1. Istilah lain dari perjanjian internasional adalah modus vivinde, yaitu bentuk perjanjian sementara antara dua negara atau lebih sampai berhasil diwujudkan perjanjian yang memiliki persamaan, terinci dan sistematis. Modus viviendi lahir karena adanya .....
A. Negara yang memperluas hubungan kerjasama
B. Suatu negara yang sedang bersengketa
C. Perjanjian yang baru dirintis
D. Peningkatan status diplomatik
E. Pemulihan hubungan diplomatik yang sedang putus
2. Law making treaty merupakan suatu bentuk perjanjian yang sifatnya .........
A. Memaksa
B. Mengikat
C. Tertutup
D. Terbatas
E. Terbuka
3. Berikut ini sebab-sebab perjanjian internasional ,baik secara bilateral maupun multilateral dapat berakhir, kecuali ..........
A. Telah tercapai tujuan perjanjian
B. Habis masa berlakunya
C. Perundingan tidak dihadiri kepala negara
D. Salah satu pihak peserta perjanjian punah
E. Karena persetujuan dari para peserta untuk mengakhiri perjanjian
4. Perserikatan Bangsa-Bangsa sebagai salah organisasi internasional bertujuan ..........
A. Memajukan hubungan persahabatan antar bangsa berdasarkan asas persamaan derajat
B. Agar semua anggota mencegah tindakan dan ancaman terhadap hak kedaulatan negara lain
C. Menyelesaikan sengketa-sengketa internasioanal dengan cara damai sehingga tidak membahayakan
D. Menjaga agar negara yang bukan anggota bertindak sesuai dengan asas pbb
E. Mengadakan campur tangan masalah dalam negeri setiap anggota
5. Proses terjadi perjanjian internasional di bagi kedalam tiga tahap, yaitu ........
A. perundingan, penandatanganan dan pengesahan
B. pembukan, pandangan umum dan perundingan
C. pembukaan, pandangan umum dan perundingan
D. pembukaan, perundingan dan penutupan
E. pembukaan, pengesahan dan penandatanganan
6. Tujuan piagam PBB berdasarkan pasal 1 piagam PBB adalah ........
A. Menjadikan PBB pusat pemecahan masalah dalam negeri negara anggota
B. Sengketa –sengketa internasional akan diselesaikan dengan cara damai
C. Memajukan persahabatan antarbangsa berdasarkan asas persamann derajat
D. PBB didirikan atas dasar persamaan derajat
E. Memelihara perdamaian dan keamanan tiap –tiap negara di dunia
7. Tujuan diadakanya hubungan antarbangsa di dunia, antara lain ........
A. Saling menghormati kemerdekan masing masing
B. Kerja sama dalam menyelesaikan masalah internasional
C. Mempercepat pertumbuhan ekonomi
D. Mempercepat persahabatan dengan negara lain
E. Menciptakan keamanan dan perdamaian dunia
8. Tujuan politik luar negeri RI ialah ..............
A. Memerhatikan kemerdekan bangsa dan menjaga keselamatan negara
B. Menciptakan masyarakat yang adil dan makmur
C. Mendukung netralisasi Asia Tenggara dan Samudera Indonesia
D. Memantapkan peranan dalam ASEAN
E. Mengirimkan pasukan Garuda indonesia sebagai pasukan perdamaian
9. Berikut ini yang tidak termasuk istilah-istilah yang sering digunakan dalam perjanjian internasional adalah ...............
A. Konvensi
B. Traktrat
C. Piagam
D. Pakta
E. Konfederasi
10. Perjanjian multilateral disebut juga perjanjian yang bersifat ..........
A. Terbatas
B. Tertutup
C. Memaksa
D. Terbuka
E. Sukarela
11. Jika suatu daerah di indonesia terancam musuh,kita harus rela berkorban untuk mempertahankan, karena ancaman terhadap suatu daerah merupakan .............
A. Ancaman bagi pasukan TNI
B. Ancaman bagi seluruh umat manusia
C. Ancaman bagi seluruh bangsa dan negara republik indonesia
D. Ancaman bagi daerah itu saja
E. Ancaman bagi sebagian wilayah saja
12. Pengertian ancaman adalah ...........
A. Suatu tindakan yang tidak membahayakan
B. Keadan yang tentram dan damai
C. Usaha yang bersifat mengubah atau merombak kebijaksanan yang dilakukan secara konsepsional ,melalui tindakan kriminal dan politik
D. Usaha untuk mengubah sesuatu menjadi lebih baiik
E. Keadaan yang menggangu ketentramaan dan kedamaian suatu masyarakat atau warga negara
13. kemiskinan, kesenjangan sosial, kebodohan, dan korupsi adalah bagian dari ........
A. Ancaman
B. Tantangan
C. Gangguan
D. Integrasi
E. Disintegrasi
14. Berikut ini merupakan ancaman terhadap integrasi nasional, kecuali ......
A. Konflik suku disampit
B. Konflik di papua
C. Gerakan Aceh Merdeka
D. Sosialisasi empat pilar kebangsaan
E. Pemberontakan Andi Aziz
15. Tanggung jawab untuk mengisi dan mempertahankan kemerdekan Republik Indonesia terletak pada ..............
A. Generasi muda
B. Para pemimpin
C. TNI
D. Seluruh WNI
E. Sebagian warga
16. Berikut ini yang tidak termasuk Empat pilar Kebangsaan Indonesia adalah ............
A. NKRI
B. UUD 1945
C. Undang –Undang
D. Pancasila
E. Bhineka Tunggal Ika
17. Indonesia terkenal sebagai negara multikultural, yaitu negara yang ............
A. Seragam
B. Beragam
C. Individual
D. Kepulauan
E. Satu wilayah
18. Salah satu kewajiban masyarakat terhadap bangsa dan negara adalah .........
A. Menjunjung tinggi hukum
B. Memiliki kepala negara
C. Menjadi pegawai negeri
D. Mendapatakn pekerjaan yang layak
E. Mendapatkan kehidupan yang layak
19. Kesanggupan dan kerelaan berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara bersumber pada ..........
A. Kesadaran akan perlunya penghargaan sebagai bangsa yang telah merdeka
B. Kesadaran akan amanat penderitaan rakyat
C. Kesadaran sebagai kewajiban warga negara
D. Perasaan cinta dan bangsa terhadap bangsa dan negara
E. Kesadaran menghargai pendapat orang lain
20. Pemaknaan Bhineka Tunggal Ika sebagai pilar kebangsaan dapat dikatakan sebagai penjabaran ......
A. Pluralisme
B. Individualisme
C. Kesatuan
D. Persamaan
E. Nasionalisme
21. Secara politik, integrasi berarti proses ...........
A. Penyatuan berbagai kelompok budaya
B. Penyesuian unsur –unsur kebudayaan
C. Penyatuan berbagai kelompok sosial kedalam perbedaan wilayah
D. Penyesuaian unsur agama yang berbeda
E. Penyatuan unsur bahasa yang sama
22. Upaya yang dilakukan dalam menghadapi tantangan integreasi nasional, kecuali .........
A. Meningkatkan kerukunan beragama
B. Meningkatkan semangat patriotisme
C. Menjunjung semangat kesukuan
D. Menjujung suatu keberagaman
E. Membina persatuan antar warga negara
23. Berikut ini yang merupakn pengertian dari persatuan yang paling tepat adalah .........
A. Kumpulan individu dengan individu lain
B. Kumpulan kelompok satu dengan kelompok lain
C. Perserikatan, ikatan, atau gabungan beberapa bagian yang sudah bersatu
D. Perihal satu keesaan ataupun sifat tunggal
E. perserikatan yang tidak bersatu
24. Berikut ini yang tidak termasuk dari sikap persatuan dan kesatuan adalah ..........
A. Tidak menonjolkan perbedaan ,tetapi mencari kesamaan
B. Menempatkan persatuan dan kesatuan ,kepentingan,serta keselamatan bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi dan golongan
C. Rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara
D. Bertindak untuk kepentingan bersama
E. Mementingkan kepentingan pribadi daripada kepentingan bangsa dan negara
25. Kesatuan merupakan pengertian dari .....
A. Perihal satu keesaan,ataupun siftat tunggal
B. Perihal bersifat ganda
C. Perihal lebih dari satu
D. Perihal kepentingan pribadi
E. .perihal satu, dua atau lebih
26. Persatuan dan kesatuan bangsa terbentuk dari proses yang tumbuh dari unsur –unsur sosial budaya masyarakat indonesia. Berikut ini yang termasuk dari sosial budaya bangsa indonesia ..........
A. Gotong Royong
B. Sikap Individulaisme
C. Chauvinisme
D. Sikap Apatis
E. Nasionalisme
27. Masuknya kebudayaan dari luar negeri mengakibatkan terjadinya proses akulturasi. Proses akluturasi adalah .........
A. Percampuran kebudayaan
B. Percampuran dua budaya
C. Terdiri dari satu kebudayaan
D. Proses penyilangan kebudayaan
E. Suatu proses yang menghubungkan budaya satu dengan budaya lainya
28. Berikut ini merupakan makna penting persatuan dan kesatuan bangsa kecuali ..............
A. Rasa persatuan dan kesatuan menjalin kebersamaan dan saling melengkapi antar satu dengan yang lain
B. Menjalin rasa kemanusian dan sikap toleransi serta rasa harmonis untuk hidup berdampingan
C. Menjamin rasa persahabtan ,kekelurgaan ,dan sikap tolong menolong antar sesama ,serta sikap nasionalisme
D. Menjalin pertemanan hanya dengan teman satu daerah
E. Menunjukan sikap cinta tanah air
29. Isu –isu SARA yang belakangan terjadi ini sangat marak terjadi bisa mengoyahkan persatuan dan kesatuan bangsa.Sikap kita sebagai warga negara dalam menanggapi isu isu tersebut adalah .........
A. Memperbesar isu tersebut
B. Bijaksana dalam menggapi isu
C. Tidak peduli dengan isu isu tersebut
D. Memberikan informasi yang tidak benar terkait isu tersebut
E. Menyakinkan teman agar tidak terprovokasi akan isu tersebut
30. Makna dari sebuah persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia yaitu saling bahu membahu dalam mempertahankan, mengisi dan merebut kemerdekaan. Tahap utama pembinaan persatuan Bangsa Indonesia adalah sebagai berikut, kecuali .............
A. Persatuan senasib
B. Kebangkitan Nasioanal
C. Sumpah Pemuda
D. Reformasi
E. Proklamasi Kemerdekaan
31. Arti dan makna persatuan Indonesia apabilan dikaji lebih dalam merupakan primsip yang harus kita pahami dan amalkan. Salah satu prinsip itu adalah Bhineka Tunggal Ika. Pengertian prinsip Bhineka Tunggal Ika adalah .................
A. prinsip ini mengharuskan kita menga-agung –agungkan bangsa kita sendiri
B. prinsip ini mengharuskan kita untuk menghargai perbedaan
C. prinsip ini mengharuskan kita mengakui bahwa bangsa indonesia merupakan bangsa yang terdiri dari berbagai suku,bahasa,agama,dan adat kebiasan majemuk
D. prinsip ini mengharuskan kita bahu membahu melakukan kerja sama
E. Prinsip ini mengharuskan kita bersikap bijak ditengah perbedaan suku, bahasa, agama, dan adat istiadat
32. Berikut ini bukan prinsip termasuk dalam memahami arti dan makna persatuan dan kesatuan adalah .....
A. Prinsip nasionalisme
B. Prinsip kebebasan yang bertanggung jawab
C. Prinsip wawasan nusantara
D. Prinsip patriotisme
E. Prinsip persatuan pembangunan
33. Pasal 1 ayat (1)UUD RI Tahun 1945 yang merupakan naskah asli mengandung prinsip bahwa ....
A. Negara Indonesia adalah negara kepulauan
B. Negara Indonesia adalah negara yang multikultural
C. Negara Indonesia adalah negara kesatuan
D. Negara indonesia adalah negara persatuan
E. Negara Indonesia adalah negara yang kaya akan SDA
34. Kesepakatan untuk tetap mempertahankan bentuk negara kesatuan didasari pertimbangan bahwa ..... adalah bentuk yang ditetapkan sejak awal berdirinya negara indonesia dan dipandang paling tepat untuk mewadai ide persatuan sebuah bangsa yang majemuk ditinjau dari berbagai latar belakang (dasar pemikiran).
A. Negara persatuan
B. Negara multikultural
C. Negara kesatuan
D. Negara hukum
E. Negara kepulauan
35. Pasal pasal yang langsung menyebutkan tentang NKRI adalah sebagai berikut , kecuali ....
A. Pasal 1 ayat (1)
B. Pasal 18 ayat (1)
C. Pasal 18b ayat (2)
D. Pasal 30 ayat (1)
E. Pasal 37 ayat (5)
36. Kesatuan Wilayah perairandan gugusan pulau –pulau yang terletak diantara Samudera Pasifik dan Samudera Hindia dan diantara Benua Asia dan Benua Australia mencakup sebagai berikut ...........
A. Kesatuan Politik
B. Kesatuan Hukum
C. Kesatuan Pertahanan Dan Keamanan
D. Kesatuan Sosial Budaya
E. Kesatuan Ekonomi
37. Pengertian negara adalah ..........
A. Suatu organisasi yang memiliki masyarakat
B. Suatu organisasi yang terdiri atas pemerintahan dan masyarakat
C. Suatu organisasi manusia yang dipersatukan oleh suatu persamaan yang bertempat tinggal dalam wilayah negara itu,serta tunduk pada kekuasaan negara tersebut
D. Suatu organisasi yang diakui secara de jure dan de facto
E. Suatu organisasi manusia yang dipersatukan karena adanya ideologi yang mengikat
38. Negara yang tidak tersusun dari beberapa negara, di mana negara itu sifatnya tunggal, artinya hanya ada satu negara.Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari ......
A. Negara Federal
B. Negara Kesatuan
C. Negara Perserikatan
D. Negara Uni
E. Negara Dominion
39. Faktor pendorong persatuan dan kesatuan bangsa adalah ........
A. Rasa senasib seperjuangan
B. Masyarakat indonesia yang heterogen
C. Kesadaran akan gangguan dari luar
D. Kemerataan pembangunan
E. Adanya paham etnosentrisme
40. Contoh perilaku mencerminkan perilaku kesatuan di lingkungan sekolah ............
A. Menghormati bapak dan ibu
B. Membantu adik mengerjakan pr
C. Berlaku sopan
D. Bersahabat tanpa membeda- bedakan
E. Bekerja sama dalam membangun sarana prasarana
41. Tokoh yang mengemukakan ciri-ciri demokrasi yang kemudian dikenal dengan guru demokrasi ialah ........
A. Alamudi
B. Arbi Sanit
C. Alfi an
D. Afan Gaffar
E. Ali Alatas
42. Undang –Undang yang mengatur tentang peradilan hak asasi manusia,ialah.....
A. Undang-Undang No. 20 tahun 2000
B. Undang-Undang No. 26 tahun 2000
C. Undang-Undang No. 4 tahun 2001
D. Undang-Undang No. 5 tahun 2002
E. Undang-Undang No.12 tahun 2004
43. Kata demokrasi berasal bahasa yunani yaituDemos dan Cratein, yang artinya ....
A. Kekuasaan negara
B. Pemerintah oleh rakyat
C. Pemerintah oleh partai
D. Kekuasaan oleh pemerintah
E. Kekuasaan oleh negara
44. Norma yang bersumber dari Tuhan Yang Maha Esa adalah .........
A. Norma Hukum
B. Norma Agama
C. Norma Kesusilaan
D. Norma Kesopanan
E. Norma Etika
45. Peranan WHO dalam lingkungan Dewan Ekonomi Sosial PBB adalah .........
A. Meningkatkan kesejahteran anak
B. Membebaskan semua manusi dari kemiskinan
C. Meningkatkan kesehatan bagi semua rakyat
D. Memajukan pendidikan dan kebudayaan
E. Menetapkan standar upah minimum
46. Manfaat dari pelaksanaan demokrasi disekolah adalah ...........
A. Hubungan baik antar siswa dan ortu murid
B. Hubungan baik antarsiswa serta hubungan siswa dan guru
C. Hubungan baik antarsiswa dan masyrakat
D. Hubungan baik antarsiswa
E. Hubungan baik antarsiswa dan pekerja sekolah
47. Peraturan dalam masyarakat berfungsi untuk ........
A. Menganut hubungan manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa
B. Mengatur kehidupan di dalam keluarga
C. Mengatur kehidupan dalam masyarakat
D. Mengatur hubungan antarmanusia
E. Mengatur hubungan manusia dengan kelompok
48. Pasal 1 ayat (1) UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 mengandung prinsip bahwa ...........
A. Negara Indonesia adalah negara kepulauan
B. Negara Indonesia adalah negara multikultural
C. Negara Indonesia adalah negara kesatuan
D. Negara Indonesia adalah negara persatuan
E. Negara indonesia adalan negara yang kaya akan sumber daya alam
49. Pasal-pasal yang langsung menyebutkan tentang Negara Kesatuan Republik Indonesia ,adalah sebagai berikut kecuali ..........
A. Pasal 1 ayat(1)
B. Pasal 18 ayat (1)
C. Pasal 18b ayat (2)
D. Pasal 30 ayat (1)
E. Pasal 37 ayat (5)
50. Memiliki Hak untuk mengembangkan karir pendidikan dan mendirikan pendidikan swasta merupakan kewenangan Warga negara dalam Demokrasi Pancasila dalam bidang .........
A. Politik
B. Pendidikan
C. Ekonomi
D. Sosial Budaya
E. Kemasyarakatan
SOAL PAS BAHASA ARAB KELAS 11
SOAL PAS BAHASA INDONESIA
SOAL PAS BAHASA INDONESIA KELAS 10 SEM GAZAL
soal pas bahasa indonesia kelas 11
SOAL PAS BAHASA INGGRIS DAN SASTRA INGGRIS KELAS 11
SOAL PAS BAHASA INGGRIS KELAS 10
SOAL PAS BAHASA INGGRIS KELAS 11
soal pas bahasa inggris kelas 11
SOAL PAS BILOGI SEMESTER GAZAL KELAS 12
SOAL PAS BIOLOGI IPS KELAS 12
SOAL PAS BIOLOGI KELAS 10
SOAL PAS BIOLOGI KELAS 10
SOAL PAS BIOLOGI KELAS 12
SOAL PAS EKONOMI KELAS 10
SOAL PAS FIKIH / FIQIH KELAS 12
SOAL PAS FIQIH / FIKIH KELAS 11
SOAL PAS KELAS 12 SENI BUDAYA
SOAL PAS KIMIA KELAS 12
SOAL PAS PENJASKES KELAS 10
SOAL PAS PRAKARYA DAN KWIRAUSAHAAN KELAS 10
SOAL PAS PRAKARYA DAN KWIRAUSAHAAN KELAS 12
SOAL PAS SENI BUDAYA KELAS 10
SOAL PAS SENI BUDAYA KELAS 11
SOAL PAS SENI BUDAYA KELAS 12
SOAL PAS SKI SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS 12
SOAL PAS SOSIOLOGI KELAS 12
SOAL PAS TIK KELAS 10
Pendidik bertugas Mendidik, maka Didiklah Diri Dengan Prilaku yang mendidik
EmoticonEmoticon