah Abbasiyah di Damaskus |
- Mengapresisasi perkembangan peradaban dan Ilmu pengetahuan pada masa Daulah
Abbasiyah |
7 |
3.3 Mengevaluasi proses lahirnya Daulah Usmani |
Kemajuan peredaban Islam pada masa Daulah
Usmani |
- Mengapresiasi kemajuan peradaban Daulah Usmani |
8 |
3.6 Mengevaluasi perkembangan ilmu pengetahuan dan peradaban pada masa Daulah
Mughal |
Kemajuan peredaban Islam pada masa Daulah
Mughal |
- Menemukan hikmah
dari Kemajuan peradaban Islam Daulah Mughal
di India |
9 |
3.7 Mengevaluasi proses lahirnya Daulah
Syafawi |
Sejarah
lahirnya Daulah Syafawi |
- Mengidentifikasi proses lahirnya Daulah
Syafawi |
10 |
3.9 Menganalisis kemunduran Islam dan latar belakang munculnya gerakan tajdid |
Kejayaan Umat Islam |
- Menyimpulkan kejayaan umat Islam |
11 |
3.10 Menganalisis tokoh-tokoh pembaharuan dalam Islam
dan ide-ide pembaharuan (Ali Pasha, Jamaluddin Al-Afghani, Muhammad Rasyid Ridha) |
Biografi
tokoh-tokoh pembaharuan dalam Islam |
- Mengidentifikasi ide- ide dari tokoh-tokoh pembaharuan dalam Islam |
12 |
3.12 Menganalisis pengaruh gerakan pembaharuan terhadap perkembangan Islam di Indonesia |
Pengaruh Gerakan Pembaharuan Islam di Indonesia |
- Mengaitkan gerakan Pembaharauan dengan
perkembangan Islam di Indonesia |
13 |
3.13 Menganalisis munculnya organisasi Islam
sebagai dampak dari adanya
gerakan pembaharuan |
Organisasi Islam di Indonesia |
- Mengaitkan gerakan
Pembaharuan dengan munculnya organisasi Islam di Indonesia |
14 |
3.1 Menganalisis jalur dan proses
awal masuknya |
Teori-teori jalur
dan proses |
- Mengidentifikasi teori- |
|
Islam di Indonesia |
awal masuknya Islam di Indonesia |
teori tentang
jalur dan proses
awal masuknya Islam di Indonesia |
15 |
3.2 Menganalisis sejarah kerajaan Islam di Indonesia |
Kerajaan Islam
di Indonesia |
- Mengidentifikasi peranan
kerajaan Islam dalam
penyebaran Islam di Indonesia |
16 |
3.3 Menganalisis biografi Walisanga dan perannya dalam
mengembangkan Islam di Indonesia |
Strategi dakwah Walisanga |
- Mengaitkan strategi dakwah Walisanga dengan dakwah Kontemporer |
17 |
3.5 Menganalisis peran umat Islam pada masa
penjajahan dan kemerdekaan |
Perjuangan umat Islam pada masa
penjajahan |
- Memberikan argumentasi munculnya beberapa tokoh perjuangan Islam pada
masa penjajahan |
18 |
3.6 Menganalisis peran umat Islam
pada masa pascakemerdekaan |
Perjuangan umat Islam pascakemerdekaan |
- Mengaitkan perjuangan umat
Islam pada masa penjajahan dan pasca kemerdekaan |
19 |
3.7 Menganalisis perkembangan Islam di kawasan Asia
Tenggara |
Perkembangan umat Islam di kawasan Asia Tenggara |
- Menganalisis perkembangan umat Islam
di kawasan Asia Tenggara |
20 |
3.8 Menganalisis perkembangan Islam di kawasan Asia
Afrika |
Perkembangan Islam di Afrika |
- Menganalisis perkembangan Islam di Afrika |
21 |
3.9 Menganalisis perkembangan Islam di dunia Barat |
Perkembangan Islam di Amerika |
- Menganalisis perkembangan Islam
di Amerika |
B. KOMPETENSI KETERAMPILAN
NO |
KOMPETENSI DASAR |
MATERI
ESENSIAL |
INDIKATOR UJIAN |
1 |
4.2 Mengapresiasi perkembangan peradaban
dan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Abbasiyah |
Perkembangan Peradaban dan Ilmu Pengetahuan Daulah Abbasiyah di Damaskus |
- Meceritakan kembali dalam bentuk video pendek/Membuat Sinopsis, tentang perkembangan Ilmu Pengetahuan pada masa Daulah Abbasiyah |
2 |
4.13 Mengidentifikasi organisasi Islam yang muncul
sebagai dampak adanya
gerakan pembaruan |
Organisasi Islam di Indonesia |
- Membuat kajian
literatur tentang lahirnya Organisasi Islam di indonesia |
3 |
4.4 Menilai peranan
kerajaan-kerajaan awal Islam
terhadap perkembangan Islam
di Indonesia |
Kerajaan
Islam di Indonesia |
- Menceritakan kembali dalam
bentuk Narasi/Puisi/video tentang
peranan kerajaan Islam di Indonesia |
KISI-KISI UJIAN MADRASAH MADRASAH ALIYAH TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Jenjang |
: Madrasah
Aliyah |
Mata Pelajaran |
: Bahasa
Arab Wajib |
Program |
: MIPA/IPS/Bahasa/Keagamaan |
Kurikulum |
: 2013/
(KMA 183 Tahun
2019) |
A. KOMPETENSI PENGETAHUAN
NO |
KOMPETENSI DASAR |
MATERI
ESENSIAL |
INDIKATOR UJIAN |
|
KELAS X SEMESTER GANJIL |
|
|
1. |
3.2 Menganalisis gagasan dari teks bahasa Arab
yang berkaitan dengan
tema : التحيات والتعارف ( التحيات، البيانات الشخصية، التعريف بالنفس وبالغ
ري) dengan
memperhatikan bentuk, makna,
dan fungsi dari تقسيم الكلمة – األرقام 1 – 100 |
berkaitan
deskriptif Teks ال
ّتحيات وال ّتعارف tema
dengan |
Menemukan fakta tentang ال ّتحيات وال ّتعارف |
fungsi dan makna, Bentuk, األرقام 1 –
, تقسيم الكلمة dari 100 |
Membedakan macam-macam kata
(isim, fi’il, harf) |
||
Mengaitkan bilangan 1-100
dengan ّتعارف ال |
|||
2 |
3.4 Menerapkan kaidah tentang
bentuk, makna, dan fungsi dari susunan gramatikal ري الضم المنفصل،( )المتصلdalam menyusun teks bahasa Arab yang berkaitan dengan
tema: األرسة والبيت (أعضاء األرسة، أجزاء البيت) |
Teks deskriptif berkaitan dengan tema البيت و األرسة |
Menganalisis makna tersirat pada teks deskriptif |
Bentuk,
makna, dan fungsi
dari struktur gramatikal (المنفصل، المتصل) الضم ري |
Menggunakan dhamir munfashil dan
dhamir muttashil dalam kalimat
sesuai tema |
3. |
3.6 Mengevaluasi teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema : المدرسة (مرافق المدرسة، األدوات المدرسية، األنشطة
. يف المدرسة) dengan memperhatikan bentuk, makna, dan fungsi dari susunan gramatikal المفرد والمث
.ن والجمع |
berkaitan
deskriptif Teks المدرسة والبيئة tema
dengan المحيطة بها |
Menentukan ide pokok dari
paragraf teks deskriptif |
Bentuk, makna, dan fungsi dari struktur gramatikal المفرد والمث
.ن والجمع |
Mendeteksi bentuk isim mufrad,
mutsanna, jamak dalam kalimat |
||
|
KELAS X SEMESTER GENAP |
|
|
4. |
3.8 Menganalisis gagasan dari teks bahasa Arab
yang berkaitan dengan
tema : الحياة اليومية (األنشطة اليومية - الساعة - العبادة اليومية) dengan memperhatikan bentuk,
makna, dan fungsi dari susunan gramatikal - المذكر والمؤنث |
dengan
berkaitan rekon Teks الحياة اليوم
ّية tema |
Menemukan informasi tersirat pada teks |
Bentuk, makna, dan
fungsi dari struktur gramatikal أقسام الفعل |
Menganalisis bentuk dan makna macam-macam fi’il dalam teks |
||
Bentuk,
makna, dan fungsi
dari struktur gramatikal المذكر والمؤنث |
Mengklasifikasikan bentuk kata berdasarkan jenis
(mudzakkar/muannats) |
||
5. |
3.10
Menerapkan kaidah tentang bentuk,
makna, dan fungsi dari susunan
gramatikal أدوات االستفهام dalam menyusun teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema : الهواية (أنواع الهواية، ال ريوي ح
. يف اإلسالم) |
Teks deskriptif berkaitan dengan tema الهواية |
Menyusun teks deskriptif sesuai tema |
Bentuk,
makna, dan fungsi
dari struktur gramatikal أدوات االستفهام |
Menerapkan struktur adawat istifham dalam
kalimat sesuai tema |
|
KELAS XI SEMESTER GANJIL |
|
|
6. |
3.2 Menganalisis gagasan dari teks bahasa Arab
yang berkaitan dengan
tema : ( . يف السوق التقليدي،
. يف السووبرماركيت) التسوق dengan
memperhatikan bentuk, makna, dan fungsi dari susunan
gramatikal عدد ألف ومليون ومليار وبليون |
Teks deskriptif berkaitan dengan tema التسوق |
Menganalisis fakta
tentang التسوق |
fungsi dan makna, Bentuk, عدد gramatikal struktur dari ألف ومليون ومليار وبليون |
Menggunakan bilangan ribuan-jutaan dalam kalimat berdasarkan kaidah ‘adad ma’dud sesuai tema |
||
7. |
3.4 Menganalisis gagasan dari teks bahasa Arab
yang berkaitan dengan
tema : الصحة (المستش .ف والصيدلية، عيادة المريض) dengan memperhatikan bentuk, makna, dan
fungsi dari susunan
gramatikal حروف الجر وحروف العطف |
Teks prosedur berkaitan dengan tema الصحة |
Menyimpulkan isi teks
prosedur |
Bentuk,
makna, dan fungsi
dari struktur gramatikal حروف الجر وحروف العطف |
Menganalisis makna
harf jar atau harf athaf
dalam kalimat |
||
Menyusun kalimat dengan menggunakan harf jar dan harf athaf |
|||
8. |
3.6 Menerapkan kaidah tentang bentuk, makna,
dan fungsi dari susunan gramatikal االسم النكرة واالسم المعرفة dalam menyusun teks bahasa Arab yang
berkaitan dengan tema : السفر والسياحة (وسائل المواصالت،
المناطق السياحية) |
Teks rekon berkaitan dengan tema والسياحة السفر |
Menyusun teks rekon sesuai tema |
fungsi dan makna, Bentuk, االسم gramatikal struktur dari النكرة واالسم المعرفة |
Mengklasifikasikan isim nakirah dan isim ma’rifat |
|
KELAS XI SEMESTER GENAP |
|
|
9. |
3.8 Menganalisis gagasan dari teks bahasa Arab
yang berkaitan dengan
tema : الحج والعمرة، مكة والمدينة dengan
memperhatikan bentuk, makna,
dan fungsi dari susunan gramatikal ترصيف الفعل الما
. يض اللغوي |
dengan berkaitan rekon Teks الحج والعمرة، مكة والمدينة tema |
Menganalisis fakta tentang
urutan kegiatan والعمرة الحج |
Bentuk,
makna, dan fungsi
dari struktur gramatikal ترصيف الفعل الما . يض اللغوي |
Menilai penggunaan tashrif fi’il madhi dalam kalimat
berdasarkan dhamir |
||
10. |
3.10 Mengevaluasi gagasan dari teks bahasa Arab
yang berkaitan dengan
tema : تكنولوجيا اإلعالم واالتصال (الحاسوب، الجوال، األونالين) dengan
memperhatikan bentuk, makna,
dan fungsi dari susunan gramatikal ترصيف الفعل المضارع اللغوي |
berkaitan eksposisi Teks تكنولوجيا اإلعالم tema dengan واالتصال |
Menentukan ide pokok dalam paragraf |
Menyimpulkan isi teks
eksposisi |
|||
Bentuk,
makna, dan fungsi
dari struktur gramatikal المضارع اللغوي الفعل ترصيف |
Menerapkan tashrif lughawi fi’il mudhari’ dalam kalimat |
||
11. |
3.12 Mengevaluasi gagasan dari teks bahasa
Arab yang berkaitan dengan tema : األديان . يف إندونيسيا (األديان والمعابد، التسامح) dengan memperhatikan bentuk, makna, dan fungsi dari susunan
gramatikal الجملة االسمية والجملة الفعلية |
berkaitan
deskriptif Teks األديان . يف tema dengan إندونيسيا |
Menganalisis fakta dalam teks deskriptif |
Bentuk,
makna, dan fungsi
dari struktur gramatikal الجملة االسمية والجملة الفعلية |
Membandingkan susunan jumlah ismiyyah dan
jumlah fi’liyyah |
||
Menilai
penggunaan jumlah ismiyyah atau jumlah fi’liyyah |
|
KELAS XII SEMESTER GANJIL |
|
|
12. |
3.2 Menganalisis gagasan dari teks bahasa Arab
yang berkaitan dengan
tema : الرياضة (أنواع الرياضة، مسابقات رياضية) dengan memperhatikan bentuk,
makna, dan fungsi dari susunan gramatikal النعت - اإلضافة |
Teks deskriptif berkaitan dengan tema الرياضة |
Menentukan ide pokok dalam paragraf |
Menilai fakta
tentang aktifitas الرياضة |
|||
Bentuk,
makna, dan fungsi
dari struktur gramatikal النعت – اإلضافة |
Menganalisis susunan na’at man’ut atau idhafah dalam kalimat |
||
13. |
3.4 Mengevaluasi teks bahasa Arab yang berkaitan dengan tema الشباب (مرحلة الشباب، كن متفائال) dengan memperhatikan bentuk,
makna dan fungsi dari susunan gramatikal المب . ين للمعلوم – الفعل المب
. ين للمجهول الفعل |
Teks prosedur berkaitan dengan tema الشباب |
Menyimpulkan isi teks
prosedur |
fungsi dan makna, Bentuk, الفعل gramatikal struktur dari المب
. ين للمعلوم – الفعل المب
. ين للمجهول |
Menggunakan fi’il mabni
ma’lum dan fi’il mabni
majhul dalam kalimat |
||
Mengubah fi’il mabni ma’lum
menjadi fi’il mabni majhul atau sebaliknya |
|||
14. |
3.6 Mengevaluasi gagasan dari teks bahasa Arab
yang berkaitan dengan
tema : الشعر العر . يب (الشعر، الشاعر البورصي) dengan memperhatikan bentuk, makna, dan fungsi dari susunan gramatikal اسم التفضيل |
Teks deskriptif berkaitan dengan tema يب . العر الشعر |
Menganalisis karakter puisi
al-Bushiri |
Menyajikan contoh
puisi arab |
|||
Bentuk, makna, dan fungsi dari struktur gramatikal اسم |
Menentukan makna isim tafdhil dalam kalimat |
|
|
التفضيل |
Menyusun
kalimat dengan menggunakan isim tafdhil |
|
KELAS XII SEMESTER GENAP |
|
|
15. |
3.8 Menganalisis gagasan dari teks bahasa Arab
yang berkaitan dengan
tema : الحضارة اإلسالمية (الحضارة اإلسالمية قديما وحديثا، علماء اإلسالم) dengan memperhatikan bentuk,
makna, dan fungsi dari susunan gramatikal األسماء الخمسة واألفعال الخمسة |
berkaitan deskriptif Teks الحضارة اإلسالمية tema
dengan |
Menentukan ide pokok dari
paragraf |
Menyimpulkan isi teks
deskriptif |
|||
Bentuk,
makna, dan fungsi
dari struktur gramatikal األسماء الخمسة واألفعال الخمسة |
Menerapkan al-asma’ al khamsah dalam kalimat
berdasarkan i’rabnya |
||
Menilai penggunaan al-af’al al khamsah yang
benar dalam kalimat |
|||
16. |
3.10 Mengevaluasi gagasan dari teks bahasa Arab
yang berkaitan dengan
tema : الدراسة . يف الجامعة ( الدراسة
. يف جامعات إندونيسيا ، الدراسة . يف خارج البالد ) dengan memperhatikan bentuk, makna, dan fungsi dari susunan
gramatikal المضارع
المرفوع والمضارع
المنصوب والمضارع
المجزوم |
berkaitan eksposisi Teks . يف الجامعة tema
dengan الدراسة |
Menilai fakta
tentang aktifitas الدراسة
. يف الجامعة |
Menentukan ide pokok
dari paragraf |
|||
Bentuk,
makna, dan fungsi
dari struktur gramatikal المضارع المرفوع والمضارع |
Menemukan fi’il mudhari’ marfu’,
mansub atau majzum
dalam teks sederhana |
|
|
المنصوب والمضارع المجزوم |
Menerapkan fi’il mudhari’ marfu’, manshub, dan majzum dalam konteks kalimat |
Mengevaluasi kalimat yang benar pada penggunaan fi’il mudhari’ marfu’, manshub, dan majzum |
B. KOMPETENSI KETERAMPILAN
NO |
KOMPETENSI DASAR |
MATERI
ESENSIAL |
INDIKATOR UJIAN |
1 |
4.1 Mendemonstrasikan tindak tutur mengenalkan diri dan
orang lain, meminta maaf, berpamitan dengan memperhatikan تقسيم الكلمة – األرقام 1 - 100 baik secara lisan
maupun tulisan. |
Tindak tutur tentang
mengenalkan diri dan orang lain sesuai tema التحيات والتعارف |
Melakukan dialog secara
berpasangan terkait tema berkenalan dengan
menerapkan penggunaan isim, fi’il,
harf dan angka
1-100 |
2 |
4.3 Mendemonstrasikan tindak tutur menanyakan hubungan keluarga dan menyatakan keinginan dengan memperhatikan bentuk, makna
dan fungsi dari susunan gramatikal الضم
ري (المنفصل، متصل) baik secara lisan
maupun tulisan. |
Tindak tutur tentang
menanyakan hubungan keluarga sesuai tema األرسة والبيت |
Menceritakan tentang anggota keluarga dan rumah dengan
menerapkan dhamir munfashil dan dhamir muttashil |
3 |
4.9 Mendemonstrasikan tindak
tutur mengemukakan pendapat dengan memperhatikan bentuk,
makna dan fungsi
dari |
Tindak tutur
tentang mengemukakan pendapat sesuai tema الهواية |
Melakukan dialog secara
berpasangan tentang hobi, dengan menerapkan adawat istifham |
|
susunan gramatikal. أدوات االستفهام baik secara lisan
maupun tulisan. |
|
|
4 |
4.1 Mendemonstrasikan tindak
tutur mendeskripsikan bentuk,
timbangan, sifat dan karakteristik suatu
benda dengan memperhatikan bentuk, makna dan fungsi dari
susunan gramatikal عدد ألف ومليون ومليار وبليون baik secara lisan
maupun tulisan. |
Tindak tutur tentang mendeskripsikan bentuk, timbangan, sifat
dan karakteristik suatu benda sesuai tema التسوق |
Menceritakan pengalaman berbelanja, baik di pasar tradisional maupun
supermarket, dengan menerapkan bilangan ribuan hingga jutaan |
5 |
4.5 Mendemonstrasikan tindak
tutur berpamitan, mengucapkan selamat jalan dan selamat datang
dengan memperhatikan bentuk,
makna dan fungsi
dari susunan gramatikal االسم النكرة واالسم المعرفة baik secara lisan
maupun tulisan. |
Tindak tutur
tentang berpamitan, mengucapkan selamat jalan dan selamat datang sesuai tema السفر والسياحة |
Menceritakan pengalaman berwisata,
dengan menerapkan isim nakirah dan
isim ma’rifat |
6 |
4.9 Mendemonstrasikan tindak
tutur menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian di waktu
sekarang dan akan datang dengan
memperhatikan bentuk, makna
dan fungsi dari ترصيف الفعل المضارع اللغوي baik secara lisan
maupun tulisan. |
Tindak tutur tentang
menyatakan dan menanyakan tindakan/kejadian di waktu
sekarang dan akan
datang sesuai tema تكنولوجيا اإلعالم واالتصال |
Menceritakan tentang penggunaan
teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan, dengan
menerapkan tashrif lughawi fi’il mudhari’ |
7 |
4.11 Mendemonstrasikan tindak
tutur memberi dan meminta informasi beberapa ajaran agama
di Indonesia dengan
memperhatikan bentuk, makna
dan fungsi dari susunan gramatika الجملة االسمية والجملة الفعلية baik secara lisan
maupun tulisan. |
Tindak tutur tentang
memberi dan meminta
informasi beberapa ajaran agama
di Indonesia sesuai األديان . يف إندونيسيا tema |
Melakukan dialog secara
berpasangan tentang agama-
agama di Indonesia, dengan menerapkan
struktur gramatikal jumlah ismiyyah dan
jumlah fi’liyyah |
8 |
4.1 Mendemonstrasikan tindak
tutur membandingkan sesuatu dengan
memperhatikan bentuk, makna
dan fungsi dari
susunan gramatikal النعت واإلضافة baik secara lisan
maupun tulisan. |
Tindak tutur tentang
membandingkan sesuatu sesuai tema الرياضة |
Melakukan dialog secara
berpasangan tentang olahraga
favorit, dengan menerapkan struktur gramatikal na’at man’ut
dan idhafah |
9 |
4.3 Menyajikan
hasil analisis tindak tutur mendeskripsikan sebuah kejadian dengan
memperhatikan bentuk, makna
dan fungsi dari
susunan gramatikal الفعل المب . ين للمعلوم - الفعل المب
. ين للمجهول baik secara lisan
maupun tulisan. |
Tindak tutur tentang
mendeskripsikan sebuah kejadian sesuai tema الشباب |
Melakukan dialog secara
berpasangan tentang menjadi
pemuda yang diharapkan masyarakat, dengan menerapkan struktur gramatikal fi’il mabni
ma’lum dan fi’il mabni
majhul |
10 |
4.9. Mendemonstrasikan tindak
tutur menanyakan tujuan dari sebuah kejadian dan aktifitas dengan
memperhatikan bentuk, makna dan fungsi
dari susunan gramatikal المضارع المرفوع والمضارع
المنصوب والمضارع
المجزوم baik secara lisan
maupun tulisan. |
Tindak tutur tentang
menanyakan tujuan dari sebuah kejadian dan aktifitas sesuai tema الدراسة . يف الجامعة |
Menceritakan keinginan melanjutkan kuliah ke universitas, dengan menerapkan struktur gramatikal fi’il mudhari’ marfu’, manshub, dan
majzum |
Pendidik bertugas Mendidik, maka Didiklah Diri Dengan Prilaku yang mendidik
EmoticonEmoticon