HALAMAN JUDUL ..................................... i
HALAMAN PENERBITAN ........................... ii
KATA PENGANTAR ................................... iii
PEDOMAN TRANSLITERASI ....................... iv
DAFTAR ISI ....... v
PETUNJUK PENGGUNAAN BUKU ................ xi
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR ................................... xii
SEMESTER 1
PEMETAAN KOMPETENSI SEMESTER GANJIL ................................... xv
BAB 1
AYO MENGHINDARI SIFAT TERCELA
Kompetensi Inti .... 2
Kompetensi Dasar . 3
Indikator ............ 3
Peta Konsep ........ 3
A. Ayo Mengamati Gambar dan Buatlah Komentar ................................... 4
B. Ayo Memahami Cara Menghindari Perilaku Tercela (Hubb al-dunya, Hasad,
Ujub, Sombong, Riya’) ........................... 4
1. Hubb al-dunya ...... 5
2. Hasad .................. 6
3. Ujub ..................... 8
4. Sombong .... 10
5. Riya’ .................... 12
C. Ayo Diskusi .... 13
D. Ayo Mendalami Karakter ......................... 14
E. Ayo Berlatih ... 14
AKIDAH AKHLAK – MA KELAS X vi
BAB 2
AYO MENGENAL SIFAT-SIFAT ALLAH
Kompetensi Inti .... 19
Kompetensi Dasar 19
Indikator ............ 19
Peta Konsep ........ 20
A. Ayo Mengamati Gambar dan Buatlah Komentar ................................... 21
B. Ayo Memahami Sifat Wajib dan Sifat Jaiz Allah ................................... 21
1. Pengertian Sifat Wajib dan Sifat Jaiz Allah ... 21
2. Sifat Wajib Allah................................... 22
3. Sifat Mustahil bagi Allah ....................... 27
4. Sifat Jaiz Allah ................................... 32
5. Keutamaan Mengenal Nama dan Sifat Allah . 32
C. Ayo Diskusi .... 34
D. Ayo Mendalami Karakter ......................... 34
E. Ayo Berlatih ... 35
BAB 3
AYO BERTAUBAT
Kompetensi Inti ... 39
Kompetensi Dasar 39
Indikator ............ 39
Peta Konsep ........ 39
A. Ayo Mengamati Gambar dan Buatlah Komentar ................................. 40
B. Ayo Mendalami Hakikat, Syarat-syarat dan Kedudukan Taubat sebagai
Pondasi Perjalanan Rohani.......................... 40
1. Pengertian Taubat ................................ 40
2. Hakikat Taubat .................................... 41
3. Syarat-syarat Taubat .............................. 44
4. Kedudukan Taubat ............................... 44
5. Keutamaan Taubat ............................... 45
C. Ayo Diskusi .... 47
D. Ayo Mendalami Karakter ......................... 47
E. Ayo Berlatih ... 47
vii AKIDAH AKHLAK – MA KELAS X
BAB 4
HIDUP MULIA DENGAN MENGHORMATI ORANG TUA DAN GURU
Kompetensi Inti ... 51
Kompetensi Dasar 51
Indikator ............ 51
Peta Konsep ........ 51
A. Ayo Mengamati Gambar dan Buatlah Komentar ................................. 52
B. Ayo Memahami Adab dan keutamaan Berbakti kepada Orang Tua dan Guru 52
1. Memahami Adab terhadap Orang Tua ........ 52
2. Memahami Adab terhadap Guru ............... 57
C. Ayo Diskusi .... 59
D. Ayo Mendalami Karakter ........................ 59
E. Ayo Berlatih ... 60
BAB 5
KISAH TELADAN NABI LUTH
Kompetensi Inti ... 63
Kompetensi Dasar 63
Indikator ............ 63
Peta Konsep ........ 63
A. Ayo Mengamati Gambar dan Buatlah Komentar ................................. 64
B. Ayo Mendalami Kisah Teladan Nabi Luth ...... 64
1. Dalil Naqli Kisah Nabi Luth .................... 64
2. Kisah Nabi Luth ................................. 65
3. Pesan Moral dan Hikmah dari Cerita Kisah Nabi Luth ........................... 69
4. Ibrah ......... 70
C. Ayo Diskusi .... 72
D. Ayo Mendalami Karakter ......................... 72
E. Ayo Berlatih ... 73
PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL ...... 75
AKIDAH AKHLAK – MA KELAS X viii
SEMESTER GENAP
PEMETAAN KOMPETENSI SEMESTER GENAP ................................. 86
BAB 6
INDAHNYA ASMA’UL HUSNA
Kompetensi Inti ... 93
Kompetensi Dasar 93
Indikator ............ 93
Peta Konsep ........ 94
A. Ayo Mengamati Gambar dan Buatlah Komentar ................................. 95
B. Ayo Memahami al- Asma’ al- Husna ............. 96
1. Pengertian al- Asma’ al- Husna ................ 96
2. Mengkaji 16 Asma’ul Husna ................... 97
C. Ayo Diskusi .... 108
D. Ayo Mendalami Karakter ........................ 108
E. Ayo Berlatih ... 110
BAB 7
JADIKAN ISLAM WASHATIYAH SEBAGAI RAHMATAN LIL ALAMIN
Kompetensi Inti ... 114
Kompetensi Dasar 114
Indikator ........... 114
Peta Konsep ........ 114
A. Ayo Mengamati Gambar dan Buatlah Komentar ................................. 115
B. Ayo Memahami Islam Washatiyah (Moderat) sebagai Rahmatan Lil ‘Alamin 115
1. Islam Washatiyah .............................. 115
2. Radikalisme ..... 119
C. Ayo Diskusi .... 122
D. Ayo Mendalami Karakter ......................... 122
E. Ayo Berlatih ... 123
BAB 8
AYO MENUNDUKKAN NAFSU SYAHWAT DAN GADHLAB
Kompetensi Inti ... 126
Kompetensi Dasar . 127
Indikator ............ 127
ix AKIDAH AKHLAK – MA KELAS X
Peta Konsep ......... 127
A. Ayo Mengamati Gambar dan Buatlah Komentar ................................. 128
B. Ayo Memahami Nafsu Syahwat dan Gadhlab serta Cara Menundukkannya... 128
1. Hakikat dan Sifat Dasar Nafsu .................. 129
2. Memahami Nafsu Syahwat ..................... 130
3. Memahami Nafsu Amarah (Nafsu Gadab) ... 135
C. Ayo Diskusi .... 138
D. Ayo Mendalami Karakter ........................ 138
E. Ayo Berlatih ... 139
BAB 9
MENERAPKAN SIKAP HIKMAH, IFFAH, SYAJA’AH DAN ‘ADALAH SEBAGAI
PEMBENTUK AKHLAK KARIMAH
Kompetensi Inti ... 143
Kompetensi Dasar 143
Indikator ............ 143
Peta Konsep ........ 144
A. Ayo Mengamati Gambar dan Buatlah Komentar ................................. 145
B. Ayo Memahami Sifat-sifat Utama Hikmah, Iffah, Syaja’ah, ‘Adalah............. 145
1. Mengenal Hikmah Kehidupan ................. 146
2. Mengenal Sikap Iffah ........................... 149
3. Mengembangkan sikap Syaja’ah ............... 152
4. Menegakkan Sikap ‘Adalah ..................... 155
C. Ayo Diskusi .... 157
D. Ayo Mendalami Karakter ......................... 157
E. Ayo Berlatih ... 158
BAB 10
AYO MENJAUHI PERILAKU TERCELA
Kompetensi Inti ... 162
Kompetensi Dasar 162
Indikator ............ 162
Peta Konsep ......... 163
A. Ayo Mengamati Gambar dan Buatlah Komentar ................................. 164
B. Ayo Mendalami Perilaku Tercela (Licik, Tamak, Zalim, Diskriminasi)......... 164
AKIDAH AKHLAK – MA KELAS X x
1. Menelaah Arti Sikap Licik ....................... 164
2. Memahami Tamak .............................. 167
3. Memahami Zalim .............................. 169
4. Fahami Diskriminasi ........................... 171
C. Ayo Diskusi .... 174
D. Ayo Mendalami Karakter ........................ 174
E. Ayo Berlatih ... 174
BAB 11
MENJENGUK ORANG SAKIT SEBAGAI CERMIN SIKAP PEDULI
Kompetensi Inti .. 177
Kompetensi Dasar 178
Indikator ........... 178
Peta Konsep ........ 178
A. Ayo Mengamati Gambar dan Buatlah Komentar ................................. 179
B. Ayo Mendalami Adab dan Hikmah Menjenguk Orang Sakit...................... 179
1. Dalil Naqli Menjenguk Orang Sakit ........... 180
2. Adab Menjenguk Orang Sakit .................. 180
3. Hikmah Menjenguk Orang Sakit ............... 182
C. Ayo Diskusi .... 183
D. Ayo Mendalami Karakter ........................ 184
E. Ayo Berlatih ... 184
PENILAIAN AKHIR SEMESTER GENAP ....... 186
DAFTAR PUSTAKA ................................... 197
GLOSARIUM ...... 199
1. Islam tidak memerintahkan umatnya meninggalkan dunia, tetapi diperintahkan untuk
menaklukan dunia dalam genggamannya, bukan dalam hatinya. Maksud dari pernyataan
tersebut adalah ...
a. Tidak terlalu mencintai dunia
b. Meninggalkan kehidupan dunia
c. Bersemangat hidup di dunia
d. Keharusan mencintai dunia sepenuhnya
e. Semangat bekerja seakan-akan hidup selama-lamanya
2. Rasulullah Saw. Bersabda:
Hadis tersebut menjelaskan bahwa dampak dari hasad adalah...
a. Perbuatan hasad akan menutup kebaikan
b. Menghapus pahala semua amalnya
c. Tidak akan diampuni dosanya
d. Balasan bagi orang hasad akan dimasukkan neraka
e. Akan dicampakkan ke dalam neraka khutamah
3. Ujub dan takabur merupakan dua perbuatan tercela yang sama-sama mengandung nilai
membanggakan diri, namun ada perbedaan antara keduanya. Berikut ini pernyataan yang
tepat yang membedakan antara keduanya adalah ...
a. Ujub memerlukan orang lain sebagai bandingannya
b. Sombong membutuhkan orang lain sebagai bandingannya
c. Sombong tidak membutuhkan orang lain untuk menunjukkan kesombongannya
d. Ujub memperdengarkan orang lain untuk menunjukkan keujubannya
e. Sombong memamerkan kebolehannya dengansendirinya
4. Betapa besarnya bahaya riya’, sehingga bahayanya, lebih sangat merusak dari pada
serigala menyergap domba. Hal ini terlontar dengan alasan sebagai berikut kecuali ...
a. Pahalanya tidak ada bekas sama sekali
b. Bisa membinasakan pelakunya
c. Menyakiti hati orang yang diberi
d. Menambah tenar pelakunya
e. Akan dibalas pahalanya
AKIDAH AKHLAK – MA KELAS X 76
5. Kebaikannya terdengar orang lain Perhatikan sabda Rasul berikut ini :
Hadis tersebut menegaskan bahwa orang yang dalam hatinya ada perasaan sombong
walupun sebesar zarrah tidak bisa masuk surga. Selain itu Allah juga mengecam orang
yang miskin tapi sombong dengan ancaman ...
a. Tidak akan diberi rejeki yang melimpah
b. Berat timbangan amal perbuatan jeleknya
c. Medapat musibah yang tak terduga
d. Mendapat laknat di akhirat
e. Tidak diajak berbicara oleh Allah di hari kiamat
6. Amal kita bisa diterima oleh Allah itu sangatlah sulit, alkisah seorang yang rajin
beribadah, khusyuk waktu beribadah, ternyata amalnya tidak diterima oleh Allah hanya
gara-gara...
a. Tidak mau membayar zakat
b. Tidak mau bersadakah
c. Merasa dirinya selamat di akhirat
d. Tidak mau menutup aurat
7. Menyakiti hati orang lain Orang yang bersifat riya’ itu selalu berusaha bagaimana agar
perbuatannya diketahui orang lain, sampai bila orang tidak melihat perbuatannya maka
dia berusaha memperdengarkan atau menceritakan kebaikannya kepada orang lain, yang
disebut dengan istilah...
a. ‘Ujub
b. Sombong
c. Ru’yah
d. Hubb al-dunya
e. Sum’ah
8. Untuk memperbaiki perbuatan jelek maka lakukan sifat sebaliknya, maka untuk
memperbaiki sifat sombong, lakukanlah sikap ...
a. Tawadhu’
b. Tafahum
c. Ta’awun
d. Tadabbur
e. Tathayut
77 AKIDAH AKHLAK – MA KELAS X
9. Fir’aun adalah orang yang paling sombong di muka bumi, sehingga Allah memberikan
hukuman yang sangat besar di dunia, yaitu ditenggelamkan di laut. Kesombongan yang
sangat besar itu adalah...
a. Merasa paling kaya
b. Bisa membuat kerajaan
c. Merasa paling berkuasa
d. Mengaku dirinya sebagai Tuhan
e. Merasa menjadi pemimpin yang gagah perkasa
10. Perbuatan baik seseorang hanya akan hilang sekejap, bagaikan “Api memakan kayu
bakar”, pernyataan ini merupakan dampak negative dari perilaku ...
a. Sombong
b. Riya’
c. Ujub
d. Hasad
e. Sum’ah
11. Agar bisa dekat dengan Allah maka kita harus mengenal dan memahami sifat-sifat Allah,
oleh karena itu Allah membekali manusia dengan akal agar bisa digunakan untuk...
a. Memikirkan alam ini dan segala isinya
b. Memikirkan Dzat Allah yang ghaib dan tidak ada yang serupa dengan-Nya
c. Memikirkan bentuk Allah dengan segala kekuasaannya
d. Memikirkan Malaikat dengan berbagai bentuknya
e. Memikirkan Dzat Allah dengan segala keadilan-Nya
12. Allah berfirman dalam Qur’an surat al-Hadid ayat 3 sebagai berikut:
Firman Allah tersebut menjelaskan tentang sifat Allah ...
a. Qidam
b. Baqa’
c. Wujūd
d. Iradah
e. Akhir
13. Allah itu berdiri sendiri, tidak bergantung pada apapun dan tidak membutuhkan bantuan
siapapun. Lalu untuk apa Allah menciptakan Malaikat... Mewujudkan perencanaan Allah
a. Membantu tugas Allah
b. Beribadah kepada Allah
c. Melanjutkan tugas Allah
d. Bekerjasama dengan Allah
e. Menerima petunjuk dari Allah
AKIDAH AKHLAK – MA KELAS X 78
14. Wahdaniyah (Allah Maha Esa atau tunggal), bagaimana kita berfikir dengan
menggunakan akal bahwa Allah itu Maha Esa atau tunggal...
a. Apabila Allah dua maka tak mungkin alam ini bisa terwujud
b. Allah itu jumlahnya satu
c. Allah itu satu tapi dalam menjalankan tugas-Nya dibantu oleh malaikat
d. Allah itu jumlah-Nya satu tapi berada dimana-mana
e. Allah itu tidak diciptakan tapi ada dengan sendirinya
15. Mengenal nama dan sifat Allah adalah ilmu yang paling mulia dan paling utama, yang
kedudukannya paling tinggi dan derajatnya paling agung, maka kita harus mengenal dan
mengimani sifat-sifat Allah tersebut dengan cara sebagai berikut di bawah ini kecuali...
a. Menghafal nama-nama-Nya
b. Mengetahui arti nama-nama-Nya
c. Berfikir tentang hal-hal yang terjadi di alam ini
d. Memasang nama-nama Allah di setiap tempat
e. Menelaah maksud dan arti nama-nama-Nya
16. Allah itu kalam (berfirman/berbicara), manusia juga berbicara, tetapi kalam Allah
berbeda dengan kalam manusia, perbedaannya adalah...
a. Kalam manusia kadim
b. Kalam Allah kadim
c. Kalam Allah Hudus
d. Kalam manusia baqa’
e. Kalam Allah itu baharu
17. Dengan mengenal dan memahami nama-nama Allah maka akan menenangkan jiwa dan
melapangkan hati manusia, hal itu bisa terwujud karena...
a. Manusia bisa melihat Allah secara langsung
b. Manusia bisa hidup bebas karena meyakini keberadaan Allah
c. Dengan mengenal sifat-sifat Allah manusia terbebas dari dosa
d. Dengan mengenal nama dan sifat Allah dijamin masuk surga
e. Manusia yakin benar akan keberadaan Allah
18. Sifat salbiyah Allah adalah sifat yang menghilangkan sifat-sifat yang tidak layak atau
tidak sesuai dengan kesempurnaan Allah, dan hanya layak dimiliki makhluk-Nya,
diantara sifat salbiyah Allah adalah...
a. ‘Ilmu
b. Hayat
c. Mukhalafatu lil hawaditsi,
d. Sama’
e. Kalam
79 AKIDAH AKHLAK – MA KELAS X
19. Dalam sebuah kisah cinta “aku mencintaimu, engkau juga mencintaiku”, tapi Allah punya
kehendak sendiri jika Dia menghendaki kita jodoh, ya kita jodoh tapi jika Allah tidak
menghendaki ya kita harus berpisah. Wacana ini menunjukkan, kita harus meyakini
bahwa Allah memiliki sifat ...
a. Jaiz
b. Wajib
c. Mustahil
d. Bashar
e. Aliman
20. Sifat yang menafikan sifat-sifat lawannya yang hanya sesuai sepenuhnya dengan makhluk
dan mustahil adanya pada Dzat Allah, misalnya manusia itu brsifat sementara sedangkan
Allah bersifat kekal. Tergolong pada sifat ...
a. Ma’ani
b. Ma’nawiyah
c. Nafsiyah
d. Salbiyah
e. Nafsi
21. Realisasi taubat itu harus dilakukan dengan hati, dengan lisan dan dengan perbuatan.
Adapun realisasi dari perbuatannya orang taubat adalah ...
a. Beramal shaleh
b. Banyak beristighfar
c. Menyesali perbuatannya
d. Berjanji tidak akan mengulangi
e. Menyadari kesalahannya
22. Perhatikan sabda Rasulullah berikut ini:
Sabda Rasul tersebut menegaskan bahwa orang yang menyatakan taubat tetapi masih
tetap mengulangi perbuatan dosanya maka bagaikan ...
a. Bermain api di atas air
b. Memperolok Tuhannya
c. Menjilat ludah sendiri
d. Menyelupkan tangannya ke dalam darah
e. Orang salat yang tidak berwudhu
23. Sebaik-baik orang yang berdosa adalah yang mau bertaubat, karena orang yang banyak
berbuat dosa dan tidak mau bertaubat termasuk golongannya orang ...
a. Kafir
b. Musyrik
c. Fasik
AKIDAH AKHLAK – MA KELAS X 80
d. Zalim
e. Munafik
24. Menurut Ibnul Qayyim, kedudukan taubat adalah kedudukan yang pertama, pertengahan,
dan terakhir. Maksud dari pernyataan tersebut adalah...taubat itu harus dilakukan secara
terus menerus.
a. Taubat itu boleh dilakukan sesuai kesadarannya
b. Taubat itu boleh dilakukan kapan saja
c. Taubat itu harus dilakukan terus menerus
d. Taubat itu terakhir dilakukan sebelum ajal sampai di tenggorokan
e. Taubat itu masih diterima sebelum matahari tenggelam
25. Taubat mengandung arti kembali, yaitu kembali ke jalan yang benar, berarti pada
dasarnya manusia itu dalam perjalanan hidupnya sudah pernah benar, kemudian berbuat
salah dan harus bertaubat mohon ampun. Adapun urutan syarat taubat yang tepat
adalah...
a. Menyesal-berjanji tidak mengulangi-menyadari
b. Berjanji tidak akan mengulangi-menyadari-menyesal
c. Menyadari kesalahan-menyesal-berjanji-berbuat baik
d. Menyesal-menyadari kesalahn-berbuat baik-berjanji
e. Berbuat baik-menyesal-berjanji-menyadari
26. Orang yang benar-benar bahagia adalah yang menjadikan taubat sebagai sahabat
dekatnya. Sedangkan orang yang menelantarkan dan mencampakkan taubat di belakang
adalah tergolong ...
a. Orang yang binasa
b. Orang yang murka
c. Orang yang munafik
d. Orang yang fasik
e. Orang yang musyrik
27. Bertaubat kepada Allah itu lebih mudah karena Allah Maha Penerima taubat, tetapi taubat
yang ada hubungannya dengan sesama manusia itu lebih sulit karena ada syaratnya
yaitu...
a. Menutupi dosanya dengan beramal shaleh
b. Memenuhi permintaan orang yang dimintai maaf
c. Melakukan sholat taubat setiap malam
d. Membaca istighfar minimal 100 kali setiap malam
e. Harus ada pernyataan bebas dari yang dirugikan
81 AKIDAH AKHLAK – MA KELAS X
28. Diantara keutamaan taubat adalah menjadi motivator kuat untuk membentuk kepribadian
muslim yang teguh lagi tenang, yang tidak merasakan ketegangan, serta tidak mengalami
kerisauan dan kegelisahan. Hal ini sebagai manifestasi bahwa orang yang bertaubat itu ...
a. Bagaikan orang yang tidak berdosa
b. Tidak akan melakukan dosa lagi
c. Merasa dirinya tidak berdosa
d. Tidak mementingkan kehidupan dunia lagi
e. Pasti dimaafkan dosanya
29. Allah berfirman dalam Qur’an Surat an-Nur ayat 31 :
Ayat tersebut menegaskan hukum taubat bagi kaum muslimin adalah...
a. Mubah
b. Dianjurkan
c. Wajib
d. Tergantung yang melakukan
e. Sunnah
30. Salah satu syarat taubat adalah harus dilakukan dengan ikhlas, bukan dengan riya’.
Berikut ini yang termasuk contoh taubat tapi dengan niat riya’ adalah...
a. Membaca istighfar hanya setelah salat saja
b. Bertaubat hanya apabila dilihat orang lain saja
c. Memohon ampun kepada Allah dengan menangis bersedu-sedu
d. Taubat tana diiringi salat hajat
e. Bertaubat tanpa diiringi membaca istighfar
31. Ada peran dan jasa orang tua terhadap kita yang tidak pernah bisa digantikan oleh orang
lain yaitu...
a. Banyak mengorbankan hartanya
b. Banyak meluangkan waktunya
c. Banyak memberikan fasilitas bermain
d. Mencurahkan kasih sayang sepenuhnya
e. Banyak memberikan uang saku untuk sekolah
32. Seandainya kedua orang tua tidak ada, maka hampir pasti tidak akan pernah terlahir
seorang anak manusia, sehingga orang tua dikatakan sebagai...
a. Penyebab adanya kehidupan
b. Penyebab adanya manusia
c. Manusia yang terhormat
d. Orang yang paling mulia
e. Manusia yang berpengalaman
AKIDAH AKHLAK – MA KELAS X 82
33. Dalam Islam, akhlak terbaik seorang anak kepada orang tua adalah berbakti kepada
keduanya dan tidak menyia-nyiakannya. Hal itu mengingat pengorbanan besar yang
dilakukan orang tua, diantaranya sebagai berikut...
a. Mencurahkan semua tenaganya demi anaknya
b. Mencurahkan semua kekayaan demi anaknya
c. Tidak menyesal merawat anaknya
d. Tidak mengharap balasan sedikitpun dari anaknya
e. Tidak marah ketika disakiti anaknya
34. Kedua orang tua memiliki peran yang berbeda. Jika ibu telah mengandung, melahirkan,
menyusui, mendidik. Maka tak kalah penting dengan ayah yaitu...
a. Mengganggu istirahat
b. Mengingat kematian
c. Menjadi obat
d. Bangga dengan sakitnya
e. Menambah beban
35. Allah berfirman salam Qur’an Surat Luqman ayat 15 sebagai berikut;
Berdasarkan ayat tersebut, apabila kita menjumpai orang tua kita mengajak pada
kemungkaran, maka tindakan kita yang paling tepat adalah...
a. Menolaknya dengan tegas karena itu bertentangan dengan perintah Allah
b. Menolaknya dengan perkataan yang sopan dan tetap bergaul dengan baik
c. Mentaati perintahnya agar tidak mengecewakan
d. Mengingatkan langsung agar tidak semakin terjerumus dalam kemaksiatan
e. Tidak mentaatinya dan mengingatkan dengan tegas
36. Guru ibarat seorang panglima perang, maka tak heran apabila Kaisar Jepang, ketika
negaranya di bom atom oleh Amerika tidak bertanya kepada menterinya tentang berapa
jumlah tentaranya yang masih ada, tetapi justru menanyakan berapa jumlah guru yang
selamat. Hal ini membuktikan bahwa...
a. Guru yang profesional akan lebih mudah menghancurkan bangsa
b. Sumber kehancuran bangsa itu berada di tangan guru
c. Tentara lebih mudah mencari gantinya
d. Karena guru lebih berbahaya dari pada tentara
e. Yang mampu membangkitkan kehancuran bangsa itu hanyalah guru
37. Seorang murid dilarang berkata kasar kepada guru, apalagi sampai berani menyakiti
hatinya, baik itu terhadap guru yang masih ada ataupun sudah meninggal, sebab
perbuatan yang demikian itu mencerminkan....
a. Kedurhakaan
b. Kesombongan
83 AKIDAH AKHLAK – MA KELAS X
c. Kebinasaan
d. Keberanian
e. Kesenjangan
38. Ulama mengatakan bahwa 70 persen kesuksesan siswa itu terletak pada akhlaknya,
sedangkan 30 persen pada kepandaiannya. Hal ini mengandung pelajaran bahwa...
a. Berhasil tidaknya siswa tergantung pada keikhlasan gurunya
b. Penentu keberhasilan siswa tergantung pada kesungguhan siswa itu sendiri
c. Untuk menjadi pandai siswa cukup memperbaiki akhlaknya tanpa harus belajar
d. Penentu keberhasilan siswa terletak pada akhlaknya
e. Kepandaian siswa itu tergantung pada gurunya
39. Orang tua dan guru sama-sama berjasa besar terhadap kehidupan manusia, karena tanpa
orang tua kita tak dapat hidup, dan tanpa guru kita...
a. Tidak bisa hidup sempurna
b. Bisa belajar sendiri
c. Tak akan besar
d. Tak bisa cari uang
e. Bagaikan orang buta
40. Kalau kita amati dalam kehidupn sekarang ini, banyak sekali anak yang tidak
menghiraukan adab terhadap guru, karena merasa tanpa guru pun bisa belajar sendiri.
Maka tak heran bila kita temui banyak anak yang tidak mendapat keberkahan ilmu,
contohnya sebagai berikut...
a. Hidup mulia tanpa sengsara
b. Bila menjadi pejabat tidak amanat
c. Ilmunya tidak cepat banyak
d. Hidupnya tidak terarah
e. Rezekinya tidak barokah
41. Nabi Luth oleh Allah diberi tugas untuk berdakwah di masyarakat Sodom, yang
masyarakatnya sangat rusak moralnya, yang mempunyai kebiasaan terlarang yang belum
pernah dilakukan oleh masyarakat sebelumnya, yaitu ...
a. Pembunuhan
b. Menyembah berhala
c. Musyrik
d. Mabuk-mabukan
e. Homo seks
42. Betapa berat perjuangan Nabi Luth, yang mendapat tantangan berat dari kaumnya
termasuk juga tidak mendapat dukungan dari istrinya yang bernama...
a. Ummu Aiman
b. Wa’ilah
c. Ummu Jamilah
AKIDAH AKHLAK – MA KELAS X 84
d. Ummu Wa’ilah
e. Wakkilah
43. Ada beberapa istri Nabi yang justru menjadi penentang dakwah Nabi (suaminya),
termasuk istri Nabi Luth. Pada akhir cerita istri Nabi Luth ...
a. Mendapat azab bersama kaum Nabi Luth
b. Diampuni dosanya oleh Allah
c. Mampu menyadarkan kaum Nabi Luth
d. Tenggelam di lautan bersama kaum Nabi Luth
e. Terbuka hatinya untuk bertaubat kepada Allah
44. Karena keji dan nistanya perbuatan homoseksual, maka Allah menurunkan siksa kepada
mereka enam siksaan sekaligus, diantaranya adalah...
a. Menurunkan hujan emas
b. Membutakan matanya
c. Melumpuhkan kakinya
d. Mendatangkan angin topan
e. Mendatangkan banjir besar
45. Betapa keji, buruk, menjijikan dan sangat membahayakannya perbuatan homo seks itu,
sehingga Allah menyebutnya dengan kaum yang bodoh, kaum yang melampaui batas
kemungkaran dan kaum yang melampaui batas aturan Allah, dan Allah sangat
tersinggung atas perbuatannya. Faktor paling besar yang membuat Allah tesinggung
adalah...
a. Dia tidak mau menyembah Allah
b. Tidak mau taat pada Nabi Luth
c. Menyalahi qodratnya
d. Menghina utusan-Nya yaitu Nabu Luth
e. Memusuhi dan mengusir Nabi Luth
46. Dari kisah kaum Nabi Luth, dapat kita ambil pelajaran bahwa, siksa atau azab yang
menimpa komunitas manusia tentu bukan salah dan kemauan Allah, tetapi ...
a. Karena perilaku anggota masyarakat itu sendiri
b. Takdir yang harus diterima kaum itu sendiri
c. Cobaan suatu kaum yang harus diterima dengan sabar
d. Ujian iman bagi suatu kaum
e. Justru merupakan rasa cinta Allah pada kaum-Nya
47. Dari kisah teladan Nabi Luth, dapat kita ambil pelajaran bahwa Nabi Luth sangat
bertanggungjawab terhadap keselamatan kaumnya, salah satu contoh sikap
tanggungjawab beliau adalah...
a. Menyeru untuk menyembah Allah
b. Melarang kaumnya menemui laki-laki yang ada di rumahnya
c. Menyampaikan dakwahnya supaya beriman kepada Allah
85 AKIDAH AKHLAK – MA KELAS X
d. Mengajak kaumnya supaya hidup rukun penuh kedamaian
e. Melarang membunuh sesama manusia
48. Allah berfirman dalam Qur’an Surat Hud ayat 82 sebagai berikut :
Ayat tersebut mencontohkan azab yang diberikan Allah kepada kaum Luth berupa ...
a. Hujan deras tiada henti
b. Gunung-gunung yang berterbangan
c. Badai dan angin topan tiada henti
d. Kekeringan sepanjang masa
e. Hujan batu dari tanah yang terbakar
49. Pada umumnya para Nabi dan Rasul ketika dakwah pertama, kata-kata yang diucapkan
adalah ajakan tauhid, sementara Nabi Luth as. tidak demikian. Kata pertama yang
diucapkan Nabi Luth ketika berdakwah pada kaumnya, bukan ajakan bertauhid akan
tetapi larangan melakukan perbuatan asusila berupa...
a. Zina
b. Mabuk-mabukan
c. Homoseksual
d. Judi
e. Menyembah berhala
50. Perbuatan homoseks yang dilakukan oleh kaum Nabi Luth ternyata dilakukan juga oleh
sebagian manusia modern di jaman sekarang ini. Maka kita harus waspada dan berusaha
menghindarinya dengan cara...
a. Segera menikah dini
b. Lebih banyak bergaul dengan lawan jenis
c. Meningkatkan iman menjaga jarak pergaulan
d. Menjauhi pergaulan dengan sesama jenis
e. Memperbanyak olah raga dan makan buah
DOWNLOAD BUKU AQIDAH AKHLAK MADRASAH ALIYAH KELAS 10 DAN SOAL PAS AQIDAH AKHLAK KELAS 10
Pendidik bertugas Mendidik, maka Didiklah Diri Dengan Prilaku yang mendidik
EmoticonEmoticon