Tuesday 22 June 2021

MEMBANGUN KARAKTER MODERAT Modul Penguatan Nilai - Nilai Moderasi Beragama pada Madrasah RA - MI


MEMBANGUN

KARAKTER MODERAT

Modul Penguatan Nilai - Nilai Moderasi Beragama

pada Madrasah RA - MI

DAFTAR ISI


Pengantar

Direktur Pusat Kajian dan Pengembangan Pesantren Nusantara

PKPPN IAIN Surakarta  ........................... III

Sambutan

Direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah,

Kementerian Agama Republik Indonesia ................................................................VI

Da

ar Isi  .............................................VIII

TOPIK 1 : PEMBANGUNAN KARAKTER MODERAT PESERTA DIDIK ............................ 1

PENGANTAR  .............................. 2

TUJUAN  ................................... 11

MATERI BAHASAN DAN METODE .............................................................. 11

1. Silarurahim  .......................... 11

a. Metode Pembiasaan   12

b. Metode Karyawisata  13

2. Menghormai Orang Lain  ...... 14

a. Metode Cerita .......... 15

a. Metode Bermain Peran .............................................................16

3. Peduli Terhadap Lingkungan   17

a. Metode Outbond  ..... 19

b. Metode Pembiasaan  19

KATA BIJAK  .............................. 20

TOPIK 2 : PENGENALAN KEBANGSAAN,

MENCINTAI TANAH AIR DAN RUKUN WARGA ........................................................ 21

PENGANTAR Cerita  .................. 23

TUJUAN  ................................... 27

MATERI BAHASAN DAN METODE ............................................................. 27

BENDERA NEGARA  ...................28

a. Metode Bercerita  .....29

b. Metode Berkreasi Melalui Seni ................................................. 29

BAHASA NEGARA  .....................30

LAMBANG NEGARA  ................. 31

a. Metode Bernyayi  ..... 33

b. Metode Bermain Kuis ............................................................... 33

LAGU KEBANGSAAAN  .............. 33

SEMBOYAN NEGARA  ................ 34

KATA BIJAK  .............................. 36

TOPIK 3 : AGAMA SEBAGAI PENUNTUN KASIH SAYANG ......................................... 37

PENGANTAR  ......................................... 38

TUJUAN  ................................... 44

MATERI BAHASAN DAN METODE .............................................................. 44

1. Mengenal Hari Besar Agama   44

a. Hari Besar Agama Buddha ........................................................ 44

b. Hari Raya Agama Hindu ............................................................ 45

c. Hari Raya Agama Islam .............................................................. 46

d. Hari Raya Agama Katolik ........................................................... 47

e. Hari Raya Agama Kristen ........................................................... 47

f. Hari Raya Agama Konghucu ....................................................... 48

2. Mengenal Tempat Ibadah Agama .......................................................... 49

a. Tempat Ibadah Agama Buddha ..................................................49

b. Tempat Ibadah Agama Hindu .................................................... 50

c. Tempat Ibadah Agama Islam ..................................................... 50

d. Tempat Ibadah Agama Katolik .................................................. 50

e. Tempat Ibadah Agama Kristen .................................................. 51

f. Tempat Ibadah Agama Konghucu ............................................... 51

3. Mengenal Kitab Suci Agama  . 52

KATA BIJAK  ............................... 54

TOPIK 4 : KITA SEMUA BERSAUDARA! MENGHORMATI ORANG LAIN DAN BERLAKU

ADIL TERHADAP SEMUA ORANG  .......... 55

PENGANTAR  .............................56

TUJUAN  ................................... 58

MATERI BAHASAN DAN METODE .............................................................. 58

1. Sikap Santun Kepada Anggota Keluarga ................................................ 58

a. Metode Pembiasaan   61

b. Metode Mengenal Kesukaan Anggota Keluarga ........................ 61

2. Sikap Santun Kepada Pendidik .............................................................. 62

a. Membuat Poster Guru Idola ...................................................... 63

b. Metode Jabat Tangan Dan Mengucapkan Salam ........................63

3. Sikap Santun Kepada Teman   63

a. Metode Mengenal Teman Dan Makanan Favoritnya ..................65

b. Metode Tukar Hadiah Makanan ................................................ 65

KATA BIJAK  ...............................66

TOPIK 5 : BELAJAR KEPADA LINGKUNGAN SEKITAR ................................................ 67

PENGANTAR  .............................68

TUJUAN  ................................... 71

MATERI BAHASAN DAN METODE .............................................................. 72

Belajar Mengenal Lingkungan Sosial ......................................................... 72

b. Metode Cerita  ..........72

c. Metode Pembiasaan   73

Belajar Mengenal Lingkungan Budaya ....................................................... 73

a. Bermain  ................... 74

b. Bernyanyi  ................ 75

c. Demontrasi  .............. 76

d. Karya wisata / Field Trip ........................................................... 77

e. Media Gambar dan Audio visual ............................................... 78

BELAJAR MENGENAL LINGKUNGAN ALAM ................................................ 78

a. Karya Wisata / Fieldtrip ............................................................ 79

b. Menggambar dan Mewarnai .....................................................79

KATA BIJAK  ............................... 80

TOPIK 6 : MENJADI PRIBADI YANG SANTUN, BIJAK DAN JUJUR .............................. 81

PENGANTAR  ............................. 83

TUJUAN  ................................... 93

MATERI BAHASAN DAN METODE .............................................................. 93

1. Mengendalikan Diri  ............. 93

a. Mendampingi Peserta didik Bernyanyi Bersama ....................... 93

b. Ou

ng class  ............ 95

c. Permainan  ............... 95

2. Bersikap Spor


f  ................... 97

a. Lomba PHBN  ........... 97

b. Melakukan Olahraga ................................................................ 98

c. Ak

vitas Permainan Tradisional ............................................... 98

d. Bermain Peran  ........ 98

3. Disiplin  ................................ 99

a. Metode Pasukan Tugas pacara Bendera ..................................100

b. Metode Drumband dan rebana ...............................................100

c. Metode Pramuka  ....100

d. Metode Piket kelas   101

e. Metode Infaq ru


n  .101

KATA BIJAK  ............................ 102

TOPIK 7 : MENJADI PRIBADI YANG KREATIF, INOVATIF DAN MANDIRI ...................103

PENGANTAR  ....................................... 104

TUJUAN  ..................................107

MATERI BAHASAN DAN METODE .............................................................107

1. Berkarya  .............................107

a. Metode Kegiatan origami ........................................................ 107

b. Metode Studi Lapangan .......................................................... 108

2. Keindahan Dan Kesenian  .... 109

a. Metode Kegiatan menari .........................................................110

b. Metode Kegiatan kaligrafi ....................................................... 110

c. Metode Kegiatan Drumband ................................................... 111

d. Metode Kunjungan ke galeri lukis ........................................... 111

3. Tanggung Jawab  ................. 111

a. Metode Pramuka  ... 112

a. Orientasi Kepesantrenan ......................................................... 113

KATA BIJAK  ............................. 114

PROFIL PENULIS  .................................. 115

Selamat Datang di Jammadrasah

Pendidik bertugas Mendidik, maka Didiklah Diri Dengan Prilaku yang mendidik
EmoticonEmoticon