Tuesday 22 June 2021

SOAL PAT FIQIH KELAS XI

 Kepenguasaan orang terhadap suatu barang atau harta yang secara hukum dapat dimiliki oleh seseorang untuk dapat dimanfaatkan dan dibenarkan untuk dipindahkan penguasaannya kepada orang lain. Pernyataan tersebut merupakan pengertian menurut istilah dari…

A. Akad

B. Kepemilikan

C. Ihrazul Mubahat

D. Hibah

E. Hadiah


2.   Segala yang terjadi dari benda yang dimiliki, menjadi hak bagi yang memiliki benda itu, atau barang yang di dapat dari perkembangbiakan adalah pengertian dalam kepemilikan yang dikenal dengan istilah…

A. Hibah

B. Ihrazul mubahat

C. Attawalludu minal mamluk

D. Pewarisan

E. Muamalah

3.   Kepemilikan seseorang terhadap benda atau barang terbatas pada pemanfaatan materinya saja, tidak dibenarkan secara hukum untuk menguasai harta itu disebut kepemilikan…

A. Penuh

B. Bersama

C. Privasi

D. Manfaat

E. Materi

4.   Menurut Dr.Husaini Abdullah kepemilikan dapat dibedakan menjadi tiga. Jalan raya, alun-alun, lapangan olah raga merupakan contoh dari kepemilikan…

A. Organisasi

B. Negara

C. Pribadi

D. Keluarga

E. Publik

5.   Upaya untuk membuka lahan baru atas tanah yang belum ada pemiliknya agar produktif adalah pengertian secara terminology dari istilah .…

A. Ihyaul Mawat

B. Ihyaul Ardi

C. Ihyaul Samawat

D. Ihyaul Fil Majlisi

E. Ihyaul Masawat

6.  يَآ اَيُّهَا الَّذِ يْنَ أَمَنُوا أوْفُوْا بِالْعُقُود

Petikan firman Allah Subhana Wata’ala, QS. Al Maidah diatas adalah perintah untuk…

A. Menuntut hak

B. Menepati akad

C. Mematuhi perintah

D. Membayar kafarah

E. Melaksanakan kewajiban

7.  Ada bermacam-macam akad diantaranya akad yang dilakukan dengan melalui utusan atau wakil kepada orang lain agar bertindak atas nama pemberi mandat. Pengertian tersebut disebut akad…

A. Lisan

B. Tulisan

C. Perantara utusan (wakil)

D. Isyarat

E. Taathi

8.   Dalam kepemilikan benda dengan jalan aqad, maka benda yang menjadi objek harus memenuhi syarat sebagaimana di bawah ini, kecuali…

A. Benda tersebut nyata adanya

B. Bukan benda yang terlarang

C. Benda itu dapat dimanfaatkan

D. Benda itu ditemukan

E. Bukan milik pihak orang lain

9.   Suatu transaksi tukar menukar barang atau harta dengan alat tukar yang sah dengan ijab qabul yang mengakibatkan pemindahan hak milik sesuai dengan syarat dan rukun tertentu. Pengertian tersebut merupakan pengertian dari…

A. Jual beli

B. Menjual

C. Membeli

D. Mengadai

E. pinjam meminjam

10.  Di dalam islam jual beli adalah sesuatu yang halal, namun terdapat beberapa bentuk jual beli yang terlarang antara lain yaitu …

A. Barang yang dibeli jelas

B. Jual beli alat maksiat

C. Barang yang dijual adalah hak milik

D. Jual beli dengan sistem angsuran

E. Jual beli dengan sistem kontan

11.  Dari berbagai hikmah jual beli terdapat keuntungan yang didapatkan dari transaksi jual beli yaitu laba. Bagi umat islam pada hakikatnya laba berfungsi…

A. Agar dapat berfoya-foya

B. Ajang memperkaya diri

C. Memenuhi kebutuhan keluarga dan membantu masyarakat

D. Meningkatkan persaiangan

E. Mengisi kegiatan luang

12.  Khiyar yang dijadikan syarat ketika transaksi antara meneruskan atau membatalkan jual beli setelah mempertimbangkan dalam waktu satu atau dua hari, jika telah lewat dari tiga hari maka hak tidak berlaku lagi disebut khiyar…

A. ‘Aibi

B. Jual beli

C. Transaksi

D. Isyarat

E. Syarat

13.  Pihak penjual dan pembeli boleh memilih antara meneruskan atau membatalkan transaksi jual beli selama keduanya masih tetap berada di tempat jual beli disebut khiyar …

A. Abdan

B. Syarat

C. Jual beli

D. Majlis

E. ‘Inan

14.  Kerjasama antara pemilik tanah dengan petani penggarap, sehingga kebun itu menghasilkan sesuatu yang menjadi milik kedua belah pihak yang hasilnya dibagi berdasarkan prosentase yang ditentukan pada waktu perjanjian yang mereka buat, disebut…

A. Akad

B. Syirkah

C. Musaqah

D. Salam

E. Qirad

15.  Kerjasama antara pemilik kebun dan petani penggarap yang dalam hal ini disebut musaqoh (paroan kebun) merupakan salah satu bentuk muamalah memiliki hikmah yaitu antara lain…

A. Terciptanya saling memberi manfaat antara sesama manusia

B. Menghindarkan dari hal yang menjurus kemiskinan

C. Perdagangan akan tumbuh berkembang

D. Menghilangkan bahaya kemiskinan

E. Pertanian akan berkembang pesat

16.  Kerjasama antara pemilik sawah atau ladang dengan penggarap (petani) dengan benih tanaman dari pihak yang punya tanah (pemilik) dan hasilnya dibagi menurut kesepakatan kedua belah pihak. Pernyataan ini merupakan pengertian dari…

A. Musaqah

B. Muzaraah

C. Mukhbarah

D. Salam

E. Mudharabah

17.  Dalam islam kerjasama antara pemilik kebun dan petani penggarap yang hasilnya dibagi berdasarkan perjanjian dalam hal ini disebut mukhabarah, pihak yang diberikan beban untuk membayar zakat adalah …

A. Masyarakat

B. Pemilik tanah

C. Pemilik benih

D. Baitul mal

E. Petani penggarap

18.  Kerjasama antara dua orang atau lebih dalam bidang modal atau jasa untuk mendapatkan keuntungan dalam hal ini disebut syirkah. Yang bukan termasuk hikmah syirkah adalah…

A. Perusahaan akan lebih pesat dan maju

B. Perdagangan akan lebih pesat dan maju

C. Permodalan akan menjadi besar dan berani

D. Mendapatkan keuntungan besar

E. Kemajuan perusahaan lebih mantab

19.  Syirkah dalam hal ini bentuk kerjasama dalam hal modal atau jasa banyak jenis dan macamnya, diantaranya ada CV, NV, PT, FIRMA, dan KOPERASI merupakan salah satu bentuk syirkah…

A. Syirkah harta

B. BUUD

C. Sirkah kerja

D. Syirkah jual beli

E. Koperasi

20.  Sesuai kesepakatan apabila ada kerugian ditanggung oleh pemilik modal selama kerugian itu bukan kelalaian si pengelola, seandainya kerugian itu disebabkan oleh kecurangan dan kelalaian si pengelola, maka si pengelola yang harus bertanggung jawab. Dan pemilik modal memberikan keleluasaan penuh kepada pengelola untuk mengelola usaha tersebut. Kerjasama seperti ini termasuk…

A. Mudharabah Muqayyadah

B. Mudharabah Muthalaqah

C. Syirkah Amal atau Abdan

D. Syirkah Muwafadhah

E. Syirkah Amlak

21.  Allah Subhana Wata’ala membolehkan sebagai keleluasaan kepada kaum muslimin dalam memenuhi kebutuhan yaitu suatu akad jual beli yang barangnya tidak diperlihatkan, tetapi sifat barangnya dan kualitasnya dijelaskan oleh penjual dan setelah ada kesepakatan pembeli langsung membayarnya meskipun barangnya belum ada. Tersebut diatas pengertian …

A. Salam

B. Mudharabah

C. Murabahah

D. Musaqah

E. Muqayyalah

22.  Pemindahan kepemilikan suatu benda atau harta untuk selamanya untuk bisa diambil manfaatnya dengan tetap kekal materinya. Yang manfaat tersebut dipergunakan kebajikan untuk umum atau khusus dengan tujuan mendekatkan diri kepada Allah sebagai bentuk amal jariyah. Merupakan pengertian…

A. Shadaqah

B. Hadiah

C. ‘ariyah

D. Waqaf

E. Hibah

23.  Pendapat dari beberapa Imam diantaranya Imam Maliki dan Imam Hambali terkait dengan hukum mengganti benda waqaf. jadi prespektif Imam Maliki dan Imam Hambali adalah…

A. Sunah

B. Fardu

C. Haram

D. Makruh

E. Jaiz

24. Pemberian seseorang akan hartanya kepada orang lain dimasa hidupnya tanpa suatu sebab, tidak ada ikatan apapun hanya mengharapkan ridho dari Allah. Secara etimologi dinamakan hibah dalam hal ini yang termasuk hibah manfaat adalah …


A. Memberikan suatu benda untuk dimanfaatkan

B. Memberikan ilmu yang bermanfaat

C. Menghibahkan benda untuk jangka waktu yang ditentukan

D. Memberikan barangnya

E. Menghibahkan manfaat benda, tapi kepemilikannya tetap pada si pemberi

25. العائد في هبته كا لكلب يقئ ثم يعود فىقيئه (متفق عليه)

Menurut hadits diatas orang yang menarik kembali apa yang telah dihibahkan adalah…

A. Orang yang menelan kembali ludahnya

B. Anjing yang muntah lalu memakan kembali muntahnya

C. Memakan daging bangkai saudaranya

D. Kucing yang memakan bangkai tikus

E. Nyamuk menghisap darah

26.  Jumhur ulama sepakat bahwa mencabut hibah yang telah diberikan hukumnya haram, meskipun dilakukan antara saudara atau suami istri. Orang yang boleh menarik kembali hibahnya yang sudah diberikan kepada orang lain adalah …

A. Hibah anak kepada orang tuanya

B. Hibah orang tua kepada anaknya

C. Hibah tuan kepada budaknya

D. Hibah seseorang kepada yatim piatu

E. Hibah kepada pengemis

27. مَثَلُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَا لَهُمْ فِى سَبِيْلِ اللهِ كَمَثَلِ حبة انبتت سبع سنابل فى كل سنبلة مائة حبت والله يضعف لمن يشاء والله واسع عليم


Isi kandungan QS Al Baqarah Ayat 261 diatas adalah…

A. Sedekah menjadi unsur suburnya kasih sayang

B. Mempererat ukhuwah islamiyah

C. Allah melipat gandakan pahala reazeki

D. Sedekah dapat bernilai jariyah

E. Terbebas dari murka Allah

28.  Shadaqah pengertiannya sangat luas, sehingga setiap kebaikan yang kita berikan pada orang lain tanpa adanya imbalan dengan harapan mendapatkan ridho dari Allah subhana wata’ala. Dari uraian tersebut ada beberapa contoh yang termasuk shadaqah, sebagaimana dibawah ini, kecuali…

A. Menyingkirkan batu di jalan

B. Menyingkirkan uang disaku teman

C. Tersenyum jika berpapasan dengan orang lain

D. Membrikan sarapan pada teman

E. Mengurangi beban teman yang kesusahan

29.  Islam juga membahas wakalah atau menyerahkan pekerjaan oada orang lain agar bertindak atas nama orang yang mewakilkan selama batas waktu yang ditentukan. Pekerjaan yang boleh diwakilkan adalah sebagai berikut, kecuali …

A. Berpuasa ramadhan

B. Menyembelih hewan qurban

C. Mewakilkan wali perempuan dalam pernikahan

D. Ibadah haji bagi yang sudah meninggal

E. Mewakilkan memberi zakat atau sedekah

30.  Kebolehan mewakilkan pada umumnya dalam masalah muamalah. Sedangkan dalam masalah ibadah ada yang boleh dan ada yang dilarang. Contoh penerapan wakalah pada masa Rasulullah yaitu, kecuali…

A. Rasulullah saw memerintahkan Umar untuk menarik zakat

B. Abu bakar menggantikan Rasululah saw sebagai khalifah

C. Rasulullah saw mengangkat Mu’adz bin Jabal sebagai gubernur Yaman

D. Abu bakar memerintahkan Siti Aisyah untuk menggantikan sholat saudara

E. Rasulullah menyuruh Abu bakar menggantikannya sebagai Imam

31.  Menyerahkan pekerjaan kepada orang lain, dalam hal ini disebut wakalah. Akad Wakalah berakhir apabila…

A. Digugat oleh pihak ke tiga

B. Pemutusan wakalah oleh orang yang mewakilkan

C. Upahnya belum dibayarkan

D. Salah seorang dari yang berakad menjadi gila

E. Pekerjaan yang diwakalahkan dinyatakan dihentikan

32.  Allah Swt memerintahkan kepada manusia untuk mengadakan perdamaian atau memperbaiki hubungan diantara dua pihak yang berselisih. Sebagaimana termaktub dalam QS. Al-Hujurat potongan ayat dibawah ini…

A. اِنَّ الَّذِ يْنَ يَغُضُّوْنَ اَصْوَاتَهُمْ

B. اِنَّمَا الْمُؤْ مِنُوْنَ أِخْوَةٌ فَأَ صْلِحُواْ بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ

C. وَاعْلَمُوْا اَنَّ فِيْكُمْ رَسُوْلَ اللهِ

D. اِنَّ الَّذِ يْنَ يُنَادُوْنَكَ مِنْ وَّرَاءِ الْحُجُرَاتِ

E. فَضْلاًمِنَ اللهِ وَنِعْمَةً

33.  Agama islam mengajarkan tentang perdamaian antara kedua belah pihak yang sedang berselisih disebut dengan shulhu. Dari segi masalah ada dua, salah satunya adalah shulhu Ibra yaitu…


A. Mengganti suatu kewajiban dengan yang lain

B. Mengganti suatu hak dengan yang lain

C. Menghapuskan semua kewajiban

D. Melaksanakan pekerjaan sebagai pengganti tanggungan

E. Mengurangi kewajiban dengan membayar sebagian

34.  Dhaman merupakan perkataan atau perbuatan untuk menjamin pelunasan hutang seseorang atau menghadirkan seseorang yang telah ditentukan. Syarat-syarat dhaman adalah sebagaimana di bawah ini, kecuali…


A. Saksi

B. Orang yang menjamin hendaklah baligh dan berakal

C. Penjamin, orang yang dijamin harus ada di satu tempat

D. Jaminan tidak mengandung penipuan

E. Jaminan harus pasti dan tertentu

35. Jaminan yang tidak sah menurut syarat-syaratnya adalah sebagaimana kasus di bawah ini …

A. Pak Hendra menjamin untuk mengganti barang  pinjaman Borju kepada Husen yang hilang

B. Pak Nali memberi jaminan akan memberikan nafkah kepada anak-anaknya

C. Ibu Atikah menjamin mengembalikan barang kepunyaan ibu Yumenah dalam keadaan baik

D. Ibu Masitoh memberikan jaminan untuk membawa barang bukti di pengadilan

E. Pak Edi member jaminan untuk membawa Pak Karno ke pengadilan

36.  Fikri menjamin untuk membayar utang Tyas kepada Iwan. Tetapi Iwan tidak pernah diberitahu oleh Fikri, maka dalam kasus ini kewajiban membayar utang tetap berada pada …

A. Fikri

B. Tyas

C. Iwan

D. Fikri dan Tyas

E. Fikri dan Iwan

37.  Asal hukum jaminan mubah atau boleh, apabila situasi membutuhkan adanya jaminan maka hukumnya menjadi sunnah. Tetapi bagi orang yang sudah bersedia atau menyatakan menanggung bisa menjadi wajib hukumnya, karena…


A. Orang yang menjamin sudah melimpahkan jaminannya

B. Jaminan belum dapat dilaksanakan

C. Sudah ada orang yang ditunjuk untuk diberi jaminan

D. Berjanji untuk menjamin sedangkan janji itu wajib ditepati demi keselamatan orang lain

E. Ada orang yang sudah bersedia memberikan jaminan

38.  Riba adalah tambahan (ziyadah) pembayaran tanpa ada ganti atau imbalan sebagai syarat terjadinya transaksi hutang piutang. Agama islam mengharamkam hal ini karena ada alasan di bawah ini, kecuali …

A. Mengandung eksploitasi antar sesame manusia

B. Merugikan pihak yang ditolong

C. Ada unsur pemerasan

D. Tidak ada rasa tolong menolong

E. Sudah ada sejak jaman jahiliyah

39.  Dalam hal riba (ziyadah) banyak macmnya. Diantaranya sebagai berikut kecuali…

A. Riba Qath’i

B. Riba Yad

C. Riba Nasi’ah

D. Riba Qardh

E. Riba Fadhli

40.  Pak Nurkon menjual motor dengan jalan cash dan kredit. Ia menggunakan harga antara cash dan kredit, bahkan harga kredit pun berbeda-beda tergantung masa pembayarannya. Praktik penjualan seperti ini dalam pandangan islam termasuk riba …

A. Qath’i

B. Qardh

C. Nasi’ah

D. Fadhli

E. Qubra

41.  Di dalam agama islam riba adalah salah satu perbuatan yang dilarang. Dibawah ini adalah hikmah dilarangnya riba, kecuali …

A. Riba dapat mengikis sifat belas kasih

B. Merupakan salah satu pembentukan modal

C. Riba dapat menjauhkan diri dari Allah

D. Riba dapat memupuk sifat menang sendiri

E. Riba sebagai salah satu bentuk penjajahan manusia terhadap manusia lainnya

42.  انّمَا الْبَيْعُ مِثْلُ الرِّبوا وَاحَلَّ اللهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبوا

A. Ayat tersebut diatas mengandung kesimpulan…

Riba merupakan hal untuk menjauhkan diri dari Allah

B. Lakukanlah jual beli sehingga mendapatkan laba

C. Riba dapat memupuk sifat egoisme

D. Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba

E. Sebagai bentuk penjajahan sesama manusia

43.  Bank adalah sebuah lembaga keuangan yang bergerak menghimpun dana dari masyarakat dan kemudian dana tersebut disalurkan kepada yang memerlukan baik perorangan maupun kelembagaan. Terkait dengan hal itu, Bank yang sesuai dengan syari’at islam adalah bank…

A. Prosesnya memakai bunga

B. Menjalankan simpan pinjam

C. Praktik operasionalnya didasarkan kepada Al-qur’an dan hadits

D. Kinerjanya ada factor riba

E. Sifatnya melipatgandakan

44.  Bank syari’ah menjual barang dengan jalan kredit dengan tambahan harga atau cost plus atas dasar harga pembelian pertama secara jujur. Praktek Bank Syari’ah seperti ini disebut …

A. Wadi’ah

B. Mudharabah

C. Murabahah

D. Musyarakah

E. Muzara’ah

45. Yang membedakan antara bank konvensional dengan bank islam adalah kalau bank konvensional profit oriented, sedangkan bank islam adalah…

A. Dasar prinsip syari’ah

B. Memakai perangkat bunga

C. Creator for money supply

D. Bentuk kreditur debitur

E. Profit dan falah oriented

46.  Asuransi merupakan perjanjian pertanggungan bersama antara dua orang atau lebih. Dal;am hukum penyelenggaraan asuransi ada sebagian ulama yang membolehkan dan ada yang mengaharamkan. Sebagian ulama yang mengaharamkan praktek asuransi memberikan alasan sebagai berikut, kecuali …

A. Asuransi sama dengan judi

B. Asuransi tidak disebutkan dalam Al-Qur’an

C. Mengandung unsur yang tidak jelas atau tidak pasti

D. Merugikan anggota

E. Mengandung riba

47.  Sebagian ulama berselisih pendapat tentang hukum praktek asuransi, ada yang membolehkan dan ada yang mengharamkam. Ulama yang membolehkan praktek asuransi karena bersifat sosial adalah …

A. Yusuf Qardhawi

B. SayidSabiq

C. Muh. Abu Zahrah

D. Moh Yusuf

E. Abdul Wahab Khalaf































48.  Berdasarkan pengertian dari asuransi memiliki tujuan diantaranya di bawah ini, kecuali…


A. Untuk kesejahteraan rakyat

B. Untuk kemaslahatan dan kepentingan bersama

C. Agar ekonomi Negara lebih maju

D. Agar masyarakat lebih mudah dalam berusaha

E. Suatu bentuk tambahan pembayaran tanpa ada ganti sebagai syarat terjadinya transaksi utang piutang

49.  Menurut fatwa Dewan Asuransi Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI). Menyebutkan pengertian asuransi syariah (ta’min, takaful) adalah…


A. Usaha saling melindungi dan tolong menolong diantara sejumlah orang atau pihak melalui invesasi

B. Saling memberikan keuntungan

C. Saling melindingi sesama

D. Sebagai usaha manifestasi hidup

E. Sebagai mitra kerja di dunia

50.  Terkait fatwa DSN-MUI terdapat perundang-undangan nomor…

A. DSN No 22/DSN-MUI/XI/2001

B. DSN No 22/DSN-MUI/X/2002

C. DSN No 21/DSN-MUI/X/2001

D. DSN No 22/DSN-MUI/IX/2001

E. DSN No 23/DSN-MUI/X/2001


SOAL PAT SENI BUDAYA KELAS XI
SOAL PAT FIQIH KELAS XI
SOAL PAT SEJARAH PEMINATAN KELAS XI KELAS 11
SOAL PAT SEJARAH PEMINATAN KELAS X
SOAL PAT MTK PEMINATAN KELAS XI
SOAL PAT MT WAJIB KELAS XI / KELAS 11
SOAL PAT PKN KELAS XI/ 11
SOAL PAT SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS X
SOAL PAT Soal Penjaskes Kelas X
SOAL PAT Soal Penjaskes Kelas XI
SOAL PAT soal qur'an hadits KELAS X / 10
SOAL PAT soal sejarah indonesia kelas XI / 11
SOAL PAT Soal Sejarah Indonesia KELAS X 10
SOAL PAT MAPEL TIK KELAS XI
SOAL PAT SEMESTER GENAP KELAS XI SOSIOLOGI
SOAL PAT SEMESTER GENAP KELAS 10 MAPEL SOSIOLOGI

Selamat Datang di Jammadrasah

Pendidik bertugas Mendidik, maka Didiklah Diri Dengan Prilaku yang mendidik
EmoticonEmoticon